Beranda
Toko Online
Tokopedia
Tutorial
Syarat Mengikuti Flash Sale Tokopedia Sebagai Penjual
Syarat Mengikuti Flash Sale Tokopedia Sebagai Penjual
Image Credit: Tokopedia

Berikut ini adalah syarat agar produk kita dapat mengikuti Flash Sale Tokopedia, tentu saja sebagai penjual. Apa saja syaratnya? Bagaimana pengajuannya? Berapa lama waktu yang dibutuhkan dari mulai pengajuan sampai waktu flash sale?

Kami ingatkan lagi, ini adalah syarat - syarat untuk Anda sebagai penjual, bukan pembeli. Jika Anda mempunyai produk yang ingin muncul di halaman flash sale Tokopedia, maka Anda wajib mengetahui syarat - syarat yang akan dibahas didalam artikel ini.

Pastikan juga bahwa Anda memiliki akun dan toko online di Tokopedia aktif. Aktif disini bukan berarti harus ada penjualan setiap hari, tetapi toko Anda tidak sedang dinonaktifkan karena berbagai hal. So, pastikan bahwa produk - produk anda dapat ditemukan melalui kolom pencarian produk.

Syarat Mengikuti Flash Sale Tokopedia Sebagai Penjual

Tidak semua syarat dan ketentuan untuk mengikuti flash sale tokopedia akan kami bahas, tetapi kami sudah memilih beberapa hal yang memang penting dan wajib diketahui. Jadi Anda akan memiliki waktu untuk persiapan bagi produk Anda tampil di halaman flash sale.

Berikut ini Adalah Syarat dan Ketentuan agar produk kita dapat tampil di halaman flash sale Tokopedia.

Flash Sale Tokopedia Hanya untuk Seller pilihan

Pendaftaran ini hanya berlaku bagi Seller yang menerima undangan langsung dari notifikasi resmi Tokopedia (Email, chat, Info Penjual). Jadi polanya dipilih langsung oleh pihak Tokopedia. Sampai saat ini, penjual (seller) tidak dapat mengajukan permohonan secara langsung.

Tetapi penjual harus menunggu undangan atau ajakan langsung dari pihak Tokopedia. Jadi meskipun toko Anda tidak berminat untuk mengikuti flash sale tokopedia, bisa jadi malah toko Anda yang mendapat undangan duluan, dibanding penjual lainnya.

Kami yakin bahwa Tokopedia selalu melakukan penilaian secara internal terhadap pelapak atau toko online yang terdaftar. Jadi pastikan toko Anda selalu berada dalam performa yang baik dan tidak melakukan pelanggaran yang dalat mengurangi penilaian.

Satu Penjual Satu Produk

Satu penjual (seller) hanya bisa mengajukan satu barang untuk dinaikan kedalam daftar flash sale tokopedia. Meskipun penawaran kita sangat menarik untuk dipajang di flash sale tetap saja kita hanya bisa mengajukan satu jenis barang.

Meskipun dibatasi hanya satu barang, kita tetap dapat menerapkan diskon yang sangat menarik untuk barang lainnya. Biasanya ketika calon pembeli melihat penawaran kita di halaman flash sale, mereka akan lanjut mengunjungi halaman toko kita dan melihat baran lain yang tersedia di etalase toko online kita.

Jumlah & Harga Produk (Minimal - Maksimal)

Harga < Rp 1jt: 10 Unit

Harga >= Rp 1jt: 5 Unit

Sesuai dengan keterangan diatas, jika harga produk kita dibawah satu juta rupiah (Harga <Rp. 1jt) maka kita harus menyediakan produk minimal sebanyak 10 unit atau 10 pcs.

Dan jika harga produk kita satu juta rupiah atau lebih (Harga>=Rp 1jt) maka kita harus menyediakan barang minimal sebanyak 5 unit atu 5 pcs.

Sebenarnya bisa saja kita rubah persediaan produk kita di sistem tokopedia sesuai keinginan kita. Namun ada baiknya kita juga ikuti dengan jumlah riil yang bisa kita sediakan. Jangan sampai ketika orderan banyak kita tidak sanggup untuk memenuhinya, akan berdampak buruk bagi reputasi toko.

Berapa jumlah maksimal? Jumlah produk yang muncul di halaman flash sale tokopedia maksimal yaitu 200 unit atau 200 pcs. Ingat, pembatasan jumlah maksimal ini hanya untuk produk yang akan mengikuti flash sale, selain dari itu bebas seperti biasanya.

Berapa harga maksimal? Harga maksimal untuk satu buah produk di flash sale tokopedia yaitu Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah). Biasanya untuk harga laptop dengan spek tinggi bisa mencapai puluhan juta rupiah, atau emas batangan puluhan gram juga bisa mencapai harga puluhan juta.

Jumlah diskon harus berapa persen (%)?

Sesuai peraturan yang kami dapatkan langsung dari pihak tokopedia, jumlah diskon yang diberikan minimal 10% atau sebesar Rp. 10.000. 

Dengan catatan penjual tidak melakukan mark up harga dari harga barang yang sebenarnya. Misalnya, sebelum menerapkan diskon Anda menaikan dahulu harga produk. Jika ditemukan ada kecurangan, pihak tokopedia tidak segan - segan untuk melakukan tindakan tegas.

Anda juga harus bisa menjamin bahwa harga akhir (setelah diskon) yang Anda tawarkan adalah harga dibawah pasar. Sehingga pembelipun tidak merasa tertipu jika membeli saat flash sale di toko Anda.

Batas kadaluarsa produk

Jika produk Anda mempunyai masa kadaluarsa seperti produk makanan, maka produk Anda harus memiliki masa kadaluarsa minimal 30 hari terhitung dari waktu produk Anda muncul di halaman flash sale.

Jika produk Anda makanan atau sejenisnya, pastikan bahwa seluruh persyaratan dan dokumen perijinan lengkap seperti BPOM, dan perijinan atau sertifikat lain yang dibutuhkan.

Standar foto produk

Gambar produk yang ingin Anda ikutkan kedalam daftar flash sale tokopedia harus memiliki gambar yang bersih (clear) dengan latar putih. Selain itu pada gambar tidak boleh ada watermark atau tanda apapun, hanya gambar produk saja.

Jika Anda masih bingung bagaimana hasil foto yang harus Anda buat, coba saja lihat halaman flash sale tokopedia saat ini (jika ada), maka seperti itulah produk Anda harus terlihat. 

Tokopedia juga tidak memperbolehkan Anda untuk menyimpan watermark atau tanda apapun seperti nama toko, website personal, atau apapun yang tidak ada hubungannya dengan produk.

dan peraturan umum lainnya

Maksud dari peraturan umum adalah peraturan yang memang sudah ada dari awal sebelum ada peraturan flash sale.

Contohnya seperti dilarang menjual barang - barang yang dilarang oleh hukum di Indonesia, dilarang menampilkan foto vulgar atau sejenisnya, dan peraturan lainnya yang biasa kita temukan di toko online seperti Tokopedia.

Semoga artikel mengenai syarat - syarat untuk mengikuti flash sale tokopedia ini dapat membantu Anda yang ingin produknya tampil atau muncul di halaman flash sale tokopedia. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa.

Cara Daftar Flash Sale Tokopedia? Jika Anda sudah memahami syaratnya secara jelas, baca juga penjelasan lengkap mengenai cara mendaftar di flash sale Tokopedia di lik artikel dibawah ini:

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. H. Nur
    H. Nur
    Senin, Oktober 28, 2019
    Semoga bermanfaat dan sukses..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 28, 2019
      Aamiin.. Terimakasih bu atas doanya.. Do'a yang sama juga untuk ibu.. :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!