Beranda
Computer
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Cara Masuk BIOS Tanpa Restart Komputer
Cara Masuk BIOS Tanpa Restart Komputer

Berikut adalah cara masuk bios tanpa restart komputer. Dengan cara ini anda dapat memasuki atau membuka pengaturan bios tanpa harus melakukan restart manual dari komputer. Dengan pengaturan ini anda dapat otomatis masuk BIOS setelah sistem melakukan restart.

Terkadang untuk masuk BIOS melalui restart itu susah - sudah gampang, kadang terlewat atau mungkin terlalu cepat. Atau memang sedang ada masalah dalam pengaturan di sistem sehingga mencegah kita masuk kedalam pengaturan BIOS melalui restart komputer /laptop.

Seperti yang kita ketahui halaman BIOS pada komputer sangat penting dan mungkin sebagai jendela utama untuk masuk kedalam sistem komputer secara detail. Maka dari itu pengaturan BIOS menjadi tempat utama bagi para teknisi untuk memperbaiki komputer ataupun laptop yang sedang bermasalah.

Baca juga: Cara Update BIOS Asus Gigabyte MSI AsRock

Pengaturan Keamanan

Sudah menekan tombol - tombol (Esc, F2, Del, dll) sesuai perintah namun tidak pernah berhasil masuk BIOS? Mungkin memang ada pengaturan yang perlu dirubah sebelum masuk BIOS melalui restart manual seperti biasa.

Biasanya kita harus menekan satu tombol seperti ESC, F2 atau Delete, sesuai pengaturan komputer masing - masing. Dengan cara ini anda tidak perlu melakukannya lagi karena anda dapat mengatur sistem untuk otomatis masuk BIOS tanpa harus restart komputer secara manual.

Sederhananya kita mengatur atau memerintahkan komputer atau laptop untuk langsung membuka atau masuk BIOS tanpa restart komputer secara manual. Biarkan komputer melakukan restart sendiri, dan masuk bios sendiri (otomatis). 

Baca juga: Solusi "The local print spooler service is not running"

Cara Masuk BIOS Tanpa Restart Komputer

Cara ini kami praktekan melalui PC dengan OS Windows 10, jika anda menggunakan windows 8 atau bahkan windows 7 silahkan dibaca dulu sampai selesai langkah - langkah atau tutorialnya. Jika sudah mulai mengerti silahkan praktekan karena mungkin ada beberapa perbedaan di tampilannya.

Atau jika anda masih ragu untuk mengikuti tutorial di halaman ini, silahkan gunakan tutorial yang telah khusus windows 7 atau windows 8 melalui mesin pencarian Google seperti biasa. Namun jika anda ingin tetap mencobanya silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini dengan seksama.

  1. Klik >Start
  2. Buka Bagian >Settings
  3. Cari dan buka >Update & SecurityCara Masuk BIOS Tanpa Restart Komputer
  4. Buka menu >Recovery
  5. Pada bagian Advance startup, pilih >Restart now. Komputer akan melakukan restart dan masuk ke mode revoceryCara Masuk BIOS Tanpa Restart Komputer
  6. Pada mode recovery buka dan pilih >Troubleshoot.
  7. Pilih >Advance option. halaman advance option akan terbuka
  8. Cari dan pilih >UEFI Firmware Settings
  9. Klik /Pilih tombol >Restart. Komputer akan melakukan restart dan otomatis masuk kedalam BIOSCara Masuk BIOS Tanpa Restart Komputer
  10. Selesai! Tunggu proses restart dan sistem akan membuka pengaturan BIOS.

Baca juga: Type dan Ukuran Baterai CMOS di Komputer

Secure Boot

Setelah anda masuk kedalam pengaturan BIOS, kami sarankan untuk segera merubah pengaturan keamanan di BIOS agar sistem tidak menutup akses BIOS melalui restart manual.

Cari pengaturan Secure Boot didalam pengaturan BIOS kemudian rubah pengaturan menjadi >Disabled agar anda dapat masuk BIOS dari jalur restart biasa. Inilah salah satu penyebab mengapa anda tidak bisa masuk kedalam pengaturan BIOS melalui restart biasa.

Setelah anda selesai menggunakan pengaturan BIOS, anda dapat merubah kembali pengaturan secure boot menjadi >Enabled lagi agar tidak sembarang orang atau sembarang pengguna dapat merubah - rubah sistem di BIOS anda.

Semoga tulisan mengenai cara masuk BIOS tanpa restart ini bermanfaat, jika anda mengalami kendala atau ada pertanyaan silahkan simpan didalam kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. OrangBiasa
    OrangBiasa
    Jumat, Juni 11, 2021
    PAK SAYA MAU BERTANYA,KOK LAPTOP SAYA SETELAH DISLEEP SAYA NYALAKAN LAGI KOK TIBA TIBA NGEFREEZE YA PAK,MOUSE CURSORNYA SAYA GERAKKAN TAPI TIDAK BERJALAN,KENAPA ITU PAK
    LAPTOP SAYA MEREK HP PROBOOK 440 G3 DAN KEYBOARDNYA TIDAK BERFUNGASI?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 11, 2021
      Banyak faktor, bisa jadi karena harddisk nya yang gak kebaca sama sistem, atau bisa juga ada masalah lain. Harus dilihat langsung.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!