Cara Membuat Akun SoundCloud di PC dan Smartphone

Rindi Putra
12 Komentar
Beranda
Internet
Tutorial
Cara Membuat Akun SoundCloud di PC dan Smartphone
Cara Membuat Akun Soundcloud di PC dan Smartphone

Bagaimana cara membuat akun Soundcloud? Bagi para pecinta musik pastinya tak asing dengan situs yang satu ini. 

Khusus untuk yang memiliki hobi menyanyi, atau sekadar hobi mendengarkan lagu atau musik, serta untuk yang suka menciptakan lagu sendiri, pastinya sudah tak sangat familiar dengan Soundcloud. 

Memang situs yang satu ini adalah primadona untuk situs bermusik, sebab ada banyak kelebihan yang tak dimiliki situs sejenis, misalnya saja adalah adafitur untuk  mengolah suara sebagai objek pertemanan, fitur ini kemudian berhasil mendapatkan antusias yang sangat tinggi di masyarakat. 

Bahkan dengan keragaman fiturnya yang banyak, didukung keunikan cara pertemanannya, juga tentu saja kemudahan dalam mempromosikan suara kita pun menjadi nilai plus yang menjual di situs bermusik yang satu ini.

Apa itu SoundCloud?

Lantas apakah yang disebut dengan Soundcloud? Jadi yang disebut dengan Soundcloud itu sendiri merupakan sebuah situs yang memberikan layanan khusus untuk semua orang supaya bisa berkolaborasi dengan mudah, mendistribusikan dan juga mempromosikan rekaman suaranya. 

Dengan menggunakan soundcloud maka kita bisa mempopulerkan suara emas yang dimiliki ataupun  juga lagu karya kita sendiri untuk dishare kepada pengguna soundcloud lainnya  di berbagai belahan bumi dan mendapatkan lebih banyak teman yang berasal dari seluruh penjuru dunia. 

Cara untuk bergabung membuat akun Soundcloud juga sangat mudah, ikuti langkah - langkah dibawah kemudian cukup merekam suara. Setelah itu upload ke soundcloud dan tinggal promosikan karyanya.


Cara Membuat Akun Soundcloud

Akan tetapi jangan dulu bersemangat untuk mengunggah musik kreasi kita kita soundcloud sebab semua hal yang bisa dilakukan di atas hanya bisa dilakukan oleh pengguna soundcloud saja. Jadi bagi yang belum memiliki akun Soundcloud sebaiknya segera membuat akun sendiri di situs tersebut dan caranya adalah sebagai  berikut ini :

  1. Buka website SoundCloud (www.soundcloud.com) di browser. Atau download dan install di Smartphone aplikasi SoundCloud melalui App Store atau PlayStore.
  2. Klik tombol create account / signup for free. Atau langsung buka melalui alamat ini: soundcloud.com/signin. Jika Anda membukanya di smartphone, Anda akan langsung diminta melakukan pendaftaran akun.
  3. Masukkan alamat email yang ingin kita daftarkan kemudian klik tombol >Continue atau >Next. Sebagai alternatif untuk registrasi Anda juga bisa menggunakan akun facebook.
  4. Masukan password yang Anda inginkan untuk masuk ke akun SoundCloud. Jika Ada, setelah berilah tanda centang di kotak yang sudah disediakan (I agree to the Terms of Use and Privacy Police). Setelah selesai kemudian klik tombol >Accept & Continue atau  >Get Started.
  5. Selesai! Pada tahap ini, Akun Soundcloud Anda telah resmi dibuat. 

Setelah membuat akun soundcloud

Ada hal yang perlu diingat, bagi yang sudah mendaftar dengan akun Google atau Facebook, secara otomatis maka data diri  dan juga profil foto akan sama dengan akun di Google atau Facebook kita.  

Jangan lupa untuk mencentang kotak verifikasi (CAPTCHA) google yang menandakan bahwa Anda bukanlah robot. Biasanya ditandai dengan tulisan "I am not a robot".

Sementara itu bagi yang mendaftar dengan menggunakan email, maka jangan lupa untuk memverifikasi data untuk akun Soundcloud Anda. Caranya dengan mengklik tautan khusus yang dikirimkan ke email yang didaftarkan.

Pengaturan Profil di SoundCloud

Setelah memverifikasi akun, maka kita bisa segera mengisi profile atau data diri. Dimulai dari nickname kita di Soundcloud, lalu mengubah foto profil masing-masing, isikan nama panjang kita, sampai tempat tinggal terbaru kita.

Ada juga beberapa hal lainnya yang diperlukan oleh sistem SoundCloud seperti kesukaan atau minat kita masing-masing. Tak perlu langsung diselesaikan saat itu juga, sebab kita juga bisa mengedit profil kapanpun kita ingikan. 

Setelah mengisi profile, maka kita bisa langsung memilih seperti saja jenis musik yang disukai, atau jika ingin langsung mengunggah rekaman suara yang sudah dimiliki, maka kita bisa memilih tombol unggah /upload.

Bagaimana? Sangat mudah, bukan? Untuk membuat akun Soundcloud tak terbatas usia dan tempat, dimanapun kita berada bisa mencoba asyiknya bermusik bersama Soundcloud. 


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

12 komentar

  1. Rindu semesta
    Rindu semesta
    Selasa, April 06, 2021
    Maaf bg, apakah bisa SoundCloud bisa lbih dri satu akun?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 07, 2021
      Saya belum coba, tapi itu tergantung syarat pembuatan akunnya, kalau syaratnya cuman email ya berarti kamu hanya perlu buat email baru untuk bikin akun tambahan
  2. Rahul
    Rahul
    Kamis, Oktober 08, 2020
    Knap nga bisak di konvir
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 08, 2020
      apakah sudah ada email masuk dari soundcloud nya?
  3. 12301
    12301
    Sabtu, Juli 18, 2020
    Kenapa setelah saya mengisi kolom umur dan jenis kelamin selalu muncul 'eror we're having some trouble signing you in'. Fyi saya mendaftar lewat aplikasi dan menggunakan data seluler
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 18, 2020
      Wah kurang tau ya itu kenapa, tapi kalau mau lancar sih mending daftarnya lewat website nya dulu, baru nanti tinggal login di aplikasi soundcloudnya. Sama aja yang penting sudah ada username dan passwordnya buat login di aplikasi
  4. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 10, 2020
    Cara verifikasi email gimana
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 10, 2020
      Lihat di bagian inbox di email dan buka kiriman dari soundcloud. Biasanya disana ada link untuk di klik. Klik link tersebut dan jendela baru akan terbuka. kalau sudah di klik otomatis akunnya sudah terverifikasi.
  5. Unknown
    Unknown
    Sabtu, April 25, 2020
    Knpa selalu saja eror
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, April 25, 2020
      Error di bagian mana ya? atau setelah langkah yang mana muncul error nya?
  6. Unknown
    Unknown
    Sabtu, April 04, 2020
    Kenapa saya gak bisa bikin akunnya selalu ada tulisan oops we're lost padahal udah berulang kali bikin tapi tetap sama diakhir🙁
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, April 04, 2020
      Biasanya kalau tulisan "we're lost" keluar, tandanya kita terlalu lama saat mengisi akun jadi halaman harus di restart. Coba saat mengisi formulirnya dipercepat dan pastikan juga koneksi internet dalam keadaan stabil ya..
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!