Beranda
Shopee
Toko Online
Tutorial
Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen

Berikut ini adalah cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen. Dengan tulisan ini saya akan membagikan pengalaman pribadi mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen. Setiap kasus memang berbeda tetapi mudah - mudahan tulisan ini bermanfaat.

Sebelumnya saya sarankan untuk membaca artikel atau tulisan ini pelan - pelan agar lebih memahami situasi dan mudah - mudahan bagi anda yang juga mengalami hal seperti ini segera terselesaikan masalahnya.

Gagal Login (F02): Upaya untuk login telah ditolak karena terdeteksi adanya kejanggalan pada aktivitas akun Anda. Pastikan bahwa Anda telah mematuhi kebijakan Shopee.

Apakah anda mendapatkan pemberitahuan seperti diatas? atau pemberitahuan lain yang serupa dengan itu? lalu bagaimana cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen seperti ini?

Baca juga: Hati - hati! Ada Halaman Promo Flash Sale Shopee Palsu

Pengertian akun Shopee dinonaktifkan

Banyak yang masih beranggapan bahwa akun dinonaktifkan itu sama dengan dihapus, pemahaman tersebut tidak benar ya. Sederhanyanya, yang dimaksud dinonaktifkan adalah pihak operator (shopee) menutup akses pemilik akun (anda) untuk mengakses akunnya yang ada di sistem shopee.

Jadi ibaratnya anda punya rumah dan pihak shopee menutup satu - satunya jalan menuju rumah tersebut, sehingga anda (atau orang lain) tidak dapat masuk ke rumah tersebut. Jadi ketika jalan tersebut ditutup bukan berarti rumahnya dihancurkan, rumahnya tetap ada sebagaimana mestinya, tidak ada yang dirubah dari tampilan maupun isinya. Namun hanya akses jalannya saja yang ditutup oleh shopee demi keamanan.

Jadi jika nantinya shopee mengaktifkan kembali akun anda, isinya akan sama persis seperti terakhir kali diakses. Dari mulai saldo shopeePay, daftar transaksi, umur akun, dll, tidak akan ada yang dihapus atau dirubah oleh sistem shopee.

Saya harap dari ilustrasi diatas anda paham bagaimana keadaan atau kondisi saat akun anda dinonaktifkan. Jadi, dinonaktifkan itu bukan dihapus ya, tetapi hanya aksesnya saja yang ditutup oleh pihak shopee.

Penyebab akun dinonaktifkan

Bagi anda sering membuka shopee melalui komputer pasti anda menyadari di akun pembeli kita tidak dapat melihat daftar Barang Favorit (wishlist) seperti yang ada didalam aplikasi smartphone.

Yup! Karena saya lebih sering membuka shopee melalui komputer jadinya saya agak kesulitan jika ingin melihat daftar barang atau produk yang telah saya tandai (sukai).

Dan akhirnya saya menemukan cara untuk dapat melihatnya dari komputer yaitu menggunakan aplikasi emulator/simulator, yang sering digunakan oleh para gamer untuk bermain game smartphone di PC atau komputer.

Sebenarnya tidak ada masalah saat saya membuka akun melalui emulator dan melihat daftar wishlist (barang favorit). Namun satu waktu saya terburu - buru harus melakukan transaksi, akhirnya saya mencoba melakukan transaksi melalui emulator.

Di langkah terakhir proses tersebut tiba - tiba saya mendapat notifikasi bahwa akun Shopee dinonaktifkan permanen dan seketika itu juga sistem melakukan logout dan saya tidak dapat mengakses lagi. Dicoba login kembali namun notifikasi yang sama selalu muncul dan login selalu gagal.

Baca juga: Cara Aman Buka Halaman Wishlist Shopee di PC

Pedoman komunitas

Nah, contoh kasus saya diatas sepertinya bisa dijadikan pelajaran, apakah kesalahan yang kita lakukan dapat 'dimaafkan' atau memang benar - benar telah melanggar peraturan keamanan dari sistem shopee yang berlaku.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pedoman komunitas atau syarat layanan shopee dapat anda baca di halaman berikut ini: https://shopee.co.id/docs/3001

Pada saat itu, saya bingung dan juga panik karena selain sebagai pembeli saya juga sebagai penjual di Shopee. Kesana - kemari mencari tahu cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen. Beberapa diantaranya juga ada masih belum ada kejelasan, semakin membuat saya panik.

Jadi, jika anda belum pernah membaca pedoman komunitas di shopee baik sebagai penjual dan pembeli lebih baik anda segera membacanya. Takutnya kita melakukan sesuatu yang dianggap biasa ternyata hal tersebut dilarang.

Karena banyak juga yang mengeluh bahwa akun mereka tiba - tiba dinonaktifkan tanpa mengetahui alasannya. Hal ini bisa disebabkan karena belum membaca atau mempelajari pedoman komunitas dengan lengkap.

Dokumen pendukung

Sebelum kita ke langkah - langkah atau tutorial, silahkan siapkan beberapa data atau dokumen dibawah ini, untuk persiapan jika nanti diminta oleh CS atau tim support dari Shopee

  • Nama pemilik akun shopee (atau username)
  • Email yang terdaftar untuk akun tersebut
  • Nomor telepon yang terdaftar untuk akun tersebut
  • Foto KTP asli dan jelas (tidak buram)
  • Nomor NIK yang ada di KTP
  • Bukti tangkapan layar (screenshot) saat login dan notifikasi error muncul

Pada kasus ini saya diminta untuk memberikan data - data diatas yang dikirim melalui email dan telepon (akan dijelaskan dibawah). Beda kasus mungkin beda permintaan, namun yang pasti CS atau tim Shopee tidak akan meminta password akun shopee anda. Dan jangan pernah memberitahukan password anda kepada siapapun, termasuk petugas dari shopee.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen

Untuk mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen, saya lakukan dua cara. Pertama yaitu mengirim email ke bagian support mengenai kendala login ini. Kedua yaitu menghubungi Call Center atau customer service representatif shopee. Dibawah ini adalah cara mengirim email ke tim support shopee.

  1. Buat pesan /email baru (Sangat disarankan menggunakan email yang terdaftar di akun shopee anda)
  2. masukan email tujuan yaitu tim support Shopee berikut ini: support@shopee.co.id atau help@support.shopee.co.id
  3. Isi judul (subjek) dengan jelas dan tidak terlalu panjang. Saya menggunakan subjek ini: "TIDAK BISA LOGIN" silahkan boleh ditiru, atau buat judul anda sendiri seperti: "MASALAH AKUN DINONAKTIFKAN" atau kata - kata lain yang serupa. Yang penting tidak keluar dari pembahasan agar mudah diidentifikasi oleh tim support.
  4. Pada isi pesan silahkan jabarkan permasalahan yang anda alami, lengkap dengan data akun anda (kecuali password) agar tim support lebih mudah menemukan akun anda yang bermasalah.
  5. Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
    Gambar diatas adalah isi email yang dikirim ke tim support shopee
  6. Lampirkan screenshot atau tangkapan layar saat notifikasi error muncul saat anda mencoba melakukan login
  7. Periksa kembali tulisan dan data - data yang anda akan kirim.
  8. Silahkan >kirim. Pastikan email terkirim dengan melihat di daftar pesan terkirim (Sent)
  9. Selesai. Beberapa menit kemudian biasanya anda akan menerima balasan berupa konfirmasi penerimaan pesan dan juga nomor tiket permintaan yang terhubung dengan pertanyaan atau permintaan anda.

Didalam email balasan juga biasanya disebutkan waktu yang dibutuhkan oleh tim shopee untuk membalas pesan anda (biasanya 3 hari kerja). Email balasan pertama ini bersifat pemberitahuan saja dan biasanya dikirim otomatis oleh sistem, tidak perlu dibalas.

Jika ada email balasan lagi dari tim shopee silahkan ikuti arahan dan permintaan dari tim support shopee tersebut. Baca juga: Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

Menghubungi Call Center Shopee

Setelah satu hari email dikirim dan belum juga mendapatkan balasan akhirnya saya berinisiatif untuk menghubungi call center shopee di nomor 1500-702. Setelah beberapa kali salah memilih menu, akhirnya dapat berbicara langsung dengan customer service representatifnya. Dalam waktu ini juga saya tidak dapat melakukan transaksi karena akun shopee dinonaktifkan permanen.

Biaya melakukan telepon ke call center shopee lumayan mahal (jika dibandingkan telepon biasa), pada pengalaman saya ini menghabiskan sekitar 10 - 15 ribu rupiah untuk satu kali telepon dan itu juga untuk waktu yang singkat, siapkan saja minimal 20 ribu agar tidak terputus ditengah pembicaraan. Untungnya saya hanya memerlukan satu kali telepon saat itu.

Setelah obrolan pembukaan, saya langsung mengutarakan permasalahan bahwa akun saya tidak dapat diakses dan ketika melakukan login mendapat notifikasi bahwa akun saya dinonaktifkan. Selanjutnya saya bertanya "apa yang harus saya lakukan agar bisa login lagi?"

Jika sedang tidak ada pulsa, anda bisa mengakalinya dengan menghubungi customer care shopee via sosial media ke akun twitter @ShopeeCare. Cara ini telah dipraktekan oleh salah satu pembaca rinditech.com. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan baca di bagian komentar dibawah dari @Kokotak.

Singkatnya CSR (customer service representative) Shopee tersebut bertanya hal - hal dibawah ini:

  • Disini bapak/ibu sebagai penjual atau pembeli?
  • Siapa nama pemilik (atau username) akun tersebut?
  • Berapa nomor telepon yang terdaftar di akun tersebut?
  • Apa alamat email yang terhubung dengan akun tersebut?
  • Sebutkan atau bacakan tulisan yang muncul di notifikasi gagal login tersebut
  • *dan pertanyaan - pertanyaan singkat lainnya mengenai akun yang bermasalah

Setelah saya memberikan informasi - informasi yang diminta, CS Shopee meminta waktu untuk melakukan proses dan kemudian memberitahu bahwa dia telah mengirim email terkait permasalahan saya.

CS tersebut meminta saya untuk menunggu balasan email selanjutnya dari tim shopee yang mengurusi permasalahan ini. CS shopee juga menyebutkan waktu respon paling cepat adalah 1x24jam (1 hari) dan maksimal itu 3 hari kerja.

Saya jadi memiliki 2 nomor antrian tiket yang berbeda untuk permasalahan yang sama. Nomor tiket pertama saya dapatkan dari email yang saya kirim langsung ke bagian support. nomor tiket kedua saya dapatkan setelah melakukan panggilan telepon ke Call Center Shopee (1500-702).

Hati - hati! Harus tetap waspada di sosial media Shopee

Jika anda memilih untuk menghubungi CS Shopee via sosial media, tetap harus perhatikan keamanan data anda. Berikan data - data akun anda ke CS Shopee hanya di DM /Message, jangan di tweet atau reply yang bisa dilihat oleh orang lain.

Sepertinya banyak juga para penipu yang memantau setiap percakapan di sosial media, jadi jika anda memberikan nomor HP di tweet atau reply, bisa jadi yang menghubungi anda duluan adalah penipu, bukan CS resmi.

Dan setahu saya, perusahaan - perusahaan seperti shopee sangat jarang menelepon pengguna, kecuali memang sangat penting. Kalaupun ada yang menang undian atau hadiah, biasanya diberitahu langsung di aplikasi, bukan di telepon.

Saran saya, pertama silahkan kirim dulu DM /pesan tentang permasalahan anda ke akun sosmed shopee, selanjutnya baru tweet atau mention akun shopee dan beritahu bahwa anda telah mengirim DM dan minta tolong segera direspon. Contohnya seperti ini:

"min, saya barusan kirim DM, tolong segera dibalas ya. Terimakasih"

Jadi di tweet publik anda hanya memberitahu bahwa anda telah mengirim DM ke akun shopee, isi DM dan data akun tidak disebutkan. Jadi orang lain yang melihat mention/tweet anda pun tidak memiliki petunjuk apapun tentang apa permasalahan anda, apalagi data pribadi anda.

Follow up dari tim Shopee

Satu hari setelah saya menerima email dari CS shopee, saya mendapat email lanjutan dari CS shopee namun beda orang. Pada email lanjutan tersebut saya diminta data - data dibawah ini:

  1. Nama pemilik akun Shopee
  2. Foto KTP asli dan jelas (tidak buram)
  3. Nomor KTP (NIK)
  4. Bukti tangkapan layar mengenai kendala yang kamu alami (Notifikasi pada aplikasi Shopee)

Satu hari kemudian saya mendapat balasan ke email dengan nomor antrian tiket yang pertama. Dalam balasan tersebut saya diberitahu bahwa akun saya akan diaktifkan kembali setelah 1x24. Hari berikutnya saya coba login dan berhasil, akun saya kembali aktif dan dapat digunakan seperti biasa.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Balasan terakhir dari tim Shopee

Semua data terkait transaksi, shopeePay, toko online, dll masih ada dan dapat diakses seperti biasa. Tidak ada data yang hilang atau kembali menjadi kosong. Saldo ShopeePay pun tidak berkurang dan bisa langsung digunakan untuk bertrasaksi di hari yang sama.

Jika anda ingin melihat penjelasan dengan audi dan visual silahkan putar video acara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen di youtube. Jika anda ingin terus mengikuti tutorial di versi tulisan silahkan lewati saja video nya dan lanjutkan membaca.

Baca juga: Cara Login Shopee Tanpa OTP ke Nomor HP

Copy Paste?

Apakah boleh mengirim email yang isinya sama dengan yang saya kirim diatas? Silahkan saja dan tidak ada yang melarang juga. Namun ada baiknya jika anda tidak sepenuhnya menggunakan kata - kata yang sama. Akan lebih baik disesuaikan dengan permasalahan yang anda hadapi.

Kalau satu atau dua orang menggunakan kata - kata yang sama sepertinya tidak ada masalah, namun jika sudah terlalu banyak yang menggunakan ditakutkan malah dicurigai oleh tim shopee nya. Yang penting anda dapat memberikan data - data yang diminta untuk verifikasi.

Panduan Telepon Call Center Shopee

Jika anda masih bingung dalam memilih menu saat telepon ke pusat bantuan, silahkan bisa dicoba langkah - langkah dibawah ini.

Pilihan pertama silahkan pilih menu mengenai produk shopee

  1. Telpon 1500-702
  2. Tekan 1 (sebagai pembeli) atau Tekan 2 (Sebagai penjual) | Sesuaikan dengan akun anda
  3. Tekan 1 (Informasi mengenai Shopee)
  4. Tekan 1 (Perubahan Data Akun)
  5. Tekan 0 (Terhubung ke Customer Service Shopee)

Terakhir saya coba di bulan Maret, 2021 langkah diatas masih bisa digunakan ya. Jika langkah diatas sudah tidak bisa digunakan, berarti pihak shopee sudah merubah posisi menu pusat bantuan. Mohon diinformasikan jika sudah tidak bisa digunakan.

Shopee PayLater

Informasi terbaru yang saya dapatkan, beberapa akun yang sekarang tidak bisa login atau dibatasi aksesnya juga bisa karena transaksi Shopee PayLater. Bukan karena menggunakannya tentunya, melainkan yang menggunakannya tapi tidak bayar tepat waktu.

Fasilitas shopeePay later memang sangat menggiurkan, tetapi jika anda tidak mempunyai manajemen keuangan pribadi yang baik, sebaiknya hindari penggunaan fasilitas Shopee PayLater. Alih - alih anda mendapatkan barang dengan cara dicicili, bisa jadi anda nantinya kerepotan dalam membayar tagihan.

Q&A: Pertanyaan yang sering dibahas tentang akun shopee

Q: Gan, gw beneran degdegan nih sampe sekarang, tiba - tiba ada pemberitahuan "akun anda dinonaktifkan" kira - kira akunnya bisa balik lagi gak ya?

A: Tenang gan, gw juga sama waktu pertama kali dapat pemberitahuan itu, gak tahu mesti ngapain. Tapi setelah nyari info kesana - kemari ternyata banyak juga yang senasip. Kalau kayak kita - kita nih yang memang gak ada niatan jahat untuk mencari keuntungan (mempermainkan sistem), harusnya sih bisa ya balik lagi. Apalagi kalau ini kejadian pertama seumur-umur punya akun shopee. Yang dua kali aja bisa dikembalikan, apalagi kita - kita yang baru pertama kali, peluangnya pastinya lebih besar untuk balik lagi akunnya. Yang penting segera diurus proses re-aktivasi nya ya, contohnya seperti langkah saya diatas.

Q: Bro, akun gw juga barusan dinonaktifkan katanya karena penggunaan yang tidak wajar... duhh males nih bro ngurusin yang gitu - gituan, ribet dehh urusan akun doang... kalau didiemin kira - kira akunnya bakal balik lagi gak ya, otomatis balik gitu setelah beberapa hari didiemin?

A: Brother, yang diurusin aja ada yang gak bisa balik lagi akunnya.. apalagi gak diurusin, semakin gelap itu nasib akunnya... Tapi itu terserah masing - masing ya, kalau akunnya mau diikhlaskan juga ga ada masalah kalau buat saya... hehe

Q: Terus untuk saldo ShopeePay dan cicilan di Shopee PayLater balik lagi gak ya??

A: Sepengalaman saya dan teman - teman yang lain (yang komen dibawah) semua saldo dan data lainnya, termasuk poin loyalti sebagai penjual tidak ada yang berubah, semuanya kembali seperti sebelum dinonaktifkan.

Q: Saya masih ada tagihan Shopee PayLater, apakah harus tetap dibayar?

A: Tetap harus dibayar. Bagaimanapun juga barang/produk yang anda beli sudah berada ditangan anda namun belum lunas, jadi anda tetap dianggap memiliki hutang kepada pihak Shopee. Cara bayarnya silahkan langsung hubungi CS Shopee dan minta prosedur cara bayarnya ketika akun kita masih dikunci.

Q: Kak, saya kan sudah order barang, terus statusnya sudah "sedang dikemas" itu bakal tetep dikirim gak ya sama penjual nya?

A: Sesuai pengalaman teman - teman yang lain (yang komen dibawah) barang yang sudah jadi invoice (berhasil dibayar) atau selesai dipesan umumnya tetap akan dikirim sama penjual. Ditunggu saja sesuai estimasi barang sampai seperti biasa. Kecuali memang pesananmu benar - benar mencurigakan dan tidak wajar, mungkin pihak shopee juga akan intervensi ya. Tetapi umumnya akan tetap dikirim, apalagi kalau statusnya sudah masuk pihak ekspedisi, pasti dikirim.

Q: Gan, saya kan sebagai penjual nih.. terus ada pembeli yang bilang bahwa akunnya baru saja dinonaktifkan tetapi sudah terlanjur pesan. Kira - kira barangnya dikirim jangan ya???

A: Jawaban singkat saya, tetap kirim. Kenapa? Selama tidak ada notifikasi atau pemberitahuan resmi dari pihak/sistem shopee tentang permasalahan akun pembeli, berarti anda tetap berkewajiban untuk memenuhi pesanan yang sudah masuk. Uang pembelian pun pada saat itu sudah berpindah dari akun pembeli ke akun shopee (sebelum akun dinonaktifkan), jadi bukan termasuk dana yang dibekukan. Tapi kalau masih ragu, langsung aja kontak CS shopee nya dari akun penjual.

Q: Kak, saya sebelumnya ditelpon katanya dari Shopee saya menang hadiah uang tunai tapi harus top up shopee pay dulu. Terus habis itu saya ditanya2 data akun shopee saya dan disuruh nyebutin kode verifikasi yang dikirim ke HP, ehh tiba - tiba akun saya ke blok, sekarang gak bisa login.. gmn dong kak? apakah akun saya sudah diambil alih?

A: Itu jelas penipuan ya... kedepannya harus lebih hati - hati lagi, jangan mudah tergiur sama hadiah - hadiah gitu. Pihak Shopee TIDAK DIPERBOLEHKAN meminta data rahasia seperti password dan kode verifikasi atau OTP. Apakah dana saldo di shopeePay nya sudah diambil oleh penipu? Saya tidak tahu. Apakah akunnya sudah diambil alih oleh penipu? saya juga tidak tahu. Yang sebaiknya dilakukan sekarang adalah segera kirim email dan juga telepon (sangat disarankan untuk segera telepon CS shopee) dan sampaikan kronologinya dengan jelas agar segera ditangani oleh pihak shopeenya, mudah - mudahan saldo nya masih ada ya.

Q: Gan, kok gak boleh sih pake emulator? Kan kita gak ngelakuin sesuatu yang ilegal walaupun pake emulator

A: Kalau untuk boleh gak boleh itu juga saya kurang tau, yang jelas akun saya di blok/nonaktif karena checkout (transaksi) menggunakan emulator. Dan di email konfirmasi juga tertulis jelas alasannya karena "use of emulator/simulator", tanpa saja beritahu mereka saya menggunakan emulator.

Q: Kalau di blok nya pas saat transaksi, berarti boleh dong pake emulator klo cuman buat liat - liat doang? yang penting gak transaksi gitu..

A: Teknisnya memang seperti itu, untuk login dan nyari-nyari barang aja gak ada masalah. Tetapi saya bukan pembuat peraturan di shopee, siapatau besok atau hari ini mereka membuat kebijakan baru bahwa yang login shopee di emulator langsung di blok, atau apalah yang memperketat penggunaan emulator. Jadi lebih baik hindari deh pake emulator walaupun cuman buat liat - liat barang doang. Kalau mau liat halaman barang yang sudah dikasih love/ditandai (favorite/wishlist) masih bisa kok di PC, caranya ada di website ini, di atas (ditengah artikel) juga sudah saya simpan linknya.

Q: Mas, saya juga kan sebagai penjual ya di shopee, terus toko saya sudah star seller lagi, itu bakalan balik lagi gak ya mas? Susah loh mas jadi star seller di shopee..

A: Saya juga sebagai penjual di shopee, walaupun belum star seller..hehe.., tapi semuanya balik lagi kok, semua bintang tetap ada, reputasi tetap segitu, data semua transaksi tetap ada dan saldo penjualanpun tidak hilang, semuanya balik lagi..

Q: Bang, saya dikasih peringatan katanya saya terlalu banyak transaksi menggunakan cashback, lah itu kan saya pakainya juga sesuai aturan bang, jadi hak saya dong mau dipake berapapun dan kapanpun?

A: iya.. iya.. sabar... Saya juga pengguna cashback sejati kok, lumayan bisa irit - irit. Tapi balik lagi, saya bukan orang shopee, saya juga pengguna layanannya seperti kamu. Jadi kalau misalnya kamu dikasih tau gitu ya tinggal di manage aja penggunaan cashback/poin nya.. Sekali - kali bayarnya pake cara lain lah, diselang gitu, jangan terus - terusan pake cashback/poin.

Q: Kak, saya sudah kirim email tapi kok gak dibales - bales ya... jadi tambah galau nih..

A: Biasanya di pesan konfirmasi tertulis estimasi kapan email akan dibalas (biasanya ditulis 1-3 hari kerja), tetapi itu juga estimasi. Jadi kalau masih satu haru ya sabar aja ditunggu sampai 3 hari. Dan seperti saran saya diatas, kalau bisa lakukan double-action... kalau sudah email, jangan nunggu balesan dulu, langsung telepon saja CS nya, jadi keliatan tuh kan kita ngebet banget pengen akunnya balik lagi.. kalau ngandelin email pastinya lama dan bayangin aja, dari jutaan pengguna shopee setiap harinya, pastinya ada juga banyak pengguna yang bermasalah, nahh masalah kita tuh istilahnya 'nyempil' didalam tumpukan masalah tersebut, jadi ya kitanya yang harus pro-aktif biar di prioritaskan..

Untuk pertanyaan - pertanyaan terbaru dan penjelasan yang lebih banyak lagi, bisa dilihat langsung aja dibagian kolom komentar ya.. semoga membantu!

Semoga tulisan mengenai cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen ini dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan simpan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

217 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Senin, November 01, 2021
    Bantu jawab secepatnya kak.
    Akun jualan saya kena batasi/blokir.
    Dan saya sudah email dan disuruh membuat alasan kenapa melakukan promo yang tidak wajar. Dan akun jualan saya kena refutasi..
    Saya bingung cara membuat alasan tersebut bagaimana agar akun jualan saya aktif kembali tanpa penghapusan produk yang sudah ramai pengunjung 😭
  2. Unknown
    Unknown
    Rabu, Oktober 20, 2021
    Mas saya mau tanya.. Kemarin saya login ke ig trs ada notif sinkronisasi semua akun. Saya pencet iyaa.. Setelah beberapa waktu saya ingin login ke akun shoope saya tapi ada tulisan gagal login (F02)akun sedang ditinjau karena alasan Keamanan atau karena ada aktivitas Yang melanggar peraturan komunitas shoope. Mohon bantuannya mas saya juga masih ada tagihan shoopepay later
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 20, 2021
      Ikuti saja cara diatas yang sudah saya tulis mas, ke CS nya jelasin juga yang mas ceritakan ini. Setelah itu ikuti saja langkah - langkah yang diminta CS shopee untuk data2 yang diminta.
  3. andreanfby
    andreanfby
    Sabtu, Agustus 28, 2021
    Selamat malam kak rindi saya mengalami kasus yang sama akun saya di blokir permanen nah yang saya ingin tanyakan gimana kalau masih ada pesanan yang masih di kirim apakah barang tersebut gagal atau tetap di kirim dan bagaimana cara mengembalikan saldo shoopy pay saya ya kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 30, 2021
      Kalau sudah status dikirim tetap akan sampai, ditunggu saja. Kalau untuk saldo shopeePay, harus diaktifkan dulu akunnya, baru bisa ditarik
  4. chitchat
    chitchat
    Kamis, Juli 22, 2021
    Kalo Shopee kena pelanggaran f01 apakah bisa kembali?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 22, 2021
      Dicoba saja, yang menentukan bisa atau tidaknya yang menentukan adalah pihak shopee.
  5. Tanya
    Tanya
    Sabtu, Mei 15, 2021
    Halo. Untuk KTP yang dikirimkan itu, KTP yang digunakan untuk mendaftar apa ya kak?
    Kebetulan akun pribadi saya menggunakan KTP yang berbeda untuk daftar shopeepay dan gratis ongkir. Dan untuk verifikasi KTP sbg penjual, belum saya verifikasi karena jarang berjualan.
    Terima kasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 15, 2021
      KTP yang digunakan untuk mendaftar shopee pertama kali. Lihat saja di bagian data akun
  6. Nana
    Nana
    Rabu, April 14, 2021
    Kak saya kena tipu lalu akun saya kena hack dan tidak bisa login. Shopeepay later saya telah disalahgunakan, dan sudah dipesankan oleh orang tersebut. Tetapi, saya langsung mengajukan pembatalan dan pengembalian dana. apakah barangnya tetap dikirim dan harus dibayar?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 15, 2021
      Kalau sudah dibatalkan barangnya ya gak akan dikirim karena penjual juga pasti dikasih tau pesanannya dibatalkan
  7. Egnoy
    Egnoy
    Rabu, Maret 24, 2021
    Halo mas, saya ingin bercerita dan bertanya dikit jadi kemarin banget jam 16.23 ada telpon masuk mengatas namakan pegawai shopee, dia meminta kode OTP yang ada masuk pada SMS saya. Namun saya malah memberikannya karena saya percaya jika itu dari pihak shopee dikarenakan bilangnya saya dapat uang 2juta dari pihak shopee, sempat ada kendala dan adu argumen karena saya dipinta isi shoppe pay pada hari ini dengan 300.000 namun saya tidak bisa. Saya diminta untuk memilih isi shopee pay atau lewat rekening atau atm hari ini. Kemudian saya menolaknya dan si bapa ini mematikan telponnya. Namun saya memverifikasi shopee pay pada jam sesudah di telpon beres dengan mengisi KTP, jam 18.04 sudah mengganti password shopee, kemudian langsung saya chat costumer servicenya shopee. Saya baru chat pihak costumer service baru bilang "saya sudah ditipu" dan pihak costumer service baru membalas "alasan ditipu bagaimana?" namun saya belum sempat membalas pihak costumer service pihak shopee dikarenakan akun saya tiba tiba keluar dan diblokir oleh pihak shopee.

    Kan email pemberitahuan dari pihak shopee diblokir tuh jam 18.32, aku baru bilang ke customer service lebih dari jam itu sekitar 18.45 , tapi jam 18.40an tuh masih bisa pake shopee terus jam 18.55 baru tuu log out dan ga bisa masuk. Ketika masuk lagi ada pemberitahuan seperti ini:
    Gagal Login (F02): Demi keamanan akun, kami telah membatasi akses ke akunmu. silahkan hubungi customer service shopee 1500702 untuk memulihkan akunmu.

    Saya sudah kontak lewat email. Namun yang saya takutkan disalah gunakan oleh penipu dan saya masih bingung dengan notifikasi email aku saya di blokirnya dari pihak shopee diterima oleh saya ketika saya sedang main shopee. Apakah akun saya aman?
    Saya tunggu komentarnya mas, hatur nuhun
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 24, 2021
      sepertinya pemberitahuan pertama 18:32 itu pemblokiran untuk yang coba login, sementara kan kamu sudah login otomatis kalau di HP. Jadi masih bisa dibuka. Setelah logout baru gak bisa login karena semua akses telah benar - benar ditutup. Sepertinya begitu kalau perkiraan saya. Untuk akun nya sih sepertinya aman kalau sudah gak bisa diakses. sekarang tinggal proses re-aktivasi aja, semoga akunnya cepat kembali ya.
  8. ANE TASYA LESTARI
    ANE TASYA LESTARI
    Jumat, Maret 05, 2021
    Kami memahami kendala kamu mengenai akun dibatasi.


    Dapat kami informasikan:

    Berdasarkan proses analisa ulang saat ini akun kamu tidak dapat diaktifkan karena sistem Shopee telah diatur sedemikian rupa sehingga dapat secara otomatis mengenali, mencegah dan menindak pelanggaran atau kecurangan atas syarat layanan dan ketentuan aplikasi Shopee
    Memiliki akun yang mempunyai aktifitas yang janggal akan mengakibatkan akun kamu dibatasi secara otomatis

    Apakah bisa di kembalikan akun shopee tersebut mohon penjelasannya 😭😭😭
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 06, 2021
      kyknya susah kalau sudah dapat balasan seperti itu, pihak shopee juga pasti punya kriteria tindakan2 apa saja yang bisa ditolelir/tidak dan sepertinya aktifitas yang kamu lakukan itu menurut shopee sudah terlalu beresiko dan merugikan mereka. Dicoba lagi aja ajukan pengaktifan akun tapi pertimbangkan juga buat akun baru kalau mau cepat bertransaksi lagi
  9. Unknown
    Unknown
    Selasa, Februari 09, 2021
    Disini posisi saya sebagai pembeli. Yah saya sempet punya 3 akun Shopee. 2 lagi itu gak bisa log in karena masalah kartu yang hangus atau rusak. Bisa sih katanya denger-denger pake KTP buat diajuin tapi disini saya ngerasa yah bikin akun Shopee lagi yang ketiga kalinya. Ketahuan sistem yah trus terkait penyalahgunaan pengguna baru saya akui aja bener tapi juga karena masalah kartu jadi saya pikir untuk membuat akun Shopee baru. Nah akun ketiga ini dibatasi nih ya ada uang gak seberapa sih cuma 100k di Shopee Pay. Udah nyoba buat aktifin akun gak bisa karena alasan diatas oke ya kalo sejak 30 hari dapet notif akun kita akan diblokir atau gimana saya lupa. Nah akun itu masih pengen saya pake nah gimana nih udah ngajuin aktifin gak bisa apa nunggu dinonaktifkan aja terus ngelakuin seperti yang anda contohkan di atas? Atau harus gimana? Tolong dijawab song
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 09, 2021
      Kalau belum coba cara diatas ya disarankan dicoba dulu, siapatau masih bisa.
  10. Hafizh Putra W
    Hafizh Putra W
    Selasa, Januari 26, 2021
    kak mau tanya....kan saya juga mengalami masalah F02 karena transaksi melalui emulator, trus saya sudah kirim email dan udh ada kiriman lagi buat nunggu maks 3 hari jam kerja. apakah sebaiknya saya tetap langsung hubungi CS-nya biar memperccepat prosesnya
    trimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 26, 2021
      Kalau sudah ada waktu tunggu (3 hari) seperti itu lebih baik ditunggu saja. Kalau setelah 3 hari kerja gak ada balasan baru telepon CS nya dan bilang waktu tunggu sudah terlewat tapi gak ada balasan, mohon dibantu.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 22, 2021
    Sy br di bekukan shopee jg dg kode A02. Penyalahgunaan voucher subsidi ongkir. Pdhl ada saldo dstu. Klo saldo d tarik kerekening ngk bisa ya mas? Sy belum verifikasi shopeepay, blm mskkn data ktp dan sbgnya jd blm ada coba cara ini
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 22, 2021
      kalau dibekukan berarti gak bisa diakses akunnya, termasuk saldo yang ada didalamnya. Dicoba saja pakai cara ini nanti juga dipandu sama CS shopee nya kalau memang bisa diaktifkan lagi
  13. Unknown
    Unknown
    Rabu, Januari 20, 2021
    Kk sama kasus nya saya ditelpon yg mengatas nanamakan pihak shopee singkat cerita nya saya di suruh chek saldo shopeepay saya, dan sipenipu berhasil mengajukan pengembalian dana di pesanan saya sebesar 420 ribu dan diproses saat saya cek ke shopeepay uangnya sudah di pakai oleh sipenipu, dan saya chat ke team shopee saya di suruh mengisi data karna team shopee menganjurkan untuk akun saya di nonaktifkan selama 3 hari nanti bakal ada email masuk, dan kk masalah nya saya juga lupa sama password akun shopee saya apa nanti setelah dapat email dari shopee saya nanti klik aja lupa password, tolong kk bagaimana solusi nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 21, 2021
      Kalau email dan nomor HP nya sudah dimasukan ke akun shopee sih aman2 saja, nanti klik lupa password aja terus reset password lewat nomor HP atau email. harusnya sih gak ada masalah
  14. Unknown
    Unknown
    Selasa, Januari 12, 2021
    Hai kak..sya mngalamai masalah yg sama barunkemarin peringatan F02..kesalahan cz pnggunanaan voucher..sya UD Cha cs nya shopee dan saya dkirim email..sya ud isi emailx.sruh nunggu 3x24 jam..gmn ya kak..mna ad saldo 300rb an
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 12, 2021
      ya ditunggu saja, kalau memang sudah melakukan semua arahan dari CS kita hanya perlu nunggu. Kalau sudah lebih dari 3x24 coba login lagi seperti biasa. Kalau masih belum bisa baru kontak lagi CS shopee nya
  15. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 04, 2021
    Hai ka.
    Ka bagaimana dgn brg sy yg tokonya di blokir sm pihak shoppe. Sy sudah bayar via shoppepay.
    Sblmnya sy jg order ditoko itu dan skrg brgnya masih dlm proses pengiriman, trs kmrn sy order lg pas td sy buka tokonya dinonaktifkan itu gmn dgn pesanan sy yg sudah dibayar?
    Trmkasih sebelumnya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 05, 2021
      Kalau pesanan yang di sudah dikirim berarti tinggal ditunggu saja sampai di rumah seperti biasa. Kalau pesanan yang baru dan tidak di proses sama seller akan otomatis batal 2x24 jam (klo gak salah) dan uang akan dikembalikan ke akun pembeli. Ditunggu saja 2-3 hari kedepan, kalau uang gak kembali dan barang gak datang hubungi CS nya saja minta dipercepat proses pembatalannya
  16. nai
    nai
    Minggu, Januari 03, 2021
    halo mas saya mau tanya nih. jd akun saya dibatasi karna saya terindikasi melakukan kecurangan penyalahgunaan vocer free ongkir. jd saya beli 1 barang di toko yg sama menggunakan 5 akun berbeda ke alamat yg sama. akhirnya akun saya dibatasi. kejadian tsb pd tgl 31 mei 2019. akun utama saya, temen saya 2 akun yg kena. akun kedua saya ga kena.

    uang nyangkut di sopipay total 1jt.an di akun utama, saya lakukan verifikasi untuk menarik dana tsb karna sy baca di blog orang dgn kasus yg sama, sopi selalu menolak banding kasus seperti ini. akhirnya akun utama bisa diverif dan sy bisa tarik dana di spay tsb.

    kemudian, setahun sy tdk pakai sopi indo krn sy ke malay buat studi. akun yg sy pakai adalah akun kedua. ketika sy mau verif ternyata gabisa krn uda kepake data ktpnya di akun utama. sy login ke akun utama masi bisa. mau dihapus gbs akhirnya chat cs dan lanjut ke email untuk pemulihan akun. katanya akun sy gabisa dipulihkan lg karna udah lewat 30 hari (setahun lebih sih malah mau 2 tahun).

    sy minta penyelesaian akun tsb tp cs tetap mengatakan akun gbs dipulihkan. solusinya gmn kira2 mas? terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 04, 2021
      Kalau dari pihak shopeenya sudah bilang gak bisa sih ya berarti itu sudah gak bisa ya. Dan kalau dilihat dari kasus di awal sih itu sudah jelas pelanggaran berat karena sudah memanfaatkan sistem dan merugikan pihak shopee dalam bentuk materi.

      kalau masih bisa login coba aja ganti nomornya pakai nomor lain. terus nomor yang sudah diganti coba dipakai di akun yang baru
  17. gin
    gin
    Selasa, Desember 29, 2020
    Halo, Mas. Selamat malam.
    Saya sudah order dan bayar via shopeepay. Tapi beberapa jam kemudian toko sellernya diblokir. Kira-kira bagaimana nasib barang yang saya order? Atau bagaimana dengan nasib shopeepay yang telah dibayarkan? Nominalnya lumayan jutaan rupiah. Terima kasih sebelumnya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 29, 2020
      Kalau barangnya tidak dikirim nanti juga transaksinya batal otomatis, biasanya antara 2-3 hari batas respondnya, setelah batas respond habis transaksi akan batal otomatis dan uang dikembalikan ke akun pembeli. Tapi menurut saya sih lebih baik segera ajukan pembatalan order, biar uangnya cepat dikembalikan
  18. Maghdalena Safitri
    Maghdalena Safitri
    Selasa, Desember 22, 2020
    KAK MAKASIH BANYAK INFORMASINYA BERGUNA SEKALI���� Aku baru aja kejadian tadi pagi ini persis gara2 pake emulator dilaptop trus checkout udah kirim email semoga bisa diaktifin lagi doain ya kak����
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 22, 2020
      Yup! sama - sama. Semoga cepat kembali ya akunnya
  19. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 15, 2020
    Mas rindi akun saya dinonaktifkan ni, apakah barang2 yang sudah saya pesan akan tetap sampai? Trus saya jg ambil cod apakah tetep dikirim oleh penjual?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 16, 2020
      Harusnya sih sampai ya, apalagi kalau sudah status dikirim. Ditunggu saja sesuai estimasi sampai seperti biasa. Kalau biasanya sampai 3 hari ya kasih waktu maksimal 5-7 hari
  20. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 14, 2020
    Ka saya mau tanya akun saya kan di blokir itu udah di hapus permanen oleh shope belum? trus kalo pesanan yang msih di kemas tapi metode cod itu bkalan ttep di kirim apa gimana yah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 14, 2020
      kalau masih dinonaktifkan berarti masih ada akunnya, cuman aksesnya saja yang ditutup. Kalau pesanan sih gak tau pasti ya saja juga, ditunggu saja beberapa hari seperti estimasi biasanya. Kalau biasanya nyampe 3 hari ya kasih lah estimasi 3-5 hari. Kalau 5 hari belum sampai ya berarti gak dikirim sama penjualnya.
  21. yuda
    yuda
    Jumat, November 27, 2020
    kalau di blokir tapi tidak terverifikasi KTP gimana ya mas?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 27, 2020
      Dicoba saja seperti cara yang saya tunjukan di artikel, nanti dipandu sama CS nya harus kirim apa saja
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Risky agustinaa
    Risky agustinaa
    Selasa, Oktober 20, 2020
    Kaka mau tanya pesanan yg dalam perjalanan ke alamat penerima itu berpengaruh kah sama akun yg di non aktifkan?

    Terus saya kan sdh kirim data-data permasalahan, kt, screenshot error login. Tapi balasan dari Shopee hanya pesan otomatis yang minta data2 tersebut seperti username, no pesanan, screenshot, desk detail, padahal kan sudah saya kirim, itu gimana ya??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 20, 2020
      Barang yang sudah keluar invoice nya atau yang sudah berhasil dibayar umumnya akan tetap dikirim, apalagi sudah dalam perjalanan, tunggu saja barangnya sampai seperti biasa.
      Kalau diminta data - data lagi ya kirim lagi aja, lebih sering kita kirim ya lebih bagus. Yang memiliki permasalahan akun di shopee sekarang sedang banyak, kita nya sebagai pemilik akun juga harus lebih aktif biar segera di proses
  24. syafiq
    syafiq
    Minggu, Oktober 18, 2020
    kak mau tanya akun shopee saya kan dinonaktifkan,saya kan sudah storkan data yang diminta oleh pihak shopee tapi sudah 1 hari belum ada balasan katanya 1x24jm dan saya kan belum punya KTP pake kartu pelajar bisa gk?mohon jawabannya kak!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 18, 2020
      Kalau sudah lewat dari estimasi mending langsung hubungi CS shopee nya aja, bisa di telepon atau di sosmed nya (twitter). Saya kurang tau kalau pake kartu pelajar, tapi dicoba aja daripada gak ngasih data apa2 kan
  25. zmr
    zmr
    Sabtu, Oktober 17, 2020
    Kejadiannya sama persis kaya saya mas, baru aja kejadian kemarin 16 oktober 2020 mau checkout pake emulator ternyata gg boleh, maklum lah hp sy kentang.. niat mau gnti hp malah kek gini, btw sy udah ngirim emaiil & telfon cs nya, udah dibalas.. selang 1 hari siang ini 17 oktober dapat balasan email kurang lebih kaya gini :
    "-pengaktifkan akun telah disetujui.. - coba login scr berkala 1x24 jam, dll "
    terus saya langsung coba login ,, ternyata masih blm bisa.. ada notif nya :
    "Gagal login F02, Akun anda sedang ditinjau untuk alasan kemananan... "
    jadi takut kalo mau coba login, PARNO.. di dalem akunku ada saldo shopeepay soalny :(
    btw email balasan dari shopee kalo akun kita udah bener2 bisa login itu gimana balasan emailnya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 18, 2020
      Ya itu kecepetan login nya, kalau terima email tgl. 17 berarti loginnya (paling cepat) baru bisa tgl 18. Dan itu juga kan itungannya jam (1x24jam) berarti 24 jam setelah email diterima baru bisa coba login lagi. Amannya sih tunggu aja 2 hari, baru coba login lagi.
  26. Unknown
    Unknown
    Senin, Oktober 12, 2020
    Kak mau tanya nih
    Saya kan barusan kena tipu di tlpon katanya dapat 1 juta trs di mintain kode otp shopepay trs lama" Aku sadar kalo itu penipuan langsung deh aku ganti pi shopepay ku ternyata penipu itu udah pesen pulsa 200k tapi masih bisa aku batalin, tiba" Beberapa jam kemudian akun ku di bekukan kak, trs aku di kirimin email oleh pihak shope trs aku ikutin tuh permintaan dari shope dan menjelaskan kronologi kejadian penipuan tersebut, tak lama kemudian dpat balasan dari shope di katanya akunya di bekukan sementara dan katanya saya akan di hubungi kembali dlam waktu 1-3 hari untuk pemulihan akun

    Lantas apa saya harus menunggu saja atau telpon cs shopee kak ? Dan bagaimana menurut pandangan kakak ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 12, 2020
      kalau itu sih sudah jelas ya tahapannya, tim shopee sudah menerima dan merespond laporan secara spesifik (bukan formalitas). Kalau menurut saya sih mending tunggu saja maksimal 3 hari, kalau lebih dari itu tidak ada email atau kontak dari shopee baru ditelpon lagi. Yang jelas jarang ada akun yang dinonaktifkan langsung diaktifkan lagi dihari yang sama, rata2 harus ada waktu 'cooling down'. Jadi lebih baik tunggu saja klo menurut saya
  27. Unknown
    Unknown
    Rabu, September 30, 2020
    Ka, mw tanya
    Apakah setelah mendapat email akun qt akan aktif dlm 1x24 jam, qt hrus bner2 nunggu 1x24 jam dr email masuk?
    Pas qt masuk ke akun shopee pa qt diminta daftar?
    Terima kasih sebelumnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, September 30, 2020
      ditunggu saja 1x24 jam baru login. Kalau sudah bisa login ga perlu daftar2 lagi. Langsung bisa pake akun yang lama dan semua datanya tidak akan ada yang hilang
  28. Denny Tanio
    Denny Tanio
    Senin, September 28, 2020
    Gan, akun yang abis dibalikin dari error f02 gagal login, apakah bisa tetep dpt star seller?atau udah diblacklist gak balal dpt lgi?duh sedih kalau gak bisa star seller
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, September 29, 2020
      Aman gan. Semua rating dan status seller tidak berubah klo di pengalaman saya. Jadi klo agan sebelumnya sudah star seller ya berarti tetap star seller kalau sudah aktif lagi akunnya
  29. Elva Syintia
    Elva Syintia
    Rabu, September 23, 2020
    Hallo ka...
    Akun shopee saya kena hack krna penipuan dan lngsung saya hubungi CS trus lngsung d nonaktifkan atau d bekukan sama pihak shopee.. kira² smpai berapa lama ya ka ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 24, 2020
      Kalau sampai kapannya saya juga kurang tahu, biasanya ada email pemberitahuan bahwa akun kamu dinonaktifkan sampai kapan. Kalau ga ada estimasi waktu mending langsung hubungi lagi CS nya dan tanya langsung, siapatau ada proses atau data yang harus dikirim dulu sebelum diaktifkan lagi
  30. Unknown
    Unknown
    Rabu, September 23, 2020
    terima kasih banyak atas informasinya mas Rindi.
    dan saya juga ingin menginformasikan bahwa alamat Support@shoope.co.id sudah tidak di gunakan lagi pertanggal 30 April 2020, jadi saya mengirim ke help@support.shoope.co.id
    MAS Rindi semoga semakin sukses selalu, aamiin . . . .
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 24, 2020
      Baik mas, terimakasih atas informasinya. Sama - sama mas, semoga mas nya juga sukses dan sehat selalu. Aamiin
  31. Unknown
    Unknown
    Sabtu, September 19, 2020
    Kak aku mau nanya,kemaren baru aja akun aku dinonaktifkan gara² penipu. Untungnya sih aku gak ada saldo shopeepay dan lainnya dan aku jg sadar itu penipu sygnya aku udh terlanjur ngasih tau kode otpku jd aku buru² ubh pwnya tp kok bisa sejam kemudian akunku dinonaktifkan. Aku tkt dataku diambil atau dibuat untuk yg gak baik gitu mana aku lagi beli barang😭 kok bisa ya kak dinonaktifkan padahal aku udh buru² ganti pw? Kira² kalau udh dinonaktifkan gitu bisa kembali gak kalau udh ngeemail pihak shopeenya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, September 19, 2020
      dinonaktifkan karena sistem shopee melihat ada kejanggalan dalam akses ke akun kamu, dan itu sebenarnya tindakan yang perlu dilakukan. Daripada ada orang lain yang akses akun kamu secara ilegal lebih baik dinonaktifkan dulu dan nunggu pemilik akun hubungi mereka untuk verifikasi. Diikuti saja seluruh tahapannya yang diminta oleh tim shopee, insyaallah kembali lagi.
  32. Unknown
    Unknown
    Jumat, September 18, 2020
    Kak aku mau nanya. Barusan aja akun shopee aku dinonaktifkan krn penipuan. Awalnya itu aku dpt tlpn dr nomor pribadi yg gak aku kenal dan dia ngaku² sbg karyawan shopee awalnya aku ragu krn gak mungkin pakai nomor pribadi, aku niatnya mau lsg matiin tp gak enak jd aku dgrin dulu dia mau ngomong apa. Modusnya dia bilang aku menang hadiah tp aku gak prcya krn shopee sendiri gak pernah ngirim notif tapi lama kelamaan dia bikin aku sedikitpercaya karena jujur aku bukan pengguna shopee lama jadi gak tau sistemnya gimana terus dia nanya mau dicairkan tunai atau mau dimasukan ke shopeepay. Aku nanya² sama org itu krn aku sama sekali gak ngerti karena pengguna baru, dia bilang ini itu trs dia minta kode rahasia dan disitu aku benar² gak yakin tp gak tau knp masih aja aku kasih :( terus dia bilang ini benerkan trs aku bilang iya. Dia nyuruh aku cek saldo shopeepayku dan gak ada samsek dia alasan lagi diproseslah trs dia ngomong hrs ngisi saldo dulu, dia minta tf 200k trs bakal ketambah sama saldo yg mau dicairkan. Dia maksa bgt dan dr situ aku yakin ini penipuan dan aku lsg panik krn kodenya udh aku kasih. Aku buru² ngomong sama si penipu itu kalau aku gak ada duit buat tf²an lain kali aja. Kasih aja ke pemenang lain heheh trs pas sdh dimatiin aku cepet² ngubah password akun shopeeku tp beberp jam kemudian akunku dinonaktifkan. Di situ aku tkt bgt :( tkt akunku sama data²ku dipakai untuk hal yg gak baik mana aku pengguna baru jd kurang paham sistemnya :( tkt bgt dan aku lsg cari² cara mengaktifkan kembali. Mana aku lg melakukan pembelian barang :( kira² akun aku masih dipegang si penipu gak? Kok bisa ya dinonaktifkan pdhl aku udh ubah passwordnya? Terus itu si penipu itu apain akunku? Kan gak ada saldonya samsek :(((( nyesel bgt udh curiga tp masih aja aku kasih kodenya. Pas aku ubh password ada diminta kodenya gitu dan di situ baru ngeh knp aku bisa dpt kode itu si penipu itu mau masuk ke akunku pantesan dia tau kalau aku dpt kode dari shopee itulah yg bikin aku sempet yakin jd aku kasih pdhl curiga :((
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, September 19, 2020
      Yup! untuk orang yang baru tahu dan langsung dihubungi seperti itu biasanya memang seperti sedikit 'terhipnotis'. bukan karena mistis, tapi memang psikologi orang normal seperti itu, maka dari itu sangat penting pengetahuan tentang keamanan data bagi orang awam kyk kita2.
      Kalau akun sudah dinonaktifkan berarti semua pihak (termasuk penipu) sudah tidak bisa lagi akses akunmu. Sekarang fokus saja ke reaktivasi akunnya. Dan kedepannya harus lebih berhati - hati lagi ya.
  33. Tampilkan selengkapnya
  34. Unknown
    Unknown
    Senin, September 14, 2020
    Ka akun saya juga di nonaktifkan. Trus saya email ya ke shopee nyam pihak shopee nya bls kata akun saya sedang di nonaktifkan sementara. Tapi saya harus ngisi nama no hp dan kronologi kejadian . Apa saya ngasih kode otp ke orang lain ngga nya. Kira2 akun saya bakal kembali lagi ga ya. Soalnya ada cicilan shopee pay later. Saya takut malah nanti bunganya makin banyak kalo ga cepet di bayar. Tapi saya juga ga bisa buka akun shopee saya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, September 15, 2020
      Kalau pihak shopee nya sudah bilang 'sementara' ya berarti bakal diaktifkan lagi setelah semuanya clear. Diikuti saja langkah - langkah yang diminta, termasuk kronologi kejadian dll. Semoga cepat kembali aktif ya akunnya
  35. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 10, 2020
    Assalamualaikum mas saya mau tanya kemarin ada yg nelpon mengatasnamakan pihak shope...singkat cerita inti nya penipuan la..penipu ini meminta data ktp,sandi shope,dan minta kode otp Dr shope yg di dikirim melalui SMS..tp tidak saya berikan... setelah saya menutup tlpn ..saya buka aplikasi shope...terkejut saya Teryata limit shopepay letter saya hbs terkuras di gunakan untuk membeli produk digital..dan sempat saya cek tagihan shope payletter saya untuk bln depan mencapai 900 rb an...kok bisa masuk ke akun shope Tampa kode otp.dan limit payletter di gunakan untuk beli produk digital..dan otomatis ada pemberitahuan akun saya di bekukan .saya sdh kirim Gmail ke pihak shope masih menunggu 1-3 hr kerja..bagaimana tagihan shope payletter itu..apa di limpahan ke saya...saya ngk Maula bayar cicilan yg saya tidak menggunakan nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 11, 2020
      Seharusnya sih bisa dibatalkan ya seluruh tagihannya yang dibuat sama si penipu. Kalaupun nanti masih ada tagihannya, ya tinggal di beritahukan saja ke CS shopee atau di pusat resolusi nya. Minta supaya tagihan tersebut dihapus karena itu bukan kesalahan kamu. Semoga cepat kembali ya akunnya
  36. KabarGadget
    KabarGadget
    Kamis, September 10, 2020
    Akun saya juga kena blokir ka setelah saya menerima telpon
    Awalnya saya mesan hp, tpi hp nya tidak dikirim kirim, saya tanya penjualnya , alesannya macem macem, disuruhnya verifikasi shopee pay, jadi saya mulai curiga, terus saya ajukan pembatalan pesanan, tapi si penjual tidak mau mengonfirmasi atau menjawab malah saya terus menerus disuruh verifikasi shopee pay
    Setelah itu akun saya diblokir oleh shopee
    Yang jadi pertanyaan saya apakah uang dari pesanan yang saya batalkan itu bisa kembali ke saya, saya sudah mencantumkan no.rek, apakah uang akan kembali ke rek. Saya??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 11, 2020
      Setau saya tidak ada urusan penjual sama verifikasi ShopeePay, jadi sangat mungkin itu modus penipuan. Sebelum barang sampai ke pembeli, uang akan tetap berada di pihak shopee. Kalaupun dikembalikan tidak akan langsung masuk rekening, biasanya masuk ke akun ShopeePay atau saldo di akun shopeePay. Baru setelah uang ada di akun ShopeePay bisa ditransfer lagi ke rekening pribadi. Semoga akunnya cepat kembali ya
  37. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 10, 2020
    Pengalaman diatas dari beberapa orang yang terkena masalah mudah mudahan akun nya bisa digunakan lagi termaksud aku. Aku Minta tolong kak supaya pihak shopee bisa mengerti akan adanya hal hal penipuan seperti diatas.apalagi akun yang dipakai itu nomor pribadi kita. Makasih ya kak randi atas info infonya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 11, 2020
      Aamiin. Semoga semua yang terkena masalah ini semoga akunnya cepat dikembalikan. Saya yakin juga pihak shopee sudah mengetahui hal ini, semoga mereka memiliki cara khusus untuk menghindari hal - hal seperti ini dikemudian hari
  38. Unknown
    Unknown
    Minggu, September 06, 2020
    Kak aku baru juga kena tipu, diminta kode. Karna smsnya dr shopee gitu kan jd aku percaya kasih tahu aja. Trus disuruh transfer 200, karna aku jg dibawah umur ya percaya aja. Tapi aku belum transfer, aku ngasih tahu dulu ke kakak. Trus kakak blg itu penipuan. Aku langsung tutup panggilannya trus blokir tangan aku udah gemeteran jd cepet2 aku ganti password shopeepay aku walau cmn 16rb tp itu berharga. Trus gk lama tbtb dpt notifikasi akun dibekukan. Sumpah aku gemeteran udah mau nangis. Jadi aku nyari artikel terkait itu. Byk artikel blg melakukan pelanggaran, tapi aku sama sekali gak melakukan apa-apa yang melanggar syarat karna aku buka akun shopee jg dibantu sama keluarga. Trus nemu artikel ini aku langsung lakuin yg kyk kk blg tapi cmn lewat email karna pulsaku gk ada, aku jg gk punya twitter, gk berani aku hubungi lewat ig. Jadi cmn hubungi lewt email. Dibalas sama tim shopee ditanya nama pelapor, dll. Trus disuruh tunggu 3 hari. Gimana ya kak, aku kan baru masuk smk belum ada kartu pelajar, takut hub CS karna nanti bakal ditanyain lagi panjang lebar sama keluarga. Jd gimana ya kak bagusnya? T^T
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, September 06, 2020
      kenapa dianggap melanggar? karena saat itu akun kamu sedang coba diakses sama si penipu dan sistem shopee nganggap itu ada keanehan jadi dinonaktifkan. Jadi bukan karena kamu yang melanggar, tetapi si penipu yang coba akses. Kalau sudah dibalas dan disuruh tunggu 3 hari ya mending tunggu saja sampai waktu yang ditentukan habis. Kalau sudah lewat 3 hari coba login, kalau masih belum bisa login saya sarankan hubungi lagi CS shopeenya, lewat IG juga gpp yang penting ada respond atau balasan dari tim CS nya di IG. Semoga cepat kembali ya akunnya
  39. Unknown
    Unknown
    Jumat, Agustus 28, 2020
    akunku juga kak blm balik baru kena baned hari ini karena ganti2 pass dan login d banyak hp admn semoga cepat kemabali masi menunggu balasan shopee
    doain ya mas
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 28, 2020
      Siap! semoga cepat balik lagi ya akunnya...
  40. Unknown
    Unknown
    Senin, Agustus 24, 2020
    Kak, tadi malem aku dapat telpon dari penipu, dan aku memberikan kode otp ke penipu itu, saldo shopeepay saya ditransfer ke akun penipu, saya sudah chat ke shopee di shopee live chat, lalu akun saya dinonaktifin, dan saat ini akun saya tidak bisa login seperti Kaka F02. Saya takut penipu itu melakukan transaksi di akun shopee saya, kan akun saya sekarang sedang tidak bisa login, semisal penipu melakukan transaksi di akun saya, apakah transaksi tersebut akan terus terproses? Dan untuk mengaktifkan akunnya apakah bisa mengikuti cara seperti yang Kaka jelaskan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 24, 2020
      Kalau sudah dinonaktifkan dari sistem shopee, berarti akunnya sudah ga bisa diakses lagi sama siapapun (termasuk penipu). Kalau untuk transaksi saya kurang tau bisa terproses atau tidak. Untuk cara re-aktivasi langkahnya sama saja, yang beda itu di bahasa/penjelasan kamu ke CS shopee nya, kenapa akunnnya dinonaktifkan. Semoga cepat kembali ya akunnya :)
  41. Ratna
    Ratna
    Minggu, Agustus 16, 2020
    Kak. Shopee pay later suamiku diretas penipu. Dipakai buat utang pulsa 500 ribu.. Gimana ya solusinya. Akun sempat diblokir juga sama pihak shopee. Udah aku atifin lagi. Tapi gimana dengan tagihan yg 500 ribu itu 😥
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Agustus 16, 2020
      Kalau sudah bisa dipakai transaksi sama penipu sih berarti itu akun, password, dan PIN sudah diketahui sama penipu. Segera ganti semua data2 tersebut. Untuk tagihan yang 500 ribu coba saja bikin aduan seperti aduan akun ini sesuaikan judul dan uraian, kalau ingin fast respond sih mending langsung telepon aja CS shopee nya dan minta jalan keluarnya. Sebenarnya pihak shopee juga bisa tahu pas transaksi itu akunnya login di HP mana, kapan, dan dimana, yang penting kitanya ngasih informasi yang jelas. Semoga masalahnya cepat teratasi ya
  42. Aryprayoga
    Aryprayoga
    Rabu, Agustus 12, 2020
    Saya juga sama isi saldo 6jtaan shopee d blockir kira2 mau balik lagi gak yaa
    D masa corona sangat sedih
    Udh seminggu pelaporan sampe habisin pulsa 150rbu gak juga ada email menyenangkan yang masuk 🥺
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Agustus 12, 2020
      Waduh besar juga ya 6jt. Sesuai pengalaman saya sih saldo tidak berubah setelah akun diaktifkan, tidak hilang. Semoga akun nya cepat kembali ya...Aamiin
  43. DwiAnggraeniApresty
    DwiAnggraeniApresty
    Jumat, Agustus 07, 2020
    hallo kak...
    saya jga gagal login dari tgl 2 agustus kemarin, udah saya urus langsung, dikasih estimasi 3hari, tpi sampai skrg blm ad jawaban jga

    soalnya sore ditgl yg sama ad yv tlpn mengatasnamakan dari tim shopee, memberitahu saya dpt cashback 1juta, saya tidak percaya, tapi saat dy memberitahu semua aktifitas trakhir saya dishopee dari beli apa sampai bayar lewat apa, saya rada percaya, terus ad sms masuk dari shopee berupa kode suruh masukin ke bagian voucher, tapi gagal dan tidak saya lanjutkan lagi telponnya, sekitar jam 18.00 ad email masuk memberitahukan klo akun saya dibekukan, sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya lagi kak, saya harus gmn ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 07, 2020
      Wow.. bisa sampai tau gitu ya transaksi terakhirnya. Tapi setau saya perusahaan seperti shopee itu jarang banget nelpon user, apalagi cuman ngabarin menang voucher. Pengumuman pemenang seperti itu biasanya langsung di aplikasi (di notifikasi), tidak di telpon.

      Kalau sudah mengirim email, saya sarankan langsung telepon CS shopee nya. Kalau kemarin sudah telepon, ya di telepon lagi dan beritahu bahwa kamu belum mendapat balasan setelah telepon terakhir kemarin. Bilang saja ada yang harus segera dibeli tapi akunnya masih gabisa dibuka
  44. Tampilkan selengkapnya
  45. Ela Nurmalasari
    Ela Nurmalasari
    Selasa, Agustus 04, 2020
    hallo kak, hari ini juga tiba2 akun shopee tidak bisa di buka
    awalnya akun shopee saya ada yang hack gitu sampe saldo shoppepay nya habis
    dan ketauan dari riwayat bahwa dia mentrasfer saldo shoppepay nya ke shoppe dia
    trus aku chat dong org nya kenapa tiba2 begitu, udah lah ya aku kata2in org nya ( tapi gak parah banget sih) cuma sedekedar saya ikhlas gitu itung2 buang sial gitu
    trus akun nya aku blokir, eh tapi tiba2 akun shopee aku gak bisa di buka.. udah sempet kirim email ke shoppe tapi belum di resepon juga. gmna ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Agustus 05, 2020
      Kalau sudah lewat masa estimasi balasannya saya sarankan untuk langsung saja telepon CS shopee nya, dan bilang bahwa kamu juga telah mengirim email tapi belum dapat balasan
  46. tasa
    tasa
    Sabtu, Juli 18, 2020
    halo kak kmren saya jg sama gagal login f02 lalu saya urus2 siang, nah pas sore kebuka lagi, tapi knp barusan saya mau buka malah keluar notif gagal login f02 lagi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 18, 2020
      Wah klo itu saya baru tau tuh, bisa aja ada yang akses akun kamu dari tempat lain atau alasan keamanan lainnya. Menurut saya sih langsung telepon aja CS nya dan bilang kronologinya yang lengkap biar bisa dicaritau juga dimana letak kesalahannya
  47. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juli 16, 2020
    Kk mau tanya klo aku shopee ku kan tiba² muncul notif "maaf akun anda sudah tidak ada lagi" saat login kembali, karna keluar sendiri akunnya.

    Nah di akun tersebut ada produk yg ku beli & dalam pengiriman. Apakah barang yg ku beli itu sampai ke alamat rumah?

    Aku harus Ngapain ya kk?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 16, 2020
      Sesuai pengalaman pengguna lain sih barangnya tetap akan sampai, ditunggu saja sesuai estimasi. Kalau mau akunnya balik lagi ya ikuti langkah - langkah seperti diatas, dan sesuaikan isi email dengan permasalahannya. Jangan lupa juga untuk telepon CS shopee nya biar segera dibantu prosesnya
  48. RjRj
    RjRj
    Sabtu, Juli 11, 2020
    Kak bagaimana ya kalau akun shopee di nonaktifkan tapi kita masih punya tagihan shopeepay latter
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 11, 2020
      Kalau kebijakan dari shopee nya saya kurang tahu ya, tapi bagaimanapun juga itu sudah termasuk kewajiban walaupun akunnya sudah nonaktif tapi kan kewajibannya masih harus diselesaikan. Mungkin nanti pihak shopee nya akan menghubungi atau gimana saya kurang tahu. Saran saya sih sambil nunggu akunnya balik lagi, tetap siapkan uang buat bayar tagihannya ya...
  49. human
    human
    Jumat, Juli 10, 2020
    kalau masih pelajar saya harus gimana kak? soalnya saya belum ada ktp
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juli 10, 2020
      Saya sarankan sih langsung telpon CS shopee nya dan bilang kalau kamu masih sekolah dan belum puya KTP, minta alternatifnya buat verifikasi selain pake KTP
  50. Yunita
    Yunita
    Kamis, Juli 09, 2020
    Kak menu apa yg dipilih saat tlp cs shopee nya 😔
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 09, 2020
      Di dalam artikel juga sudah ada langkah - langkahnya agar cepat terhubung ke CS shopee. Coba dibaca lagi pelan - pelan dan cari sub-judul "Panduan Telepon Call Center Shopee"
  51. Azizah
    Azizah
    Kamis, Juli 09, 2020
    Kalo dari pihak shope yg bipang akunnya dibatasi bisa kembali gak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 09, 2020
      Bisa, dicoba saja. Pada dasarnya kan semua pembatasan itu berasal dari sistem shopee, makanya yang ngasihtau duluan itu pasti dari pihak shopee
  52. Buku kaleng
    Buku kaleng
    Sabtu, Juli 04, 2020
    Halo kak, akun saya ga bisa login dan saya lagi pesan barang, terakhir saya lihat barang nya sedang di proses, apakah barang tersebut tetap dikirim?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juli 05, 2020
      harusnya sih tetap dikirim ya, apalagi kalau sudah transfer. Uang yang ditransfer dan masuk shopee harusnya gak termasuk dana yang dibekukan. Ditunggu aja sesuai estimasi sampai seperti biasa.
  53. Uciha
    Uciha
    Sabtu, Juni 27, 2020
    Hai kak,saya membeli barang via cod,lalu barang tersebut sedang dikemas,Tiba-tiba akun Shopee saya dibekukan kira kira barang akan tetap dikirim apa dibatalkan .tolong dijawab kak makasih. .
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 27, 2020
      kalau sudah dikemas berarti pesanannya sudah diterima sama seller dan harusnya sih tetap dikirim ya. Ditunggu saja sesuai estimasi barang sampai. Sambil nunggu mendingan segera diurus akunnya biar bisa digunakan lagi ya
  54. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juni 25, 2020
    Kak akun saya juga di nontaktifkan tiba"..saya udh coba ikut kayak yg diatas.. Tapi saya belum ada ktp.. Karrna saya masih smk.. Gimana kak? Padahal masih ada saldo shoopepay nya kak..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 25, 2020
      Saya sarankan sih langsung telpon saja CS shopee nya dan bilang kalau kamu masih sekolah dan belum puya KTP, minta alternatifnya buat verifikasi selain pake KTP
  55. Tampilkan selengkapnya
  56. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juni 25, 2020
    selamat pagi ka, ka sy mau brtanya kmarin sy trkena tipu oleh org tidak brttanggung jwab , shopeepay sy pun lenyap 300ribu,dan akun sy dinonaktifkan, bgaimana solusinya apakah akun sy tidak bisa digunakan oleh penipu itu dan tidak dpat digunakan oleh siapapun ? apakah yg menonaktifkan akun sy itu dari pihak shopee atau bgaimana ka mohin bantuannya 🙏🙏🙏🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 25, 2020
      Kalau sudah dinonaktifkan berarti tidak akan bisa dipake oleh siapapun, termasuk penipu. Sekarang tinggal minta diaktifkan lagi aja ke shopee nya. Dan nantinya lebih berhati - hati terhadap modus - modus penipuan yang serupa
    2. Unknown
      Unknown
      Sabtu, Juni 27, 2020
      Kak sama saya juga hari jumat tgl 26juni 2020 kemarin kena tipu modus dpt uang tunai dgn isi shopeepay sejumlah 300 setelah pengisian saldo shopee saya ga bs log in sampe skr...Saya mau aktifin lg akun saya kak caranya gimana????Tolong saya
  57. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 24, 2020
    Saya udh coba kirim via email kok gk kekirim kirim? Saya belum tau caranya.. Jelasin donk kak.. Padahal udh sesuai sama yang ditulis itu..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 25, 2020
      Kalau itu sih kyknya masalah sinyal saja ya, atau salah ketik alamat email. Kalau masih susah ke kirim coba lewat sosmed aja atau langsung di telepon aja CS shopeenya. Sama aja kok itu ketiganya, beda jalur aja.
  58. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 24, 2020
    Alhamdulillah, akun saya bisa saya dapatkan kembali, makasih banyak infonya kang, sangat berguna, makasih banyak
  59. Dita Natahuri
    Dita Natahuri
    Jumat, Juni 19, 2020
    Mau nanya nih yg udh berpengalaman jualan di shope. Kalau dapet pesanan dr akun yg dinonaktifkan masih bisa tetap diproses dan uangnya bisa cair ga ya? Soale pembeli saya akunnya jg kenaa tipu jd terblokir
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 20, 2020
      Kalau gak ada pemberitahuan resmi dari shopee sih menurut saya dikirim saja. Kan order nya pas akun masih aktif dan uang juga sudah masuk ke rekening shopee. Tapi kalau masih ragu bisa ditanyakan langsung ke CS shopee.
  60. Imam Muttaqin
    Imam Muttaqin
    Sabtu, Juni 13, 2020
    Saya kok disuruh masukin foto ktp sama kk ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 13, 2020
      Saya juga sama mas, waktu itu diminta foto ktp sama kk di email. Pastiin aja email nya resmi dari shopee, bukan email abal - abal.
  61. WhoAmI
    WhoAmI
    Jumat, Juni 12, 2020
    Terimakasih mas membantu artikelnya.

    diemail pengaktifan kembali akun saya disebutkan pelanggaran: "Kakak dapat pelajari pada syarat layanan pasal 6.2 poin K (mengakses Situs, membuka akun pengguna, atau sebaliknya mengakses akun pengguna dengan menggunakan emulator, simulator, bot, atau perangkat kerasmaupun perangkat lunak sejenisnya)."
    Di beri link juga untuk persyaratan lengkapnya. Males bacanya panjang. Kebiasaan memang :D taunya nanti pas melanggar. Entahlah mengapa tidak boleh pakai emulator!

    Tambahan atau masukan saja ya, jangan pernah berikan password atau kode OTP. karena CS shopee biasanya tdk akan menayakan hal tersebut. Takutnya ada oknum tak bertanggung jawab menggunakan akun anda. Jikapun anda menang undian, CS shopee biasanya memberitahu lewat notifikasi di akun anda baik login pakai aplikasi atau web dan juga biasanya melalui email resmi. Jika ada yg janggal coba lapor dulu melalui email, telpon atau sosialmedia resmi mereka. atau seraching google.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 13, 2020
      Yup! bener banget, jangan pernah kasih no OTP ke siapapun karena itu bersifat rahasia. Terimakasih nih pak/bu sudah mau sharing. Alhamdulillah sudah kembali lagi akunnya ya.. :)
  62. Welly
    Welly
    Jumat, Juni 12, 2020
    Assalamualaikum mas Rindi. Saya juga mempunyai ma Salah yang sama Namun berbeda motifnya,awal masalahny itu tepat hari ini Saya di telpon oleh orang yg mengakui Tim shopee katanya Saya mendapatkan hadiah 2 juta. Kemudian Saya mendapatkan sms kode otp. Kemudian Tanpa pikir panjang. Saya beri tahu kode tersebut karena ia minta. Kemudian Saya di suruh isi shopeepay 300rbu agar uang 2 juta masuk dan mnjdi 2.300rbu nantinya. Tetapi Saya bingung, dan merasa aneh. Akhirnya bilang kalau saya tidak top up shopee pay bgaimna, katanya akan dibatalkan dan hangus ttapi ada sms untuk kode otp pembatalan dan minta disebutkan, dri situ smakin aneh, lalu saya matikan telfonya, dan saya cek shopee, trnyata ada pmberitahuan baru bahwa ada pesanan pulsa snilai 500rbu yg bukan sya lakukan langsung saya batalkan, dan saya rubah pasword loginya, akhirnya bisa login dgn pasword baru, gak lama kemudian tiba2 akun saya terblokir dan saya login muncul gagal login f02, saya bingung, smpai tlvon cs panduan terus, saya email, trus saya sampai ingin mrubah nmor pda akun trsebut, ttpi mnunggu 3x24 jam..
    Apakah akun saya yg trblokir bisa diaktifkan kembali ttpi sdah tlanjur mncoba mlakukan pergantian nmor? Jika trblokir bgitu shopee pay later apa bisa terpakai dgn org yg meretas akun saya? Takutnya ada tagihan shopee paylater yg bukan saya lakukan...

    Maaf agak panjang nih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 12, 2020
      Itu jelas penipuan. Kenapa bisa ada kode otp? Penipu menggunakan fitur login dgn nomor HP dan kode OTP pasti dikirim ke nomor pemilik akun untuk verifikasi, maka dari itu penipu menelepon nanya kode OTP yang dikirim.
      Kalau akun sudah terblokir berarti tidak bisa diakses oleh siapapun, insyaallah akun ShopeePayLater aman. Harusnya sih akunnya bisa diaktifkan lagi ya.. dan menurut saya sih gak perlu ganti nomor, yang penting lebih berhati - hati lagi kalau ada modus yang sama. Semoga cepat aktif kembali akunnya!
  63. Galih Adi Nugroho
    Galih Adi Nugroho
    Rabu, Juni 10, 2020
    Mau tanya, untuk pembayaran menggunakan shopeepay pakai web shopee bisa gak?
    Atau harus pakai aplikasi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 10, 2020
      Pembayaran pakai shopeePay bisa via web ya, yang penting saldonya harus cukup.
  64. Anonim
    Anonim
    Selasa, Juni 09, 2020
    Saya diblokir 3 kali gara-gara pakai emulator dan sekarang shopee nya gak mau memulihkan akun saya lagi.
    Mohon solusinya apa yang harus saya lakukan.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 10, 2020
      kalau sudah tiga kali sih itu namanya bandel ya, wajar saja kalau pihak shopee tidak mau memulihkan akunnya. Kalau saran saya sih buat akun baru saja, dan kedepannya tidak melakukan kesalahan yang sama.
  65. Queenara
    Queenara
    Minggu, Juni 07, 2020
    Akun saya pun 2 hari lalu dinonaktfkan permanen saat mau checkout menggunakan emulator di PC. saya tidak tau kalau ada syaratnya tidak boleh pakai emulator :D
    dan uang saya masih nyangkut di akun tsb karena ikut lelang barang 10,000 x 6 barang, pesanan saya juga ada yg belum dikirim oleh seller dn sampai skrg blm sampai,, apa gak di kirim yaa pesanan saya ? terus uangnya bakal kembali semua gk yaa ,, yampunn bingung ..

    btw terimakasi banyak atas blog nya, saya terbantu sekali, karena tadi siang saya menerima email bahwa akun saya akan di aktifkan kembali ..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 07, 2020
      Yup! sama - sama. Sesuai pengalaman saya, semua saldo kembali dan transaksi yang sedang berjalan juga tetap berlanjut.
      Untuk barang yang belum dikirim sepertinya karena sekarang lagi weekend saja, ada beberapa seller yang memang tidak mengirim barang selain hari kerja. Hari senin coba saja di cek lagi, apalagi sudah menerima email konfirmasi untuk re-aktivasi.
  66. Tampilkan selengkapnya
  67. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Juni 06, 2020
    Akun aku dinonaktifkan sementara, karna aku melaporkan kejadian yang aku alami kaku mengalami penipuan dngn pihak yang tdak bertangung jawab): apa akun aku bisa kembali lgi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 07, 2020
      Kalau laporannya berasal dari pemilik akun sendiri sih seharusnya bisa diaktifkan lagi ya. Langsung telepon saja ke CS nya dan minta akunnya diaktifkan lagi.
  68. Hamba Allah
    Hamba Allah
    Rabu, Juni 03, 2020
    sudah balik akun saya mas Rindi hanya perlu menunggu sehari saja hehe
    1. Mj Lubis
      Mj Lubis
      Kamis, Juli 16, 2020
      Caranya bisa balik akunnya bagaimana?, email atau telpon, krn saya juga tiba tiba ter log out dari akun sophee saya, dan masih ada pesanan di terima oleh penjual dan saya masih mempunyai sophee pay, terimakasih
  69. Cischanira
    Cischanira
    Selasa, Juni 02, 2020
    Kalau akun saya kode f02 juga. Trus saya banyak pesenan di shopee.. tetep bisa sampe gak ya barangnya.. sebagian sudah dikurir. Yg 1 status terakhir menunggu pick up. Kira2 tetap di pick up gak ya sm kurir. N tetap bisa sampe gak ya?? 😭
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 03, 2020
      Kalau sudah menunggu pick up berarti seller sudah menyelesaikan kewajibannya, harusnya sih barang tetap dikirim ya sama pihak ekspedisinya. Ditunggu saja, sambil nunggu pesanan, baiknya segera diurus akunnya biar bisa digunakan lagi.
  70. Hamba Allah
    Hamba Allah
    Selasa, Juni 02, 2020
    makasih mas Rindi tulisannya bermanfaat sekali..
  71. Hamba Allah
    Hamba Allah
    Selasa, Juni 02, 2020
    gile rata-rata yang kena disini emulator semua ya semoga akun saya balik seperti semula seperti agan2 amin
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 03, 2020
      Aamiin.. Semoga cepat kembali lagi akun nya
  72. Isi nopita
    Isi nopita
    Senin, Juni 01, 2020
    Hari ini barusan saya dapat telfon dari nomer tidak dikenal mengatas namakan shopee,, dia berkata bahwa saya mendapatkan hadiah sebesar 1 juta karna sudah memakai shope pay sudah lama jadi akun shope saya kata dia bisa di dapatkan uang 1 jt,, dengan syarat tranfer 1 jt terlebih dahulu nanti di saldo shope pay saya akan ada 2 juta, jd saya isi saldo 1 juta ke shope pay melalui alfamart yaitu melalui kodenya nomer saya sendiri, dan setelah saya transaksi 1 juta ,shope saya tiba2 keblokir, kata dianya mohon di tunggu sebentar sedang dalam proses di betulkan kembali akun shope sayanya,, dan setelah itu saya suruh menunggu, tapi sampai sekarang saya harus mash menunggu,, mohon dari pihak shope apakah ini penipuan ?? Karna saya sudah transfer ke saldo saldo shope pay saya dengan kode nomer saya sendiri disuruh oangnya kaya gtu, tapi sampai saat ini belum kembali akun shope sayanya, dan kata dia disuruh menunggu 1 sampai 2 hari. Bagaimana ini apakah penipuan atau tidak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 01, 2020
      Kalau itu sepertinya jelas penipuan, kalau penelepon sudah minta dikirim uang/pulsa walaupun cuman 10ribu itu sudah tanda2 penipuan. Apalagi diminta 1 juta, lebih baik diabaikan saja atau dilaporkan.
  73. Anonim.
    Anonim.
    Minggu, Mei 31, 2020
    Kronologi kejadiannya. Tadi saya kan komen di ig shopee buat cek dm saya, terus muncul para 'admin shopee' nge dm saya, nanyain nomer hp karna katanya bakal dihubungin. Nah td saya dihubungin sama org yg katanya admin shopee tapi mencurigakan, td dia nanya2 ttg mbanking saya, sisa saldo saya sama nomer kartu bca saya. Terus dia nanya ttg kode otp yang masuk ke nomer saya. Di sms ada sih jgn ngasih kode otp ke tim shopee, tp Saya pikir mungkin di bbrp kondisi tertentu emg disuruh ngasih kode otp. Tp sy mulai curiga pas dia suruh saya topup saldo shopeepay saya. Terus pas saya cek shopeepay saya pin shopeepay saya udah keganti. Mau saya ganti tp gabisa. Terus saya lapor ke cs live shopee, katanya akun saya dibekukan sementara. Cuman yg saya takutin saya kan masih ada sisa saldo shopeepay yg jumlahnya cukup besar sama tagihan shopeepaylater. Itu dibekuinnya brp lama ya? Saya tkaut kalo yg tdnya dibekuin sementara malah jd dibekuin permanen dan saldonya ilang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 01, 2020
      Kalau CS nya bilang sementara berarti bisa dibalikin lagi. Untuk berapa lama nya saya tidak tahu, tapi menurut saya sih kalau sudah dibekukan lebih baik langsung hubungi saja CS shopee tapi via telepon dan minta akunnya diaktifkan kembali (siapatau bisa langsung aktif). Dengan via telepon, umumnya penanganan lebih cepat dan bisa bertanya secara langsung dan dijawab juga secara langsung. Kalau perlu ditulis dulu semua pertayaannya baru telepon. Jangan lupa siapkan identitas dan data akun shopee nya. Semoga cepat kembali akunnya!
  74. Wahyu hadi
    Wahyu hadi
    Sabtu, Mei 23, 2020
    Mas rindi

    Saya mau tanya saya mempunyai maslaah yang sama
    Tpi ini di link.
    Saya itu beli produk ke pnjual setelah pmbayaran selesai saya di whatapp pihak penjual saya di suruh buat masuk ke link/website di luar shopee

    https://shopeepay55.000webhostapp.com/Shopee/Pay


    Saya sudah melapor itu gara² penjual yh minta aku klik tautan link itu akhirnya pnyaku di kunci ini sudh email ke CS shopeenya.


    Apa saya juga perlu untuk telpon callcenter nya?. Biar dapet 2 tiket seperi anda

    Mohon balasan nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 23, 2020
      Umumnya sih cukup dengan email, tunggu balasan hingga batas waktu 3 hari sesuai estimasi. Tapi kalau ditambah telepon CS biasanya penanganannya lebih cepat. Kalau mas Wahyu ada budget buat telepon sih saya sarankan tambah dengan telepon ke CS.
  75. Unknown
    Unknown
    Kamis, Mei 21, 2020
    Assalamu'alaikum..
    Selamat malam bang Rindi, mhon maaf mengganggu.
    Saya mengalami hal yang sama, akun saya tiba - tiba logout dgn kode f02, seingat sy minggu2 ini sy batu ganti foto profil dan sampul, gantinya di hp, apakh itu juga terdeteksi sebagai pelanggaran?

    Dan kebetulan akun sy juga akun toko, saldo nya ada 3jt lbih yg blm ditarik.. apa masih bisa dikembalikan??

    Trmksih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 21, 2020
      kalau untuk alasan pastinya hanya pihak shopee yang tahu. Dicoba saja langkah - langkah yang saya tuliskan diatas, semoga saja itu kesalahan dari sistem shopee nya dan akunnya dapat segera dikembalikan.
  76. Unknown
    Unknown
    Rabu, Mei 20, 2020
    maaf saya mau bertanya saya udah hub lewat email tapi nggak di respon suruh nunggu 3 hari kerja pdhal udh 3 hari, dan saya mau tanya pas di twiter itu hub nya gmna ? telpon kah / chat ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 20, 2020
      Kalau sudah lewat masa estimasi disarankan langsung hubungi CS nya saja ya. Di twitter itu hubunginya via DM ya, seperti chat gitu. Kalau mau telepon bisa telepon ke 1500702
  77. Tampilkan selengkapnya
  78. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 18, 2020
    Ka akun saya juga gitu mana lagi pesa barang kira* tetap dikirim ga ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 18, 2020
      Kalau pesanan terkonfirmasi dan sudah dalam proses pengemasan seharusnya tetap dikirim ya. Ditunggu saja sesuai estimasi pengiriman biasanya.
  79. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Mei 16, 2020
    Gimana si caranya biar bisa langsung contact sama cs nya shopee, aku udh ngehubungin dr shopee cht, shopee telpon, tp slowrespon banget.
    Btw kalo akun shopee aku di hack sama orang, saldo shopee pay aku hilang sekitar 9 jutaan, kira kira dana trsbt bisa dikembalikan lagi ga ya?
    lalu pas aku buka shopee lagi, tbtb langsung keluar, dan masalahnya itu f02.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Mei 17, 2020
      Untuk panduan pilihan menu di telepon sudah di update di artikel ya, silahkan lihat kembali di bagian akhir tulisan. kalau saldonya masih ada di akun shopeePay, berarti masih bisa kembali ya uangnya, yang penting akun shopee nya bisa kembali dulu. Tapi kalau saldo nya sudah ditransfer ke rekening bank pribadi, sepertinya susah untuk bisa kembali lagi.
  80. antonius nico
    antonius nico
    Rabu, Mei 13, 2020
    mau tanya mass,kalau ada tunggakan di shope pay later trus akun shopenya dibanned apa bisa dibalikin ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 14, 2020
      Kalau unutk tunggakan yang gantung saya kurang tau, lebih baik langsung ditanyakan saja ke CS shopee nya biar jelas.
  81. Unknown
    Unknown
    Minggu, Mei 03, 2020
    Assalamualaikum mas. Saya juga mempunyai ma Salah yang sama. Namun awal masalahny itu Saya di telpon oleh orang yg mengakui Tim shopee katanya Saya mendapatkan hadiah 2 juta. Kemudian Saya mendapatkan sms kode otp. Kemudian Tanpa pikir panjang. Saya beri tahu kode tersebut karena ia minta. Kemudian Saya di suruh isi shopeepay 200rbu agar uang 2 juta masuk. Kemudian Saya isi. Selanjutnya Saya cek sales Saya d shopee pay tidak Ada. Yang ad transaksi game. Tidak lama kemudian akun Saya di non aktif kan. Saya baru sadar kalau saya sudah di tipu. Bagaimana solusinya. Apakah masih bisa shopee saya digunakan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Mei 03, 2020
      Waalaikumsalam.. Kalau sudah seperti itu lebih baik langsung hubungi CS shopee via telepon. Silahkan utarakan permasalahannya kepada CS dan minta saran/langkah agar akunnya bisa digunakan lagi. Semoga masalahnnya cepat terselesaikan..
    2. wowowowo
      wowowowo
      Jumat, September 18, 2020
      huaaa baruuu bgt sy jg gt td sore..skrg gelisahhh huhu
      blm prnah dgr da penipuan..merasa sgt bodoh bs prcayaaa
    3. Faisal
      Faisal
      Sabtu, Oktober 03, 2020
      Ane juga baru kena gan ... Cmn ane kgk langsung topup, ane langsung telpon cs buat minta nonaktifkan sementara akun ane
  82. Unknown
    Unknown
    Jumat, Mei 01, 2020
    Akun saya gagal log in terus mas, saya kira masalahnya gara* saya pakek 2 akun dalam 1 hp, Sampek 3 akun yg di pakek tetep gak bisa...malah akun yg terakhir itu akun yg baru di buat tapi malah jadi gagal log in f2.. ini gara* hp/emang dari pihak shopee ya mas??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 01, 2020
      Kalau sudah begitu ada kemungkinan perangkat yang digunakan (HP) sudah ditandai karena digunakan untuk membuka banyak akun.
  83. Unknown
    Unknown
    Kamis, April 30, 2020
    Kalau sudah f02 akun ditinjau karena alasan keamanan trus kita cuekin kira2 balik sendiri GK akunya ? Males bingit aku ngurusin.... Lah akun Iki aku buat khusus belanja kebutuhan dapur doang gara2 ke Superindo tiap hari bisa di blokir. Apessss
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 30, 2020
      Klo gak diurusin sih kemungkinan besar gak dibalikin ya, kecuali memang kesalahan berasal dari sistem shopee nya
  84. Unknown
    Unknown
    Kamis, April 30, 2020
    Kak kalo akun kita dinonaktifkan, apa pesanan kemarin yg masih dikemas akan dikirim?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 30, 2020
      Kalau untuk itu saya tidak tahu pasti ya, kalau penjualnya masih bisa lihat detail pesanan sih sepertinya tetap akan dikirim. Ditunggu saja 3-4 hari sesuai estimasi biasanya.
  85. Ikhsan
    Ikhsan
    Kamis, April 09, 2020
    Apa bisa gan kalo akun kita udah di bekukan f02, barang pesanan kita yg udah setengah perjalanan masih dampe kerumah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 09, 2020
      Kalau sudah diperjalanan biasanya tetep nyampe gan, karena sudah berada ditangan kurir. Kalau ada nomor resinya bisa di tracking saja di website ekspedisi.
  86. Novi Apriati
    Novi Apriati
    Selasa, April 07, 2020
    Mas barusan saya ngalamin
    Saya udah kirim email, nomor tiker juga udah keluar

    Langkah selanjutnya apa yang harus saya lakuin ? Mohon bantuannya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 07, 2020
      Sudah menghubungi call center shopee? kalau belum saya sarankan segera telepon ya biar cepat direspond email nya.
  87. Unknown
    Unknown
    Senin, Maret 30, 2020
    saya baru alamin hal ini...sampai saat ini masih proses verifikasi ulang semoga bisa ke buka kembali adasoalnya dana saldo 3,8jt di dalan akun
  88. Tampilkan selengkapnya
  89. Unknown
    Unknown
    Minggu, Maret 29, 2020
    malem mas rindis juga ngalamin hal serupa persis, trs minta tolong di IG shopeeId selalu dapat balasan beda2 orang, trs diminta huat ke Atm buat mengaktifkan kembaki akun shopee saya, apakah memang begitu mas ? makasiih sebelumnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 29, 2020
      Kalau tidak selesai satu kali chating saya sarankan sih ditelpon saja ke CS nya, walaupun keluar pulsa, menurut saya itu paling efektif.
  90. hary
    hary
    Jumat, Maret 27, 2020
    mas mau tanya, akun sya sedang di tinjau hari ini 27 maret, dikarenakan ada aktifitas pelanggaran.
    kira2 tinjauanya berapa lama ya, dan kalo dihapus permanen, apakah saldo dan shopeepay juga kehapus?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 28, 2020
      Biasanya sih dikasih tahu estimasi waktunya, tp ambil saja 3 hari kerja. Klo dihapus permanen sepertinya saldo shopeePay juga hangus.
    2. Sukmanudin 20804244020
      Sukmanudin 20804244020
      Senin, Maret 30, 2020
      Kalau boleh tau pelanggaran yg pernah dialamin sebelum akunnya ditinjau apa ya mas?
  91. ucink_cmoyz
    ucink_cmoyz
    Senin, Maret 09, 2020
    sama gan baru kejadian kemarin, niat beli HP tapi HP lama dah ke jual, pke webnya d google tp ga bs pke vocher cashback jdnya pke emulator, pas cashout langsung logout sendiri, terus g bs login malah muncul " Akun sedang ditinjau karena alasan keamanan atau karena ada aktivitas yang melanggar Peraturan Komunitas Shopee" mana duit buat beli HP dah msk shopeepay tambah saldo dari jual HP blom ditarik, tambah koin dah 125rb auto paniklah, nah gan kalo akun dipulihkan saldo2 aman ga?, terus akun Toko gmn tuh yg udh dpt review bagus dr pembeli ikut kereset g?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Maret 09, 2020
      Pas akun saya sih aman semua mas, produk toko tidak ada yang hilang, review juga aman semua. Saldo juga aman, tidak ada yang berubah. Semoga cepat kembali mas akunnya!
    2. Kokotak
      Kokotak
      Senin, Maret 09, 2020
      Hi Mas, aku coba bantu pengalamanku kemarin barusan ya, Masalah kita semua sama dan Akun saya BERHASIL KEMBALI dengan SELAMAT, total waktu saya cuma 3 hari, 2 hari untuk nunggu, 1 hari pemulihan tapi sebenarnya 2 hari doang sih, begitu saya nerima email dari CS kalo akun saya akan dikembaliin saya langsung login karna seneng dan berhasil, semuanya normal saja dan saldo ShopeePay ngga berkurang.
    3. Kokotak
      Kokotak
      Senin, Maret 09, 2020
      Langkah saya : tentu ngikutin yang ditulis mas Rindi dan bener2 ngebantu banget, Makasih banyak Mas Rindi, Sehat selalu!.
      Akun saya mungkin berbeda dengan mas2.
      - Saya akun pembeli biasa tanpa punya store
      - Saya lagi pesen barang ketika akun dibekukan selama 3 hari, tapi barang tetap sampai kok
      - Saya nggak punya pulsa untuk ngubungin CS Shopee jadi saya akalin untuk cari kontak medsos shopee dan ternyata aktif banget adminnya juga fast respon, ini twitter nya

      === https://twitter.com/ShopeeCare ===

      Nah, agan coba buat thread disitu tapi sebelumnya buat dulu laporan seperti yang Mas rindi jelasin diatas lewat email, setelah itu lampirin tiket permasalahan dan jelasin masalah kamu di threadnya. Next tunggu aja paling cuma 1 jam udh dibalas sama adminnya trus kamu dikasih tiket yang baru sama mereka,( jadi kita punya 2 tiket berbeda dengan masalah yang sama tapi ini gapapa kok ). Next tunggu email masuk yang minta verfikasi data kayak KTP, Nomor NIk, dsb.. (ini yang makan waktu paling lama gw) kalo semua berkas yang diminta udh dikirim agan tingal duduk tenang minum kopi, besoknya mungkin dikasih email keputusan akun mas dibalikin atau nggak. tapi biasanya pasti dibalikin karna kita dikasih peringatan doang sebenernya hehehe.. Mungkin pengalaman saya juga bisa membantu untuk temen2 di masa depan yang bakal datang ke blog ini juga wkwkkwk

      *Cari gratis ongkir adalah jalan ninjaku, barang murah adalah prioritasku. Salam anak kost
  92. gambaraja
    gambaraja
    Rabu, Februari 19, 2020
    waah sama persis barusan sy checkout pake NOX emulator eh langsung gagal login f02, browsing google eh ketemu blog ini.
    jd lega.. mdh2an 3 hari kedepan akun sy bs aktif lg
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Februari 20, 2020
      Yup! mudah - mudahan akunnya segera kembali mas. Kedepannya kita harus lebih hati - hati lagi
    2. Kokotak
      Kokotak
      Sabtu, Februari 29, 2020
      Gimana mas? sekarang akunnya udh balik belum?
  93. Ayik Priantoro
    Ayik Priantoro
    Jumat, Februari 14, 2020
    Mas Rindi, kira2 saya perlu gak menjelaskan ke CS via email kalau sudah login shopee pake Bluestack trus melakukan checkout beli barang ? (soalnya gara2 itu sih tadi kejadiananya... tiba2 logout sendiri trus mau login muncul tulisan F02 bla..bla... persis kejadiannya seperti anda) Saya udah telp Call Center juga td, waduuuuh pusing mas... mana akun dipake jualan juga
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 14, 2020
      klo perlu nggak nya sih saya juga kurang tahu mas. Tp Sebenarnya sih tanpa perlu dijelaskan pun sistem shopee udah bisa detect kalau mas nya pake emulator (bakalan otomatis tertulis di judul email dari shopee). hehe

      Gimana enak nya masnya aja, kalau saya sih kemarin nggak sampai detail seperti itu. Isi email saya ke CS shopee benar - benar seperti gambar diatas itu.. ga ada yang dikurangi atau ditambahkan. Semoga cepat kembali mas akunnya!
  94. Selvia
    Selvia
    Selasa, Januari 28, 2020
    saya baru saja juga diblokir. kalau login persis keterngan nya seperti itu gagal f02 ? apakah bisa dipulihkan kembali, padahal emng melakukan kesalahan seperti login 1 akun lainnya tpi di hp yg sama ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 28, 2020
      Dicoba saja mengikuti langkah yang telah saya lakukan diatas, biasanya kalau untuk kesalahan pertama masih bisa diusahakan (kecuali kesalahan berat yang menimbulkan kerugian). Apalagi karena tidak sengaja atau tidak tahu seperti itu, dicoba saja. Semoga berhasil!
  95. bebekjkt
    bebekjkt
    Selasa, Januari 14, 2020
    Halo Mas Rindi, kebetulan saya sedang ngalamin kasus yg sama nih dengan kamu, diblokir, tapi ngga disebutin kenapa. Sebelumnya saya memang pakai emulator juga untuk akses shopee, karena android di hp saya masih yg lama dan susah akses bbrp fitur di shopee (tampilan di android lama jd error/rusak). Jadi apa memang kita ngga dibolehin ya pakai emulator di pc untuk akses shopee ? Aku masih ngga nemu poin itu di syarat ketentuannya. Thanks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 14, 2020
      Kalau dari pengalaman saya sih tidak ada masalah untuk sekedar login dan melihat - lihat. Tapi jangan sekali - kali melakukan perubahan pada akun atau transaksi apapun dari emulator karena akan dianggap mengakali sistem (abusive). Yang pasti kita harus terus update peraturan biar pake nya juga tenang. hehe
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!