Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows

Berikut ini adalah cara mengatasi VGA error tidak bisa Install driver di Windows. Masalah pada graphic card atau VGA yang tidak dapat melakukan install driver atau tidak terdeteksi di komputer ini bisa diatasi dengan cara mudah dibawah ini.

Sudah install driver tetapi fitur dan fungsi dari VGA error yang tidak dapat diakses di komputer. Walaupun VGA terpasang dan gambar muncul di monitor tetapi kualitas dan resolusi layar masih rendah dan tidak dapat dinaikan lagi. Fix komputer anda mempunyai masalah pada drivernya.

Masalah ini biasanya dialami oleh VGA atau graphic card model lama yang kemungkinan sudah tidak dapat lagi menerima update software atau driver terbaru yang biasanya otomatis dilakukan. Masalah ini juga kami alami pada komputer yang menggunakan VGA Nvidia model lama (seri 500 kebawah).

Baca juga: Nvidia GeForce Experience Tidak Bisa Rekam? Ini solusinya

Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows

Sebelum ke langkah - langkah untuk mengatasi VGA error tidak bisa detect driver, pastikan kondisi fisik VGA anda baik - baik saja. Pastikan tidak ada goresan atau pin yang bengkok, atau cacat - cacat fisik lainnya.

Jika anda sudah yakin tidak ada masalah pada kondisi fisik VGA yang anda miliki, silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini. 

  1. Buka jendela folder Explorer (Windows +E)
  2. Silahkan >Klik kanan pada bagian This PC sampai muncul menu popup kemudian pilih >Manage. Jendela Computer Management akan munculMengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
  3. Pada jendela Computer Management silahkan buka bagian >Device Manager hingga muncul daftar device di bagian tengah
  4. Silahkan >Double click pada bagian Display Adapter hingga muncul sub menu
  5. Pada pilihan driver VGA external (pada contoh ini saya menggunakan VGA dari NVIDIA) silahkan klik kanan kemudian pilih >Uninstall DeviceMengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
  6. Tunggu beberapa menit sampai driver benar - benar terhapus (dalam beberapa kasus komputer bisa menjadi error, tidak masalah, lanjutkan ke langkah berikutnya) 
  7. Silahkan Restart komputer
  8. Buka lagi bagian >Device Manager seperti diatas
  9. Pada bagian VGA external silahkan >klik kanan kemudian pilih menu >Update DriverMengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
  10. Kemudian silahkan klik tulisan >Browse my computer for driver software
  11. Kemudian klik tulisan >Let me pick from a list of available drivers on my computer. Sistem akan menunjukan beberapa driver yang tersedia untuk dipilih dan diinstall.
  12. Silahkan pilih driver eksternal sesuai type VGA anda dan versi yang tersedia. Kami sarankan untuk memilih versi yang lebih lama agar benar - benar support.
  13. Kemudian klik tombol >Next untuk menginstall versi driver yang dipilih.Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
  14. Lanjutkan proses install sampai selesai.
  15. Sistem akan meminta anda untuk melakukan restart komputer, silahkan lakukan restart komputer. Selesai.

Segera lakukan diagnosa

Setelah melakukan restart biasanya sistem akan langsung mendeteksi VGA error yang sudah terpasang dan tampilan kembali normal. Untuk memastikannya silahkan lihat pada pengaturan resolusi dan juga pada bagian diagnosis dengan menekan Windows +R kemudian ketik "dxdiag" dan klik >Enter.

Silahkan periksa pada tab Display, jika berhasil maka merek dan type VGA yang anda gunakan akan muncul. Di halaman tersebut juga akan memuat kapasitas memory yang tersedia berikut model dan versi driver yang digunakan. 

Semoga tulisan mengenai cara mengatasi VGA error tidak bisa detect driver di Windows ini bermanfaat. Jika anda mengalami masalah silahkan simpan pertanyaan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

66 komentar

  1. nurul fadli
    nurul fadli
    Rabu, Februari 01, 2023
    Bang VGA ane di device manager sudah terbaca dan tidak error. tapi saat install driver kok gak keinstall ya? udah gua cobak install driver versi terbaru kok tetep masih tetep minta pembaruan trus selesai pembaruan install berhasil tapi tetep gak keinstall, tulisan perbaruannya tetep ada. gitu terus.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 01, 2023
      Sudah coba pakai Nvidia GeForce Experience?
  2. Akso
    Akso
    Jumat, Januari 13, 2023
    Kalo drivernya ilang semua gimana bang..? Tinggal microsoft basic display adapter aja.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 13, 2023
      Download lagi aja driver yang baru. Pastikan download driver nya dari website official vga nya ya, biar bersih dan aman dari virus
  3. Holut yudawan
    Holut yudawan
    Jumat, Juli 22, 2022
    Kak mau tanyak,ini punyaku tidak bisa di install VGA nya,pakek semua cara kagak bisa,di update pun kagak bisa, install manual kagak bisa,pakai VGA versi 720M,minta solusinya kak apa yang salah itu ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juli 22, 2022
      Kalau sudah seperti itu harus dicoba dulu pakai VGA lain di PC nya, bisa jadi VGA nya memang masalah. Kalau gak ada VGA lain ya lebih baik dibawa ke tempat service, minta dicekin aja dulu biar tau pasti dimana masalah nya.
  4. Rizki
    Rizki
    Minggu, Mei 08, 2022
    Bang, kan saya barusan update driver graphic card (AMD adrenalin 22.4.1) terus kan restart ya, nah malah blank item. tapi pc nyala cuma monitor malah no signal. masalahnya gak bisa pake port dari motherboard soalnya gak ada integrated graphicnya dari prosesornya. jadi saya bingung benerin drivernya gimana kalo displaynya gak muncul sama sekali. mohon bantuannya bang. makasih sebelumnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Mei 08, 2022
      Coba aja matiin PC nya terus cabut power & VGA, terus pasang lagi, kadang bisa lagi. Kalau masih ga naik ya harus di test lebih lanjut, bisa pinjem VGA teman dulu untuk test, klo ga ada ya terpaksa harus ke tempat service yang alat nya lengkap biar ga salah diagnosa.
  5. Blog Stanis Sitepu
    Blog Stanis Sitepu
    Jumat, Februari 04, 2022
    Bang laptop saya asus tuf a15 dengan 2 gpu rtx 3050 dan amd, tapi di device manager nya yang kedeteksi hanya yang amd dan rtx nya tidak, itu tuh yang rusak apanya ya bang? Mohon di bantu soalnya pusing saya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 04, 2022
      Coba install Nvidia GeForce Experience (NGE), Biasanya langsung otomatis ter-detect VGA Nvidia nya dan update driver otomatis. Kalau gak kebaca coba install driver langsung dari website Nvidia nya. Kalau masih gak kebaca kemungkinan ada masalah di fisiknya (hardware), kalau masih ada garansi mending konsultasi langsung sama yang jual.
  6. Desa Dadap kecamatan sambelia Lombok Timur
    Desa Dadap kecamatan sambelia Lombok Timur
    Sabtu, Januari 29, 2022
    Laptop sy hp windowws 11 mnggunakan kabel HDMI sedangkan proyektor lama mnggunakan Kabel vga,sy sdh beli kabel sambungan hdmi to vga converter,tp stlh sy sambung tidak terdeteksi,
    Mohon arahan bgmna solusinya,trimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Januari 29, 2022
      Coba periksa lagi mas tulisan di converter nya, HDMI to VGA atau VGA to HDMI? Soalnya ada konverter yang tidak bisa di bolak - balik. jadi kalau tulisannya VGA to HDMI berarti gak bisa dipakai sebaliknya. Kecuali di converternya memang tertulis bisa dua arah. Kalau kurang yakin tanya saja sama penjualnya. Dulu juga saya pernah salah beli, akhirnya beli lagi converter baru.
  7. Rizki
    Rizki
    Rabu, November 24, 2021
    bang lepi sayakan dual dpu,pingin ganti dari dpu 1 ke dpu 2 tapi di settingnya gak ada yg kebaca cuman dpu 1 tapi pas di cek ke device manager ada dua-duanya kasusnya sama ke diforum ini https://community.amd.com/t5/drivers-software/adrenalin-2020-edition-switchable-graphics-problem/td-p/273365 ,thx bang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 24, 2021
      Kyknya sih itu karena update terbaru di Windows 10, jadi masalahnya dari AMD /Windows, bukan dari laptop kita.
  8. Fahmi
    Fahmi
    Selasa, November 09, 2021
    Salam bro, mau tanya, ini saya pake rayzen 5 3600G (igpu), sering tiba2 hank dan setelah itu si si vga nya ga kebaca, ada sarang kah atau tau kemdalanya, tks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 10, 2021
      Kalau cpu nya masih terdeteksi sih harusnya bagian GPU nya juga masih aman. Coba aja install ulang driver vga nya. Coba cek ram nya juga, siapatau masalahnya bukan di CPU nya.
  9. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 04, 2021
    Bang saya kan baru selesai clear/reset CMOS gitu, nah pas nyala si Driver VGA nya itu gak kedetect, kalo pake cara ini bisa gak ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 04, 2021
      Saya kurang tau kalau habis reset cmos, tapi kalau mau ya dicoba saja. Cara ini masih aman kok walaupun gagal gak akan ngerusak pengaturan lain karena pada dasarnya disini cuman reset driver saja.
  10. Gilang
    Gilang
    Selasa, Oktober 26, 2021
    bang VGA saya sama MSI RX570 gaming X, tp ga kedetect di DXDIAG dan Devicee Manager, setelah beberapa menit masuk windows 10 tiba tiba monitor no display blank, pas sy nyalain lg dan masuk windows 10 lagi dan pas liat lg di DXDIAG error codee 22, itu kenapa yah bang... Makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 27, 2021
      Kalau masalah error code 22 itu biasanya karena GPU nya di disable. Cek aja di bagian device manager pastikan graphic card/vga nya di Enable.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Anonymous
    Anonymous
    Selasa, September 21, 2021
    kalau vga laptop gamau keinstall gimana bang :( rusak ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, September 25, 2021
      Kemungkinan sih rusak karena kalau gak keinstall berarti gak ke detect sama sistem nya. Mending bawa aja langsung ke tempat service biar jelas diagnosa nya, siapatau bukan rusak vga nya.
  13. Unknown
    Unknown
    Sabtu, September 18, 2021
    Bang VGA saya GT430 DDR3 128bit 1gb. Nah driver VGA nya itu driver lama versi 331.82 lalu saya coba cari driver VGA saya di Nvidia experience lalu ketika install driver nya VGA nya di bagian device manager langsung tanda seru dan tulisnya VGA saya diberhentikan windows dan juga layar saya resolusi nya jadi melebar gitu. Nah tapi saya coba pake driver lama dia jalan normal lagi.nah tapi saya mau jalanin beberapa software dia minta update driver solusinya gimana ya🙏 kalau saya downgrade windows nya ke windows 7 lalu saya update driver nya apakah windows ga akan berhentikan vga saya lagi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, September 19, 2021
      Berarti memang gak cocok dengan driver yang baru, mentok di versi yang sebelumnya. Kalaupun downgrade ke windows 7 tetap saja drivernya pasti gak akan cocok. Tapi kalau masih penasaran ya bisa dicoba saja pakai windows 7.
  14. Unknown
    Unknown
    Selasa, September 07, 2021
    halo gan, vga sy Rx 580 vga nyala tapi gk kedetect di device manager, setekah dibersihkan kungingan dan dipasang lagi malah "There is a problem with Microsoft Basic Display Adapter device. For more information, search for 'graphics device driver error code 31' " bisa tolong dibantu ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, September 08, 2021
      Biasanya ada masalah di driver, coba cek bagian device manager, pastikan semua driver nya update.
    2. Unknown
      Unknown
      Kamis, Oktober 28, 2021
      Sy juga sama RX 570 gitu, gimana sekarang gan sudah bisa RX 580 nya ??
      Caranya gimana?
  15. william
    william
    Rabu, Agustus 25, 2021
    Bang, vga card R7 260x saya setelah install driver langsung blackscreen no signal. Tapi jika tidak diinstall driver terdeteksi dan menampilkan gambar, hanya saja resolusinya sprti gak pakai vga
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Agustus 25, 2021
      Kalau masih terdeteksi sih kyknya itu cuman masalah driver yang tidak cocok. Coba download ulang aja drivernya, pastikan downloadnya dari website official ya.
  16. EL
    EL
    Selasa, Agustus 10, 2021
    Gan vga saya rx 560 dan saya sudah update driver di device manager tapi tampilannya lebar dan software dari amd adrenalin ngga bisa dibuka, saya download dari web amd yang terbaru juga sama aja ada tulisan eror 43, apakah karna saya belum update windows ? Atau ngga ngaruh ? Atau ada solusi lain ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Agustus 11, 2021
      Kalau bisa update windows nya dulu gan, biar gak penasaran. Kalau masih error coba cabut dulu VGA nya terus bersihkan kuningannya. Kalau sudah bersih pasang lagi VGA nya, pastikan benar - benar duduk di colokannya. Terus coba nyalain lagi
  17. Unknown
    Unknown
    Senin, Agustus 02, 2021
    bang mau nanya, ane ada vga GTX 760 pas lagi main pes tiba tiba lag dan di device manager ada tulisan code error 43 dan tampilannya jadi besar-besar (spt belum diinstall drivernya), udah berulang kali install dan uninstall driver dari yang lawas sampai terbaru tetap sama aja.. bagaimana itu ya? terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 02, 2021
      Biasanya masalah di koneksi VGA ke Motherboard, bisa karena kurang pas masangnya atau kotor kuningannya. Coba cabut VGA nya terus bersihkan bagian kuningannya, terus pasang lagi.
  18. kevinazmi
    kevinazmi
    Rabu, Juli 14, 2021
    bang, laptop ane Asus N43SL pake windws 10pro 64-bit. permasalahan ane dual vganya gak kebaca di dxdiagnya padahal di device managernya kebaca nvidianya, btw nvidia GT540M. udah beberapa kali uninstal driver nvidianya dan cek update nvidianya ternyata udah last update yg saya instal itu. parahnya lagi ketika buat preview editing di adobe premier pro cc 2019 dual vganya gak jalan padahal udah ane setting di nvidia control panelnya. solusinya bang, terimakasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 15, 2021
      sudah coba install aplikasi Nvidia GeForce Experience? Kadang masalah saya hilang setelah install aplikasi dari nvidia ini
  19. Wildy Ahmad Fayadhi
    Wildy Ahmad Fayadhi
    Minggu, Juli 11, 2021
    Bang, komputer ku setelah diservis ganti hdd dan ram malah tidak mendeteksi vga card tapi masih mau tampil di monitor saat diinstal driver secara manual malah tidak bisa dan di device manager itu menu graphic adapter nya tidak ada....apa yang saya harus lakukan ? makasih...btw vga card saya nvidia gt 620
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 12, 2021
      Mungkin salah driver, coba di update nya langsung lewat internet atau install Nvidia GeForce experience biar otomatis di detect jenis driver nya.
  20. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Juli 10, 2021
    Bang baru beli VGA GTX 660 terus ku update driver di website nvidia GeForce sudah sama semua spesifikasi dan OS nya pas di install bluescreen terus gimana saranya?, terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juli 11, 2021
      Banyak faktor sih, harus dilihat dulu PC nya. Tapi kebanyakan itu karena update nya gak cocok. Bisa juga karena pengaturan power management, coba ganti ke full performance.
  21. Meow
    Meow
    Minggu, Juni 13, 2021
    Bangg, PC ku tiap restart gambar lgsg garis kadang kata banyak semuat item putih2, bukan semut beneran ya, tapi setelah dishutdown trs dinyalain lagi normal lagi, klo direstart error' lagi, coba diagnosa pake driverpack status vganya error', cuma gatau errornya itu apa, makasih sblmnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 15, 2021
      Coba dibersihkan VGA nya, biasanya dudukannya gak pas atau ada debu.
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Rifqi aditya
    Rifqi aditya
    Jumat, Mei 21, 2021
    haloo.. mau tanya nih... apakah ada hubungannya dengan windows crack ya ??.. soalnya windows saya crack dan sudah tidak bisa dipakai lisensinya jadi ada watermark untuk beli windows aslinya .. saya pengguna amd dengan gpu di dalam prosesor jadi tidak pakai vga eksternal ... nah saya punya radeon software dan kadang pun ada tulisan driver tidak ada.. padahal sebelumnya saya sudah update driver ... jika saya instal ulang atau saya kasih lisensi baru yang original apakah bisa terbaca lagi??.. dan apakah perlu instal ulang?? ...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 21, 2021
      Setau saya lisensi windows itu untuk membuka beberapa fitur yang bisa digunakan, gak ada hubungannya sama grafis. Tapi kalau windowsnya tidak di update, mungkin bisa jadi masalah. Coba cek aja, apakah windows nya sudah pakai update terbaru atau belum, kalau belum coba dulu di update ke windows terbaru terus lihat lagi di bagian display adapter
  24. Unknown
    Unknown
    Selasa, Mei 04, 2021
    Bang saya pake Nvidia GT 730, win 10 64 bit , saya mau update driver versi terbaru ko gagal ya , tidak support windows dan kartu graphics, windows saya sudah update versi terbaru.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Mei 04, 2021
      Update nya dari mana? manual download dulu atau langsung dari aplikasi Nvidia nya?
  25. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Mei 01, 2021
    Bang vga vaya RX 570 MSI Gamin X 4gb kok ada tulisan eror 43 itu gimana cara ngatasinnya ya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 01, 2021
      Di bagian device manager coba disable dulu VGA nya.. terus restart dan enable lagi. Kalau masih error coba cabut dan pasang lagi VGA nya
  26. WENDEW
    WENDEW
    Rabu, April 14, 2021
    BG SAYA VGA AMD RX550 SAYA SKRG PAKEK WINDOWS 10PRO NAH KALAU INSTAL DRIVER VERSI TERBARU ITU PAS RESTART DIA KEK ARTEFAK ATAU KEKNYA DRIVER NYA CRASH WORK NYA PAKAI VERSI LAWAN DRIVER NYA VERSI 17.7.2 SEDANGKAN SKRG SUDAH 21.2.2 APAKAH WINDOWS SAYA YG EROR ATAU GMNA YA INTINYA KALAU PASANG DRIVER TERBARU GABISA SELALU CRASH
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 14, 2021
      denger2 sih emang ada masalah untuk versi RX500 dan sejenisnya, entah itu dari mobo atau emg dari vga nya. paling cocok emang sama mobo amd juga, tapi kalau sudah terlanjur gitu ya untuk sementara pake yang support dulu aja, mungkin kedepannya ada update lagi dari AMD yg memperbaiki masalah ini
  27. Gio
    Gio
    Kamis, Maret 11, 2021
    vga saya rx 580 8gb. d dx diag malah jadi amd atombios memory jadi 2gb diinstal ulang drivernya pun gk ngaruh. dan aplikasi amd catalist pun tidak bisa muncul
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 12, 2021
      berarti itu belum ke detect di motherboard nya. coba cabut VGA nya terus bersihin bagian kuning2 nya. kalau sudah dibersihin bisa di pasang lagi terus dicoba dinyalain lagi PC nya
  28. Cacam
    Cacam
    Jumat, Februari 19, 2021
    gan mau tanya saya baru beli vga GT710 di official store, trus pas saya pasang tidak terdeteksi vganya, saya udah coba reset bios tetap sama, ada sarannya ga?
    Problem kemaren vga saya rusak karena overheat dan udah lama juga

    Mobo saya Harrison2 H61
    Windows10
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 19, 2021
      kalau gitu sih enaknya coba dulu di komputer lain, jadi ketauan apakah VGA nya yang rusak tau mobonya yang bermasalah. Kalau ada sih numpang testing dulu VGA barunya nya di PC tetangga atau teman, biar ketauan yang mana yang rusak.
  29. Unknown
    Unknown
    Selasa, Februari 02, 2021
    Vga gt730 driver terpasang tapi error , sama resolusi gabisa disesuaikan
    Apakah indikasi kalo vga rusak gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 02, 2021
      kalau sebelumnya normal sih bisa jadi karena error di koneksi aja. Coba bersihkan dulu bagian kuningannya terus coba pasang lagi.
  30. Aditya putra
    Aditya putra
    Senin, Februari 01, 2021
    Gan saya kan sebelumnya pake windows 8.1 semua normal saja cuma karna lemot jadi saya ganti ke windows 10 pro , tp kenapa VGA saya tidak terdeteksi iya ?? Saya udh bongkar dan juga bersihkan tp tetep tidak terdeteksi , mohon solusinya 🙏🙏 saya pake VGA type DDR3 4gbx2 ddr3-1600 c11 1.6v (avd3u16001104g-2cir)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 02, 2021
      Coba nyalain dulu tanpa VGA gan, coloknya ke VGA onboard dulu. Terus coba lagi pasang VGA eksternalnya.
  31. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 11, 2021
    Mau tanya ni bro, kan aku ada kendala itu tiba" Layar ku ada garis putih seperti dead pixel nah itu awalny aku diemin tapi lama" Waktu aku pakai buat game performanya menurun seolah" Nggak pakai gtx 1050 (karena ada 2 vga yaitu intel uhd 630 dan 1050) dan akhirnya aku update driver, dan udah keupdate tipe yang terbaru, nah tapi sekarang malah brightnessnya nggak mau di naik atau turunin (seperti gejala tidak ada driver) nah padahal di device manager itu ada dan tanggalnya terbaru tapi waktu aku update auto itu dia mendownload dan bertuliskan terinstal tapi waktu aku restart pun dia tetep nggak bisa nurunin brightness dan waktu aku update driver via device manager dia ngulang kaya awal tadidan udah tak coba update manual via web pun dia sama waktu setelah restart wizard atau installernya tadi muncul seperti seolah" Gagal instal walaupun di device manager sudah terinstal, tolong bantuannya gan udah beberapa hari bingung ini udah aku reset pula tapi tetep seperti ini
    Laptop saya msi gl63 8rc 426
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 11, 2021
      Setau saya sih dead pixel sama vga gak ada hubungannya. Kalau masalah driver yang terus2an error kyknya windows nya ada masalah. Kalau bisa sih mending install ulang windows nya saja, kalau masih gak bisa berarti VGA nya masalah
  32. Zaenal
    Zaenal
    Jumat, Januari 08, 2021
    Bang saya install driver r7 240 merrek effok, tapi gambar tidak jernih, apakah itu karena vganya? Saya installnya driver terbaru dari web AMD, kemudia beberapa pekan berikutnya pengaturan contras di driver gak bisa diatur, padahal sebelumnya bisa.. apakah permasalahan terdapat di driver yg sy Install apa ada hubungannya dengan os wnds 10nya mas?.. terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 08, 2021
      sepertinya harus re-install driver nya. Bisa karena update windows atau yang lainnya. Coba saja di uninstall dulu drivernya, terus install lagi. Harusnya sih bisa ya
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!