Beranda
Tips 'n Trick
Toko Online
Tutorial
Cara Komplain di Tokopedia - Barang Belum Sampai
Cara Komplain di Tokopedia - Barang Belum Sampai

Berikut ini adalah cara komplain di Tokopedia dengan keadaan barang belum sampai. Jika barang pesanan anda belum sampai jauh setelah anda memesannya, maka anda disarankan untuk melakukan komplain resmi ke sistem Tokopedia.

Jika barang pesanan anda sudah dikirim oleh penjual namun tidak juga sampai, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk melaporkan secara resmi ke sistem komplain di Tokopedia. Karena pada kondisi ini pihak penjual dan pembeli sama - sama tidak bisa disalahkan karena posisi barang sudah ada di pihak ekspedisi atau kurir.

Dengan melakukan komplain di Tokopedia secara resmi maka proses komplain ke pihak ekspedisi akan dibantu oleh tim dari Tokopedia. Sehingga anda tidak perlu lagi repot - repot menghubungi pihak ekspedisi seperti JNE, J&T, SiCepat, dll.

Buka Komunikasi Dengan Penjual

Sebelum membuat komplain di Tokopedia kami sarankan agar anda melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan penjual, selain menjaga adab, membuka komunikasi terlebih dahulu dengan penjual menandakan bahwa anda ingin menyelesaikan masalah barang belum sampai ini secara bersama - sama.

Jika perlu, minta penjual untuk melakukan follow up langsung kepada pihak ekspedisi, dan jika tidak ada perkembangan maka silahkan informasikan bahwa anda akan melakukan komplain di tokopedia secara resmi agar penyelesaiannya dapat dibantu oleh pihak Tokopedia secara langsung.

Sebelum melakukan komplain di Tokopedia kami sarankan agar anda cek lagi untuk terakhir kalinya posisi terakhir pesanan anda dengan klik tombol >Lacak pada pesanan anda. Pastikan kembali posisi barang terakhir, siapatau ada perkembangan baru. Jika tidak ada perkembangan silahkan lanjutkan ke langkah komplain di tokopedia dibawah ini.


Cara Komplain di Tokopedia - Barang Belum Sampai 

  1. Buka website atau aplikasi Tokopedia
  2. Silahkan >login ke akun anda (jika belum)
  3. Di Profil anda pada bagian >Pembelian silahkan buka bagian >Daftar Transaksi (pembelian)Cara Komplain di Tokopedia - Barang Belum Sampai
  4. Silahkan buka bagian >Sedang dikirim
  5. Klik tulisan >Lihat detail pesanan untuk memunculkan menu komplain.
  6. Klik tombol >Komplain. Halaman popup konfirmasi akan muncul, jika anda ingin melanjutkan proses komplain silahkan klik tombol >YaCara Komplain di Tokopedia - Barang Belum Sampai
  7. Halaman status barang akan muncul, karena pada kasus ini anda akan komplain barang belum sampai maka silahkan klik >Pilih pada "Pesanan belum diterima sama sekali". Halaman solusi yang diajukan akan muncul.
  8. Jika anda yakin ingin melanjutkan komplain silahkan klik tombol >Ajukan Komplain lanjutkan konfirmasi pengajuan komplain pada notifikasi popup yang muncul >Ya, Ajukan KomplainCara Komplain di Tokopedia - Barang Belum Sampai
  9. Selesai. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi "Berhasil Membuat Komplain".

Aktif periksa halaman komplain

Setelah anda berhasil mengajukan komplain, tunggu beberapa waktu sampai salah satu petugas atau customer service dari Tokopedia mengirim anda pesan konfirmasi komplain. 

Didalam pesan yang dikirim oleh CS Tokopedia biasanya juga memberikan petunjuk atau saran langkah apa yang dapat diambil selanjutnya. Karena saat ini kondisinya barang pesanan anda belum sampai, maka biasanya CS Tokopedia akan meminta waktu beberapa hari untuk menghubungi pihak ekspedisi terkait.

Jika perlu silahkan anda juga kirim pesan /chat kepada penjual bahwa anda telah mengajukan komplain secara resmi ke Tokopedia. Dengan begitu anda tetap menjaga hubungan baik dengan penjual, karena pada situasi seperti ini masalah ada di pihak kurir atau ekspedisi yang dipilih (kecuali memang penjualnya yang nakal ya).

Khusus kondisi luar biasa

Gunakan fitur komplain di Tokopedia dengan bijak, tidak perlu setiap transaksi yang datang telat harus dilaporkan. Jika keterlambatan baru satu atau dua hari, kami sarankan agar anda menunggu terlebih dahulu. 

Namun jika barang yang anda pesan diestimasi 3 hari sampai tapi sudah 1 minggu masih belum datang, maka itu sudah layak untuk masuk ke daftar komplain di Tokopedia. Namun jika anda tetap ingin mengajukan komplain walaupun belum 1 minggu, tidak masalah, mengajukan komplain juga hak anda sebagai seorang pembeli.

Semoga tulisan cara komplain di Tokopedia ini bermanfaat bagi anda yang menunggu paket pesanan tapi tidak datang - datang. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

4 komentar

  1. rennie
    rennie
    Minggu, Januari 16, 2022
    maaf, kalau dari penjual sudah dikirim dan sudah sampai daerah tujuan, tapi tiap lacak resi selalu criss cross sudah 5 hari , mesti gimana ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 16, 2022
      Kalau keterangannya seperti itu berarti ada masalah di pengiriman, biasanya paket yang dikirim tertukar dengan paket lain, atau salah tempel resi jadi salah kirim. Kalau sudah 5 hari sih lebih baik di komplain saja, seperti cara diatas jadi biar nanti tim Tokopedia yang follow up ke pihak ekspedisi. Kalau barang hilang nanti bisa minta uang kembali.
  2. Unknown
    Unknown
    Minggu, Desember 19, 2021
    Sblum nya mintak maaf pak/bu, saya mau tanya soal paketan saya, paket saya sudah smpai tujuan. Knapa ga sampai rumah. Apakah kurir nya salah kirim. Padahal saya ngasih alamat sudah benar

    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 19, 2021
      Biasanya sih itu hanya trik kurir biar di laporan mereka tercatat sudah kirim paket walaupun kenyataannya mereka gak sempat kirim. Ditunggu saja besok, biasanya dikirim besokannya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!