Beranda
Computer
Microsoft
News
Penjelasan Arti Kode Huruf di CPU Prosesor Intel
Penjelasan Kode Huruf di CPU Prosesor Intel

Penjelasan dan arti kode huruf di prosesor Intel semua seri /type. Pernah lihat kode seperti ini: Core i7 8700K atau 8550U atau 7700HQ atau akhiran - akhiran lain seperti huruf X, M atau huruf lainnya. Apa arti dari huruf - huruf yang ada di kode CPU Prosesor Intel?

Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing - masing dalam hal menentukan nama produk ataupun type dari setiap produk yang mereka jual. Seperti iPhone misalnya menggunakan angka seperti iPhone 6, 7, 8, dst. Samsung menggunakan kombinasi antara huruf dan angka misalnya Samsung A3, J3, Galaxy S7, S8, dst.

Untuk penamaan pada prosesor, khususnya prosesor Intel, juga tidak jauh berbeda. Penamaan atau pemberian kode akan mempermudah semua pihak untuk mengetahui kategori prosesor itu berada dan juga spesifikasi yang ada didalamnya.

Untuk penamaan kategori awal seperti Intel Core i5, i7 maupun i9 pasti teman - teman disini sudah pada tahu. Dan umumnya memang semakin besar angka semakin bagus performanya (walaupun tidak 100%).

Namun bagaimana dengan spesifikasi detailnya yang biasanya diikuti dengan angka dan juga huruf seperti Intel Core i7 8700K, 8550U, 7700HQ, dll. Lalu apa artinya huruf - huruf tersebut? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau Lainnya di Komputer

Penjelasan Kode Huruf di CPU Prosesor Intel

K

Jika teman - teman pernah melihat atau bahkan menggunakan prosesor dengan huruf K dibelakangnya (contoh: Core i7 8700K, Core i9 9900K) maka teman - teman dapat melakukan overclock lebih mudah pada prosesor type ini. Huruf K didalam kode ataupun type prosesor intel mewakili kata UNLOCKED. 

Penjelasan Arti Kode Huruf di CPU Prosesor Intel

Untuk para overclocker mania yang selalu tidak puas dengan performa standard prosesor pastikan kalian membeli prosesor type K ini.

Walaupun nilai peningkatan terlihat tidak signifikan seperti 5 % atau 10 % diatas settingan standar, tetapi hasilnya akan jauh berbeda dan terasa. Apalagi jika aplikasi atau game yang kita mainkan adalah game kelas berat.

Baca juga: Cara Cek Suhu Prosesor CPU dan VGA di Komputer

H

Contohnya pada prosessor adalah Intel Core i3 7100H. Kode huruf H ini mewakili kata "High Performance Graphics" yang memfokuskan pada performa tampilan pada layar komputer /laptop. 

Dengan dimaksimalkannya tampilan pada layar kita, maka dengan otomatis prosesor tipe ini membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Maka dipastikan konsumsi baterai ataupun listrik akan lebih boros.

HQ

Huruf 'H' pada HQ ini sama artinya dengan pengertian H sebelumnya yaitu mengutamakan tampilan di layar "High Performance Graphics" dan huruf 'Q' pada HQ ini mewakili kata "Quad core". Dengan kombinasi HQ ini maka konsumsi daya (listrik) juga akan lebih besar lagi. 

dan dipastikan penggunaan prosesor HQ biasanya untuk item komputer /laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi (advance) dan lebih mahal tentunya. :)

Baca juga: Cara Merekam Layar Komputer dengan Audio, Gamer Masuk! 

U

Huruf "U" mewakili "Ultra Low Power" dan bisa kita temukan salahsatunya pada chip Intel Core i5 7200U dan biasanya prosesor ini dipakai oleh produk laptop /notebook yang didesain untuk menyimpan baterai lebih lama.

Penjelasan Kode Huruf di CPU Prosesor Intel

Dengan penyimpanan baterai yang efisien maka waktu penggunaan pun pastinya akan lebih lama. Prosesor ini biasanya digunakan untuk laptop dengan spesifikasi penggunaan normal seperti mengetik, menonton film, online, dll.

Dengan mengutamakan efisiensi pada konsumsi listrik maka ada hal yang harus 'dikorbankan'. Pada prosesor tipe ini tentunya yang 'dikorbankan' adalah performa.

E

huruf E mewakili kata "ECC memory". prosesor tipe ini memiliki sistem yang memungkinkan pemulihan 'corrupt' yang tersimpan. Misalnya pada saat kita menggunakan komputer dan sistem mengetahui ada file yang rusak atau 'corrupted' maka ECC memory bertugas untuk memperbaikinya dan mengembalikan file ke versi normal.

Umumnya ECC memory diperlukan pada sistem komputer yang berbasis online 'cloud base' yang mana kerusakan data akibat perpindahan yang berlebihan memiliki potensi yang lebih tinggi. Maka teknologi ECC memory sangat diperlukan.

T

Contohnya seperti prosesor intel Core i7 6400T. Hampir sama dengan huruf U (low power) yaitu difokuskan untuk menghemat penggunaan daya listrik. Namun prosesor dengan tipe T ini digunakan pada komputer desktop /PC (bukan laptop). 

Prosesor Intel tipe T ini biasanya digunakan pada komputer /PC dengan perangkat lengkap (All-in-one) dimana mereka menjual satu paket komputer lengkap. Biasanya perangkat komputer dan sistemnya bersatu dengan layar.

Penjelasan Arti Kode Huruf di CPU Prosesor Intel
Biasanya juga komputer jenis ini dijual satu paket lengkap dengan keyboard dan mouse, dan tidak bisa dibeli terpisah.

P

Prosesor tipe ini pada umumnya tidak memiliki 'no integrated graphics (no GPU)'. yang berarti harus menggunakan GPU external untuk menampilkan gambar di layar.

Namun beberapa tahun terakhir prosesor tipe P ini telah memiliki "integrated graphics card" namun dengan kualitas dibawah standard.

Dengan kualitas GPU yang sangat rendah tentunya ada alasan. Yup! hal itu menjadikan prosesor tipe P ini menjadi lebih rendah dalam masalah harga. Dengan begitu kita dapat mengalokasikan dana yang ada untuk GPU eksternal yang lebih baik.

X

Huruf X ini mewakili kata "Extreme Edition" dimana prosesor tipe ini selain UNLOCK (sama seperti tipe K) juga memiliki performa yang paling tinggi dan juga jumlah 'core' paling banyak. 

Contohnya adalah prosesor Intel Core i9-7980XE (Extreme Edition).

Penjelasan Kode Huruf di CPU Prosesor Intel

Dan pastinya tipe ini juga adalah tipe paling mahal dari semua prosesor Intel yang ada di pasaran. Jika teman - teman melihat PC dengan prosesor tipe X ini maka dapat dipastikan PC tersebut bergelar sultan... hehe

Lengkapnya silahkan lihat daftar dibawah ini (beserta contohnya):

  • X /XE = Extreme Edition (Contoh: Intel Core i9-7980XE)
  • K = Unlocked multiplier (Contoh: Intel Core i7-8700K, Core i7-6700K, Core i7-6600K)
  • G = Includes discrete graphics on package (Contoh: Intel Core i7-8705G)
  • U = Ultra Low Power (Contoh: Intel Core i7-8650U, Core i7-7500U)
  • H = high performance graphics (Contoh: Intel Core i3-7100H)
  • HK = high-performance graphics, unlocked (Contoh: Intel Core i7-7820HK)
  • HQ = high-performance graphics, quad core (Contoh: Intel Core i7-7920HQ)
  • M = Mobile (Contoh: Core i7-4600M, Xeon E3-1535M v5)
  • MQ = quad-core mobile (Contoh: Core i7-4702MQ)
  • MX = Mobile Extreme Edition (Contoh: Core i74940MX)
  • C = Unlocked LGA 1150 based +high performance graphics (Contoh: Core i7-5775C)
  • R = Desktop processor BGA1364 (mobile) based. with high-performance graphics (Core i7-5775R)
  • S = Performance-optimized lifestyle (Contoh: Core i7-4770S)
  • T = Power-Optimized Lifestyle (Contoh: Intel Core i7-6700T, i5-6600T, i3-6300T)
  • Q = quad core
  • Y = extremely low power (Contoh: Intel Core i7-7Y75)
  • E = ECC memory 
  • F = Doesn't have integrated graphics at its disposal (Contoh: Core i9-9900KF, i7-9700KF, i5-9600KF, i5-9400F)
  • P = no integrated graphics (Contoh: Core i5-6402P)

Semoga artikel penjelasan tentang kode huruf di CPU atau prosesor Intel ini dapat bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputar kode huruf ini silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Terimakasih. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

34 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 25, 2023
    hallo kak, saran dong rakitan pc desain grafis budget 10jt hehe
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 26, 2023
      Di YouTube sudah banyak contohnya, dicari saja "rakit pc 10 juta untuk desain grafis" pasti banyak yang muncul
  2. Devlin Izyansyah Putra
    Devlin Izyansyah Putra
    Rabu, Maret 15, 2023
    hallo kak mau tanya intel i7-1065g7 itu apa sudah bagus dari pada i3-1215u, untuk eu pada intel i7-1065g7 itu ada berapa ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 18, 2023
      Yang i7 itu generasi ke-10 dan yang i3 itu generasi ke-12. Untuk perbandingan detailnya saya kurang dan harus dilihat juga spesifikasi lainnya.
  3. Admin
    Admin
    Sabtu, April 09, 2022
    Kalau tidak ada hurufnya gimana?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, April 09, 2022
      Contohnya seperti apa?
  4. Ryuuki655jaus 7
    Ryuuki655jaus 7
    Kamis, Januari 06, 2022
    Kak saya mau tanya, Procesor i7 3630qm kan artinya Quadcore mobile. Nah Quadcore mobile itu apa yang membedakan dengan seri lain seperti serti q dan seri k. Apakah performanya dibawahnya seri h atau gimana kak
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 06, 2022
      Kalau dilihat dari situs Microsoft sih seri QM khusus untuk perangkat seperti laptop. Kalau seri umum seperti Q dan K tersedia untuk laptop dan juga PC. Kalau detailnya sih saya juga kurang tahu.
  5. Mbah MboIS"
    Mbah MboIS"
    Jumat, November 19, 2021
    Kalau Intel Pentium T2370 Artinya Apa?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, November 21, 2021
      Kalau dari data di halaman Intel sih itu prosesor khusus mobile (HP). Tapi untuk detailnya saya juga kurang tahu.
  6. Zharfan
    Zharfan
    Rabu, Oktober 20, 2021
    Kalo Tidak ada Kode Huruf di belakangnya itu artinya gimana ya? (Contoh Intel Core i3-8100)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 20, 2021
      Itu berarti prosesornya tidak diberi 'nickname' atau keterangan tambahan. Untuk alasannya saya juga kurang tau tapi pada dasarnya sih kode ini bersifat tambahan saja untuk pengelompokan, bukan berarti yang tidak ada kode huruf jelek atau palsu.
  7. Martin SRF
    Martin SRF
    Senin, September 13, 2021
    Insightful min! nice to you! Btw next topic kode pada VGA ya dijelasin seperti diatas xixixii
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, September 14, 2021
      Makasih ya. Oke kalau sudah dapat materi lengkapnya nanti saya buat.
  8. Unknown
    Unknown
    Minggu, Agustus 15, 2021
    Seri U dengan M lebih bagus mana yah bang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Agustus 15, 2021
      Tidak bisa langsung dibandingkan seperti itu. Harus dilihat juga spesifikasi lainnya dan kebutuhan kita sebagai pengguna.
  9. Muzakki
    Muzakki
    Minggu, Juli 11, 2021
    kalo (intel celeron 1000M) itu huruf M apa ya kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 12, 2021
      Kalau dilihat dari dokumen nya sih "M" nya itu untuk "Mobile" sama seperti yang ada di daftar diatas
  10. Dzikri
    Dzikri
    Senin, Juni 21, 2021
    Kalo HX apa ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 22, 2021
      Saya kurang tau kalau spesifik HX tapi kemungkinan sih masih termasuk keluarga H yang fokus di performa grafis
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Minggu, Mei 30, 2021
    berati serie tertinggi intel itu X/XE ya kak? atau ada yg lain?:)




    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 31, 2021
      Kode yg dijelaskan disini lebih ke fitur/peruntukan, jadi bisa saja ada yg bukan XE tapi masuk kelas premium. Tapi umumnya sih memang yang X/XE itu ada di prosesor sultan juga (high-end).
  13. reyxzul
    reyxzul
    Selasa, April 27, 2021
    bng klo intel coleron 1000M Naik ke i3 misal i3 seri 2420m itu apa artinya yaa
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 27, 2021
      Saya kurang tau kalau yang itu, dan pastikan juga kalau mau upgrade soket nya cocok ya
  14. Unknown
    Unknown
    Selasa, April 20, 2021
    kalau CPU (i5-6500 CPU) arti CPU nya brrti apa ya??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 20, 2021
      Kyknya itu bukan kode deh, itu CPU maksudnya "central processing unit" dalam artian umum
  15. Unknown
    Unknown
    Rabu, Februari 03, 2021
    Mau tanya bang kalo Intel i5- 3317U itu bacanya Intel generasi ke brp ya saya mau tau
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 03, 2021
      itu generasi ke 3 klo ga salah. dilihatnya dari angka yang di depan.
  16. Khusnul Fajri rhomadon
    Khusnul Fajri rhomadon
    Rabu, Januari 27, 2021
    Kalau F apa ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Januari 27, 2021
      F itu untuk prosesor yang tidak memiliki integrated graphic card (seperti type P)
  17. Unknown
    Unknown
    Rabu, September 23, 2020
    Terima kasih informasinya. Sangat membantu..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 24, 2020
      Sama - sama, senang dapat bermanfaat tulisannya
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!