Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Mengatasi Error Sound Find Codec GOM Player
Mengatasi Error Sound Find Codec GOM Player

Berikut ini adalah cara mengatasi error suara atau sound Find Codec GOM Player. Dengan cara ini anda bisa mengatasi masalah suara yang tidak keluar saat menggunakan GOM Player dan keluar peringatan Error Codec atau Find Codec.

Masalah ini biasanya muncul ketika file video yang kita putar memiliki versi atau filter yang berbeda dari umumnya. Muncul notifikasi seperti "Cannot play the media file in normal process" dengan keterangan tambahan seperti " This file requires an additional codec in order to be played. ....".

Bisa juga karena jenis video yang diputar berupa MPEG4 atau bisa juga dari type audio yang digunakan seperti Dolby Digital Plus, True HD, AC3, dll. Semua type tersebut tentunya memiliki system yang berbeda.

Walaupun sama - sama kualitas BluRay tetapi pada sound atau suara terkadang memiliki sistem pemutaran (codec) yang berbeda.

Masalah ini juga saya alami pada saat memutar file dengan kualitas gambar Full HD dengan ukuran file yang sangat besar. Jika file video Bluray biasanya sekitar 2 - 3 GB untuk ukuran 1080p, file video ini berukuran 5 kali lebih besar atau sekitar 12 GB untuk resolusi yang sama.

Ada video yang dapat memberikan efek surround system atau multi channel, ada juga video yang tidak support untuk surround system, walaupun kedua video tersebut memiliki kualitas yang sama.

Mengatasi Error Sound Find Codec GOM Player

  1. Tutup aplikasi GOM Player (jika sedang digunakan)
  2. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll)
  3. Buka halaman berikut ini: https://github.com/Nevcairiel/LAVFilters/releases
  4. Klik (download) file bernama "LAVFilters-..." Pastikan pilih versi terbaru. Silahkan pilih format file sesuai selera, bisa langsung exe atau zip. Jika anda bingung, kami sarankan langsung download file dengan type .exe saja (LAVFilters-......-Installer.exe)Mengatasi Error Sound Find Codec GOM Player
  5. Silahkan install file LAVFilters yang telah didownload
  6. Selesai! Silahkan coba buka kembali file video yang bermasalah dengan audio tadi.

Software atau Codec GOM Player ini akan bekerja langsung setelah diinstall, tidak perlu restart komputer. Namun jika anda kurang yakin, silahkan lakukan restart agar sistem berjalan dengan sempurna.

Apakah Codec GOM Player ini aman?

Jika ditanya apakah codec atau software LAV Filters ini aman, terus terang kami tidak bisa memastikannya. Tetapi kami sudah mencobanya dan sampai artikel ini dibuat alhamdulillah tidak memberikan efek apa - apa kepada komputer kami.

Terlebih lagi, halaman website atau halaman download software codec GOM Player ini direkomendasikan secara langsung oleh pihak GOMLAB (website resmi software GOM Player) dan kami pun mendapatkan link LAV Filters tersebut dari website resmi GOM.

Jadi, dari dua alasan diatas nampaknya bisa dikatakan aman ya dari virus - virus atau malware yang merepotkan. Tetapi jika anda masih khawatir dan tidak mau ambil resiko, silahkan gunakan cara lainnya yang anda rasa lebih aman. hehe

Belum berhasil?

Bagaimana jika setelah melakukan install software diatas masalah audio atau Codec GOM Player masih ada?

Pertama kami sarankan untuk tunggu beberapa saat, atau lakukan restart komputer anda. Jika ada, silahkan putar atau play video yang mengalami masalah tersebut di player lain seperti VLC atau pemutar bawaan komputer anda.

Jika di player lain keluar suara, maka proses diatas memang tidak berhasil. Tetapi jika di player lain juga suaranya tidak keluar, maka ada kemungkinan video yang bermasalah.

Jika anda ingin mencari cara lain, kami sarankan untuk memulainya dari website resmi GOM Player (GomLab) dan khusus untuk masalah audio silahkan anda buka link berikut ini: https://www.gomlab.com/codec/?mode=1&type=2&keyword= silahkan sesuaikan sistem yang anda gunakan 64bit atau 32bit.

Apakah masalah ini bisa diabaikan?

Saat sedang memutar video tiba - tiba muncul peringatan popup dari GOM Player yang mengharuskan kita untuk menginstall codec atau software tambahan. Bisa saja kita abaikan peringatan tersebut dengan menutup jendela peringatan tersebut, namun audio atau suara dari video tidak akan keluar.

Jika anda tidak mau repot - repot menginstall atau mendownload aplikasi atau software tambahan seperti codec Gom player ini, jalan keluarnya adalah dengan mengganti Player. Ada banyak pilihan lain seperti VLC, Windows Media Player, Media Player Classic, dll.

Dan saya yakin anda juga pasti tidak nyaman dan tidak akan puas jika menonton film hanya melihat gambar nya saja tanpa suara kan.

Semoga tutorial atau langkah - langkah mengenai cara mengatasi error sound find codec Gom Player ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

12 komentar

  1. Manahjaya
    Manahjaya
    Sabtu, Juli 30, 2022
    Work Gan, makasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 30, 2022
      Sama - sama. Selamat melanjutkan menonton! 👍
  2. Aqil Jawwad
    Aqil Jawwad
    Jumat, November 26, 2021
    Thanks bro, jadi bisa lajut nonton
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 27, 2021
      Sama - sama bro, enjoy!
  3. Laila_Qilada
    Laila_Qilada
    Sabtu, November 13, 2021
    Terima kasih kak admin,,,,
    coba cari2 yg lain gk ada yg berhasil, alhamdulillah ini langsung done
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 13, 2021
      Yup! Sama - sama ya selamat menonton kembali!
  4. ndar
    ndar
    Jumat, Februari 12, 2021
    thx bang infonya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Februari 13, 2021
      sama - sama ya!
  5. Anonim
    Anonim
    Minggu, Desember 20, 2020
    work gan, makasih wkwkw
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 21, 2020
      sama - sama gan. selamat!
  6. Hayou
    Hayou
    Rabu, Agustus 26, 2020
    Mantapp
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Agustus 26, 2020
      Mantap ya. hehe
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!