Beranda
Microsoft
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Agar File Microsoft Word Bisa Dibuka di semua versi
Cara Agar File Microsoft Word Bisa Dibuka di semua versi

Berikut ini adalah cara agar file Microsoft Word bisa dibuka di semua versi. Dengan cara ini file atau tulisan yang telah anda buat di Microsoft Office Word versi terbaru seperti Ms. Word 2016 (atau lebih baru) tetap dapat dibuka di program Ms Word versi lain yang lebih lama seperti Ms. 2007, 2010, 2017, atau versi lainnya yang lebih "jadul".

Sekarang ini sangat mudah untuk kita berbagi file secara online, baik file foto, video, dan termasuk file dokumen kerja seperti tulisan di Microsoft Word. Tugas kelompok, laporan kerja, ataupun dokumen skripsi, semua ditulis di aplikasi yang sama.

Namun dengan banyaknya versi dari Microsoft Word ini terkadang memberikan beberapa kesulitan, terutama saat berbagi file dokumen. Umumnya masalah kompatibiliti dari satu versi dengan versi lainnya. Semoga dengan tutorial atau langkah dibawah ini dapat membantu.

Baca juga: Cara Merubah PowerPoint Menjadi File Gambar (PPT to JPG/PNG)

Cara Agar File Microsoft Word Bisa Dibuka di semua versi

  1. Klik menu >File
  2. Pilih >Save As
  3. Pilih folder untuk menyimpan fileCara Agar File Microsoft Word Bisa Dibuka di semua versi
  4. di kolom File name silahkan masukan nama file sesuai yang diinginkan (disarankan untuk menambahkan keterangan seperti 'old version' atau 'versi jadul' atau apa saja yang menandakan file tersebut sudah dirubah menjadi format umum)
  5. kemudian pada kolom Save as type silahkan ganti dengan format >Word 97-2003 Document (*.doc)Cara Agar File Microsoft Word Bisa Dibuka di semua versi
  6. Kemudian klik tombol >Save. 
  7. Selesai. Silahkan periksa file yang telah disimpan dengan membukanya di komputer atau laptop lain dengan aplikasi microsoft word versi lain.

Untuk penyimpanan selanjutnya anda hanya perlu menyimpan dokumen seperti biasa dengan menekan tombol ctrl+S atau klik menu >File kemudian pilih >Save. File yang sedang anda buka selanjutnya akan otomatis tersimpan di format yang telah dipilih sebelumnya.

Baca juga: Cara Agar File Microsoft Word bisa dibuka di Mac OS Apple

Bagaimana jika sudah terlanjur disimpan?

Lalu bagaimana jika file word yang ingin dibuka sudah terlanjur disimpan dalam format Microsoft Word terbaru seperti 2016 dan ingin dibuka di Word versi lama?. Anda harus membuka file tersebut di program Ms Word versi baru kemudian rubah format di menu >File >Save As seperti langkah diatas.

Jika anda tidak punya programnya, silahkan minta ke teman atau rekan kerja anda yang mengirim file word tersebut, minta untuk di save ke word 97-2003 seperti diatas.

Semoga tulisan mengenai cara agar file Microsoft word bisa dibuka di semua versi microsoft office ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi penggun yang bijak!

Baca juga: Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

6 komentar

  1. Saephie14
    Saephie14
    Jumat, Desember 03, 2021
    conversi aja docx to doc secara online
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 04, 2021
      Yup! Bisa juga dengan cara ini kalau ada koneksi internet.
  2. Muh Yusnam ST MT
    Muh Yusnam ST MT
    Kamis, November 04, 2021
    bagaimana cara mengatasi file untuk disimpan pada save as tidak terdapat pemilihan tipe file save as pdf di word 2003
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 04, 2021
      Untuk word 2003 harus lewat menu >Print ya, di jenis printer nya silahkan pilih "Adobe PDF". Nanti hasilnya akan jadi file pdf seperti biasa.
  3. Elsaaa
    Elsaaa
    Sabtu, Agustus 28, 2021
    Cara di atas apa berlaku jg buat file yang kalau dibuka di Microsoft word versi lain suka acak-acakan mas?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Agustus 28, 2021
      Bisa. Karena prinsipnya sama saja.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!