Beranda
Shopee
Toko Online
Tutorial
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

Berikut ini adalah cara lengkap mengirim pesanan Shopee dengan J&T Express. Ini adalah panduan step by step atau langkah untuk anda yang baru memulai jualan di shopee dan mendapatkan pesanan pertama. Jika nanti ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Sebelum lanjut mengirim pesanan shopee dengan J&T atau JNT, tidak bosan kami ingatkan, PASTIKAN PEMBAYARAN TELAH TERKONFIRMASI di sistem Shopee. Jadi jika anda mendapat chat /pesan langsung dari pembeli namun anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran di sistem, lebih baik ditunggu dulu.

Setelah pembayaran benar - benar terkonfirmasi (biasanya akan muncul notifikasi di sistem shopee), barulah anda siap untuk memproses pesanan tersebut dari mulai menerima order sampai menerima pembayaran.

Standar packing yang benar

Sebelum mengirim pesanan shopee, Pastikan juga anda mengetahui standar packing produk yang benar, pastikan barang tetap dalam keadaan baik jika paket tidak sengaja terjatuh, atau bergerak - gerak saat berada didalam truk ekspedisi.

Jika anda menggunakan kardus, pastikan tidak ada ruang kosong dialam kardus. Jika ada ruang kosong didalam kardus, anda bisa penuhi dengan potongan kardus yang kecil - kecil atau lebih baik lagi jika menggunakan bubble wrap berlapis.

Jika anda khawatir barang rusak atau cacat diperjalanan, anda juga bisa menambahkan stiker /print tanda fragile (Barang pecah belah). Untuk gambarnya silahkan di google saja, "tanda fragile", atau "tanda barang pecah belah", dll.

Perhatikan juga batas waktu pengiriman, untuk amannya usahakan mengirim paket ke J&T dihari yang sama dengan waktu pemesanan. Atau paling telat keesokan harinya sudah masuk ekspedisi (JNT). Jika terlalu lama, toko anda akan mendapatkan skor /nilai yang kurang baik dari shopee.

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

  1. Buka dan login di aplikasi atau halaman website khusus penjual /seller di shopee (seller.shopee.co.id)
  2. Pada halaman utama seller shopee silahkan klik menu >Penjualan Saya atau bisa juga dengan membuka menu >Pengiriman Perlu Diproses
  3. Daftar pesanan yang harus anda proses /kirim akan terlihat di halaman ini, silahkan klik tombol /tulisan >Atur pengirimanCara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
  4. Akan muncul popup menu agar anda memilih cara pengiriman ke kurir. Silahkan pilih, apakah anda ingin antar paket yang dipesan ke counter J&T terdekat, atau meminta kurir J&T menjemput paket kiriman anda. Pada langkah ini saya memilih mengantar sendiri ke counter J&T tersdekat.
  5. Setelah memilih metode pengantaran, silahkan klik tombol >Konfirmasi >Konfirmasi agar sistem dapat membuat kode booking.
  6. Setelah kode booking muncul silahkan klik tombol >Cetak ResiCara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
  7. Halaman resi akan terbuka di tab yang baru, silahkan cetak atau print resi tersebut (untuk nanti ditempelkan di paket)Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T ExpressContoh resi yang bisa dicetak untuk ditempel di paket
  8. Jika perlu, anda bisa sertakan juga kwitansi pembelian dari toko anda
  9. Selanjutnya silahkan packing atau bungkus barang yang telah dipesan dengan baik. Perhatikan standar pengemasan yang benar, sesuaikan dengan jenis barang yang anda jual.
  10. Setelah barang selesai di packing silahkan >Tempelkan resi yang telah dicetak sebelumnya. Tempelkan dibagian atas paket agar mudah dilihat oleh kurir saat pengantaran.
  11. Pasikan packing aman dan rapi, kemudian silahkan antarkan paket ke kantor J&T terdekat.
  12. Silahkan berikan paket tersebut ke kasir dan jika perlu sampaikan juga bahwa ini pesanan shopee.
  13. Silahkan tunggu sampai anda mendapatkan tanda terima /nomor resi dari petugas /kasir J&T.
  14. Umumnya transaksi menggunakan J&T di shopee sudah tidak menggunakan uang tunai (cashless) jadi anda tidak perlu membayar ongkos kirim.
  15. Jika paket telah berada di tangan kurir dan anda telah menerima bukti pengiriman (resi) maka sebenarnya tugas anda sebagai penjual telah selesai.
Jika masih belum jelas, saya sarankan untuk menonton juga tutorial dalam versi video nya. Disana saya tunjukan proses packing, menempelkan resi, dan juga proses penyerahan ke ekspedisi. Videonya ada dibagian akhir tulisan ini. Bisa langsung di play dan juga bisa di putar di Youtube. Semoga membantu.

Tutorial Cara Mengirim Pesanan Shopee Versi Video (Youtube)

Jika anda ingin penjelasan dengan gambar bergerak (video) silahkan putar video dibawah ini, atau bisa juga buka di website atau aplikasi Youtube. Selamat menonton!

Selanjutnya bagaimana?

Silahkan periksa kembali halaman penjualan di akun shopee anda, pastikan status penjualannya telah berubah menjadi "Sudah Dikirim". Periksa update lokasi barang secara berkala, pastikan paket yang anda kirim sampai kepada pembeli.

Setelah barang diterima oleh pembeli dan transaksi dianggap selesai, maka saldo penjualan akan ditransfer ke akun shopee anda. Silahkan transfer atau cairkan uang tersebut ke akun rekening pribadi anda yang sebelumnya telah didaftarkan.

Tidak bisa print resi?

Banyak yang bertanya bagaimana kalau di rumah atau di tempatnya tidak ada printer atau tidak bisa print resi. Hal ini tidak menjadi masalah, jika tidak bisa print bisa diganti dengan menulis detail resi di kertas biasa lalu ditempel diatas paket seperti.

Agar memudahkan petugas atau admin JNT, usahakan untuk menuliskan secara lengkap alamat pembeli sesuai yang tertera di resi Tokopedia. Dan yang paling penting adalah nomor resi atau nomor booking yang tertera di resi Tokopedia wajib dituliskan dikertas tersebut.

Yang penting tulisannya bisa dibaca agar operator atau admin JNT bisa dengan mudah memasukan data / nomor booking ke sistem.

Ongkos Kirim

Shopee sudah mulai mengurangi transaksi langsung antara penjual dan ekspedisi (J&T). Seperti market place yang lain, sistem pengiriman di shopee sekarang menggunakan metode cashless. Jadi anda sebagai penjual tidak perlu lagi membayar ongkos kirim ke pihak ekspedisi.

Biaya ekspedisi akan langsung dipotong dari dana yang dikirim pembeli ke rekening shopee, kemudian langsung dibayarkan ke pihak ekspedisi. Jadi anda sebagai penjual tidak perlu lagi memikirkan biaya "nutupin" ongkos kirim. :)

Apakah boleh packing tanpa bubble wrap?

Sebenarnya, penggunaan bubble wrap itu tidak wajib, karena beberapa barang memang tahan banting sehingga penggunaan bubble wrap tidak diperlukan. Kecuali kalau memang barangnya sangat sensitif terhadap benturan atau tekanan seperti barang elektronik, baru penggunaan bubble wrap diwajibkan.

Pada video tutorial yang telah saya buat juga tidak menggunakan bubble wrap karena barang yang saya kirim berupa asesori HP yang terbuat dari bahan karet, sehingga kalaupun paket saya dilempar atau tidak sengaja terjatuh, tidak masalah. 

Yang jelas saya pastikan packingnya tetap aman dari cuaca ekstrim seperti hujan (air). Jadi saya packing paket tersebut dengan lakban di semua sisi, sehingga tidak akan ada air yang bisa masuk.

Semoga tulisan mengenai cara lengkap mengirim pesanan Shopee dengan J&T Express ini bermanfaat. Jika ada kesulitan atau pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi penggun yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

216 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Selasa, Agustus 24, 2021
    Maaf bos mau tanya, kalo kita jualan di shpee, dg barang yang sama, tapi dengan dua toko yang berbeda (nyabang) dari hp yang berbeda pula,tapi kan alamat penjual sama, itu bisa ga bos? Dan apa ga apa apa ? Terimakasih
  2. Unknown
    Unknown
    Rabu, Agustus 04, 2021
    Bg beda kurir jemput ke tokok kita sama kita anterin sendiri ke j&t nya apa bg,ap kita ad bayar gitu apa bg ke kurir ny kalau dia yang jemout ke tokok kira
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Agustus 04, 2021
      Sama saja, setau saya jemput ke rumah/toko gak ada tambahan biaya, gratis.
  3. Unknown
    Unknown
    Selasa, Agustus 03, 2021
    Bang kalo di shopee saya sebagai penjual lalu dalam ongkir saya yg menanggung biaya ongkir dan saya akan kirim paket ke jnt (langsung ke counter) saya disana harus bayar ongkir apa engga
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 03, 2021
      Saya kurang tau kalau soal menanggung ongkir, tapi biasanya di dokumen/resi ditulis apakah kita harus bayar atau tidak pas nganter ke counter.
  4. Unknown
    Unknown
    Senin, Juli 26, 2021
    Bang mau tanya kalau pembelian secara kas non cod apakah dipaketannya ada tulisan harganya.... ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 26, 2021
      Ada. Jenis pembayaran apapun di resi nya pasti dituliskan harga barangnya
  5. Moy
    Moy
    Sabtu, Juni 26, 2021
    Maaf mau tanya kak, misal ni kita uda nentuin barang yg dijual max berat nya 1kg, trs ada pembeli yg beli barang berat nya melebihi 1kg nah nanti yang nanggung kelebihan berat untuk ongkir nya itu siapa dan sistem bayar sisa ongkir nya seperti apa. Terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 27, 2021
      Dari informasi yang saya dapat itu pembayarannya bisa ditanggung penjual/pembeli (sesuai kesepakatan) tapi secara etika sih harusnya ditanggung penjual ya soalnya kan itu kesalahan dalam menghitung estimasi berat barang. Sistem bayaranya bisa langsung di tempat ekspedisi atau nanti dikurangin dari hasil penjualan.
      Untuk penjual sebisa mungkin menghitung berat barang secara benar dengan timbangan. Timbang barang setelah dipacking, jangan timbang barangnya saja. dan dari berat itu disarankan untuk dilebihkan sedikit untuk menghindari perbedaan timbangan aktual
  6. ucup
    ucup
    Rabu, Juni 16, 2021
    Bang kalo minta packingin ke j&t nya bisa kan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 17, 2021
      Tergantung kantor J&T nya, ada yang bisa ada yang gabisa. Coba datangi dulu aja kantor J&T terdekat biar pasti bisa atau tidak.
  7. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 16, 2021
    Bang mw naxak klok pkek sistem cod klok brg udh dtrima sma pembeli tp gk di konfirmasi sama pmbeli pa pnjual ttep dpetin uang.a bang trimksih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 17, 2021
      Tetap dapat dong. Kalaupun pembeli tidak konfirmasi, nanti juga sistem shopee akan melakukan konfirmasi transaksi telah selesai secara otomatis (3 hari setelah barang diterima). Setelah itu uang akan ditransfer ke akun penjual
  8. Ahmad Marzuki
    Ahmad Marzuki
    Sabtu, Juni 12, 2021
    Saya pernah dapat orderan via market place lain pembeli memesan bibit sayur genjer masih hidup P=5cm dari akar s/d ujung daun teratas jumlahnya 500 batang bingung untuk kirimnya apakah j&T dengan shoppe bisa bantu pengirimannya dulu pernah saya cancel saya mohon penjelasannya terimakasih Kak.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 15, 2021
      Maksudnya gimana? Kalau mau dibantu packing sama pihak J&T saya sarankan langsung saja datangi dulu kantor J&T terdekat untuk detailnya karena tidak semua konter menyediakan jasa packing
  9. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 07, 2021
    Ongkirnya itu shoppe yg nangung atau penjual yg nanggung kk? Trus klo harga jual itu 100rb pendapatan bersih nya brp kk?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 08, 2021
      kalau gak pakai vocher gratis ongkir, ditanggung pembeli. Kalau pakai gratis ongkir ditanggung Shopee. Untuk potongan sekarang kurang lebih 5%. Kalau 100rbu berarti dapat sekitar 95rbu
  10. Unknown
    Unknown
    Minggu, Mei 30, 2021
    Bang saya seller pemula kalau ada pembeli yg membeli produk saya sebanyak 5 barang dg masing barang ada jasa ongkirnya, apakah saya harus kemas dlm 1 dus isi 5 barang atau 1 dus 1 barang lalu saya diantar ke counter. Mohon pencerahan bang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Mei 30, 2021
      Proses sesuai invoice saja. Kalau ada 5 order ya dibuat 5 paket juga walaupun barang dan pembelinya sama. Karena kalau digabung jadi satu paket, 4 invoice yg lain akan dianggap gagal kirim.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Anik mujiati
    Anik mujiati
    Sabtu, Mei 01, 2021
    Halo kak, aku seller pemula di shopee, mau tnya, aku udh atur pengiriman di antar ke komter trs ada tulisan "menunggu pengiriman di verifikasi oleh jasa kirim" itu maksdnya gmna ya kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Mei 02, 2021
      Itu berarti ekspedisinya nunggu paket dikirim ke konter, kalau sudah masuk nanti diverifikasi bahwa paketnya benar2 sudah diterima oleh pihak ekspedisi dan siap untuk dikirim
  13. kelompok2
    kelompok2
    Kamis, April 15, 2021
    Bang izin nanya misal packing dri penjual nya kurang aman atau jelek itu apakah akan di kemas ulang sama pihak jnt nya d kantor? Atau ttp di kirim?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 15, 2021
      Kalau keliatan jelas banget gak aman biasanya dibalikin diminta untuk dipacking ulang atau ditawari jasa packing dari mereka (bayar). Kalau packingnya gak terlalu parah biasanya tetap dikirim.
  14. Najwa Putri Faradila
    Najwa Putri Faradila
    Selasa, Maret 30, 2021
    hai saya mau bertanya. jika kita memilih opsi kurir datang ke rumah, biasanya butuh waktu berapa lama untuk kurir datang ke rumah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 31, 2021
      tergantung dari kebijakan kantor setempat. tapi biasanya sih di hari yang sama saat kita order penjemputan
  15. ss
    ss
    Selasa, Maret 30, 2021
    bang,kalo kita sebagai penjual mendaftarkan gratis ongkir. kemudian ada pesanan masuk sebesar 100ribu, apakah nanti dari 100ribu tersebut akan terpotong untuk biaya ongkir?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 31, 2021
      Yes. Biaya gratis ongkir akan dipotong dari situ. tapi kecil kok klo gak salah sekitar 3-5%. Jadi klo harga 100ribu potongannya paling 5rbu. dan kalau untuk produk yang harga jutaan maksimal potongannya sampai 10rbu.
      Mungkin kedepannya peraturannya akan berubah tapi sampai sekarang perhitungannya masih sama seperti ini.
  16. Unknown
    Unknown
    Rabu, Maret 24, 2021
    Bang, jadi kita sebagai penjual sebelum barang di antar ke konter jnt itu sudah dalam ke adaan packing ya ? Ato yg macking pihak konter jnt nya ? Makasih :)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 24, 2021
      Umumnya kita penjual yang harus packing. jadi di jnt cuman dikasih stiker doang. Kalau mau dipacking di konter harus bayar lagi, dan gak semua konter menyediakan fasilitas packing.
  17. Unknown
    Unknown
    Rabu, Maret 24, 2021
    Bang, kalo makek COD tu gimana ya? Terus kurir j&t nya juga harus di bayar nggak ongkir nya.. Soalnya kan saya makek gratis ongkir
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 24, 2021
      kamu sebagai pembeli ya? kalau pembeli lihat saja di rincian transaksinya, lihat total biaya kirim nya, dan lihat kamu dapat potongan ongkir berapa.. misalnya, kalau total ongkir itu 13.000 dan potongan gratis ongkir itu 10.000 berarti kamu harus bayar ke kurir 3000. Kalau disana potongannya full dan biaya ongkir jadi Rp0 berarti kamu gak perlu bayar ongkir ke kurir, bayar harga barangnya saja.
  18. Unknown
    Unknown
    Minggu, Maret 21, 2021
    Bang aku baru pertama kamu ju di shopee tapi aku bikin kesalahan malah kasih barangnya dulu ke kurirnya sebelum klik atur pengiriman, itu gimana ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 21, 2021
      kalau sudah terlajur gitu coba dilanjutkan saja proses klik atur pengirimannya. sampai kode booking muncul. Harusnya disana ada pilihan ganti nomor resi, nah masukan nomor resi yang kamu dapat dari kurirnya. biasanya bakal otomatis berubah. Kalau gak bisa langsung aja hubungi CS shopee nya, kasih tau masalahnya dan bilang aja ini penjualan pertama jadi masih bingung
  19. mau nanya
    mau nanya
    Senin, Maret 15, 2021
    bang gimana ya, kenapa saldo penjualan saya tiba2 dipotong lebih dari 40 ribu buat ongkos kirim, padahal ga ngaktifin fitur ongkir ditanggung penjual :((
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Maret 15, 2021
      Kalau seperti itu sih lebih baik langsung tanya aja ke CS shopee nya, biar jelas kenapa ada potongan besar seperti itu. soalnya saya juga belum pernah dipotong besar untuk ongkir kyk gitu.
  20. Unknown
    Unknown
    Jumat, Maret 05, 2021
    Alhamdulillah akhirnya Nemu artikel ini. Terimakasih bang, jelas banget semua uneg uneg di hati dah kebawah atas perwakilan komentar sebelumnya dan jawabannya jelas. Tapi saya mau nanya nih bang,kalau misalkan buyer pilih JNE nah itu kita bayar dulu ke JNE terdekat ongkirnya trus masukkan resi ke shopee atau ada otomatis jg kayak Jantung bang? Soalnya kantor cabangnya jauh adanya agen JNE terdekat aja.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 06, 2021
      kyknya sih di JNE juga pembayaran berupa cash sudah tidak ada klo pesanannya dari shopee. jadi penjual gak perlu bayar ongkir ke JNE nya, urusan ongkir sudah diurus langsung sama shopee dan JNE.
  21. KLAWET
    KLAWET
    Jumat, Maret 05, 2021
    Nanya bos, misalkan kita mau jual via cod tapi kita belum punya rekening bank apakah bisa? Andai bisa apa uang itu akan di tahan shopee sampai kita sudah punya rekening?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 05, 2021
      Sepemahaman saya sih bisa - bisa aja. uangnya bisa disimpan dulu di akun shopee nanti kalau sudah ada rekening bank tinggal dicairkan
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Luh Suarnili
    Luh Suarnili
    Selasa, Maret 02, 2021
    Kak mau nanya, kalau mau kirim barang(baju) tapi mau pakek pembungkus yang ada logo JNT nya, itu Kita beli sendiri atau gimana? Terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 02, 2021
      yes harus beli sendiri, di online juga banyak yang jual
  24. Vvsvt
    Vvsvt
    Jumat, Februari 26, 2021
    Maaf kak mau nanya cara buat atur ongkos kirim ditanggung pembeli gmn kak. Ini aku ada kirim barang lwt J&T ongkir seller yg bayar. Jd ongkirnya dipotongin harga barangnya kak. Misal harga 85 jadi cuman dibayar 70rb karna 15rb kena diongkir.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 26, 2021
      Semua transaksi memang dasarnya ditanggung pembeli. Harga barang gak perlu dirubah2 karena gak ada hubungannya sama ongkir. Urusan ongkir itu sebenarnya antara pembeli sama sistem shopee, jadi kita penjual gak perlu pusinging ongkir, penjual tugasnya cuman nerima pesanan saja dan kirim ke ekspedisi yang dipilih.
  25. Unknown
    Unknown
    Rabu, Februari 24, 2021
    Masalah packing, kita kan gada buble warp, apakah disediakan jasa kirim nya, soalnya ini kirim via pick up
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 24, 2021
      buble wrap biasanya sih ekspedisi nyediain tapi harus bayar lagi. Dan itupun harus kita yang antar ke kantornya biar nanti diliatin proses packingnya, kalau di pickup harus sudah selesai di packing, harus sudah siap kirim. Besok-besok siapin dulu bubblew wrap nya, jadi kalau ada orderan lagi bisa langsung dipake, jangan dadakan.
  26. Zain FS
    Zain FS
    Selasa, Februari 23, 2021
    Bang mau tanya. Paket nya itu berarti harus kita yg packing ya? Atau apa bisa pihak Jnt nya yang ngepacking-kan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 24, 2021
      yes, harus penjual yang packing kan kita yang tau barangnya seperti apa dan harus dipacking seperti apa. Di ekspedisi juga klo gak salah ada jasa buat packing, cuman ya harus bayar lagi. Dan itupun tidak di setiap kantor ada
  27. Mutiara
    Mutiara
    Sabtu, Februari 20, 2021
    Kak maaf mau tanya, kalau mau jualan di shopee tapi masih dibawah 17 yang otomatis gak punya KTP bisa kah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Februari 20, 2021
      kalau untuk jualan saja sih sebenarnya bisa2 saja, cuman nanti shopee bakal tetap minta verifikasi KTP untuk beberapa kebutuhan seperti kelengkapan akun, atau saat melakukan penarikan uang penjualan juga kadang diminta verifikasi KTP dulu. Untuk sementara pakai saja dulu akun orang tua/saudara untuk jualan, nanti kedepannya kalau sudah punya KTP bisa ditambahkan kok pemilik tokonya
  28. fitriahnadia1997@blogspot.com
    fitriahnadia1997@blogspot.com
    Selasa, Februari 16, 2021
    Bang mau tanya, misalkan hari ini ada pesanan shopee yang masuk, pertama kan atur pengiriman dlu, kalo sudah di klik atur pengiriman boleh nggak besok ngirim barang pesanannya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 16, 2021
      Boleh. Yang penting gak lewat batas waktu yang sudah ditentukan shopee
  29. Habib Maulana
    Habib Maulana
    Selasa, Februari 16, 2021
    Kak kalau ekspedisi pengiriman selain J&T bagaimana kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 16, 2021
      sama saja prosesnya, yang beda cuman tempat kirim paketnya sesuai ekspedisi yang dipilih.
  30. Arra
    Arra
    Minggu, Februari 14, 2021
    Bang saya baru mendapat pesanan pertama, nah pembeli saya minta supaya harganya dinaikkan menjadi 120rb supaya dia mendapat free ongkir katanya.. Saya sudah menggantinya,nah d pesanan saya pembeli sudah melakukan pembayaran, bagaimana caranya saya mengembalikan sisanya sementara harga barang saya hanya 45rb, bang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 14, 2021
      Tunggu saja sampai pesanan selesai dulu dan kamu bisa tarik dana penjualannya dari shopee. Kalau hasil penjualan dari shopee sudah masuk rekening, baru deh balikin uangnya. Kalau pembeli maksa2 cepet dibalikin berarti itu ada indikasi penipuan, karena uang penjualan gak akan bisa diambil sebelum transaksi selesai.

      Ngomong2 itu jauh banget minta naik harganya, bisa - bisa dianggap penyalahgunaan sistem kalau gitu, nanti akun jualannya bisa dibekukan sama shopee. Nanti - nanti jangan mau kalau diminta naikin harga gitu, resikonya terlalu besar.
  31. Unknown
    Unknown
    Minggu, Februari 14, 2021
    Bang mau nanya. Kallo kita ud porses pengiriman ato pick up. Tp dr konsumen melakukan pembatalan pesanan barang. Tp status batng sudah dkirim . Itu gmn bang ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 14, 2021
      Setau saya kalau sudah dikirim/masuk ekspedisi pesanan gak bisa dibatalkan, dan pembatalannya juga harus sepertujuan penjual. Jadi kalau kita gak menyetujui pembatalan transaksi akan terus aktif dan saya sarankan sih jangan disetujui pembatalannya karena sudah terlambat kalau sudah dikirim. Itu resiko pembeli, kenapa pas order gak berpikir matang - matang dan pas cancel terlambat
  32. Budi
    Budi
    Rabu, Februari 10, 2021
    Kak Rindi saya mau tanya kalo ada pembeli yang memilih jasa pengiriman selain J&T apakah penjual masih bisa mengirim barangnya lewat kantor J&T?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 10, 2021
      Sbenarnya bisa saja ganti ekspedisi, tapi akan buruk ke penilaian toko kita, apalagi kalau sudah masuk program gratis ongkir, wajib sesuai pesanan. sebenarnya kan prosesnya sama saja mau apapun ekspedisinya, cuman beda tempat pengiriman saja.
  33. Tampilkan selengkapnya
  34. Aurellia
    Aurellia
    Senin, Februari 08, 2021
    Ka maaf mau nnya,kl no resi ny mau dtls tnpa hrs d print,kita penjual mengkonfirmasi gmn ya ka?Trmaksh ka
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 08, 2021
      Kita penjual gak perlu konfirmasi apa - apa. Kalau paket sudah masuk ke sistem ekspedisi nanti otomatis update juga di sistem shopee. Makanya jangan salah tulis data2 yang ada di resi, apalagi nomor bookingnya.
  35. Dessy ^-^v
    Dessy ^-^v
    Jumat, Februari 05, 2021
    Kak mau tanya, kalau untuk pengiriman aerosol jalur darat masih satu pulau Jawa, ekspedisi seperti JNE, J&T, dan sejenisnya pasti masih mau terima ga yah? Misal punya toko di Tokopedia/Shopee. Makasih Kak.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 05, 2021
      Setau saya sih nerima aja, yg penting masih pakai jalur darat (bukan udara). Coba aja lihat di toko online yang sudah jualan aerosol juga, disana biasanya muncul/dikasihtau pilihan ekspedisi apa saja yang bisa dipakai
  36. Hdanka
    Hdanka
    Jumat, Februari 05, 2021
    Permisi kak, jadi klo ndak ada print cukup tulis kode transaksinya saja ya di kertas? Contoh JP000000. Apa bagaimana??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 05, 2021
      Harus lengkap ya dengan alamat pengiriman, dll. Kalau hanya ditulis kode transaksi nanti admin nya gak bisa verifikasi apakah datanya sama atau tidak dengan di sistem.
  37. Mr
    Mr
    Kamis, Februari 04, 2021
    kalo kita sebagai pembeli barang dan barang sudah sampai kerumah, kita disuruh bayar pajak/ongkir nya lagi ga??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Februari 04, 2021
      Tergantung metode pembayaran yang dipilih. Kalau pilih pembayaran COD ya berarti harus bayar semua tagihannya saat barang diterima. Kalau pilih metode pembayaran selain COD berarti gak usah bayar lagi karena sudah bayar diawal pas pesan barang.
  38. Unknown
    Unknown
    Senin, Februari 01, 2021
    bang berarti setiap ada yang mau beli barang kita di timbang dulu biar tau estimasi ongkir gitu ap gmna,kalo barangnya bebrapa gram gmna nentui biaya ongkirnya 🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 02, 2021
      satu kali aja ditimbangnya, buat perhitungan ongkir di sistem tokopedia. kalau barangnya sama kan pasti beratnya juga sama. Kita sebagai penjual hanya perlu memasukan estimasi berat (sama dimensi) saja saat input produk baru, untuk perhitungan ongkir itu urusan shopee dan pihak ekspedisi. Yang penting nanti pas di timbang gak jauh dari estimasi
  39. anam
    anam
    Kamis, Januari 28, 2021
    Bang, untuk ongkir cashless yang ditanggung pembeli,untuk barang sendiri kita perlu ngukur berat pasti atau perkiraan saja? Agar muncul saat pembeli akan checkout (membayar)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 28, 2021
      Berat pasti +packing. Contoh: Berat barangnya 500gram tapi setelah di packing beratnya jadi 700gram, nah yang ditulis itu yang 700gram. Dan untuk jaga2 lebihin sedikit misalnya ditulisnya jadi 750gram
  40. Desu Yo
    Desu Yo
    Kamis, Januari 28, 2021
    Terima kasih kak Rindi, pas banget ktemu info di website ini,
    bisa di bantu jelaskan kak,
    cth, produk saya berat 1000gr, kan disuruh tambah berat packing tuh jd 1200gr. apakah kita harus timbang setiap pesanan dan harus sama terus 1200gr? kalau beda bbrp gram apakah nanti di tolak ekspedisi? brp gr toleransi selisihny?
    saat ini sy mw berjualan madu, masih bingung pake packing sperti apa, dan ada bbrp ekspedisi yg tdk bs kirim cairan. kalau kak Rindi ada infonya mohon dibantu ya kak :)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 28, 2021
      1300gr itu masih dihitung 1kg. kalau sudah diatas 1300 sudah masuk 2kg. Jadi kalau misalnya estimasi 500gr tapi setelah ditimbang jadi 1300gr itu masih gpp, selama dibawah 1kg.
      Kalau masih bingung packing cara yang paling gampang sih coba saja beli produk madu yang sama di toko lain, nah lihat tuh packingnya gimana, terus tiru deh.. kalau bisa lebih baik, lebih bagus. Semoga membantu!
  41. Unknown
    Unknown
    Kamis, Januari 28, 2021
    Kak kalau mau print resi itu harus pakai kertas stiker kah?
    Soalnya kan biasanya ditempel, maaf masih kurang paham🙏🏻
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 28, 2021
      Gak perlu. kertas biasa juga cukup. Ditempelnya kan bisa pakai lakban transparan, jadi tetap terbaca dan nempel juga di paketnya
  42. Mita Listyana
    Mita Listyana
    Rabu, Januari 27, 2021
    bang bilang ke pihak ekspedisinya gimana ya waktu nganter paket?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Januari 27, 2021
      Sebenarnya kalau adminnya sudah lihat logo shopee sih gak usah bilang, mereka pasti langsung proses. Tapi untuk jaga2 si abangnya gak lihat itu logo, bilang aja "ini orderan dari shopee ya pak". Kalau sudah dibilangin dari shopee sih pasti adminnya sudah ngerti, kamu tinggal tunggu saja resi/tanda terimanya.
  43. zii
    zii
    Senin, Januari 25, 2021
    kak kalau kita sebagai penjual, bagusnya pakai jasa pengiriman apa ya? dan misalkan kita jualan di shopee apakah shopee potong pajak dagangan atau bagaimana kak? terimakasih sebelumnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 25, 2021
      Kalau jasa pengiriman sih itu tergantung yang ada di daerah kamu. Kalau ada sih lebih baik pilih yang bisa gratis ongkir, biar pembeli dapat potongan ongkirnya juga. Shopee menerapkan biaya layanan, tapi kecil banget kok klo gak salah itu cuman 0,5% (setengah persen).
  44. Tampilkan selengkapnya
  45. Unknown
    Unknown
    Minggu, Januari 24, 2021
    Bang mau tanya kalau saya pilih pick up oleh kurir itu saya harus cetak resijuga atau nnti dicetakin sama kurirnya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 24, 2021
      menurut saya sih tetap harus cetak resi ya, kurir kan cuman ngambil doang. Yang cetak resi itu bagian yang input di kantor, admin input juga perlu data/nomor booking yang biasanya ada didalam lembar resi yang kita cetak.
  46. Anonim
    Anonim
    Sabtu, Januari 23, 2021
    Apa cuman jnt saja? Yang lain bisa?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 24, 2021
      Yang lain juga sama saja. Pakai JNT kebetulan saja pembelinya pilih JNT
  47. Unknown
    Unknown
    Kamis, Januari 21, 2021
    Untuk masalah volume pengiriman max min nya berapa kak...
    Berat barang 16g, 1box isi 280pcs
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 21, 2021
      untuk batas volume sama saja seperti ekspedisi lain, PxLxT dibagi 6000. Jadi nanti dilihat mana yang lebih mahal, itu yang diambil. Kalau masih kurang jelas langsung balas saja ya disini
  48. Yuwies
    Yuwies
    Kamis, Januari 21, 2021
    Alhamdulillah, akhirnya cukup paham juga caranya... Saya masih belajar dan baru akan memulai...
    Terima kasih banyak untuk semua penjelasannya kak. Sangat mudah dipahami dan pastinya sangat membantu pemula seperti saya. Semoga tetap semangat untuk terus berbagi dan memberi manfaat kak..
    Sukses selalu untuk usahanya :)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 21, 2021
      makasih ya, doa yang sama juga buat kamu semoga usahanya makin lancar dan sukses terus
  49. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 18, 2021

    Kalo kita print sendirj, semisal mau kasih logo shoppe nya? Caranya gimana ya banh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 19, 2021
      Kalau print resi yang ada di shopee kan sudah ada logo shopee nya, tinggal print. Kalau mau bikin sendiri manual ya tinggal cari saja logo shopee di google nanti di print
  50. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 18, 2021
    kak sbelumnya makasi tulisannya sangat membantu, mau nanya kak nomor booking itu yg mana ya kak? sama no resi yg dikasi shopee sama nomor resi yg dikasi pihak ekspedisi ke penjual itu beda atau sama kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 18, 2021
      Nomor booking itu yang ada dibawah barcode, klo di contoh (gambar) letaknya ada di atas depannya itu JP0307... Nomor resi yang yang ada di sistem shopee dan yang dikasih ekspedisi harusnya sama ya.
  51. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 11, 2021
    Ka mw nanya, klo misalnya jual barang dropship via wa di shopee trus klo ada pesenan chatnya via wa kan. Nah yg aku bingungin waktu pemilihan pengiriman pilihnya antar ke counter atau pick up ya? Saya udah liat diyoutube katanya klo dropship pilih diantar ke counter. Tpi yg aku bingungin klo saya pilih antar ke counter tpi si suplier kirimnya pake pick up apa ngga masalah ka? Mohon bantuannya terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 11, 2021
      Kalau soal dropship saya kurang faham dan katanya untuk sistem dropship memang sedang susah teknis nya. Kalau mau jelas sih langsung aja google ke judul yang langsung membahas tentang dropship, kalau dari saya takutnya salah informasi
  52. inspirasimasakmudah.blogspot.com
    inspirasimasakmudah.blogspot.com
    Senin, Januari 11, 2021
    Makasih bang.
    Ini artikel lengkap banget, bahasanya jelas, gamblang. Mudah dipahami. Ramah banget lagi..Sehat selalu ya buat penulis🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 11, 2021
      Sama - sama bang. sehat dan sukses juga buat abang 🙏🙏
  53. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 08, 2021
    Bang saya mau tanya bagaimana kita menghitung berat pengrmn produk .sedangkan dirumah tidak ada timbangan? Apa kita yg perkirakan aja.atau nanti dr pihak jnt akan ditimbang ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 08, 2021
      Kalau berat harus benar - benar ditimbang, jangan di kira2. Kalau memang gak ada di rumah atau tetangga, datang saja ke kantor JNT dan ikut nimbang disana, kalau barangnya 1 atau 2 sih pasti diizinin ikut nimbang disana. Terus ditambah kira2 200-300 gram buat packing. Jadi kalau berat barang 500gr di sistem tokopedia tulisnya sekitar 700/800gr.
  54. Afifah
    Afifah
    Rabu, Desember 30, 2020
    Kak maaf mau memperjelas pemahaman saya nih, msh sedikit bingung soalnya baru bgt mau jualan di shoppee. Berarti nanti waktu ada pesanan masuk dan pesanan sudah siap di kirim, supaya kita bisa dapat nomor resi dan nomor booking dari shoppee nya itu, kita klik dulu di status pengiriman atau bagaimana ya kak ? Terus berarti ga perlu di print kan ya resi sama kode booking nya ? Soalnya takut wajib bgt di print gitu hehe. Terima kasih sebelumnya kak
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 30, 2020
      Yes. Untuk bisa dapatkan kode booking kita harus atur dulu pengirimannya di sistem shopee. nanti kalau sudah milih mau dikirim sendiri atau dijemput baru kode bookingnya bisa muncul. Yang dibutuhkan itu kan sebenarnya data yang ada didalam resinya biar kurir bisa dengan mudah input ke sistem dan mencocokannya dengan data yang ada di sistem JNT. Jadi pastikan kalau mau tulis tangan kode bookingnya jangan ada yang salah
  55. Tampilkan selengkapnya
  56. Unknown
    Unknown
    Minggu, Desember 27, 2020
    Om mau tanya kalo pembeli menggunakan metode shopee pay via j&t ongkir di tanggung pengirim dulu kah? 🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 28, 2020
      Kalau gak salah sekarang pembayaran tunai/cash sudah ditiadakan oleh shopee. Jadi mau metode pembayaran apapun (termasuk shopeePay) penjual/pengirim tidak perlu bayar apa - apa ke JNT. di gambar resi yang ada diatas juga tertulis "jangan bayar apapun ke kurir JNT, biaya akan dibayarkan langsung oleh shopee"
  57. Dhel
    Dhel
    Sabtu, Desember 26, 2020
    Bang mau tanya nih maaf pemula jika kita dapet pesanan apa dlu yg harus kita lakukan siapkan dlu barang ya apa pijit dlu atur pengiriman ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 26, 2020
      Sebenarnya sama aja, mau dibalik juga gapapa. Tapi kalau sesuai urutan sih lebih baik atur pengiriman dulu biar penjual tau bahwa pesanannya sedang di proses sama penjual
  58. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 26, 2020
    Om, misalkan saya mau jual barang dengan harga 500rb.terus ongkirnya dipotong dari harga tersebut kah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 26, 2020
      Nggak. Penjual tetap akan mendapat full 500rb. Ongkir kan yang bayar pembeli, bukan penjual. Kalau pembeli pakai voucher free ongkir, berarti yang bayar ongkir pihak shopee.
  59. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 24, 2020
    Bang kalo kita udah dapet kode booking dari jnt buat pickup ke rumah, tapi sampe waktu yang di tentukan belum ada yang pickup sama sekali... Kita kan gatau nanti dari kantor cabang jnt mana yang ditugaskan pickup.. gimana cara kita tanya nya bang? Dan posisi lain kita punya salah satu nomor kurirnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 24, 2020
      Kalau belum pernah pakai sistem pickup saya sarangkan sih untuk pengiriman pertama kita yang antar dulu ke kantor JNT nya. Baru nanti di kantor tersebut tanya - tanya seputar sistem pickup biar jelas dan mudah kalau ga ada yang pickup harus hubungi kemana. Kalau memang ga ada yang pickup ya mau gak mau kita harus antar sendiri ke kantor JNT nya, kalau nunggu terus kurir pickup nya bisa - bisa terlambat lagi pengirimannya
  60. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 22, 2020
    Kak mau tanya gimana kalau kita kirim cod, trs tiba2 penerima menolak paket dan diretur apakah kita harus nanggung biaya ongkirnya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 22, 2020
      Setau saya kalau ada retur barang seperti itu biayanya ditanggung sama pihak shopee. Dan kalaupun ongkirnya kurang harusnya sih dibebankan ke pembeli karena itu kan keputusan pembeli untuk retur barang, jadi kita sebagai penjual tau terima lagi aja
  61. Shan
    Shan
    Senin, Desember 21, 2020
    Mas mau tanya misal kalo blnja kan suka ada resinya nah nnti yg masukin resi apakah pihak jnt atau kita sebagai pnjual trus status pesanan d update dr jnt apa gmn ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 21, 2020
      kita sebagai penjual hanya perlu mengirimkan paket yang sudah tertera resi/nomor booking diatasnya, nanti pihak JNT yang masukin ke sistem. Kalau sudah masuk sitem JNT nanti kita dikasih tanda terimanya termasuk disana ada nomor resi. Untuk status pesanan nanti update sendiri (otomatis) karena sekarang sistem shopee dan ekspedisi sudah terhubung.
  62. hernawatina7@gmail.com
    hernawatina7@gmail.com
    Minggu, Desember 20, 2020
    Kak ngirim paket dari shopee tsb bebas kan di konter jnt mana saja? Atau gimana kak? Kebetulan saya tinggal di Perbatasan Bekasi Karawang, nah jnt terdekat adanya di Rengasdengklok krw, kalau yg Bekasi cukup jauh.. bagaimana solusinya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 21, 2020
      Pilih yang terdekat sama alamat rumah aja. Yang penting perhitungan ongkirnya nanti gak berubah. Saya juga kadang pindah2 konter JNT, tergantung situasi, dan gak apa2.
  63. siwangbundael
    siwangbundael
    Minggu, Desember 20, 2020
    thanks bang. sangat membantu kami yg mau berjualan di shopee.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 21, 2020
      Sama - sama ya. Saya juga senang tulisan ini bisa bermanfaat
  64. Kang samir
    Kang samir
    Sabtu, Desember 19, 2020
    Terima kasih ka, penjelasannya sangat bermanfaat bagi yang baru mau mulai..
    Tpi sy masih bingung, bagaimana kalo kita dropship dari market lain semisal lazada, terus kita jual produknya di shoppe. Nah bagaimana itu proses mekanisme pengirimannya ka.. tolong ka bantu kasih pemahan nya.
    Terima kasih
    Sukses selalu ya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 19, 2020
      klo dropship saya sendiri kurang paham kang, coba aja googling atau cari di youtube kyknya sudah banyak yang bahas biar lebih jelas
  65. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 19, 2020
    Mf nanya mas, saya lupa nulis no.pesanan shopee d paket tp no.resi sya tulis mas apkh gk mslh? Jnt expres.. sya nunggu stts d shopee msih dikemas blm berubah dikirim.. blm 24j sih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 19, 2020
      masukin aja nomor resi yang kamu dapat dari JNT nya (yang dikasih sama petugas di kantor JNT), ditulis manual di kolom 'masukan nomor resi' nanti otomatis bakal update statusnya sesuai dengan nomor resi yang dimasukan.
  66. Tampilkan selengkapnya
  67. Deva
    Deva
    Rabu, Desember 16, 2020
    Keren bang, terus update" olshop kyk gini ya jgn sampai hangus 😀👍👍
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 16, 2020
      Siap! Terimakasih ya
  68. Cara Pemesanan
    Cara Pemesanan
    Selasa, Desember 15, 2020
    kak mau nanya, berarti kita ke kantor jnt nya cuman bawa paket yang untuk kita kirim ke penjual aja?terus bilang kalo itu pesanan dari shopee gitu? berarti kita disana ga ngasih uang buat ongkirnya kan?
    sekian terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 16, 2020
      Yes kita hanya kasih paket yang mau dikirim ke penjual aja, ga perlu bayar ongkir. Di resi juga biasanya ada tulisan "penjual tidak perlu bayar ongkos kirim ke kurir". Sekarang sudah pakai sistem cashless, jadi ongkirnya diambil langsung dari uang yang ditransfer pembeli ke shopee
  69. Putri
    Putri
    Senin, Desember 14, 2020
    Kak mau tanya kemarin kan saya udah kirim paket ke JNT tapi keterangan di shopeenya masih dalam "Dikemas" belum pindah ke "Dikirim" itu kenapa ya? Dan saya cek resi JNT dari shopeenya keterangannya masih juga belum di terima JNT itu kenapa ya? Makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 14, 2020
      Harusnya sih otomatis berubah ya statusnya, terus kedepannya biasakan bilang ke operator JNT nya bahwa ini pesanan dari shopee, takutnya malah dianggap kiriman biasa kalau gak bilang. Tapi kalau gak otomatis kita bisa update manual. Di halaman pengiriman ada kolom untuk masukan nomor resi, nah masukan aja nomor resi yang kamu terima dari pihak JNT di kolom tersebut nanti harusnya statusnya berubah jadi dikirim
  70. Abin
    Abin
    Minggu, Desember 13, 2020
    Thanks bro..membantu bgt ini artikel
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 13, 2020
      sama - sama bro, senang dapat membantu!
  71. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 10, 2020
    Misal'y kita jualan lewat hp terus kalo mau ngeprint resi ke warnet yg ada alat print'y kira2 bisa gk?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 10, 2020
      Bisa. Di screenshot saja resinya di HP, jadi ke warnet tinggal print saja. Ga perlu login ke shopee di komputer warnet
  72. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 09, 2020
    Thanks bang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 10, 2020
      Sama - sama. Lancar ya usahanya
  73. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 08, 2020
    Kak jadi kita cuma nyetakin nomor resi nya aja?alamat pembeli nya nanti dari pihak jnt atau gimana?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 09, 2020
      Sebenarnya bisa nomor resinya aja karena nanti di stiker JNT otomatis muncul detailnya. Tapi lebih baik lengkap sama alamat pengirim soalnya kadang ada petugas JNT yang minta alamatnya ditulis juga di paket, jadi daripada nanti ribet lagi nulis dadakan di paket, lebih baik langsung saja ditulis lengkap dari awal biar lebih rapi dan terlihat profesional
  74. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 08, 2020
    Kak mau tanya ini aku baru mau jualan di shopee,aku masih bingung nih sama sistem pengiriman nya mohon bantuan nya ya kak bagaimana cara nya ngirimin pesanan ke pembeli lewat jnt
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 08, 2020
      coba dibaca lagi tulisan saya, kalau ada yang gak berti baru tanyakan di bagian mana gak ngertinya jadi saya juga gampang jelasinnya.
  75. Risna Mardiah
    Risna Mardiah
    Senin, Desember 07, 2020
    Yg dituliqt itu No resi nya aja kk? Kalau alamatnya bagaimana, apakah pihak j&t yg cetak alamatnya??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 07, 2020
      sebenarnya nanti alamat penerima juga akan otomatis di cetak di stiker J&T, tapi kita sebagai penjual gak bisa ngandelin itu aja. Jadi ya lebih baik ditulis lengkap sama alamatnya.
  76. Risna Mardiah
    Risna Mardiah
    Senin, Desember 07, 2020
    Kalau kita tulis tangan alamat sama No resi nya, apa tidak berdampak pada toko kita?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 07, 2020
      ya kalau mau terlihat lebih rapi dan profesional sih di print resi nya. Tapi kalau masih belum bisa ya tulis tangan juga gpp, pembeli juga jarang yang perhatiin sebenarnya, yang penting barangnya sampai dan sesuai
  77. Tampilkan selengkapnya
  78. Cha Lavina
    Cha Lavina
    Minggu, Desember 06, 2020
    Itu abangnya pakai hp atau laptop untuk berjualan? Kalau di hp ga bisa print kan buat print resi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 06, 2020
      saya kebetulan seringnya buka dari laptop. Kalau di HP gak perlu di print, gak wajib. Bisa ditulis saja diatas kertas nomor resi /nomor bookingnya. Yang penting nanti bisa kebaca sama admin JNT nya untuk input ke sistem
  79. Unknown
    Unknown
    Minggu, Desember 06, 2020
    Kl kita jualan di shopee, keuntungan kita akan dipotong berapa persen oleh shoppe dari harga jual?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 06, 2020
      untuk penjual pemula tidak ada potongan ya, kalau sudah lebih dari 100 transaksi penjualan baru dikenakan biaya layanan 0,5 % dari harga jual. Jadi kalau harga barang 100.000 (seratus ribu rupiah) potongannya 500 (lima ratus rupiah)
  80. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 05, 2020
    Gan nomor resinya ditulis di kertas biasa aja gpp kan ya? 🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 05, 2020
      ga apa2 gan, yang penting tulisannya bisa dibaca sama operator JNT nya buat dimasukan ke sistem
  81. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 04, 2020
    Bang kalau barang dijemput sm courir penjual ada kena biaya nggak ya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 04, 2020
      setau saya ga ada biaya penjemputan (gratis). Gak tau ya kedepannya akan tetap gratis atau tidak, tapi saat ini masih gratis
  82. Aini2204
    Aini2204
    Jumat, Desember 04, 2020
    asss.aku. mau tanya bagaimana cara menarik uang hasil penjualan kita di shopee? terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 04, 2020
      Sudah dibuatkan artikelnya ya, link nya sudah ada di dalam artikel, cari aja judulnya "Cara tarik saldo penjualan di Shopee"
  83. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 01, 2020
    Bang, kalau misal ga sengaja nih mencet atur pengiriman, padahal barang PO 7 hari dan kepencet di hari yang sama dengan pemesanan, kira2 berapa lama dikasi waktu untuk ngirim ke ekspedisiya ya sama Shopee?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 02, 2020
      Biasanya informasinya ada di bagian detail pesanan, disana harusnya ada informasi batas waktu pengiriman ke kurir. Kalau gak salah sih sekitar 2-3 harian (cek sendiri ya biar pasti). Tapi kalau memang keliatannya gak akan keburu mending tolak saja pesanannya, biar pembeli juga bisa cepet order lagi di toko lain.
  84. Unknown
    Unknown
    Sabtu, November 28, 2020
    Hallo kak. Gimana saat kita belum punya rekening tapi sudah ada orderan masuk
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, November 29, 2020
      Gak masalah, selesaikan saja dulu orderan nya. Nanti kalau mau tarik uangnya dari shopee baru harus ada rekening. Nah sambil nunggu orderannya beres, segera buat rekening, yang penting ada dulu buat nampung uang kiriman dari akun penjualan di shopee.
  85. Unknown
    Unknown
    Jumat, November 27, 2020
    Kak itu nanti stiker shopee itu yang nempel dari kita apa dari ekspedisi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 28, 2020
      Kalau stiker sepeti itu biasanya inisiatip dari penjual, tapi tidak wajib dan sedikit juga yang melakukannya sepengetahuan saya. Kecuali kalau memang beli nya di bagian shopeeMall, itu pasti pake kardus shopee dan stiker shopee karena memang shopee langsung yang urus kirim2nya.
  86. Unknown
    Unknown
    Jumat, November 27, 2020
    Bang, klo dari si penjual milih 0 ongkir di 1 ekspedisi, itu brarti klo si pembeli beli barang di kita trs ngambil ekpidisi yg 0 ongkir itu, berarti kita (si penjual) yg bayar ongkirnya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 27, 2020
      kalau pembeli pake voucher gratis ongkir maka yang bayar biaya ongkir itu shopee. Jadi sebenarnya penjual gak perlu memusingkan itu. Kalaupun nanti di ekspedisinya diminta bayar, nanti kan diganti sama shopee ongkirnya. Tapi sekarang hampir semua pake sistem cashless, jadi penjual gak perlu bayar apa2 ke ekspedisi.
  87. Dulishanjia
    Dulishanjia
    Kamis, November 26, 2020
    Mau tanya gan, kalo kirim paket Shopee via jnt, apakah pihak jnt ngasih cap label Shopee pd paket yg kita kirim? Trimakasih..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 27, 2020
      Nggak gan, dari JNT cuman ada label JNT saja. Kalau mau ada logo atau label shopeenya harus buat dan pasang sendiri dipaketnya
  88. Tampilkan selengkapnya
  89. mutiara
    mutiara
    Rabu, November 25, 2020
    Kl pembeli pakai voucher gratis ongkir, penjual gk dibebani bayar ongkirnya kan bang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 26, 2020
      iya, penjual gak akan dibebani biaya ongkir selama sistemnya cashless. Kalau gak pake sistem cashless ya penjual harus bayarin dulu, nanti uangnya diganti sama shopee
  90. ellyana safitri
    ellyana safitri
    Senin, November 23, 2020
    Bang yg dimaksud dgn "Biaya ekspedisi akan langsung dipotong dari dana yang dikirim pembeli ke rekening shopee" apa? Jadi ongkirnya si penjual yg tanggung gtu?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 24, 2020
      Bukan. Yang tanggung ongkir itu selalu pembeli. Jadi klo dulu penjual harus bayar (talangin) dulu biaya ongkir, baru nanti uangnya diganti setelah transaksi selesai. Sekarang, penjual gak perlu lagi nalangin ongkir, karena ekspedisi nanti nagih ongkirnya ke shopee, shopee ngambil uang ongkirnya langsung dari uang pembeli. Jadi kita sebagai penjual tugasnya cuman packing pesanan dan anterin ke kurir
  91. Takumi~
    Takumi~
    Kamis, November 19, 2020
    Bang saya kan pilih cara pengiriman jnt yg dijemlut kerumah, lalu kurir nya belum dateng dateng padahal jadwal pick up nya kemaren gimana solusi nya bg
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 20, 2020
      Kalau baru pertama kali mending telepon dulu kantor jnt nya sebelum order jemput. Biar mereka bisa konfirmasi apakah ada yang bisa ngambil atau tidak. Kalau sudah kelewat ya mending anterin aja ke kantor jnt nya dari pada tambah telat sampai di pembeli nya
  92. Unknown
    Unknown
    Senin, November 16, 2020
    Bang mau nanya kalau cod itu gimana caranya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 17, 2020
      Saya juga belum pernah sih dapat pesanan yang COD. Tapi setau saja dari sisi penjualnya gak ada perubahan apa - apa, kita tetap akan dapat bayaran dari shopee begitu semua proses pesanan selesai. Yang beda itu di bagian pembelinya aja, saat mereka terima barang dari kurir, pembeli harus membayar barang yang dipesan.
  93. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 03, 2020
    Bang mau tanya berarti kita juga harus punya printer dong
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 03, 2020
      Pertanyaan bagus. Sebenarnya ga harus di print. Bisa juga ditulis dikertas data2 yang ada di resi. Yang penting kode booking, alamat pengirim & Penerima harus jelas biar mudah di input sama pegawai J&T nya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!