Baterai Bawaan XBOX Controller Kuat Berapa Lama?

Rindi Putra
2 Komentar
Beranda
Review
XBOX
Baterai Bawaan XBOX Controller Kuat Berapa Lama?
Baterai Bawaan XBOX Controller Kuat Berapa Lama?
Berniat membeli stik XBOX untuk bermain di PC? Berikut ini adalah pengalaman pribadi saya menggunakan baterai bawaan XBOX Controller. Mulai dari waktu pembelian sampai baterai tersebut habis atau lowbat kuat berapa lama?

Saat ini controller game sudah banyak yang menyediakan koneksi tanpa kabel (wireless), yaitu dengan menggunakan koneksi bluetooth untuk dapat bermain, termasuk controller XBOX saat ini.

Stik XBOX atau controller yang saya beli adalah Stik XBOX One S, seperti di gambar utama. Sekali lain, kita akan membahas kekuatan baterai BAWAAN ya, baterai yang terdapat didalam box XBOX Controller yang kita beli.

Baca juga: Cara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth

DURACELL

Baterai bawaan Xbox controller ini adalah baterai Duracell yang sepertinya mempunyai kerjasama khusus untuk memproduksi untuk pelengkap stik XBOX ini. Pada baterai tersebut juga terdapat tulisan "Not for Retail Sale" (tidak untuk dijual eceran), yang artinya baterai ini tidak ada di supermarket atau toko - toko biasa.

Tidak dituliskan berapa kapasitas baterainya tetapi jika dilihat dari mereknya sepertinya tidak jauh dari kapasitas baterai Alkaline. Bisa juga lebih baik dari Alkaline karena Duracell juga terkenal dengan kualitas baterainya yang sangat baik.

Baterai Bawaan XBOX Controller Kuat Berapa Lama?

Pada tanggal 28 Februari 2020 saya memesan XBOX One S Controller dari salah satu toko online yang ada di Indonesia. Satu hari kemudian, 29 Februari 2020 stik tersebut sampai dirumah saya. Setelah dibuka, saya langsung mencoba baterainya dan main game sebentar, kurang lebih 30 menit.

Hari berikutnya dan seterusnya saya gunakan stik XBOX tersebut secara reguler, walaupun tidak bermain setiap hari tetapi jika di rata - ratakan, saya bermain game kurang lebih 1 jam /per hari.

Saya lebih sering bermain game balap Formula 1 yang sangat memerlukan getaran /vibrasi saat bermain. Hampir setiap 5 detik stik harus bergetar karena menyesuaikan dengan belokan - belokan atau gas - rem di mobil.

80 persen saya selalu bermain game balap Formula 1, sisanya saya bermain game adventure atau bola yang tidak terlalu sering menggunakan vibrasi /getaran di controller.

Cabut Baterai

Setelah bermain, saya selalu mengeluarkan kedua baterai dari stik XBOX. Walaupun tidak tahu pasti, tetapi saya termasuk kelompok 'cabut baterai' karena takut daya baterai yang ada berkurang jika terus berada didalam stik. :)

Ada beberapa hari saya tidak mengeluarkan baterai dari stik XBOX, namun umumnya saya selalu mengeluarkan baterai dari stik saat tidak digunakan.

Hilang Vibrasi

Barulah di tanggal 25 Maret 2020 atau di hari ke - 26 penggunaan, saat bermain racing game (Formula 1), stik XBOX yang saya gunakan tidak lagi bergetar atau hilang vibrasi namun tetap berfungsi dengan normal. Satu hari kemudian vibrasi itu muncul kembali namun hanya bertahan 10 menit lalu hilang lagi.

Pada tahap ini, saya anggap baterai bawaan XBOX controller sudah tidak dapat digunakan secara maksimal. 

Apalagi jika anda bermain game balap seperti Formula 1, MotoGP, Assetto Corsa, iRacing, dll yang sangat sensitif terhadap getaran kendaraan yang digunakan. Tanpa getaran sangat sulit untuk mengendalikan mobil /motor di game balapan, apalagi tanpa menggunakan assist. hehe

Sekarang ini, game - game berat dengan nilai AAA sangat memaksimalkan fungsi getaran di stik untuk meningkatkan pengalaman bermain.

Baca juga: Stik PS 5 Resmi Diperkenalkan - DualSense Wireless Controller

Selebihnya bonus

Dalam pandangan saya setelah baterai bawaan xbox controller tidak kuat lagi untuk memutar dinamo (untuk mengeluarkan efek vibrasi) maka baterai tersebut sudah tidak bisa digunakan. Walaupun masih dapat berfungsi normal, saya anggap itu sebagai bonus atau sisa - sisa saja.

Namun ada juga beberapa game yang tidak membutuhkan vibrasi seperti game bola atau game - game casual lainnya. Jadi jika anda type pemain casual atau hanya bermain PES atau FIFA, baterai tersebut masih bisa digunakan sampai benar - benar habis.

Pada tahap ini baterai 'sisa' tersebut bukan berarti harus dibuang ya. Baterai yang sudah lemah tersebut masih bisa digunakan dengan baik di alat elektronik lain yang tidak membutuhkan energi yang banyak seperti jam dinding, remote TV, pengharum ruangan, dll.

Semoga tulisan mengenai review atau ulasan baterai bawaan Xbox controller ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Teknologi Game Berbasis Cloud Sudah Dimulai!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. r111
    r111
    Kamis, Juni 30, 2022
    maaf bang ,baterai bawaannya itu tidak bisa dicharge ya bang? ,dan juga jika tanpa baterai tapi stiknya dicolok usb c ke konsolnya apa masIh bisa dipakai
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 30, 2022
      Yup! Baterai dari toko tidak bisa di charge. Tanpa baterai masih bisa dipakai kok, yang penting terhubung pake kabel ke PC/XBOX.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!