Beranda
Finance
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Belanja Menggunakan E Money, Bisa?
Cara Belanja Menggunakan E Money, Bisa?

Berikut ini adalah cara belanja menggunakan E Money, Bisa? Tentu saja bisa, tapi masih terbatas di tempat - tempat atau toko yang telah menyediakan e money reader, seperti Indomaret, Alfamart dan supermarket - supermarket besar.

Selain untuk pembayanan tiket transportasi umum dan pembayaran masuk tol, sekarang belanja menggunakan e money juga sudah bisa. Biasanya toko atau minimarket yang menyediakan fasilitas pembayaran melalui kartu kredit ataupun debit juga menerima pembayaran belanja menggunakan e money.

Selain minimarket dan supermarket, toko - toko lain seperti fashion, peralatan olahraga, dll juga sudah mulai menerima pembayaran belanja menggunakan e money. Dengan terus tersebarnya layanan pembayaran menggunakan e money, kita sebagai konsumen dimudahkan dalam sistem pembayaran.

Baca juga: Cara Lengkap Cek Saldo e Money di HP, ATM, dan Minimarket

eMoney Tidak hanya kartu

Transaksi menggunakan e money saat ini tidak hanya melalui perantara berbentuk kartu, seperti yang kita sekarang tahu. Saat ini e money dapat berbentuk lain seperti token atau bahkan tidak berbentuk sama sekali, seperti sebuah aplikasi di smartphone.

GoPay dan OVO adalah salah satu bentuk e money yang tidak memiliki bentuk fisik, namun tetap dapat dipergunakan untuk bertransaksi layaknya kartu e money biasa. Dengan fitur NFC kita hanya perlu melakukan 'tap' atau menempekan smartphone yang memiliki akun e money aktif untuk melakukan pembayaran.

Perlu satu bahasan berbeda jika kita ingin membahas e money dengan bentuk selain kartu ini, sekarang kita fokus dulu belanja menggunakan e money versi kartu.

Baca juga: Cara Menambah Saldo e Money Mandiri via iBanking

Cara Belanja Menggunakan E Money di Toko /Supermarket 

  1. Siapkan kartu e money
  2. Pastikan e money anda memiliki saldo yang cukup
  3. Datang ke Supermarket, minimarket atau toko yang anda inginkan
  4. Untuk memastikan, silahkan bertanya kepada kasir atau pusat informasi apakah di tempat tersebut menerima pembayaran via e money atau belum.
  5. Anda juga bisa meminta kasir untuk memeriksa sisa saldo kartu e money anda
  6. Jika tidak mau bertanya, silahkan lihat - lihat di sekitar meja kasir, biasanya ada poster atau stiker dengan logo e-money yang menandakan tempat tersebut menerima pembayaran belanja menggunakan e money.
  7. Setelah anda memastikan bahwa tempat tersebut bisa menerima kartu e money untuk transaksi, silahkan masuk dan pilih barang atau makanan yang ingin anda beli seperti biasa.
  8. Jika telah selesai silahkan datang ke meja kasir seperti biasa anda akan membayar
  9. Saat kasir menghitung belanjaan anda siapkan kartu e money yang ingin digunakan
  10. Saat kasir memberitahui berapa harga yang harus anda bayar, serahkan saja kartu e money anda, disarankan juga memberitahu dengan lisan seperti "bayarnya pake e money ya mas" atau "bayarnya pake ini ya mas" (sambil memberikan kartu e money milik anda), dan kata - kata lain yang mempermudah transaksi anda.
  11. Tunggu hingga anda menerima kembali kartu e money anda dengan bukti pembayaran seperti resi /struk belanjaan.
  12. Periksa kembali total belanjaan dan total yang dibayarkan, pastikan sesuai.
  13. Selesai!. anda juga bisa sekalian menanyakan sisa saldo yang ada didalam e money sebelum ataupun setelah transaksi.

Top up /tambah saldo e Money

Di kasir anda juga bisa meminta untuk melakukan pengecekan sisa saldo e money anda. Jika dirasa kurang anda juga bisa langsung melakukan top up atau menambah saldo melalui kasir agar kartu anda cukup untuk transaksi selanjutnya.

Ingin menambah saldo e money dengan cara lain? silahkan baca artikel dengan judul Cara top up atau menambah saldo e money" pada daftar artikel lainnya di akhir tulisan ini.

Selalu sedia uang tunai untuk jaga - jaga jika di toko atau tempat transaksi tersebut ada kendala seperti masalah jaringan, error, maupun mati listrik. 

Semoga tulisan mengenai cara belanja menggunakan e money di toko atau supermarket ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Pungky
    Pungky
    Minggu, Oktober 24, 2021
    Bisa tidak e money buat belanja online seperti Tokopedia, lazada atau yg lain nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 24, 2021
      Setau saya masih belum bisa untuk dipakai langsung belanja di toko online seperti itu, masih terbatas di tempat - tempat yang harus di tap/tempel kartu. Mungkin kedepannya bisa, tapi sekarang saya belum menemukan caranya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!