Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA)

Rindi Putra
16 Komentar
Beranda
Tutorial
WhatsApp
Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA)
Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA)

Tiba – tiba semua kontak yang sudah di Save hilang, di daftar chat pun yang muncul nomornya saja. Di Phonebook kontaknya masih ada tapi tidak muncul saat dicari di whatsapp, begini cara memulihkannya.

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi kemudian disempurnakan dengan berbagai macam cara alternatif dimana jika teman – teman tidak berhasil dengan yang pertama, maka masih banyak cara lainnya yang dapat dicoba karena dalam beberapa kasus membuktikan bahwa walaupun type handphone nya sama, namun cara penanganannya berbeda – beda.

Beberapa waktu yang lalu aplikasi WhatsApp yang kami gunakan menunjukan keanehan, seluruh nama kontak yang sedang melakukan chat dengan kami tiba – tiba berganti dengan nomor whatsapp yang mereka gunakan. Begitupun nama – nama anggota group yang telah di simpan ikut menghilang. Ketika membuka halaman kontak whatsapp pun terlihat kosong seperti menggunakan whatsapp baru.

Akhirnya kami memutuskan untuk tidak melakukan tindakan apa – apa terlebih dahulu dengan harapan masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya. Ternyata setelah lebih dari 24 jam masalah tersebut masih ada. Akhirnya kami mulai melakukan beberapa tindakan untuk memulihkannya dan Alhamdulillah, selesai dengan beberapa langkah singkat dibawah ini:

Cara mengemblikan nama kontak yang hilang di Whatsapp

Dalam tutorial ini kami menyediakan beberapa cara yang dapat dicoba, apabila anda berhasil di cara pertama maka anda tidak perlu lagi melakukan cara lainnya.

#1 Edit “Permission”

Cara pertama ini adalah cara yang sudah kami buktikan dan langsung berhasil pada percobaan pertama. Belum dapat dipastikan kenapa setting permission di smartphone kami menjadi berubah, namun dari bagian inilah semua masalah selesai. Ada yang mengatakan bahwa ini karena update OS di smartphone, ada juga yang mengatakan karena factor sistem keamanan yang digunakan.

Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini untuk mengaktifkan kembali settings perizinan (permission) pada hp kita.

Smartphone Xiaomi

  1. Buka Aplikasi Security bawaan Xiaomi
  2. Pilih tombol “Permissions”
  3. Pilih (lagi) tombol “Permissions”
  4. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp
  5. Rubah menjadi Ceklis hijau (berikan izin akses) pada bagian “Read your contacts”

Smartphone Android Secara Umum:

  1. Buka bagian Settings
  2. Cari dan pilih menu Applications
  3. Cari kemudian pilih aplikasi WhatsApp pada daftar aplikasi yang muncul
  4. Buka bagian Permissions
  5. Aktifkan bagian “Contacts” atau "Read your contacts"
    Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA)

Tunggu beberapa saat, sekitar 30 menit, agar aplikasi whatsapp dapat memunculkan atau mengembalikan seluruh nama kontak yang telah anda miliki sebelumnya. Bila perlu lakukan restart pada smartphone Anda.

Apabila anda tidak dapat menemukan bagian permission di smartphone anda, jangan mimbang, langsung saja pakai cara yang kedua.

Apabila sumber permasalahan yang anda alami sama dengan kami, maka seharusnya dengan cara pertama diatas sudah dapat memunculkan kembali kontak – kontak yang hilang tersebut. Namun apabila masih belum muncul bisa dilanjutkan dengan cara kedua dibawah ini.

#2 Update Aplikasi

Sebenarnya bukan kepada kebutuhan sistem yang baru, namun setelah kita melakukan update biasanya aplikasi kan melakukan permintaan ulang untuk dapat mengakses beberapa asset yang ada di smartphone anda, termasuk mengakses contact yang ada disana.

Silahkan lakukan update aplikasi WhatsApp anda melalui PlayStore atau App Store sesuai jenis OS yang anda pakai (Android atau iOS). Jangan lupa juga aktifkan perizinan whatsapp pada bagian Contacts atau read my contacts seperti langkah pada cara pertama.

Setelah mengubah setting atau pengaturan mengenai perizinan atau permission maka sistem akan mulai melakukan update kontak seperti sebelumnya. Butuh waktu beberapa menit agar pengubahan setting ini terlihat perubahannya. Jika perlu lakukan juga restart pada smartphone Anda agar proses restart lebih sempurna.

#3 Edit "Contact to Display"

Apabila belum berhasil Anda bisa mencoba dengan mengaktifkan seluruh sumber kontak yang ada untuk diakses oleh aplikasi whatsapp yang ada di smartphone anda. Karena tidak sedikit smartphone yang menyimpan kontak telepon langsung ke email sehingga tidak dapat terbaca oleh sistem pada aplikasi (WhatsApp).

Untuk cara ketiga ini kita tidak melakukan perubahan setting di aplikasi whatsapp, namun sekarang kita akan melakukan pengaturan di aplikasi phonebook atau kontak smartphone anda lalu kemudian kembali ke WhatsApp.

  1. Buka aplikasi Contacts (Phonebook)
  2. Cari dan buka “Contact to display” pada bagian Menu
  3. Ceklis (Aktifkan) semua akun atau email tempat anda menyimpan nomor atau kontak.
  4. Buka Aplikasi WhatsApp
  5. Buka kemudian lakukan refresh pada bagian contacts.

Whatsapp sekarang masih menjadi aplikasi berkirim pesan favorit pengguna smartphone di Indonesia mengalahkan BBM ataupun aplikasi berkirim pesan lainnya. Dengan tingginya tingkat penggunaan sebuah aplikasi maka semakin besar pula resiko aplikasi tersebut mengalami masalah. Walaupun pihak pengembang terus melakukan perbaikan, tetap saja kemungkinan ‘crash’ itu pasti ada.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai cara mudah mengembalikan nama kontak WhatsApp yang hilang semua. Dengan langkah dan cara – cara yang dapat dipilih atau menjadi alternatif apabila cara yang satu tidak berhasil, maka masih ada cara lain yang dapat dicoba.

Apabila ada pertanyaan ataupun saran silahkan langsung simpan pada kolom komentar dibawah seperti biasanya. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Artikel Menarik Lainnya Tentang WhatsApp:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

16 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 23, 2021
    Saya sdh mencoba kontaknya diizinkan setingannya tp ga tahu k3napa setiap ada pencadangan selalu nama kkntaknya hilang cuma hanya no aja. Minta sarannya . Trimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 23, 2021
      Harus di cek HP nya langsung kalau gitu, aneh juga kalau namanya tidak bisa tersimpan harusnya nomor nya juga tidak tersimpan. Saya sarankan sih kalau masih bingung datang ke tempat service aja, sepertinya ada settingan yang tidak diaktifkan, gak harus bongkar HP.
  2. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 02, 2021
    Terima kasih... Sangat membantu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 02, 2021
      Sama - sama!
  3. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juli 30, 2021
    Thanks ya infonya.. Udah dicoba, berhasil pulih kontaknya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 31, 2021
      Sama - sama ya!
  4. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juli 30, 2021
    Bang klo nama kontak wa ilang gara" abis setel ulang pref aplikasi gimana tuh cara ngembaliin nama" yg ilang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 31, 2021
      Pref itu preferensi kan? Harusnya sih bisa pakai cara diatas, kasih permission untuk baca daftar kontak di HP
  5. Superseven
    Superseven
    Selasa, Desember 08, 2020
    Tengs gan akhirnya...👍🏾 pake cara pertama nama kontak dlm itungan detik aja lgsg kembali normal, mantap infonya 🙏🏼
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 09, 2020
      Sama - sama gan, yup! berarti masalah kita sama ya di bagian permission :)
  6. Erik
    Erik
    Kamis, Agustus 29, 2019
    Terimakasih mas. Sangat sangat membantu. Request mas. Watsap kadang gak ada nitifikasi. Tuggu d buka dulu baru muncul. Gimana cara perbaikinya. Terimakasih babang ganteng
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 30, 2019
      Terimakasih kembali mas sudah memberikan testimoni disini. Baik kami terima request nya ya mas
  7. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 20, 2019
    Thanks info nya, kebetulan kontak wa sy hilang semua, langsung dicoba cara pertama, alhamdulillah nunggu sekitar 5 menit kembali pulih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 22, 2019
      Wah cepet banget tuh cuman buth 5 menit. Selamat mas, senang informasi nya bermanfaat.
  8. Yuli Aenuropiq
    Yuli Aenuropiq
    Kamis, Februari 15, 2018
    maksih mas infonya nihh...kebetulan kontak wa saya pada ilangg nihh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Februari 15, 2018
      Siap mas Yuli! lanjutkan :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!