Beranda
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Mengecilkan Ukuran Foto Jadi Dibawah 200 Kb
Cara Mengecilkan Ukuran Foto Jadi Dibawah 200 Kb

Berikut ini adalah cara mengecilkan ukuran foto jadi dibawah 200 kb. Anda sedang mencari bagaimana cara kompres foto atau cara memperkecil ukuran foto dari yang asalanya mempunyai ukuran diatas 1 MB diperkecil menjadi dibawah 200 Kb.

Cara mengubah ukuran foto ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mengirim foto atau upload foto sebagai dokumen di website yang diinginkan seperti untuk melamar kejar atau melamar jadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang sedang ramai di tahun 2021 - 2022 ini.

Baik CPNS Kementerian ataupun CPNS Pemerintah Daerah biasanya menggunakan standar atau peraturan yang sama untuk hal - hal yang umum termasuk ukuran file foto untuk melamar jd CPNS ini.

Cara compress foto atau cara mengecilkan ukuran foto jpg (jpeg) atau png ini mempunyai berbagai macam pilihan cara, dan anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Anda dapat mengecilkan ukuran foto dengan cara Online maupun Offline.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto (via Pic Resize)

  1. Buka halaman Pic Resize di link berikut ini: https://picresize.com/id (bahasa Indonesia)
  2. Setelah halaman Pic Resize terbuka silahkan klik tombol >CARI GAMBAR (Browse Picture) untuk memilih gambar atau foto yang ingin diperkecil ukurannya. (Anda juga dapat melakukan klik atau drag - drop file yang ingin di kompres kedalam kotak yang bertuliskan "Drag and drop a file here or click".
  3. Setelah file terpilih silahkan klik tombol  >LANJUT UNTUK MENGEDIT GAMBAR (Continue to edit picture)Cara Mengecilkan Ukuran Foto Jadi Dibawah 200 Kb
  4. Pada halaman edit picture ada banyak pilihan dalam cara mengecilkan ukuran foto, untuk mudahnya silahkan ganti pilihan ukuran baru ke >No Change agar hasil kompres tetap besar ukuran dimensinya (buka ukuran file nya).
  5. Pada bagian efek spesial sebaiknya tidak diberi efek apa - apa (Tidak ada)
  6. Pada bagian Simpan Baru silahkan ganti format file gambar ke >JPG
  7. JPG Quality silahkan coba dipengaturan >BEST
  8. Di kolom JPG Max Filesize silahkan masukan angka 200 atau 190 (direkomendasikan tulis dibawah angka 200 agar aman saat di upload)
  9. Terakhir silahkan klik tombol >SAYA SELESAI, RESIZE GAMBAR SAYA! (sistem akan otomatis membuka halaman download (unduh) file yang telah di resize atau di kompres ukurannya.Cara Mengecilkan Ukuran Foto Jadi Dibawah 200 Kb
  10. Silahkan klik tombol /tulisan >Simpan ke Disk dan file tersebut akan otomatis didownload. Silahkan simpan file hasil kompres tersebut di folder yang aman dan mudah dicari.Cara Mengecilkan Ukuran Foto Jadi Dibawah 200 Kb

Masih kurang kecil?

Jika hasilnya masih diatas 200 Kb, silahkan ulangi langkah diatas namun pada bagian edit silahkan coba dirubah beberapa pengaturan yang ada misalnya pada pengaturan ukuran baru untuk gambar anda yang asalnya tidak ada perubahan (No change) dirubah menjadi 25% lebih kecil, atau 50% lebih kecil.

Kemudian bisa juga dirubah pada bagian JPG Quality yang asalnya kita atur >Best dirubah menjadi >Better. dan pengaturan - pengaturan lainnya yang mengurangi beban gambar setelah dikompres. Namun jangan lupa untuk memperhatikan hasilnya, jika gambar sudah sulit dibaca atau buram, silahkan cari setting lain agar lebih jelas.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto (via Compress JPG PNG)

  1. Buka halaman compress JPG online dibawah ini.
    • Untuk file foto dengan type JPG /JPEG silahkan buka halaman ini: https://compressjpeg.com/
    • Untuk file foto dengan type PNG silahkan buka halaman ini: https://compresspng.com/
  2. Setelah halaman compress terbuka silahkan klik tombol >UPLOAD FILES kemudian silahkan pilih file foto yang anda ingin kecilkan ukurannya. Atau anda juga bisa langsung melakukan drag-drop file foto ke kotak yang bertuliskan "Drop Your Files Here".
  3. Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai melakukan upload dan compress file foto yang dipilih.
  4. Silahkan klik tombol >Download pada tulisan dibawah foto untuk mendownload file yang telah di kompress atau file yang telah dikecilkan.Cara Mengecilkan Ukuran Foto Jadi Dibawah 200 Kb
  5. Selesai. Silahkan buka folder download dan simpan file foto yang telah dikecilkan ukurannya kedalam flashdisk atau folder yang aman dan mudah dicari.

Dalam memilih file anda juga dapat memilih banyak file foto sekaligus untuk di compres atau dikecilkan ukuran filenya. Cara Mengecilkan Ukuran Foto Jadi Dibawah 200 Kb ini menurut kami adalah yang paling mudah dan efektif dibanding dengan cara lainnya.

Jika anda memilih lebih dari satu foto untuk dikecilkan atau dikompres, anda juga dapat langsung menekan tombol >Download All (setelah proses kompres selesai) jika anda ingin mengunduh (download) semua file yang telah di kecilkan kedalam satu buah file zip.

Masih kurang kecil?

Jika file yang telah anda perkecil masih dengan format PNG, anda masih bisa memperkecilnya dengan cara lakukan perubahan (convert) file dari PNG ke JPG. Silahkan buka halaman converter tersebut di link berikut ini: https://png2jpg.com/ 

Setelah anda menjalankan cara mengecilkan ukuran foto ini namun ukurannya masih cukup besar, ada cara lanjutan yang dapat anda lakukan. Yaitu dengan memperkecil ukuran dimensi (pixel) dari foto tersebut langsung dari aplikasi foto yang terdapat di komputer atau laptop anda seperti cara dibawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto (Offline)

Jika anda pengguna OS Windows 7, Windows 10, dll. Anda dapat melakukan compress file dari aplikasi Microsoft Office Picture Manager

  1. Silahkan >klik kanan pada gambar 
  2. kemudian pilih >Open with >Microsoft Office Picture Manager.
  3. Pada bagian menu di Picture Manager silahkan klik >Edit Picture >Compress picture.
  4. Silahkan pilih >Documents atau >Web pages kemudian klik tombol >OK.
  5. Selanjutnya klik tombol >File >Save as. Silahkan simpan file yang telah dikompres dengan nama yang berbeda dari nama file original (agar tidak terhapus /overwrite)
  6. Selesai. Simpan file tersebut di folder yang aman dan mudah untuk dicari.

Semoga tulisan mengenai cara mengecilkan ukuran foto jadi dibawah 200 kb ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juli 01, 2021
    Terima kasih.. sangat membantušŸ„°
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 01, 2021
      Sama - sama. Senang dapat membantu!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!