Beranda
Social Media
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)
Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)
@aww.sam

Berikut ini adalah cara untuk menambahkan link di Instagram Story. Biasanya ditandai dengan tulisan Swipe Up atau See More pada bagian bawan layar. Bagaimana caranya? Adakah syarat untuk dapat menambahkan link di IG Story?

Setiap aplikasi akan selalu melakukan perbaikan agar para penggunanya tetap merasa nyaman dan tidak berpindah (ke aplikasi lain). Begitu juga dengan Instagram yang selalu melakukan pengembangan dan saat ini adalah menambahkan fitur baru. 

Fitur ini membolehkan kita untuk menambahkan link external (atau internal) pada postingan di Story. Link eksternal seperti link ke halaman website atau ke halaman lapak kita di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, dll.

Link internal yang dimaksud diatas adalah link yang lokasinya masih berada di aplikasi instagram yaitu link ke IG TV.

Baca juga: Cara Mudah Dark Mode di Instagram Android & iPhone

Syarat untuk menambahkan link di Instagram Story

Sampai saat ini syarat yang diwajibkan untuk dipenuhi hanya ada dua, namun sepertinya tidak begitu mudah bagi sebagian besar pengguna. syaratnya yaitu:

  1. Akun Instagram Bisnis
  2. Follower 10K (10.000) atau lebih

Kenapa sih harus ada syaratnya?

Seperti yang kita tahu dengan fitur menambahkan link di instagram story, berarti kita akan membawa pengikut (followers) kita yang mengikuti (klik) link tersebut untuk meninggalkan aplikasi Instagram untuk sementara. 

Artinya Instagram harus benar - benar memastikan bahwa fitur link tersebut tidak disalahgunakan, untuk penipuan atau hal negatif lainnya. Salah sau cara yang memang mudah untuk memilih siapa saja yang dapat menggunakan yaitu diukur dari jumlah follower yang dimiliki.

Awalnya fitur ini hanya untuk pengguna yang memiliki 1M (1.000.000) followers. namun sekarang lebih mudah yaitu hanya 10K (10.000) followers, jadi ada kemungkinan syarat ini akan terus dipermudah.

Baca juga: Cara Regram /Repost Postingan di Instagram 

Instagram Bisnis?

Jika akun anda masih akun personal silahkan untuk merubahnya dahulu ke instagram bisnis. Silahkan cari di bagian >Settings >Switch to Business Account.  Selanjutnya ikuti langkah - langkah yang ada dilayar.

Perubahan ini pada dasarnya tidak memiliki syarat khusus, kita hanya perlu menambahkan data - data lebih detail sesuai permintaan pada proses perubahan.

Jika kita sudah memenuhi  dua syarat diatas kita lanjutkan ke tutorial ini. 

Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)

Sekali lagi pastikan kita sudah memenuhi syarat yang telah dijelaskan diatas. Apabila sudah silahkan ikuti tutorial atau langkah - langkah dibawah ini:

  1. Buka Aplikasi Instagram (Login)
  2. Buka Menu untuk Postingan Story baru
  3. Pilih Foto /Video /Tulisa kata - kata yang ingin kita tambah dengan link website (link eksternal)
  4. Silahkan Edit /tambahakan emotikon (bila perlu)
  5. pada bagian atas layar akan muncul ikon untuk menambahkan link (seperti ikon rantai bertaut). Klik ikon tersebut.
    Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)
    later.com
  6. Masukan link yang ingin kita bagikan di Story tersebut. Klik Next /Done.
    Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)
    later.com
  7. Bila perlu tulis juga kata - kata agar follower anda melakukan swipe up atau geser ke atas. Contohnya seperti "geser ke atas untuk keterangan lebih lanjut", dll.
  8. Post ke Story. Selesai!

Apakah menambahkan link di instagram story berhasil?

Apabila berhasil pada Instagram story kita akan terlihat tanda panah keatas pada bagian bawah layar. Silahkan saja coba sendiri usap /geser keatas untuk memeriksa apakan link nya berfungsi atau tidak.

Baca juga: Cara Menghapus Story di Instagram

Alternatif pasang link jika belum memenuhi syarat

Jika akun anda belum memenuhi syarat untuk dapat memasang link di story, bisa dengan memasang link di bio. Cara ini memang jauh lebih ribet jika dibandingkan dengan pasang link langsung di story, tetapi lebih baik dari pada menyuruh followers anda mengetik ulang link di browser.

Untuk mendapatkan 10 ribu followers itu bukan perkara mudah bagi kita - kita yang bukan public figure. Jadi dari pada kita nunggu sampai 10 ribu followers dulu, lebih baik gunakan fasilitas yang ada dulu, karena pada akhirnya sama aja, memberitahukan followers bahwa ada link yang bisa dibuka.

Sebelum melakukan postingan di feed atau di story, pastikan dulu link yang ingin anda bagikan disimpan di kolom bio. Baru setelah link tersimpan di bio, silahkan beritahu followers anda baik di postingan feed ataupun story.

Jangan lupa cantumkan tulisan "Link in Bio" atau kata - kata sejenisnya biar followers anda bisa langsung menuju halaman profil anda untuk membuka link yang anda maksudkan.

Semoga artikel mengenai cara menambahkan link di instagram story /swipe up ini bermanfaat dan dapat membantu teman - teman yang sedang mencari tutorial atau informasi ini. Apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

6 komentar

  1. Mrs. Redy Widyatama
    Mrs. Redy Widyatama
    Kamis, November 04, 2021
    Alhamdulillah udah bisa nambah link. Setelah akunku aktif selama 3tahun follower 3.000an.. jadi ndak harus nunggu 10k
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 05, 2021
      Wah informasi bagus nih, semoga yang lainnya juga bisa tambah link ya walaupun belum punya 10k followers
  2. Maul_Ani16
    Maul_Ani16
    Senin, Februari 01, 2021
    Udah jdi akun bisnis tapi ttp ga bsa
    Bisanya bagikan ig tv bukan link
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 02, 2021
      Follower nya sudah diatas 10.000?
  3. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Juli 18, 2020
    Followers ku sdh 13K ttp tdk bisa share link :"(
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 18, 2020
      Apakah akunnysa sudah dirubah ke akun Bisnis? Karena selain jumlah followers akunnya juga harus akun bisnis. Caranya merubah ke akun bisnis sudah ada ditulisan diatas ya
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!