Beranda
Accessories
Tips 'n Trick
Tutorial
Scanner Tidak dapat Digunakan di Printer HP? Ini Solusinya
Scanner Tidak dapat Digunakan di Printer HP? Ini Solusinya

Scanner di Printer HP tidak berfungsi? Masalah Bisa Print tapi Tidak bisa scan? Driver tidak dapat terinstall sempurna? Auto update gagal terus? driver not found? Berikut ini solusi yang saya lakukan dan berhasil membuat semua fungsi printer dapat digunakan.

Langkah atau solusi mengatasi scanner yang tidak bisa digunakan ini telah saya praktikan kepada printer HP (Hewlett Packard) Advant K209 Ink, Untuk Printer type lain saya kira juga bisa dicoba dengan cara ini, karena type printer bisa menyesuaikan nantinya.

Sebelumnya saya mempunyai masalah dalam pengoperasian printer HP ini, driver telah terinsal dan bisa melakukan print seperti seharusnya. namun untuk fitur scan tidak dapat digunakan karena program yang seharusnya otomatis terinstall saat menginstall driver, tidak dapat ditemukan.

Sudah memilih Complete Install tapi program scanner tidak ada

Ketika melakukan install driver dari CD bawaan, kita biasanya diberikan pilihan apakah kita ingin menginstall driver secara lengkap atau hanya beberapa fitur saja yang di install. pada saat itu saya memilih "complete install" yang berarti seluruh fitur yang terdapat didalam driver tersebut akan diinstall dan kita otomatis akan dapat menggunakan fitur - fitur tersebut, termasuk fitur scanner.

Namun setelah proses installasi selesai, saya tidak menemukan program bawaan dari CD atau program Menu dari printer HP tersebut. fitur printer pun hanya dapat diatur dari control panel atau dari program saat akan melakukan print. Otomatis fitur untuk melakukan scan pun tidak dapat ditemukan.

Baca juga: Cara Lengkap Print Amplop di Microsoft Office (Word)

Solusi Scanner tidak dapat digunakan di Printer HP

Masalah yang saya temukan berada di Driver yang di install di PC. Jika dilihat di halaman Device Manager terlihat bagian driver printer mempunyai tanda seru kuning yang berarti  driver (printer) yang di install tidak terpasang secara sempurna.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki scanner di printer HP yang tidak dapat digunakan. Silahkan coba berurutan, apabila sudah berhasil di cara yang pertama, maka anda tidak perlu lagi mencoba cara yang kedua, karena tujuan kita adalah membuat scanner di printer HP dapat berfungsi atau dapat digunakan.

#1 Menggunakan Fitur Auto Update untuk Scanner yang tidak dapat digunakan

Pada umumnya apabila kita menemukan tanda seperti itu kita hanya perlu melakukan update driver dengan menggunakan fitur auto-update yang tersedia pada Windows 7 sampai Windows 10. caranya sebagai berikut:

Sebelum memulai, untuk cara yang pertama ini PC yang kita gunakan harus memiliki koneksi internet karena akan melakukan update driver secara online.
  1. Buka halaman folder (Win + E)
  2. Klik kanan pada Bagian My Computer /This Computer
  3. Cari dan Pilih >Manage. Halaman "Computer Management" akan terbuka.
  4. Cari dan Pilih >Device Manager
  5. Cari Symbol /tulisan Printer (yang mempunyai tanda seru kuning)
  6. Klik kanan pada tanda seru berwarna kuning tersebut hingga muncul menu popup
  7. Cari dan pilih >Update Driver
    Scanner Tidak dapat Digunakan di Printer HP? Ini Solusinya
  8. Akan muncul pilihan sumber file, pilih >Search Automatically for updated driver software
  9. Tunggu beberapa saat, Selesai!

Setelah komputer berhasil menginstal driver terbaru, maka tanda seru berwarna kuning tersebut akan hilang. Segera periksa pada settingan printer >Control panel >Devices and Printer >Manage Printer. Akan muncul tampilan baru pada bagian ini jika update driver berhasil.

Kemudian periksa juga pada bagian program yang terinstall, apabila cara ini berhasil akan ada program baru official dari HP bernama "HP Solution Center" untuk mengoperasikan printer melalui PC, termasuk scanner, melakukan perintah scan file yang telah tersimpan pada tray bagian atas.

Note: Apabila berhasil dengan cara pertama ini, maka anda tidak perlu untuk melakukan cara kedua. namun apabila belum berhasil bisa dicoba cara kedua dibawah ini:

#2 Menggunakan Update Driver Khusus Untuk Masalah Scanner yang tidak dapat digunakan di Printer HP

Cara yang kedua ini sebenarnya tidak memerlukan koneksi internet, siapkan saja Driver yang sudah ada dari CD bawaan produk printer (namun lebih baik driver yang telah update).

  1. Copy dan simpan file Driver Printer pada memori internal PC
  2. Nonaktifkan Antivirus yang terinstall di PC /Komputer (Settingan setiap antivirus berbeda - beda, ini adalah gambar dari pengaturan di antivirus Windows Defender bawaan di Windows 10.
    Scanner Tidak dapat Digunakan di Printer HP? Ini Solusinya
  3. Install Driver dengan cara Klik kanan >Run as Administrator
  4. Pilih >Quick install atau >Complete Installation
  5. Selalu berikan izin (permission) seperti >Allow /Accept jika program meminta izin saat proses install. (Saat proses install program akan meminta ijin akses beberapa kali)
  6. Tunggu hingga proses install Complete. Selesai!

Setelah proses install selesai, segera periksa halaman >Device Driver. Apabila tanda seru pada bagian printer hilang, maka proses install berhasil.

Selain driver untuk printer, driver untuk scanner juga akan terinstall secara otomatis. Hal ini ditandai dengan program baru yang terinstall di komputer. Untuk printer HP, program yang terinstall biasanya bernama "HP Solution Center".

Scan file melalui aplikasi HP Solution Center

Apabila program HP Solution Center telah terinstall maka kita akan melihat menu untuk melakukan scan file yang ada pada tray scanner di printer. Untuk lengkapnya bisa ikuti langkah - langkah berikut ini:

  1. Simpan file /foto di tray scanner pada printer
  2. Buka aplikasi >HP Solution Center
  3. Cari dan Pilih tombol >Scan
    Scanner Tidak dapat Digunakan di Printer HP? Ini Solusinya
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul hasil scan di layar komputer.
  5. Atur ukuran atau halaman yang akan di Save.
  6. Klik >Done! /Finish!
  7. Cari Hasil scan di folder default (C: My Picture\My Scan)
  8. Selesai.

Mungkin ada beberapa perbedaan kata - kata atau tombol pada aplikasi printer, khususnya diluar merk HP seperti Canon dll. Namun pada prinsip nya sama saja urutannya.

Semoga artikel ini dapat membantu teman - teman yang sedang mencari pembahasan mengenai Scanner yang tidak dapat digunakan di Printer merek HP. Apabila ada pertanyaan silahkan simpan pada kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

15 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 28, 2021
    ka Rindi, hp ku awalnya bisa scan.. tapi hari ini tetiba ga bisa dengan keterangan could not complete scan, harus gimanakah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 29, 2021
      Sebenarnya ini beda pembahasan ya, hehe. Tapi coba di restart aja dulu HP nya, terus coba lagi. Biasanya itu karena memori nya penuh dan banyak aplikasi yang masih berjalan di background
  2. ika
    ika
    Selasa, Maret 16, 2021
    Terima kasih ilmunya. Akhirnya masalah tuntas tas.. tas...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 16, 2021
      Sama - sama Ika! Senang bisa membantu tulisannya
  3. Sifebri
    Sifebri
    Sabtu, Oktober 26, 2019
    apakah harus pake driver dari cd bawaan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 26, 2019
      Tidak perlu dari CD bawaan, yang penting drivernya cocok dan sesuai dengan type nya.
  4. Sifebri
    Sifebri
    Sabtu, Oktober 26, 2019
    saya sudah melakukan keduanya, namun masih gagal ada saran lain mas?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 26, 2019
      Kalau masih belum bisa dicoba di update dulu ya windows nya, atau bisa dicoba di komputer atau laptop lain. nanti ketauan yang masalahnya di komputernya atau di printernya.
  5. JABER
    JABER
    Rabu, Mei 29, 2019
    THANKS BANGAET BANG
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 30, 2019
      Sip Jaber! Sama - sama senang dapat membantu :)
  6. humairah chan
    humairah chan
    Jumat, Maret 29, 2019
    alhamdulillah... Terima kasih gan... printer ana sudah sembuh.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 29, 2019
      Hi Yuniza!
      Siap sama - sama,, senang dapat membantu dan selamat menggunakan scanner nya :)
  7. M Hadi H, S.T.
    M Hadi H, S.T.
    Senin, April 02, 2018
    Pagi gan.
    Request artikel dong gan.
    Bagaimana cara ganti total protocol http menjadi https di custom domain seperti blognya agan. Terkhususnya di template blog ini. Terimakasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, April 02, 2018
      Halo gan Hadi!
      Boleh gan, doain aja semoga proses pembuatan tutorialnya lancar :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!