Beranda
News
Peraturan
Shopee
Toko Online
Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?
Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?

Beberapa waktu yang lalu kami mendapatkan informasi bahwa produk Vape di Shopee dihapus dari hasil pencarian. Setelah kata kunci vape di shopee di blokir, kata lainnya yang berhubungan dengan vape juga di blok seperti kata vaping, vapor, vape liquid, dan produk lainnya yang berhubungan dengan rokok elektrik ini. Kenapa?

Berawal dari informasi yang kami terima dari salah satu pembaca kami yang mengatakan bahwa seluruh pencarian yang berhubungan dengan rokok elektrik atau kata kunci vape di shopee dihapus dari hasil pencarian. Bahkan ada beberapa lapak atau pemilik toko yang memilih untuk menghapus produknya karena pembeliannya menurun drastis.

Setelah kami coba langsung dari aplikasi yang ada di HP, kami mendapatkan bahwa seluruh pencarian yang berkaitan dengan rokok elektrik atau vape benar - benar dihapus (atau di block) dari hasil pencarian. Dengan notifikasi "Produk tidak ditemukan, mohon coba kata kunci lain atau yang lebih umum".

Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?

Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?

Kami pun penasaran dengan langkah yang diambil oleh Shopee ini sehingga kami pun berinisiatip untuk bertanya langsung ke customer service shopee melalui akun twitter. Kenapa pencarian produk vape di shopee dihapus?

Alhamdulillah, kurang dari satu hari pertanyaan kami langsung mendapat balasan dari pihak admin shopee.

Pertanyaan kami seperti ini: Min, produk "vape" di aplikasi beneran di blok ya? saya coba cari vape/vaping/vapor keterangannya "produk tidak ditemukan"

Kemudian balasan dari admin Shopee seperti ini: Uh sorry banget yah kak, buat saat ini Shopee ngikutin peraturan dari Google Playstore terkait dilarangnya produk serupa tembakau dan rokok elektrik tuh, mending cari fashion kece di Shopee tuh kak hehe šŸ˜^DZ

Dari balasan diatas sepertinya langkah yang diambil untuk produk vape di shopee dihapus ini bukan murni berasal dari pihak shopee, tetapi lebih ke peraturan yang ada di Google Playstore. Dengan kata lain, peraturan ini juga berlaku untuk semua aplikasi yang ada di Google Playstore termasuk Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dll.

Bagaimana dengan marketplace lain?

Halaman Wishlist Shopee Bisakah Dibuka di PC & Laptop?

Seperti yang telah disinggung diatas, penghapusan hasil pencarian tersebut mengikuti peraturan baru yang diterapkan oleh pihak Google di Playstore. Peraturan yang berhubungan dengan pelarangan produk serupa tembakau dan rokok elektrik.

Lalu kami coba di aplikasi marketplace lain seperti Tokopedia. Dan hasilnya juga sama, kata kunci vape di Tokopedia juga di blokir beserta kata kunci yang berhubungan seperti vapor atau vaping juga sama - sama diblok atau dihapus dari halaman pencarian. Notifikasi yang muncul pun lebih jelas "Pencarian terbatas, Android app membatasi pencarian barang bernikotin/tembakau."

Dan sepertinya, peraturan baru ini bukan hanya untuk aplikasi marketplace saja, tetapi untuk semua aplikasi secara umum yang ada di Google Playstore.

Bagaimana dengan di website?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, produk vape atau sejenis rokok elektrik hanya dilarang untuk aplikasi yang di upload ke playstore. Jadi untuk pencarian di website sepertinya masih bisa karena tidak harus mengikuti peraturan yang ada di playstore.

Bagaimana dengan di AppStore? Untuk di AppStore saya belum tahu apakah ada peraturan yang sama tetapi beberapa pengguna iPhone masih bisa mencari produk vape di aplikasi shopee ataupun tokopedia.

Bagaimana menurut anda? Semoga tulisan mengenai pencarian produk vape di shopee dihapus ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

17 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 04, 2021
    Kak adakah yang nipu vape nya gk kayak yang kita pesan/inginkan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 05, 2021
      Kalau penipu ya sepertinya dimana saja pasti ada, termasuk yang jualan vape juga. Kita sebagai pembeli yang harus lebih hati - hati, lebih baik beli di toko yang sudah menjual banyak dan juga mendapat minimal 4 bintang keatas.
  2. hendra rasta
    hendra rasta
    Kamis, April 08, 2021
    Cari dengan kata Vap3
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 08, 2021
      bisa dicoba nih yang lagi cari vap3. hehe
  3. Mia
    Mia
    Rabu, Desember 16, 2020
    Kenapa vape doang? Sedangkan minuman alkohol dan barang 18+ masih di jual
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 19, 2020
      Ya kalau itu sih sepertinya lebih ke kebijakan masing2 negara ya, untuk minumal alkohol ada batas usianya juga klo ga salah, gak bisa asal beli. dan vape juga kan masih bisa dicari kalau lewat website. Tapi gak tau lah alasan sebenarnya, saya juga nyerah kalau soal peraturan yang membingungkan seperti ini. hehe
  4. Hendra
    Hendra
    Minggu, Oktober 04, 2020
    Trus bagaimana solusi baiknya agar dapat mencari produk yg kami inginkan yĆ itu; liquid
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 05, 2020
      bisa lewat komputer ya, atau pakai browser di hp juga masih bisa. atau cari langsung nama tokonya, jangan produk liquid nya
  5. Unknown
    Unknown
    Jumat, Agustus 07, 2020
    pakai komputer boleh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 07, 2020
      Kalau pakai komputer masih bisa karena yang dilarang itu di aplikasi yang ada di PlayStore saja
  6. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juli 03, 2020
    Gw bisa di Shopee beli vape, liquid, keperluan vape tinggal kecil "vapemurah" Nanti muncul tpi sedikit sihh tpi klo dipencet yg mau tinggal kebawah msh bnyk jdi tidak benar benar di blok, semoga berhasil:)
  7. Reader
    Reader
    Kamis, Juni 25, 2020
    cari via web masih bisa, yang ga bisa itu langsung dari aplikasi online shop nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juli 05, 2020
      Bener banget gan, saat ini yang tidak boleh itu hanya di aplikasi yang di upload di playstore. Kalau untuk di website masih bisa karena tidak wajib mengikuti peraturan di playstore.
  8. MamangAnjay
    MamangAnjay
    Jumat, April 03, 2020
    Lazada masih bertebaran gan, cuma tokped sm shpee aja yg block
  9. smithmagge
    smithmagge
    Selasa, Maret 31, 2020
    Di iphone masi bisa ..
  10. Unknown
    Unknown
    Senin, Maret 09, 2020
    Di akulaku masih ketemu pencarian untuk Vape dan sejenisnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juli 05, 2020
      Yup! sebagian ada yang masih "bandel" tapi klo di playstore sendiri sudah jelas bahwa aplikasi yang ada di playstore gak boleh memasarkan produk vape /rokok elektrik dan sejenisnya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!