Beranda
Shopee
Toko Online
Tutorial
Cara Login Shopee Tanpa OTP ke Nomor HP
Cara Login Shopee Tanpa OTP ke Nomor HP

Berikut ini adalah cara login Shopee tanpa OTP ke nomor HP. Ini adalah cara agar login Shopee tidak verifikasi nomor HP atau kode OTP sehingga saat masuk ke akun shopee anda tidak perlu repot lagi membuka HP atau menunggu SMS dari sistem login shopee.

Bagi anda yang membuka akun shopee secara rutin di website, apalagi memang sehari - hari online di akun shopee, pastinya merasa sedikit terganggu dengan sistem login dua langkah yang diterapkan. Memang lebih aman, tetapi terkadang sangat mengganggu ketika sistem sedang ada masalah.

Melakukan login Shopee tanpa OTP umumnya digunakan oleh pengguna yang sering melakukan login melalui website dengan intensitas yang tinggi. Contohnya seperti saya yang sebagian besar waktu saya berada didepan layar komputer (jarang buka HP) jadi login di website tanpa OTP sangat membantu saya khususnya menghemat waktu login karena tidak perlu lagi buka HP untuk verifikasi kode OTP.

Tertahan di kode OTP

Salah satu alasan utama kenapa beberapa pengguna memilih untuk menonaktifkan fitur verifikasi nomor HP ini adalah seringnya terjadi masalah atau error saat akan melakukan login atau masuk ke akun shopee.

Jika error nya sudah kumat, anda harus menunggu lama bahkan harus menunggu sampai berjam - jam agar sistem kembali normal. Dan selama waktu tunggu tersebut anda tidak dapat masuk ke akun shopee anda karena tertahan di kode OTP yang tidak kunjung tiba.

Apalagi jika error tersebut muncul di moment - moment yang penting seperti saat sedang ada diskon atau promo lainnya yang juga memiliki waktu yang terbatas. Khususnya saat pengunjung website atau aplikasi sedang tinggi biasanya sistem verifikasi OTP di shopee mengalami masalah.

Melakukan login shopee tanpa OTP nampaknya menjadi pilihan yang paling tepat jika anda sebagai pengguna memang sering masuk keluar website shopee secara rutin.

Nomor telepon hilang /tidak aktif?

PERHATIAN! Cara ini bukan untuk anda yang telah kehilangan nomor atau sudah tidak bisa akses nomor telepon yang terhubung ke akun shopee. Cara ini untuk para pengguna yang masih bisa menerima SMS dan melakukan verifikasi OTP tetapi ingin menonaktifkan langkah verifikasi OTP di login selanjutnya.

Jadi jika nomor anda telah hilang atau sudah tidak aktif maka silahkan aktifkan dulu nomor tersebut ke pihak operator seluler yang anda gunakan. Atau hubungi pihak shopee untuk meminta solusi terbaik agar anda dapat melakukan login seperti biasa.

Jika nomor yang terhubung masih aktif dan dapat anda akses (walaupun kode OTP dari shopee kadang tidak sampai) maka anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk menonaktifkan langkah verifikasi OTP ke nomor HP anda.

Cara Login Shopee Tanpa OTP ke Nomor HP

Cara ini bisa diterapkan baik melalui komputer ataupun smartphone ya. Sama - sama menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dll. Mungkin sedikit beda di tampilan karena layar HP luas nya terbatas, tetapi langkah - langkahnya semua sama ya.

  1. Buka website shopee seller (seller.shopee.co.id) walaupun anda bukan penjual atau seller di shopee anda tetap dapat masuk ke website khusus seller tersebut.
  2. Login ke akun shopee anda seperti biasa
  3. Buka menu >pengaturan toko (halaman pengaturan profil toko akan terbuka sebelum ke halaman pengaturan toko)
  4. Lanjut buka menu >Pengaturan Dasar atau buka link berikut ini: https://seller.shopee.co.id/portal/settings/basic/shop
  5. Nonaktifkan /matikan tombol pada bagian "Lindungi akun dengan verifikasi aktivitas akunmu" (Jika terdapat aktivitas tidak wajar, verifikasi dengan kode OTP)
    Cara Login Shopee Tanpa OTP ke Nomor HP
  6. Sistem akan meminta anda untuk melakukan verifikasi OTP ke nomor HP untuk konfirmasi. Silahkan masukan kode OTP yang dikirim.
  7. Selesai. Silahkan coba logout kemudian login kembali dengan clean history.

Dibawah ini adalah tutorial dengan format video yang diambil dari channel youtube Rindi Tech. Jika anda ingin tetap mengikuti langkah - langkah berupa tulisan silahkan lewati video. Jika anda ingin melihat tutorial versi video yang dilengkapi contoh secara langsung, silahkan putar video nya.

Clean login test

Setelah anda melakukan langkah diatas, silahkan coba lakukan clean re-login. Silahkan logout atau keluar dari akun anda di shopee, kemudian clean cache & history di browser yang digunakan. Setelah melakukan pembersihan history dan cache silahkan coba masuk ke kembali ke akun shopee anda.

Tidak perlu log in lagi ke halaman khusus seller, anda bisa langsung mencobanya ke halaman utama shopee sebagai pembeli.

Jika anda memiliki perangkat lain atau komputer yang berbeda, silahkan dicoba login di komputer atau perangkat tersebut. Biasanya jika anda login di perangkat baru atau yang tidak biasa, sistem akan lebih ketat.

Jika setelah melakukan clear history atau login di perangkat lain anda sudah tidak lagi diminta untuk memasukan kode OTP verifikasi nomor HP maka anda telah berhasil menonaktifkan fitur verifikasi nomor HP di website atau aplikasi shopee.

Resiko keamanan

Setelah anda memilih login shopee tanpa OTP dengan menonaktifkan fitur verifikasi nomor HP, maka anda perlu lebih waspada terhadap keamanan akun anda. Karena dengan cara ini anda memilih untuk mengurangi sistem keamanan yang ditawarkan oleh pihak shopee.

Lebih sedikit proses login maka lebih tinggi resiko dari keamanan data. Untuk itu, kami sarankan untuk tidak terus - menerus menonaktifkan fitur verifikasi no hp ini. Sekali - kali anda aktifkan fitur ini agar sistem selalu waspada.

Jika anda rasa akan bepergian ke tempat baru dan akan melakukan login ke akun shopee anda, kami sarankan untuk kembali mengaktifkan fitur verifikasi otp ini. Apalagi jika anda membuka akun shopee di komputer orang lain (seperti warnet) atau jaringan WiFi publik, kami sarankan untuk mengaktifkan kembali fitur login dengan verifikasi nomor telepon atau HP.

Semoga tulisan mengenai cara login shopee tanpa otp ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

42 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 30, 2021
    Minta tolong kk,gimana cara buka akun shoope yg ada pkai hp lain,kena hp yg biasa mati(rusak),smntara email yg digunakn dishoope sdh tdk aktif, tp no tlfonny msh aktf
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 30, 2021
      Kalau dari sana nya minta sama verifikasi email sih berarti itu wajib. Coba aja tanya langsung sama CS shopee nya, siapatau ada cara lain.
  2. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 23, 2021
    Minta tolong dong, mana tau ada yang tau
    Saya mau login akun shopee saya tetapi melalui hp teman saya, tetapi saat nomor telepon dan password sudah saya isi, tiba-tiba dia minta verifikasi email lagi, sedangkan hp saya sudah rusak/tidak bisa nyala lagi
    Itu solusinya gimana y?
    Gak bisa login kalau verifikasi email belum diisi

    Tolong dibantu bagi teman-teman yang tau
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, September 25, 2021
      Login di tempat baru, seperti di HP orang lain memang akan ditanyai verifikasi ekstra seperti email. Ya kalau Hp nya rusak buka saja di PC/laptop atau ke warnet sebentar untuk login ke akun gmail nya. Ga ada cara lain soalnya kalau sudah gitu.
  3. Unknown
    Unknown
    Kamis, Mei 27, 2021
    Minta tolong kak..gimana buka akun shopee yg ada..pake hp lain..karna hp yg biasa mati..sementara email yg trdaftar d shopee email ny gk aktif..terus no tlpn ny jg gk aktif
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 28, 2021
      wah kalau itu sih susah. Karena kalau bisa login tanpa memiliki email atau no HP yg terhubung dengan akun itu bisa dimanfaatkan oleh penipu. saran saya mending langsung hubungi CS shopee nya, siapatau bisa menggunakan dokumen lain seperti KTP atau dokumen pribadi lainnya
  4. Unknown
    Unknown
    Jumat, Mei 07, 2021
    Akun sopheepay lama saya hilang padahal ada saldonya.kayaknya hp saya di otak atik anak saya soalnya kok muncul akun baru tapi tidak bisa digunakan karena nomer telpnya masih terdaftar dialun lama.gimana supaya akun lamanya bisa dipale lagi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 08, 2021
      Kalau akun yang lama belum dihapus sih tinggal uninstall aja dulu aplikasi shopeenya, terus install lagi dan login pakai nomor yang lama.
  5. Anonim
    Anonim
    Sabtu, April 10, 2021
    Kalo tidak dapt login karena hp yerdeteksi gimana caranya gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 11, 2021
      maksudnya terdeteksi gimana?
  6. Unknown
    Unknown
    Senin, Maret 15, 2021
    Tidak bisa masuk kode otp saat mau pesan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 16, 2021
      Coba dikirim ulang aja, kalau masih gak masuk berarti harus hubungi dulu CS shopee nya biar dibantu dari sana
  7. Unknown
    Unknown
    Selasa, Maret 09, 2021
    Gan,,, gmna caranya supaya no hp yg lama bs terdaftar lg no. Hp masih aktif, karena pas login bs masuk dan mau masukin nomer yg lama tdk bs, karena sdh terdaftar nomer tersebut, karena mau chat sma toko tdk bs klw nomer tersebut tdk daftarkan. Mohon dibantu.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 10, 2021
      satu nomor untuk satu akun setau saya. Kalau masih bisa login sih seharusnya bisa ganti nomor ya di bagian profil. Kecuali nomor lama nya nyangkut di akun lama juga, klo itu harus langsung hubungi CS shopee nya
  8. User99
    User99
    Rabu, Februari 17, 2021
    Gak bisa gan, login berhasil, tapi langsung disuruh masukan kode OTP, gak bisa ke penganggurannya 😭
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Februari 18, 2021
      Kalau OTP gak pernah masuk lagi itu harus dibantu dulu sama CS shopee nya. hubungi saja via sosmed, di twitter juga responsif kok
  9. Unknown
    Unknown
    Minggu, Februari 14, 2021
    Mas bro...klo sy yg login nya pake facebook gmna ni?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 14, 2021
      harusnya sih OTP nya dikirim ke nomor yang terdaftar di profil facebook nya ya. coba lihat aja di bagian pengaturan akun facebook, disana biasanya ada kolom nomor telepon. Kalau masih gak ada di nomor facebook mau gak mau harus tanya dulu ke CS shopee nya biar dipandu biar benar ngirim OTP nya
  10. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 25, 2021
    Akun shopee saya tiba tiba keluar sendiri,terus mau log in lupa kata sandi.
    Saya reset ulang kata sandi sampai 2 kali,gara2 kode otp nya gak muncul2.
    Terus mau log in lagi muncul tulisan jaringan sistem gangguan.
    Padahal pesanan ada yang lagi dikemas dan Ada yang sedang dikirim.
    Apakah barang akan tetap sampai oad alamat saya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 25, 2021
      itu masalah jaringan saja kyknya. Ditunggu saja pesanannya, harusnya sih tetap sampai ya barangnya apalagi kalau sudah dibayar
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Pembuatan Skripsi dan Karya Ilmiah
    Pembuatan Skripsi dan Karya Ilmiah
    Selasa, Desember 01, 2020
    Gk bisa daftar gan, gmnn
    Kesalahan 01, katanya kebnyakan user yg dibpke, gmn mengtasinya aa
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 01, 2020
      Daftar atau login? Kalau kebanyakan user yang dipake berarti HP atau nomornya sudah ditandai sama sistem keamanan shopee. Coba daftar pake HP lain /nomor lain
  13. Unknown
    Unknown
    Rabu, September 09, 2020
    Ga bisa di logout
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 10, 2020
      masa sih ga bisa logout? mungkin jaringannya sedang tidak stabil. Atau coba aja tutup tab browser terus clean history nya, nanti akan otomatis logout.
  14. Oni
    Oni
    Senin, Agustus 10, 2020
    Sudah berkali kali tapi tetap saja minta OTP walaupun sudah saya non aktifkan (sudah saya cek berkali kali pengaturan telah tersimpan)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 11, 2020
      Kalau begitu saya sarankan untuk menghubungi CS shopee nya langsung di telpon atau di sosmed. Soalnya di akun saya tidak ada masalah seperti itu, sampai sekarang bisa login tanpa OTP
  15. trend veggie
    trend veggie
    Rabu, Juni 24, 2020
    klu menggunakan hp gimn cara mengatur agar menonaktifkan OTP
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 24, 2020
      Kalau di HP bisa pakai browser yang sudah terinstall di HP nya. silahkan masukan alamat shopee seperti cara diatas. Selanjutnya ikuti tutorial seperti biasa.
  16. Bieya
    Bieya
    Jumat, Juni 12, 2020
    Dapat tak login shopee tersebut jika no hp tersebut sudah blok? Tolong infonya ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 13, 2020
      Jika no HP sudah nonaktif/diblokir maka tidak akan dapat login ya ke akun shopee nya.
  17. aree
    aree
    Senin, Mei 18, 2020
    gimana gan , saya mau login, tapi no saya sudah keblokir, dan sebelumnya saya sedang ada pesanan di akun yang logout dengan no saya yang keblokir itu, tapi diminta otp.

    ap bisa cara di atas untuk kasus sya gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Mei 19, 2020
      Cara diatas tidak bisa digunakan ya kalau nomornya sudah keblokir. Kalau sudah seperti itu sepertinya harus dibantu sama CS shopee. Coba saja hubungi CS shopee melalui akun media sosial (twitter) atau email. Bisa juga langsung di telepon ke nomor 1500702.
  18. AVN
    AVN
    Selasa, Maret 24, 2020
    gan gimana caranya kalau login akun shopee, tapi hp lama dan nomornya hilang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 25, 2020
      Di halaman login silahkan klik tulisan "lupa password" atau "Butuh Bantuan?" nanti ikuti saja instruksi selanjutnya.
  19. Unknown
    Unknown
    Rabu, Februari 05, 2020
    Saya mau log in akun seller nya tapi masih minta kode OTP juga gmn yaa
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 05, 2020
      Coba dilihat lagi pengaturannya, pastikan sudah nonaktif ya. Kalau sudah silahkan logout kemudian clear cache /history. kemudian login kembali, atau coba login di perangkat lain.
  20. Blogenesia
    Blogenesia
    Kamis, Desember 12, 2019
    ga bisa gan, msih minta kode
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 13, 2019
      Klo masih ga bisa coba login lagi ke akun seller shopee dan lihat lagi pengaturannya. Kemungkinan besar pengaturan sebelumnya tidak berhasil disimpan oleh sistem. Pastikan juga koneksi internet dalam keadaan stabil ya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!