Beranda
Shopee
Toko Online
Tutorial
Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen

Berikut ini adalah cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen. Dengan tulisan ini saya akan membagikan pengalaman pribadi mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen. Setiap kasus memang berbeda tetapi mudah - mudahan tulisan ini bermanfaat.

Sebelumnya saya sarankan untuk membaca artikel atau tulisan ini pelan - pelan agar lebih memahami situasi dan mudah - mudahan bagi anda yang juga mengalami hal seperti ini segera terselesaikan masalahnya.

Gagal Login (F02): Upaya untuk login telah ditolak karena terdeteksi adanya kejanggalan pada aktivitas akun Anda. Pastikan bahwa Anda telah mematuhi kebijakan Shopee.

Apakah anda mendapatkan pemberitahuan seperti diatas? atau pemberitahuan lain yang serupa dengan itu? lalu bagaimana cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen seperti ini?

Baca juga: Hati - hati! Ada Halaman Promo Flash Sale Shopee Palsu

Pengertian akun Shopee dinonaktifkan

Banyak yang masih beranggapan bahwa akun dinonaktifkan itu sama dengan dihapus, pemahaman tersebut tidak benar ya. Sederhanyanya, yang dimaksud dinonaktifkan adalah pihak operator (shopee) menutup akses pemilik akun (anda) untuk mengakses akunnya yang ada di sistem shopee.

Jadi ibaratnya anda punya rumah dan pihak shopee menutup satu - satunya jalan menuju rumah tersebut, sehingga anda (atau orang lain) tidak dapat masuk ke rumah tersebut. Jadi ketika jalan tersebut ditutup bukan berarti rumahnya dihancurkan, rumahnya tetap ada sebagaimana mestinya, tidak ada yang dirubah dari tampilan maupun isinya. Namun hanya akses jalannya saja yang ditutup oleh shopee demi keamanan.

Jadi jika nantinya shopee mengaktifkan kembali akun anda, isinya akan sama persis seperti terakhir kali diakses. Dari mulai saldo shopeePay, daftar transaksi, umur akun, dll, tidak akan ada yang dihapus atau dirubah oleh sistem shopee.

Saya harap dari ilustrasi diatas anda paham bagaimana keadaan atau kondisi saat akun anda dinonaktifkan. Jadi, dinonaktifkan itu bukan dihapus ya, tetapi hanya aksesnya saja yang ditutup oleh pihak shopee.

Penyebab akun dinonaktifkan

Bagi anda sering membuka shopee melalui komputer pasti anda menyadari di akun pembeli kita tidak dapat melihat daftar Barang Favorit (wishlist) seperti yang ada didalam aplikasi smartphone.

Yup! Karena saya lebih sering membuka shopee melalui komputer jadinya saya agak kesulitan jika ingin melihat daftar barang atau produk yang telah saya tandai (sukai).

Dan akhirnya saya menemukan cara untuk dapat melihatnya dari komputer yaitu menggunakan aplikasi emulator/simulator, yang sering digunakan oleh para gamer untuk bermain game smartphone di PC atau komputer.

Sebenarnya tidak ada masalah saat saya membuka akun melalui emulator dan melihat daftar wishlist (barang favorit). Namun satu waktu saya terburu - buru harus melakukan transaksi, akhirnya saya mencoba melakukan transaksi melalui emulator.

Di langkah terakhir proses tersebut tiba - tiba saya mendapat notifikasi bahwa akun Shopee dinonaktifkan permanen dan seketika itu juga sistem melakukan logout dan saya tidak dapat mengakses lagi. Dicoba login kembali namun notifikasi yang sama selalu muncul dan login selalu gagal.

Baca juga: Cara Aman Buka Halaman Wishlist Shopee di PC

Pedoman komunitas

Nah, contoh kasus saya diatas sepertinya bisa dijadikan pelajaran, apakah kesalahan yang kita lakukan dapat 'dimaafkan' atau memang benar - benar telah melanggar peraturan keamanan dari sistem shopee yang berlaku.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pedoman komunitas atau syarat layanan shopee dapat anda baca di halaman berikut ini: https://shopee.co.id/docs/3001

Pada saat itu, saya bingung dan juga panik karena selain sebagai pembeli saya juga sebagai penjual di Shopee. Kesana - kemari mencari tahu cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen. Beberapa diantaranya juga ada masih belum ada kejelasan, semakin membuat saya panik.

Jadi, jika anda belum pernah membaca pedoman komunitas di shopee baik sebagai penjual dan pembeli lebih baik anda segera membacanya. Takutnya kita melakukan sesuatu yang dianggap biasa ternyata hal tersebut dilarang.

Karena banyak juga yang mengeluh bahwa akun mereka tiba - tiba dinonaktifkan tanpa mengetahui alasannya. Hal ini bisa disebabkan karena belum membaca atau mempelajari pedoman komunitas dengan lengkap.

Dokumen pendukung

Sebelum kita ke langkah - langkah atau tutorial, silahkan siapkan beberapa data atau dokumen dibawah ini, untuk persiapan jika nanti diminta oleh CS atau tim support dari Shopee

  • Nama pemilik akun shopee (atau username)
  • Email yang terdaftar untuk akun tersebut
  • Nomor telepon yang terdaftar untuk akun tersebut
  • Foto KTP asli dan jelas (tidak buram)
  • Nomor NIK yang ada di KTP
  • Bukti tangkapan layar (screenshot) saat login dan notifikasi error muncul

Pada kasus ini saya diminta untuk memberikan data - data diatas yang dikirim melalui email dan telepon (akan dijelaskan dibawah). Beda kasus mungkin beda permintaan, namun yang pasti CS atau tim Shopee tidak akan meminta password akun shopee anda. Dan jangan pernah memberitahukan password anda kepada siapapun, termasuk petugas dari shopee.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen

Untuk mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen, saya lakukan dua cara. Pertama yaitu mengirim email ke bagian support mengenai kendala login ini. Kedua yaitu menghubungi Call Center atau customer service representatif shopee. Dibawah ini adalah cara mengirim email ke tim support shopee.

  1. Buat pesan /email baru (Sangat disarankan menggunakan email yang terdaftar di akun shopee anda)
  2. masukan email tujuan yaitu tim support Shopee berikut ini: support@shopee.co.id atau help@support.shopee.co.id
  3. Isi judul (subjek) dengan jelas dan tidak terlalu panjang. Saya menggunakan subjek ini: "TIDAK BISA LOGIN" silahkan boleh ditiru, atau buat judul anda sendiri seperti: "MASALAH AKUN DINONAKTIFKAN" atau kata - kata lain yang serupa. Yang penting tidak keluar dari pembahasan agar mudah diidentifikasi oleh tim support.
  4. Pada isi pesan silahkan jabarkan permasalahan yang anda alami, lengkap dengan data akun anda (kecuali password) agar tim support lebih mudah menemukan akun anda yang bermasalah.
  5. Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
    Gambar diatas adalah isi email yang dikirim ke tim support shopee
  6. Lampirkan screenshot atau tangkapan layar saat notifikasi error muncul saat anda mencoba melakukan login
  7. Periksa kembali tulisan dan data - data yang anda akan kirim.
  8. Silahkan >kirim. Pastikan email terkirim dengan melihat di daftar pesan terkirim (Sent)
  9. Selesai. Beberapa menit kemudian biasanya anda akan menerima balasan berupa konfirmasi penerimaan pesan dan juga nomor tiket permintaan yang terhubung dengan pertanyaan atau permintaan anda.

Didalam email balasan juga biasanya disebutkan waktu yang dibutuhkan oleh tim shopee untuk membalas pesan anda (biasanya 3 hari kerja). Email balasan pertama ini bersifat pemberitahuan saja dan biasanya dikirim otomatis oleh sistem, tidak perlu dibalas.

Jika ada email balasan lagi dari tim shopee silahkan ikuti arahan dan permintaan dari tim support shopee tersebut. Baca juga: Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

Menghubungi Call Center Shopee

Setelah satu hari email dikirim dan belum juga mendapatkan balasan akhirnya saya berinisiatif untuk menghubungi call center shopee di nomor 1500-702. Setelah beberapa kali salah memilih menu, akhirnya dapat berbicara langsung dengan customer service representatifnya. Dalam waktu ini juga saya tidak dapat melakukan transaksi karena akun shopee dinonaktifkan permanen.

Biaya melakukan telepon ke call center shopee lumayan mahal (jika dibandingkan telepon biasa), pada pengalaman saya ini menghabiskan sekitar 10 - 15 ribu rupiah untuk satu kali telepon dan itu juga untuk waktu yang singkat, siapkan saja minimal 20 ribu agar tidak terputus ditengah pembicaraan. Untungnya saya hanya memerlukan satu kali telepon saat itu.

Setelah obrolan pembukaan, saya langsung mengutarakan permasalahan bahwa akun saya tidak dapat diakses dan ketika melakukan login mendapat notifikasi bahwa akun saya dinonaktifkan. Selanjutnya saya bertanya "apa yang harus saya lakukan agar bisa login lagi?"

Jika sedang tidak ada pulsa, anda bisa mengakalinya dengan menghubungi customer care shopee via sosial media ke akun twitter @ShopeeCare. Cara ini telah dipraktekan oleh salah satu pembaca rinditech.com. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan baca di bagian komentar dibawah dari @Kokotak.

Singkatnya CSR (customer service representative) Shopee tersebut bertanya hal - hal dibawah ini:

  • Disini bapak/ibu sebagai penjual atau pembeli?
  • Siapa nama pemilik (atau username) akun tersebut?
  • Berapa nomor telepon yang terdaftar di akun tersebut?
  • Apa alamat email yang terhubung dengan akun tersebut?
  • Sebutkan atau bacakan tulisan yang muncul di notifikasi gagal login tersebut
  • *dan pertanyaan - pertanyaan singkat lainnya mengenai akun yang bermasalah

Setelah saya memberikan informasi - informasi yang diminta, CS Shopee meminta waktu untuk melakukan proses dan kemudian memberitahu bahwa dia telah mengirim email terkait permasalahan saya.

CS tersebut meminta saya untuk menunggu balasan email selanjutnya dari tim shopee yang mengurusi permasalahan ini. CS shopee juga menyebutkan waktu respon paling cepat adalah 1x24jam (1 hari) dan maksimal itu 3 hari kerja.

Saya jadi memiliki 2 nomor antrian tiket yang berbeda untuk permasalahan yang sama. Nomor tiket pertama saya dapatkan dari email yang saya kirim langsung ke bagian support. nomor tiket kedua saya dapatkan setelah melakukan panggilan telepon ke Call Center Shopee (1500-702).

Hati - hati! Harus tetap waspada di sosial media Shopee

Jika anda memilih untuk menghubungi CS Shopee via sosial media, tetap harus perhatikan keamanan data anda. Berikan data - data akun anda ke CS Shopee hanya di DM /Message, jangan di tweet atau reply yang bisa dilihat oleh orang lain.

Sepertinya banyak juga para penipu yang memantau setiap percakapan di sosial media, jadi jika anda memberikan nomor HP di tweet atau reply, bisa jadi yang menghubungi anda duluan adalah penipu, bukan CS resmi.

Dan setahu saya, perusahaan - perusahaan seperti shopee sangat jarang menelepon pengguna, kecuali memang sangat penting. Kalaupun ada yang menang undian atau hadiah, biasanya diberitahu langsung di aplikasi, bukan di telepon.

Saran saya, pertama silahkan kirim dulu DM /pesan tentang permasalahan anda ke akun sosmed shopee, selanjutnya baru tweet atau mention akun shopee dan beritahu bahwa anda telah mengirim DM dan minta tolong segera direspon. Contohnya seperti ini:

"min, saya barusan kirim DM, tolong segera dibalas ya. Terimakasih"

Jadi di tweet publik anda hanya memberitahu bahwa anda telah mengirim DM ke akun shopee, isi DM dan data akun tidak disebutkan. Jadi orang lain yang melihat mention/tweet anda pun tidak memiliki petunjuk apapun tentang apa permasalahan anda, apalagi data pribadi anda.

Follow up dari tim Shopee

Satu hari setelah saya menerima email dari CS shopee, saya mendapat email lanjutan dari CS shopee namun beda orang. Pada email lanjutan tersebut saya diminta data - data dibawah ini:

  1. Nama pemilik akun Shopee
  2. Foto KTP asli dan jelas (tidak buram)
  3. Nomor KTP (NIK)
  4. Bukti tangkapan layar mengenai kendala yang kamu alami (Notifikasi pada aplikasi Shopee)

Satu hari kemudian saya mendapat balasan ke email dengan nomor antrian tiket yang pertama. Dalam balasan tersebut saya diberitahu bahwa akun saya akan diaktifkan kembali setelah 1x24. Hari berikutnya saya coba login dan berhasil, akun saya kembali aktif dan dapat digunakan seperti biasa.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Balasan terakhir dari tim Shopee

Semua data terkait transaksi, shopeePay, toko online, dll masih ada dan dapat diakses seperti biasa. Tidak ada data yang hilang atau kembali menjadi kosong. Saldo ShopeePay pun tidak berkurang dan bisa langsung digunakan untuk bertrasaksi di hari yang sama.

Jika anda ingin melihat penjelasan dengan audi dan visual silahkan putar video acara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen di youtube. Jika anda ingin terus mengikuti tutorial di versi tulisan silahkan lewati saja video nya dan lanjutkan membaca.

Baca juga: Cara Login Shopee Tanpa OTP ke Nomor HP

Copy Paste?

Apakah boleh mengirim email yang isinya sama dengan yang saya kirim diatas? Silahkan saja dan tidak ada yang melarang juga. Namun ada baiknya jika anda tidak sepenuhnya menggunakan kata - kata yang sama. Akan lebih baik disesuaikan dengan permasalahan yang anda hadapi.

Kalau satu atau dua orang menggunakan kata - kata yang sama sepertinya tidak ada masalah, namun jika sudah terlalu banyak yang menggunakan ditakutkan malah dicurigai oleh tim shopee nya. Yang penting anda dapat memberikan data - data yang diminta untuk verifikasi.

Panduan Telepon Call Center Shopee

Jika anda masih bingung dalam memilih menu saat telepon ke pusat bantuan, silahkan bisa dicoba langkah - langkah dibawah ini.

Pilihan pertama silahkan pilih menu mengenai produk shopee

  1. Telpon 1500-702
  2. Tekan 1 (sebagai pembeli) atau Tekan 2 (Sebagai penjual) | Sesuaikan dengan akun anda
  3. Tekan 1 (Informasi mengenai Shopee)
  4. Tekan 1 (Perubahan Data Akun)
  5. Tekan 0 (Terhubung ke Customer Service Shopee)

Terakhir saya coba di bulan Maret, 2021 langkah diatas masih bisa digunakan ya. Jika langkah diatas sudah tidak bisa digunakan, berarti pihak shopee sudah merubah posisi menu pusat bantuan. Mohon diinformasikan jika sudah tidak bisa digunakan.

Shopee PayLater

Informasi terbaru yang saya dapatkan, beberapa akun yang sekarang tidak bisa login atau dibatasi aksesnya juga bisa karena transaksi Shopee PayLater. Bukan karena menggunakannya tentunya, melainkan yang menggunakannya tapi tidak bayar tepat waktu.

Fasilitas shopeePay later memang sangat menggiurkan, tetapi jika anda tidak mempunyai manajemen keuangan pribadi yang baik, sebaiknya hindari penggunaan fasilitas Shopee PayLater. Alih - alih anda mendapatkan barang dengan cara dicicili, bisa jadi anda nantinya kerepotan dalam membayar tagihan.

Q&A: Pertanyaan yang sering dibahas tentang akun shopee

Q: Gan, gw beneran degdegan nih sampe sekarang, tiba - tiba ada pemberitahuan "akun anda dinonaktifkan" kira - kira akunnya bisa balik lagi gak ya?

A: Tenang gan, gw juga sama waktu pertama kali dapat pemberitahuan itu, gak tahu mesti ngapain. Tapi setelah nyari info kesana - kemari ternyata banyak juga yang senasip. Kalau kayak kita - kita nih yang memang gak ada niatan jahat untuk mencari keuntungan (mempermainkan sistem), harusnya sih bisa ya balik lagi. Apalagi kalau ini kejadian pertama seumur-umur punya akun shopee. Yang dua kali aja bisa dikembalikan, apalagi kita - kita yang baru pertama kali, peluangnya pastinya lebih besar untuk balik lagi akunnya. Yang penting segera diurus proses re-aktivasi nya ya, contohnya seperti langkah saya diatas.

Q: Bro, akun gw juga barusan dinonaktifkan katanya karena penggunaan yang tidak wajar... duhh males nih bro ngurusin yang gitu - gituan, ribet dehh urusan akun doang... kalau didiemin kira - kira akunnya bakal balik lagi gak ya, otomatis balik gitu setelah beberapa hari didiemin?

A: Brother, yang diurusin aja ada yang gak bisa balik lagi akunnya.. apalagi gak diurusin, semakin gelap itu nasib akunnya... Tapi itu terserah masing - masing ya, kalau akunnya mau diikhlaskan juga ga ada masalah kalau buat saya... hehe

Q: Terus untuk saldo ShopeePay dan cicilan di Shopee PayLater balik lagi gak ya??

A: Sepengalaman saya dan teman - teman yang lain (yang komen dibawah) semua saldo dan data lainnya, termasuk poin loyalti sebagai penjual tidak ada yang berubah, semuanya kembali seperti sebelum dinonaktifkan.

Q: Saya masih ada tagihan Shopee PayLater, apakah harus tetap dibayar?

A: Tetap harus dibayar. Bagaimanapun juga barang/produk yang anda beli sudah berada ditangan anda namun belum lunas, jadi anda tetap dianggap memiliki hutang kepada pihak Shopee. Cara bayarnya silahkan langsung hubungi CS Shopee dan minta prosedur cara bayarnya ketika akun kita masih dikunci.

Q: Kak, saya kan sudah order barang, terus statusnya sudah "sedang dikemas" itu bakal tetep dikirim gak ya sama penjual nya?

A: Sesuai pengalaman teman - teman yang lain (yang komen dibawah) barang yang sudah jadi invoice (berhasil dibayar) atau selesai dipesan umumnya tetap akan dikirim sama penjual. Ditunggu saja sesuai estimasi barang sampai seperti biasa. Kecuali memang pesananmu benar - benar mencurigakan dan tidak wajar, mungkin pihak shopee juga akan intervensi ya. Tetapi umumnya akan tetap dikirim, apalagi kalau statusnya sudah masuk pihak ekspedisi, pasti dikirim.

Q: Gan, saya kan sebagai penjual nih.. terus ada pembeli yang bilang bahwa akunnya baru saja dinonaktifkan tetapi sudah terlanjur pesan. Kira - kira barangnya dikirim jangan ya???

A: Jawaban singkat saya, tetap kirim. Kenapa? Selama tidak ada notifikasi atau pemberitahuan resmi dari pihak/sistem shopee tentang permasalahan akun pembeli, berarti anda tetap berkewajiban untuk memenuhi pesanan yang sudah masuk. Uang pembelian pun pada saat itu sudah berpindah dari akun pembeli ke akun shopee (sebelum akun dinonaktifkan), jadi bukan termasuk dana yang dibekukan. Tapi kalau masih ragu, langsung aja kontak CS shopee nya dari akun penjual.

Q: Kak, saya sebelumnya ditelpon katanya dari Shopee saya menang hadiah uang tunai tapi harus top up shopee pay dulu. Terus habis itu saya ditanya2 data akun shopee saya dan disuruh nyebutin kode verifikasi yang dikirim ke HP, ehh tiba - tiba akun saya ke blok, sekarang gak bisa login.. gmn dong kak? apakah akun saya sudah diambil alih?

A: Itu jelas penipuan ya... kedepannya harus lebih hati - hati lagi, jangan mudah tergiur sama hadiah - hadiah gitu. Pihak Shopee TIDAK DIPERBOLEHKAN meminta data rahasia seperti password dan kode verifikasi atau OTP. Apakah dana saldo di shopeePay nya sudah diambil oleh penipu? Saya tidak tahu. Apakah akunnya sudah diambil alih oleh penipu? saya juga tidak tahu. Yang sebaiknya dilakukan sekarang adalah segera kirim email dan juga telepon (sangat disarankan untuk segera telepon CS shopee) dan sampaikan kronologinya dengan jelas agar segera ditangani oleh pihak shopeenya, mudah - mudahan saldo nya masih ada ya.

Q: Gan, kok gak boleh sih pake emulator? Kan kita gak ngelakuin sesuatu yang ilegal walaupun pake emulator

A: Kalau untuk boleh gak boleh itu juga saya kurang tau, yang jelas akun saya di blok/nonaktif karena checkout (transaksi) menggunakan emulator. Dan di email konfirmasi juga tertulis jelas alasannya karena "use of emulator/simulator", tanpa saja beritahu mereka saya menggunakan emulator.

Q: Kalau di blok nya pas saat transaksi, berarti boleh dong pake emulator klo cuman buat liat - liat doang? yang penting gak transaksi gitu..

A: Teknisnya memang seperti itu, untuk login dan nyari-nyari barang aja gak ada masalah. Tetapi saya bukan pembuat peraturan di shopee, siapatau besok atau hari ini mereka membuat kebijakan baru bahwa yang login shopee di emulator langsung di blok, atau apalah yang memperketat penggunaan emulator. Jadi lebih baik hindari deh pake emulator walaupun cuman buat liat - liat barang doang. Kalau mau liat halaman barang yang sudah dikasih love/ditandai (favorite/wishlist) masih bisa kok di PC, caranya ada di website ini, di atas (ditengah artikel) juga sudah saya simpan linknya.

Q: Mas, saya juga kan sebagai penjual ya di shopee, terus toko saya sudah star seller lagi, itu bakalan balik lagi gak ya mas? Susah loh mas jadi star seller di shopee..

A: Saya juga sebagai penjual di shopee, walaupun belum star seller..hehe.., tapi semuanya balik lagi kok, semua bintang tetap ada, reputasi tetap segitu, data semua transaksi tetap ada dan saldo penjualanpun tidak hilang, semuanya balik lagi..

Q: Bang, saya dikasih peringatan katanya saya terlalu banyak transaksi menggunakan cashback, lah itu kan saya pakainya juga sesuai aturan bang, jadi hak saya dong mau dipake berapapun dan kapanpun?

A: iya.. iya.. sabar... Saya juga pengguna cashback sejati kok, lumayan bisa irit - irit. Tapi balik lagi, saya bukan orang shopee, saya juga pengguna layanannya seperti kamu. Jadi kalau misalnya kamu dikasih tau gitu ya tinggal di manage aja penggunaan cashback/poin nya.. Sekali - kali bayarnya pake cara lain lah, diselang gitu, jangan terus - terusan pake cashback/poin.

Q: Kak, saya sudah kirim email tapi kok gak dibales - bales ya... jadi tambah galau nih..

A: Biasanya di pesan konfirmasi tertulis estimasi kapan email akan dibalas (biasanya ditulis 1-3 hari kerja), tetapi itu juga estimasi. Jadi kalau masih satu haru ya sabar aja ditunggu sampai 3 hari. Dan seperti saran saya diatas, kalau bisa lakukan double-action... kalau sudah email, jangan nunggu balesan dulu, langsung telepon saja CS nya, jadi keliatan tuh kan kita ngebet banget pengen akunnya balik lagi.. kalau ngandelin email pastinya lama dan bayangin aja, dari jutaan pengguna shopee setiap harinya, pastinya ada juga banyak pengguna yang bermasalah, nahh masalah kita tuh istilahnya 'nyempil' didalam tumpukan masalah tersebut, jadi ya kitanya yang harus pro-aktif biar di prioritaskan..

Untuk pertanyaan - pertanyaan terbaru dan penjelasan yang lebih banyak lagi, bisa dilihat langsung aja dibagian kolom komentar ya.. semoga membantu!

Semoga tulisan mengenai cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen ini dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan simpan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

217 komentar

  1. Andi kaffy
    Andi kaffy
    Selasa, Maret 22, 2022
    Kak mau nanya. Kan akun saya juga di blokir permanen. Sementara itu syaa punya tagihan paylettter. Itu bagai mana yaa apakah nggak bisa di bayar lagi atau bagai mana kak.
  2. zah_fizah29
    zah_fizah29
    Minggu, Januari 30, 2022
    Kak mau tanya. Klo misalnya akun kita di bekukan. Akan tetapi ketika kita sudah isi link gitu, terdapat tuliaan akun tidak biaa di pulihkan kembali..

    Apakah masih bisa mengubungu Cs melalui gmail yg lain. Untuk mengaktifkan akun yg kita punya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 30, 2022
      Isi link gimana maksudnya?
  3. Amelia
    Amelia
    Kamis, Januari 20, 2022
    Bang mau nnya sebenernya udh kejawab sama prtnyaan² di atas cuman bedanya saya itu COD bang itu gmana ya itu seller nya mau kirim ga ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 20, 2022
      Sebenarnya sih gak masalah pakai COD juga karena kan nantinya kamu juga akan tetap bayar kalau barangnya sudah sampai. Ditunggu saja seperti biasanya, misalkan biasanya barang datang rata2 3 hari, ya ditunggu saja 1 minggu, kalau barangnya gak datang berarti memang gak dikirim sama seller.
  4. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Januari 01, 2022
    Saya sudah 11 hari nunggu masih belum di buka mas, suruh nunggu terus email dan tlp sudah saya lakukan, gara gara orang salah transfer shopee pay, akun dia sudah ke buka sedangkan saya masih di blokir
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 02, 2022
      Kalau sudah gitu sih mau gak mau kita yang harus aktif follow-up. Semua keputusan ada di mereka, kita hanya bisa melakukan pengajuan.
  5. Anis
    Anis
    Senin, Desember 13, 2021
    Hallo ka. Akun saya dibatasi. Katanya dlm 30hari akan ditutup. Setalah hbg cs, katanya akunnya ga bisa balik lagi.kira² masih ada jalan ga ya ka
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 14, 2021
      Sepertinya sudah tidak bisa, kalau oleh pihak shopee sudah ditinjau berarti itu sudah final keputusannya.
  6. Anonim
    Anonim
    Kamis, November 04, 2021
    hmm, beragam ya masalahnya, kalo ane lebih ke kurang ajar sih. baru mau coba² ganti platform ke Shopee, baru daftar ga bisa langsung checkout barang, ditunggu.. besoknya udah bisa dan langsung coba aktifkan ShopeePay sekalian di-upgrade bisa dan klaim bonus akun baru, pas mau belanja malah gagal checkout dan langsung otomatis logout, coba login ulang ada tulisan (F02) itu, karena cemas langsung ane cari artikelnya dan langsung buat pengajuan pengaktifan, nunggu total 3 hari dan "katanya" udah normal lagi, pas dicoba login malah perangkat ane kena blokir karena dikatakan melanggar peraturan komunitas, ga bisa login akun manapun sama sekali, mau gamau mengajukan permintaan aktivasi lagi dan mesti nunggu lagi sampe sekarang. padahal ga ada yang aneh² sama sekali, pake android biasa juga, dan ada saldonya juga itu ShopeePay belum kepake sama sekali
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!