Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android (Xiaomi)

Rindi Putra
34 Komentar
Beranda
Android
Tutorial
Xiaomi
Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android (Xiaomi)
Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android (Xiaomi)

Berikut ini adalah cara untuk melakukan eject /remove flashdisk OTG (On the Go) atau flashdisk apapun di HP Android. Di PC atau computer biasanya muncul tulisan “remove safely” jika flashdisk yang terhubung sudah dapat dicabut dari portnya. Lalu bagaimana cara melakukan eject flashdisk yang benar di smartphone?

Teknologi yang ada didalam smartphone semakin beragam, mulai dari software sampai hardware pendukung yang terkadang seperti agak ‘berlebihan’. Teknologi yang ada didalam sebuah smartphone akan dinilai berlebihan jika penggunanya tidak memanfaatkan teknologi tersebut dengan maksimal, atau bahkan banyak yang masih belum tahu smartphone yang dibeli itu dapat melakukan apa saja.

Salah satu fitur baru atau teknologi yang terlihat sekali fungsinya di smartphone adalah fitur untuk terhubung dengan alat penyimpanan seperti flashdisk langsung ke HP tanpa melalui perantara seperti PC ataupun laptop.

Sekarang, cukup dengan menggunakan kabel converter USB OTG kita sudah dapat menghubungkan flashdik dengan smartphone. Bahkan sudah ada flashdisk yang mempunyai 2 buah port, 1 port USB yang biasa digunakan untuk terhubung dengan computer atau laptop, dan satu lagi port Micro USB yang dapat langsung dihubungkan dengan port micro USB di smartphone (yang biasa digunakan untuk mengisi baterai).

Apakah semua Smartphone dapat terhubung dengan flashdisk?

Jawabannya adalah Tidak. Kenapa? Karena dibutuhkan teknologi terbaru agar sebuah smartphone dapat mengakses data yang berada di dalam sebuah flashdisk atau media penyimpanan lainnya.

Seiring berjalannya waktu kami yakin bahwa dalam waktu tidak lama lagi semua smartphone produksi baru akan support flashdisk OTG. Dilihat dari kegunaannya yang sangat banyak, seperti mengakses data di flashdiksk bahkan hardisk external, sangat mungkin bahwa semua produsen akan segera membekali seluruh smartphone baru mereka dengan fitur USB OTG ini.

Cara Aman Eject Remove Flashdisk OTG di HP Android

Pilihan Eject /Remove Flashdisk di area notifikasi sering hilang

Saat flashdisk pertama kali dihubungkan ke smartphone, biasanya muncul notifikasi device baru yang terhubung dan pada notifikasi tersebut juga terdapat pilihan remove /eject flashdisk sehingga bila kita telah menekan tombola tersebut maka flashdisk dapat di cabut atau di keluarkan dengan aman, tanpa takut merusak atau menghilangkan file yang ada di flashdisk.

Namun terkadang dan bahkan sering, setelah kita mengakses file atau folder yang ada di flashdisk melalui smartphone pilihan eject atau remove media (flashdisk) yang ada di area notifikasi menjadi tidak ada atau hilang. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat memisahkan kedua benda tersebut dengan aman, tanpa takut kehilangan data karena dicabut paksa.

Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android

Berikut ini adalah cara aman untuk melakukan eject atau remove flashdisk OTG yang terhubung dengan HP android. Pada contoh praktek kali ini kami menggunakan smartphone Xiaomi yang katanya mempunyai system keamanan yang lebih ketat dari HP android lainnya.

  1. Pastikan tidak ada aktifitas yang mengakses penyimpanan di flashdisk, seperti copy, merubah nama file, melihat – lihat foto yang ada di flashdisk, dll.
  2. Buka bagian >Settings (>Pengaturan)
  3. Pilih bagian >Storage (>Penyimpanan)
  4. Pada bagian USB STORAGE pilih >Unmount (>Lepaskan)
  5. Klik >Ok. Tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa koneksi benar – benar sudah sepenuhnya terputus.
  6. Cabut flashdisk dari HP. Selesai!
    Cara Aman Eject Remove Flashdisk OTG di HP Android

Setelah melakukan langkah – langkah diatas maka data yang ada di kedua media atau perangkat sudah aman untuk dicabut dan data – data yang ada tidak akan rusak karena proses mencabutan media penyimpanan external (flashdisk) yang salah.

Kami yakin bahwa cara ini tidak hanya untuk smartphone Xiaomi, untuk merk lainpun dapat mengikuti langkah – langkah yang ada di tutorial ini. Mungkin akan sedikit berbeda dari tulisan /menu yang ada namun pada prinsipnya semua sama, pengaturan untuk melakukan eject atau unmounts berada pada bagian penyimpanan (storage).

Walaupun fitur ini sangat memudahkan kita untuk melakukan transfer file dari penyimpanan eksternal, tetapi kami tidak menyarankan anda untuk menghubungkan flashdisk ke HP terlalu sering karena dikhawatirkan port (lubang) yang ada di smartphone cepat lecet atau menjadi berkurang kemampuannya. Lakukan disaat butuh saja, atau lakukan transfer file dalam jumlah yang banyak pada satu kali penghubungan.

Ada masalah?

Bila teman – teman mengalami kendala atau masalah error saat melakukan tutorial atau langkah – langkah diatas, silahkan simpan pertanyaan ataupun saran pada kolom komentar dibawah seperti biasa. 

Semoga artikel atau tutorial mengenai cara melakukan eject atau remove USB flashdisk di HP Android ini dapat menjadi solusi dan referensi teman – teman. Terima kasih, tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

34 komentar

  1. acong gupaklem
    acong gupaklem
    Rabu, Desember 15, 2021
    redmi note 5 sy, klau pas colok otg notif diatas muncul, buat copy atau baca data sebentar skitar 1-5menit, notif diatas masih ada, tapi kalau copy atau baca file lama, notif diatas hilang. dicari di seting-penyimpanan jga tdk ada, tapi di manajer file msih ada dan terbaca, kdang sy off device bru cabut, tpi klau pas malas ya lngsung sy cabut sj, apakah aman ya klau keseringan??
    makasih banyak sebelumnya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 15, 2021
      kalau keseringan ya sebenarnya bisa merusak. Kalau memang gak bisa di unmount pastikan saja gak ada file yang sedang dibuka atau sedang ditransfer saat cabut usb nya.
  2. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 30, 2021
    Realme 5 pro, saya sudah pindahkan file ke flasdis lewat otg. Setelah itu awalnya foto terbaca. Lalu saya matikan otg dari pengaturan. Pas saya sambungkan lagi otg flasdis ke hp ko file yg ada di flasdis hilang semua. Tolong pencerahannya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 31, 2021
      Kalau itu sepertinya ada kesalahan teknis saja, gak sengaja ke format atau rusak di FD nya. Coba aja test di komputer apakah masih bisa menyimpan data atau tidak.
  3. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juni 24, 2021
    Kak aku pengennya biar muncul dinotif lagi bisa gak, ada caranya kahh?, soalnya lebih cepat klo ada notifnya daripada harung di setting dulu, klo bisa kasih caranya ya kak, cara yang kakak kasih udah bener cuma lebih nyaman aja kalo notifnya muncul lagi kak
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 27, 2021
      Secara default sih harusnya informasi koneksi muncul di notifikasi. Coba restart HP terus aktifkan mode 'USB Debugging'. Cara nya bisa lihat di artikel ini: https://www.rinditech.com/2021/06/solusi-hp-xiaomi-tidak-bisa-connect-ke-laptop-transfer-file.html (kalau tidak bisa di klik, copy-paste di browser)
  4. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juni 10, 2021
    Ms sy mau tanya klau d hp kn biasa ad 3 tombol untuk kembali ke menu utama misalnya kotak bwt ke menu sebelumnya,lingkaran bwt lgsg ke awal ,sama segitiga.tp ko pny sy cm 2 tanda strip am segitiga tlg bntu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 11, 2021
      Coba cari di widget tombolnya, biasanya ada pilihan disana untuk mengatur tombol - tombol
  5. Toni
    Toni
    Senin, Juni 07, 2021
    Kak, hp saya xiaomi note 8. Awalnya USB connect tapi pas lagi buka file, putus ga conect lagi. Ditunggu beberapa saat connect lagi dan putus lagi. Ketika dilayar utama kiri atas ada logo USB akhirnya aku klik dan ada 2 pilihan. Aku klik salah satu logo USB hilang dan sampe sekarang. OTG aku ganti baru tetap saja logo USB dikiri atas tidak muncul muncul lagi, mohon solusi agar logo usb dikiri atas bisa muncul lagi..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 08, 2021
      Sepertinya koneksi tidak sengaja dirubah ke 'charge only'. Coba di google/youtube cara aktivasi USB debugging di HP Xiaomi, itu untuk mengaktifkan transfer file antara HP dan komputer
  6. -
    -
    Selasa, Oktober 27, 2020
    Halo. Terima kasih atas informasinya.
    Kalo penyimpanan tidak bisa diklik (pas di klik keluar) bagaimana ya? Soalnya semua aplikasi sampai tidak bisa buka foto + gambar, bahkan pas buka aplikasi langsung keluar. Terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 28, 2020
      Sepertinya ada masalah di memory nya, coba buka dulu di komputer/laptop. Biasanya nanti keliatan memory nya masih bagus atau tidak
  7. dkomashop
    dkomashop
    Kamis, Oktober 08, 2020
    HP sy redmi note 3 pro, sebelumnya bisa digunakan dgn Otg sandisk, tp setelah itu ga terdeteksi lagi, sy sudah coba format sesuai tutorial di google tapi masih gak kedeteksi, sy coba di hp lain juga gak bisa. sy coba flasdisk otg lain ternyata bisa, gimana harusnya memformat FD otg agar kembali kedeteksi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 08, 2020
      Coba format ntfs dan fat32. klo dua2 nya masih gabisa sepertinya memang flashdisknya yang ada masalah, bisa karena colokannya rusak/konslet atau bisa juga kotor (bisa coba dibersihkan).
  8. gelly
    gelly
    Senin, Oktober 05, 2020
    kak hp sy merek lenovo s5 tpi di storagenya g ad option lepas usb atau yg lainnya cuma ad informasi penyimpanan internalnya aja.kok gitugimn dong cara lepas usb dng aman?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 06, 2020
      Kalau ga muncul di penyimpanan internal biasanya bisa di eject dari area notifikasi. Kalau di area notifikasi juga ga ada ya berarti memang tidak perlu lagi di eject. pastikan aja saat dicabut semua proses copy-paste sudah selesai sempurna
  9. Unknown
    Unknown
    Selasa, Agustus 04, 2020
    Bagaimana Cara menghenti kan otg d HP infinik hot 8
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Agustus 05, 2020
      Coba lihat di pengaturan memory, kalau masih terpasang biasanya muncul disana. Dipilih saja dan cari pilihan eject atau lepaskan
  10. Cputra
    Cputra
    Sabtu, Agustus 10, 2019
    Saya terlanjur cabut otg krn dilayar ga ada notif proses transfer sudah sls atau blm. Ternyata otg corrupted dan mnt format ulang. Gimana cara selametin data yg uda tersimpan di otg sblmnya sblm saya fix otg corrupted ini? Mohon bantuannya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 13, 2019
      Klo sudah seperti itu sepertinya harus diperbaiki melalui laptop atau komputer. Bisa di troubleshooting atau di scan melalui sistem disk management atau CMD. Lebih lengkapnya langsung aja di google cara memperbaiki flashdisk yang corrupted / error. Semoga cepat teratasi!
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Agustus 03, 2019
    Setelah pindah file dari sdcard ke flasdis,notif USB tidak ada untuk di eject, gmn? Sy pakai mi a2 lite.mohon solusinya.thx
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Agustus 04, 2019
      Apakah sudah coba cara - cara diatas? Seharusnya didalam sistem storage masih ada terlihat flashdisk yang terhubung. Jika memang tidak ada, silahkan buka lagi sdcard nya, dan jika masih tidak ada di notif dan di sistem settings, langsung dicabut saja (tapi jangan dibiasakan).
  13. Unknown
    Unknown
    Rabu, Mei 08, 2019
    trmksh, ,pencerahan yg cukup bijak. 🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 08, 2019
      Sama - sama gan, senang jika agan sudah tercerahkan dengan tulisan ini.
  14. Shark
    Shark
    Selasa, April 30, 2019
    Di hp saya gak ade unmount usb pada storage.Adakah boleh di cabut begitu saja?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 02, 2019
      Kalau tidak ada unmount usb tidak apa - apa dicabut, pastikan sebelum dicabut tidak ada file yang sedang diakses di USB. pastikan software selalu up to date.
  15. Rindi Putra
    Rindi Putra
    Sabtu, Maret 30, 2019
    Harusnya sih opsi unmount muncul di semua type HP. Untuk sementara sih tidak ada masalah, pastikan saja jika ada update software langsung diupdate karena biasanya masalah itu muncul dari software yang tidak sempurna.
  16. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 06, 2018
    Maaf di xiaomi saya di penyimpanan gak ada unmount usb, apakah aman usb nya langsung dicabut?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 07, 2018
      klo tidak ada unmount kemungkinan sudah aman untuk dicabut. pastikan setelah dicabut tidak ada file yg rusak atau hilang. semoga membantu :)
  17. Aditya
    Aditya
    Rabu, September 19, 2018
    Maaf bagaimana dengan smartphone xuaomi yang sudah telanjur di eject? :'D
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 21, 2018
      Kalau tidak ada data yang hilang atau error berarti tidak ada masalah. selanjutnya harus lebih berhati - hati lagi.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!