Cara Mengatasi Error HTTPS Availability Redirect di Blogger

Rindi Putra
2 Komentar
Beranda
Blogging
SEO
Tutorial
Cara Mengatasi Error HTTPS Availability Redirect di Blogger
Cara Mengatasi Error HTTPS Availability di Blogger

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi masalah atau error HTTPS Availability atau Redirect di blogger. Atau proses redirect dari http ke https yang tidak berhasil. Dengan cara mudah ini saya mengatasi masalah redirect ke https dengan cukup mudah dan semoga mudah juga untuk Anda.

Perlu diingat Cara ini diterapkan untuk blog atau website dengan domain TLD atau domain berbayar seperti .com .id .co.id atau ekstensi lainnya (bukan lagi blogspot(dot)com).

Faktor keamanan menjadi hal yang sangat disoroti di dunia maya, untuk itu semua provider pun berbenah agar bisa memberikan jaminan keamanan bagi semua pengunjung atau visitor di dunia maya, tidak terkecuali layanan website.

Website yang telah terenkripsi ke https sudah pasti akan lebih dipercaya oleh para pengunjung dan juga mesin pencari. Maka dari itu, sebelum para visitor website kita mulai berpindah ke website lain yang sudah terenkripsi dengan https, pastikan bahwa website milik kita juga aman dan terenkripsi juga ke HTTPS.

Beda error beda cara penganganan

Pada artikel ini Ada dua buah error yang berbeda dengan cara penanganan yang berbeda pula tentunya, silahkan cari cara yang sesuai dengan permasalahan yang Anda hadapi. 

Tidak perlu dijalankan dua - duanya. Cocokan dahulu judul error yang ditunjukan kemudian silahkan diikuti solusi atau tutorialnya. Namun jika memang masih belum berhasil, tidak Ada salahnya untuk mencoba dua - duanya.

Error HTTPS availability is being processed. Check back later.

Cara pertama ini untuk error dengan notifikasi atau pemberitahuan dengan kata - kata seperti ini: "HTTPS availability is being processed. Check back later"  atau "https availability failed to be processed, and is being retried shortly. check back later."

Sebelum ke tutorial atau langkah - langkah, lakukan pengujian terlebih dahulu kepada website Anda. Cobalah untuk membuka website Anda dengan https dan dengan http (tanpa huruf s).

Jika Website Anda tidak dapat terbuka dengan https tetapi masih dapat terbuka dengan http (tanpa huruf s) maka silahkan dilanjutkan ke tutorial. Namun jika website Anda tidak bisa dibuka melalui kedua format diatas, berarti ada masalah lain di pengaturan website Anda.

  1. Login ke Blogger
  2. Buka bagian Settings
  3. Pada bagian HTTPS Availability Rubah pengaturan ke >NoCara Mengatasi Error HTTPS Availability di Blogger
  4. Tunggu sampai pengaturan disimpan sempurna oleh sistem blogger
  5. Logout
  6. Hapus cache dan history Browser kemudian tutup 
  7. Tunggu beberapa menit (minimal 5 menit)
  8. Buka kembali browser
  9. Login ke Blogger
  10. Buka bagian Settings
  11. Pada bagian HTTPS Availability Rubah pengaturan ke >YesCara Mengatasi Error HTTPS Availability di Blogger
  12. Tunggu sampai pengaturan disimpan sempurna oleh sistem blogger
  13. Selesai. Tunggu beberapa menit untuk sistem beradaptasi

Error HTTPS SSL Certificate failed to be processed

Cara ini untuk error dengan notifikasi atau tulisan seperti berikut:

"HTTPS SSL Certificate failed to be processed due to challenge data not being visible through the public internet. Check your DNS setup. The operation will retry shortly." atau "This setting is unavailable while HTTPS Availability is processing. Check back later."

Untuk masalah atau error dengan notifikasi seperti diatas tidak bisa diatasi hanya melalui halaman blogger. Notifikasi diatas menandakan bahwa ada permasalahan pada pengaturan DNS.

Cara Mengatasi Error HTTPS Availability di Blogger

Segera periksa pengaturan DNS dan nameserver yang Anda gunakan saat ini. Jika nameserver yang Anda gunakan dari penyedia server private seperti cloudflare maka Anda harus segera menggantinya jika ingin mengaktifkan redirect HTTPS atau HTTPS Availability di blogger aktif sempurna.

Namun jika Anda tidak ingin berpindah dari name server yang digunakan, maka Anda harus menggunakan fitur sertifikat HTTPS yang disediakan oleh name server yang Anda gunakan, tidak bisa menggunakan fasilitas HTTPS dari blogger.

Pindahkan name server yang sedang digunakan kepada nameserver penyedia domain Anda. Contohnya idwebhost, niagahoster, dan nameserver dari luar negeri seperti godaddy, hostgator, dll.

Jika Anda sudah merubah name server silahkan dilanjutkan dengan mengikuti langkah - langkah pada error HTTPS Availability is being processed. Check back later diatas.

Bagaimana dengan pengaturan HTTPS Redirect?

Untuk pengaturan kedua setelah HTTPS availability, yaitu HTTPS Redirect yang tidak bisa dirubah atau tidak bisa di klik, Anda tidak perlu khawatir. Setelah Anda menyelesaikan error - error diatas maka pengaturan HTTPS Redirect akan otomatis aktif.

Jika pengaturan diatas semua berhasil maka Anda akan menemukan notifikasi seperti ini dihalaman dashboard blogger Anda (dalam bahasa Inggris /Indonesia):

Your HTTPS settings have changed. All visitors are now able to view your blog over an encrypted connection by visiting https://www.rinditech.com. Existing links and bookmarks to your blog will continue to work. Learn more.

Semoga artikel cara mengatasi error HTTPS availability redirect di blogger ini membantu, jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. M. Nafiurohman
    M. Nafiurohman
    Senin, Januari 10, 2022
    Terima kasih informasi gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 11, 2022
      Sama - sama gan, senang dapat membantu.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!