Beranda
Security
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Solusi Gagal Update Windows Security Error Found 0x80070643
Solusi Gagal Update Windows Security Error Found 0x80070643

Berikut ini adalah solusi gagal update Windows Security error found 0x80070643 atau error lainnya yang menyebabkan anti virus windows security atau windows defender tidak bisa melakukan update definition seperti biasa. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dan berikut ini pembahasannya.

Sudah dicoba berkali - kali namun selalu gagal update windows security? selalu muncul error found 0x8007064 atau error found lainnya? Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal seperti itu terjadi.

Alasan utama yang kami temukan adalah ada kesalahan atau ada tahap yang gagal saat sistem OS melakukan update. Jadi ada beberapa komponen yang tidak berhasil diinstall di sistem windows anda yang menyebabkan gagal update windows security atau windows defender.

Terutama pada windows jadul seperti Windows 7 atau bahkan Windows XP, masalah ini sering ditemukan. Umumnya OS yang lumayan 'tua' membuat sistem memerlukan update lumayan banyak. Untuk update awal saja setidaknya anda harus mendownload upate sekitar 2GB, belum lagi ditambah update rutin lainnya.


Solusi Gagal Update Windows Security Error Found 0x80070643

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah gagal update windows security ini, terutama dengan notifikasi error found 0x80070643. Dibawah ini kita akan fokus dengan cara yang sudah kami coba dan berhasil mengatasi masalah ini.

Cara yang kami gunakan cukup mudah, yaitu dengan melakukan update manual khusus untuk virus definitions saja. Silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Pada komputer anda silahkan buka fungsi 'Run' atau tekan tombol "Windows + R
  2. Ketik "DXDIAG" kemudian tekan tombol >Ok /Enter. Jendela Diagnostic tool akan muncul
  3. Pada bagian System Information silahkan cari informasi 'Operating System' kemudian catat keterangan sistem operasi yang digunakan, contoh: "Windows 10 Pro 64-bit", "Windows 7 Ultimate 32-bit", "Windows 8 Pro 64-bit", dll.Solusi Gagal Update Windows Security Error Found 0x80070643
  4. Buka browser (Chrome, Firefox, dll)
  5. Buka halaman website security update yang disediakan oleh Microsoft berikut ini: https://www.microsoft.com/en-us/wdsi/defenderupdates
  6. Silahkan pilih dan download sesuai operating system yang anda sedang gunakan (yang telah anda catat).Solusi Gagal Update Windows Security Error Found 0x80070643
  7. Kemudian Install file yang telah didownload tersebut. Tunggu hingga proses install selesai sempurna.
  8. Lakukan Restart PC atau komputer untuk memastikan update baru tersebut berjalan dengan sempurna.
  9. Selesai. Silahkan periksa kembali pengaturan windows defender anda, periksa apakah update terbaru sudah terinstall.

Setelah melakukan restart komputer, silahkan buka kembali aplikasi windows defender atau windows security. Periksa bagian update dan tanggal terakhir diupdate, jika berhasil tanggal yang muncul adalah tanggal saat anda melakukan tutorial diatas.


Masih belum berhasil?

Jika masih belum berhasil anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Anda tidak perlu menjalankan semua cara dibawah, cukup pilih salah satu yang menurut anda paling mudah dilakukan.

Update System Windows 

Cara yang paling mudah mengatasi masalah gagal update windows security error ini sebenarnya adalah melakukan update system windows langsung melalui komputer. Jika anda sudah melakukannya namun masih gagal, silahkan lewati saja cara ini dan langsung ke cara dibawahnya. 

Jika anda belum pernah melakukan update windows, kami sarankan untuk melakukannya karena dengan melakukan update secara berkala, sistem anda akan tetap terjaga khususnya pada bagian keamanan. Silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Klik tombol >Start /Windows
  2. Ketik "WINDOWS UPDATE"
  3. Silahkan pilih dan buka menu windows update yang muncul
  4. Klik tulisan >Check for update /Periksa pembaruanSolusi Gagal Update Windows Security Error Found 0x80070643
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses download dan install update selesai. Proses ini biasanya memerlukan waktu yang lumayan lama, pastikan baterai laptop cukup dan koneksi internet anda stabil.
  6. Silahkan restart komputer.
  7. Selesai. Periksa kembali pengaturan windows security anda.

Update NET Framework Manual

Cara lainnya jika anda masih belum berhasil melakukan update windows security atau windows defender, anda bisa melakukan update NET Framework secara manual di laptop atau komputer anda. Silahkan buka halaman download NET Framework dengan cara dibawah ini:

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, dll)
  2. Buka halaman download NET Framework dari Microsoft ini: https://dotnet.microsoft.com/download/dotnet-framework
  3. Silahkan pilih dan download NET Framework dengan versi terbaru, biasanya ditandai dengan tulisan "recommended". Solusi Gagal Update Windows Security Error Found 0x80070643
  4. Install file NET Framework yang telah di download.
  5. Restart Laptop atau computer agar sistem baru dapat berjalan normal.
  6. Selesai. Silahkan buka pengaturan windows securitya tau windows defender dan lakukan update virus definition seperti biasa.

Cara diatas ini juga bisa mengatasi masalah atau error lainnya yang terjadi di sistem komputer anda. Tidak hanya masalah pada antivirus windows security tetapi juga masalah keamanan lainnya.

Windows Security /Windows Defender

Windows Seurity adalah nama baru dari Windows Defender. Bagi anda pengguna OS Windows 7 atau 8 mungkin masih menggunakan nama Windows Defender, tetapi pada OS Windows 10 namanya telah berubah menjadi Windows Security.

Windows security atau windows defender memang bukan antivirus yang umum digunakan, namun bagi anda yang belum mempunyai biaya untuk membeli antivus berbayar, nampaknya penggunaan windows security ini bisa dijadikan solusi.

Beberapa tahun lalu mungkin antivirus ini selalu menjadi bahan bahan bully karena kemampuannya menangkal virus jauh dibawah anti virus mainstream seperti AVG, Norton, Kaspersky, dll. Bahkan masih kalah dibandingkan antivirus lain yang versi free alias gratis.

Namun sekarang, antivirus bawaan windows ini sudah mulai banyak digunakan oleh para pengguna OS Windows, selain kemampuannya mulai membaik, cara ini juga dianggap lebih simple daripada harus menambahkan lagi antivirus lain.

Semoga tulisan mengenai solusi gagal update windows security error found 0x80070643 ini bermanfaat. Tetaplah menjadi penggun yang bijak!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

3 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 20, 2021
    thanks gan, cara ini berhasil
  2. admin
    admin
    Selasa, Mei 12, 2020
    Sudah saya coba ketiga-tiganya tapi masih Ndak bisa
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 13, 2020
      ketiga-tiga nya sukses tapi windows security nya masih error? atau ketiga-tiga nya tidak ada yang sukses?
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!