Beranda
Peraturan
Security
Tutorial
Cara & Biaya Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi
Cara & Biaya Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi
polri.go.id

Berikut ini adalah cara atau langkah - langkah membuat surat kehilangan di kantor polisi. Lalu apakah ada biaya untuk membuat surat kehilangan ini? Bila ada, berapa biayanya? Semua akan dijelaskan pada artikel ini berdasarkan pengalaman beberapa kali membuat surat kehilangan di kantor polisi.

Membuat laporan resmi ke kantor polisi merupakan langkah yang sangat penting saat kita mendapatkan musibah kehilangan, baik itu kehilangan barang berharga seperti mobil, motor ataupun surat (kartu) seperti dokumen perjanjian sampai kepada kartu ATM ataupun kartu KTP. Secara resmi semua harus dilaporkan ke kantor polisi.

Selain digunakan untuk mengurus pembuatan ulang barang yang hilang, surat laporan kehilangan juga akan ditanyakan apabila barang yang dilaporkan tersebut ditemukan terutama barang – barang umum seperti kendaraan ataupun benda elektronik yang kemungkinan dapat diakui oleh orang banyak. Berbeda dengan KTP ataupun kartu keanggotaan karena disana tertera jelas nama kita.

Sebelum ke langkah – langkah ada baiknya kita mengetahui siapakah sebenarnya yang harus melakukan laporan kehilangan bila barang yang hilang tersebut dihilangkan bukan oleh si pemilik melainkan dihilangkan atau hilang saat berada dibawah tanggung jawab orang lain.

Baca juga: Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan - Ini Total Uang yang Saya bayarkan

Siapakah yang harus melaporkan kehilangan ke kantor polisi?

Bila barang tersebut hilang saat digunakan atau saat berada didalam tanggung jawab orang lain (bukan pemilik) siapakah yang harus melaporkan kehilangan tersebut? Apakah orang yang menghilangkan walaupun bukan pemilik? Ataukah pemilik walaupun bukan yang menghilangkan?

Hal ini pernah dialami langsung oleh tim rinditech dimana saat itu kartu ATM orangtua kami hilang saat berada di tangan kami, nah secara pemikiran mudahnya yang melaporkan kehilangan seharus yang menghilangkan kaan.. karena merasa orang yang menghilangkan kamipun langsung bergegas membuat laporan kehilangan di polres setempat untuk nantinya digunakan sebagai syarat untuk pembuatan kartu ATM baru di bank.

Sesampainya di kantor polisi dan sudah duduk berhadapan dengan petugas pencatat laporan anak tersebut ditanya kartu ATM tersebut atas nama siapa? Lalu dijawab, terdaftar atas nama Ibu saya. Seketika petugas pencatat laporan tersebut menghentikan proses pengetikan dan langsung memberitahu bahwa yang harus melaporkan haruslah pemilik kartu ATM tersebut. Anak tersebut langsung berkata, kan hilangnya sama saya pa..” petugas pun membalas, “walaupun dihilangkan oleh orang lain, tetap harus pemilik kartu ATM yang melapor”.

Dari kasus diatas sudah jelas bahwa yang harus melakukan pelaporan adalah orang yang secara resmi memiliki benda tersebut, walaupun dihilangkan oleh orang lain.

Baca juga: Cara Membuat SKCK Online untuk CPNS dan Umum 

Cara Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi

Berikut ini adalah cara untuk membuat laporan surat kehilangan di kantor polisi sesuai pengalaman pribadi. Mungkin ada beberapa hal kecil yang berbeda di setiap daerah namun saya yakin pada umumnya prosedur di seluruh Indonesia akan sama.

  1. Siapkan KTP Asli (dan KTP Fotokopi untuk jaga – jaga)
  2. Siapkan Dokumen – dokumen yang berhubungan dengan barang yang hilang seperti Buku tabungan, STNK, BPKB, dll.
  3. Datang ke Polres setempat.
  4. Biasanya di gerbang akan ada polisi yang piket untuk berjaga dan mendata tamu. Utarakan keperluan anda “membuat surat laporan kehilangan” dan tanyakan dimana tempatnya.
  5. Masuk ke tempat pembuatan laporan, lalu ambil antrian (bila ada).
  6. Setelah mendapat giliran, langsung saja utarakan bahwa anda ingin membuat surat laporan kehilangan barang … (sebutkan nama /jenis barang anda yang hilang)
  7. Anda akan diberi beberapa pertanyaan seperti dimana terakhir melihat, kira - kira pukul berapa hilangnya, dan juga beberapa informasi mengenai barang yang hilang seperti nomor polisi, nomor rekening, ataupun data lain yang berkaitan dengan barang yang hilang.
  8. Setelah menunggu proses pencetakan (print) surat laporan, anda akan diminta untuk tanda tangan di berita acara dan di surat laporan, sebagai pelapor.
  9. Terima surat laporan dari petugas, Selesai!
Setelah menerima surat laporan kehilangan dari petugas, jangan lupan untuk melakukan pemeriksaan data – data yang dimasukan oleh petugas, menghindari kesalahan pengetikan ataupun pencantuman data – data anda yang penting.

Biaya pembuatan surat laporan kehilangan di kantor polisi

Apakah ada? Lalu kalau ada, berapakah biaya untuk sekali laporan pembuatan surat kehilangan di kantor polisi?

Berdasarkan pengalaman, tahun 2017 saat mengantarkan orang tua membuat surat kehilangan kartu ATM, kami tidak dikenai biaya, alias GRATIS!.

Saat menunggu proses pencetakan surat, orangtua saya berbisik kepada saya, “bayar berapa?” kemudian saya jawab dengan sok tau “gratis mungkin”.

Tidak lama kemudian petugas memberikan surat kehilangan yang telah selesai dicetak, orangtua saya menerima surat tersebut kemudian mengucapkan terima kasih (tanpa memberikan uang atau bertanya “berapa biayanya?”), petugas pun tidak meminta kami untuk membayar, lalu kami pamit dan meninggalkan ruangan.

Dulu (sebelum tahun 2017) saya pernah membuat surat kehilangan dan diminta uang seikhlasnya oleh petugas, itupun setelah saya bertanya “berapa?” dan waktu itu saya bayar dua ribu rupiah, diterima. Namun sepertinya sekarang pembuatan surat laporan kehilangan tidak dikenakan biaya, berdasarkan pengalaman di paragraf sebelumnya.

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman atau bapak ibu yang sedang mencari cara atau pengalaman memebuat surat laporan kehilangan di kantor polisi. Apabila ada yang ingin ditanyakan ataupun ingin berbagi pengalaman silahkan simpan pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

81 komentar

  1. Fadqii
    Fadqii
    Jumat, Maret 25, 2022
    Saya kehilangan kartu atm. Mau mengurus ke bank dan polisi. Tapi alamat saya dibuku tabungan masih alamat lama. Sedangkan di KTP sudah alamat baru. Nanti bakal gimana ya min?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 25, 2022
      Harusnya sih gpp ya, kan NIK nya gak berubah dan pihak bank juga pasti ada banyak data lain untuk verifikasi seperti nomor rekening, nomor HP, nama ibu kandung, dll.
  2. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 12, 2022
    Tnyak ya kk klo misalnya kehilangan surat pengaraian emas gmn bisa ya kk katanya suruh ngurus surat kehilangan d kantor polisi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 12, 2022
      Sama saja seperti diatas, yang penting bawa dokumen pendukung seperti fotocopy surat yang hilang atau nomor referensinya biar nanti dicantumkan di surat kehilangan.
  3. GUSTI ARY
    GUSTI ARY
    Kamis, Februari 10, 2022
    Kak kalau yang hilang akta kelahiran gimana? Apakah ada biayanya atau dokumen yang harus di bawa?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Februari 10, 2022
      Kalau proses nya sih sama saja seperti diatas. Dari informasi yang saya dapatkan sih hanya perlu bawa KTP, KK, dan fotocopy akta yang hilang. Untuk biaya saya kurang tau, tergantung kantor polisinya.
  4. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 22, 2021
    Saya baru aja ngurus surat kehilangan kartu BPJS di Polsek daerah Demak tp dimintai uang biaya 20k, saya bilang biasanya 10k pak. Mgkn karena hari Sabtu atau gimana sy gak tau akhirnya daripada ribut ngeviralin polisinya akhirnya saya kasih walaupun hati kesel banget, semoga bapak polisinya segera bertaubat.
  5. Unknown
    Unknown
    Rabu, November 24, 2021
    Mas
    Buku tabungan saya hilang sudah 2 bilan lalu,gimana solusinya??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 25, 2021
      Saran saya sih lebih baik tanyakan dulu ke CS bank, apakah perlu surat kehilangan kepolisian untuk membuat buku tabungan baru atau tidak. Kalau CS bank bilang harus ada surat kehilangan polisi ya berarti harus membuat dulu surat keterangan kehilangan di kantor polisi.
  6. Unknown
    Unknown
    Selasa, Agustus 03, 2021
    Ka kalo kehilangan rapot SD dan yg menghilangkan pihak skolah itu gmn ya? Apa bs yg mengurus surat tersebut dr pihak skola. Krn sy jg bingung nnti klo ditnya kronologinya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 03, 2021
      Kalau memang salah sekolah ya harusnya buat lagi yang baru, sebagai pengganti. Dari pada repot ke kantor polisi.
      Tapi kalau memang butuh surat kehilangannya ya lebih baik dua2nya aja datang ke kantor polisi, jadi enak kasih keterangannya.
  7. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 10, 2021
    Kalau hilang ktp udh lama,,dan saya tidak punya copian nya gk apal nik nya krn udh trll lma hilang pas gk lg d kmpung gimn gan,,Apa gk di persulit pembuatan surat kehilngan nya coz mau buat ktp baru? Mohon di jawab ya trimaksh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Mei 11, 2021
      Kalau NIK gak apal bisa dilihat di kartu keluarga (KK) disitu ada data nomor NIK setiap anggota keluarga. Dan untuk jaga - jaga, bawa juga fotocopy KK ke kantor polisi sebagai pengganti bukti KTP yang hilang bahwa itu memang benar KTP kita yang hilang.
  8. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Mei 08, 2021
    Mau tanya,dulu saya buat atm dan buku rekening dikantor cabang tulungagung, sudah lama kira"dari tahun 2016,lalu atm dan buku rekening hilang,karena lupa meletakkannya dimana,posisi kerja diarea tulungagung, dan karena saldo sedikit,saya berpikir untuk membuat lagi tpi beda atm,nah yang jadi pertanyaan,saya buat pengajuan UMKM dan tercantum dinomer rekening dan atm yang hilang,bagaimana solusinya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 08, 2021
      Kalau itu sih kyknya harus dikonsultasikan dulu sama yang ngurus pengajuan UMKM, baiknya gimana, baru setelah itu kalau memang perlu bikin surat kehilangan ya tinggal datang ke kantor polisi
  9. Unknown
    Unknown
    Jumat, Februari 19, 2021
    Maaf gan mau tanya klo ngurus surat kehilangan SK pensiun yang hilang di polres di kenakan biaya berapa ya, kira kira mahal tidak terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 19, 2021
      Kalau untuk barang - barang umum sih biasanya gratis pak, seperti pengalaman saya saat membuat kehilangan kartu ATM itu gratis. Kalaupun bayar berarti itu tergantung kebijakan setiap kantor polisi.
  10. Chicken Soup
    Chicken Soup
    Senin, Februari 15, 2021
    Izin bertanya ka, waktu kehilangan ATM, langkah pertama datang ke Polsek dulu untuk meminta surat keterangan kehilangan, atau ke bank terkait dulu? Terimakasih ka 🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 15, 2021
      ke kantor polisi dulu untuk buat surat kehilangan, nanti surat kehilangannya dibawa ke bank sebagai syarat pembuatan kartu ATM baru
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. SURYA SAMSUL IBROHIM
    SURYA SAMSUL IBROHIM
    Rabu, Februari 10, 2021
    Gan,kan saya ke hilangan STNK motor tetapi motor tersebut saya beli sken gan tetatpi surat²kendaraan msh lengkap gan, apkah yg membuat surat kehilangan nya itu apa pemilik motor yg pertama atau bisa saya sendiri gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 10, 2021
      Setau saya sih yang laporan tetap harus nama yang ada di STNK. Kan di catatan samsat juga pemilik resminya masih orang lain, belum balik nama. Atau coba aja datang ke kantor polisi, tanya2 aja dulu biar jelas nanti harus bawa apa aja atau harus bawa siapa aja
  13. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 18, 2021
    Kalau atm hilang,apa harus disertai surat pengantar?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 18, 2021
      Kalau hilang biasa harus pakai surat pengantar kehilangan dari polisi. Kecuali klo hilang karena ketelan mesin ATM gak perlu surat kehilangan, langsung saja ke bank.
  14. Unknown
    Unknown
    Senin, Oktober 19, 2020
    maaf bang,kalo kehilangan rapot smp dikarenakan banjir dan tidak ada fotocopynya gimana ya?apa bisa?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 20, 2020
      Harusnya sih bisa aja ya soalnya kan itu hilang karena bencana. Apalagi kalau pihak polisinya juga tau ada banjir di daerahmu. Datang aja langsung ke kantor polisinya dan kyknya bakal dipermudah kalau karena bencana banjir gitu
  15. Achmad fahmi
    Achmad fahmi
    Jumat, Oktober 02, 2020
    Maaf mas kalau atm ketelen, apa pake surat kehilangan juga?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 02, 2020
      kalau ketelen mesin ATM nya sih setau saya ga perlu surat kehilangan, langsung aja datang ke bank buat bikin lagi. Kalau hilang baru harus pake surat kehilangan. Kecuali memang ada peraturan baru ya dari bank nya, tp setau saya tidak perlu pake surat kehilangan.
    2. Unknown
      Unknown
      Selasa, Maret 02, 2021
      Terimakasih penjelasannya dan mohon saran utk membuat surat jeterangan kehilangan faktur kendaraan motor sata gimaba
  16. Unknown
    Unknown
    Rabu, September 16, 2020
    Kalau lapor kehilangan atm biaya nya brp ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, September 16, 2020
      Seperti yang telah saya bagikan di artikel, saya tidak dipungut biaya apapun oleh petugas disana alias gratis.
  17. Unknown
    Unknown
    Minggu, Mei 31, 2020
    Hai kak rindi! Saya kmrinn baru aja kehilangan kartu ATM KJP adik saya,atas nama ibu saya QQ Ade saya, kalo saya yg ngurus sendiri bisa gak kak? Soalnya ibu saya ga bisa ngurusinnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 01, 2020
      Sebenarnya bisa diusahakan dengan surat kuasa untuk mengurus laporan, tapi sepertinya itu tergantung juga sama kebijakan kantor polisinya.. dan umumnya mereka tidak mau ambil resiko karena bisa jadi surat tersebut digunakan utk penipuan.
      Saran saya sih dtg dulu aja k kantor polisi dan utarakan permasalahannya ke petugas, termasuk keadaan ibu yg tidak bisa mengurus.. siapatau ada alternatif dari petugasnya.
  18. Unknown
    Unknown
    Jumat, Mei 08, 2020
    permisi mas,mau tanya kalau mau minta surat kehilangan KTP yg entah tercecer dimana bisa ga?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 08, 2020
      Setau saya bisa mas, yang penting ada data nomor NIK nya dan kalau ada fotocopy nya lebih bagus.
  19. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Februari 15, 2020
    Adminnya mantab semua pertanyaan dibalas 👍🏻👍🏻👍🏻
  20. Risma bengss
    Risma bengss
    Kamis, November 14, 2019
    Kalau untuk bikin surat kehilangan buat kartu perdana bisa ga ya kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 14, 2019
      Kalau memang itu syarat yang diminta oleh pihak operator atau gallery operator setempat, berarti bisa. Kalau masih ragu, saat di gerbang masuk kantor polisi bisa ditanyakan lagi kepada petugas yang sedang jaga.
  21. thymuth
    thymuth
    Minggu, Oktober 13, 2019
    Kalau misalnya mau buat surat kehilangan tp sdh lewat 3 bln dr waktu kejadian gmn mas? Saya kehilangan motor sama kunci²nya (didalemnya ada sim sama stnk juga), mau buat surat kehilangan biar pajaknya gk berkelanjutan (pdhl baru dipanjangin pajak stnk), fufu.. itu prosedurnya sama apa gmn? Apa iya harus ada pengantar RT RW jg? Mohon pencerahannya ya mas
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 15, 2019
      Kalau sudah lama seperti itu sepertinya harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak kepolisian, karena ada beberapa surat yang memang harus dibuat pada saat kejadian, seperti surat kecelakaan lalu - lintas. Tapi jika tujuannya untuk menutup tagihan pajak mungkin pihak kepolisian mempunyai solusi yang lain, walaupun nantinya surat kehilangan tidak bisa diterbitkan.
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 03, 2019
    Law kartu bpsj hilang tp sya msh ingett no nya gmn
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 03, 2019
      Setau saya bisa gan, yang penting jelas nanti saat dimintai keterangan oleh petugasnya
  24. pradanto
    pradanto
    Kamis, September 19, 2019
    Kalo kehilangan paspor namun paspor teresebut bukan milik saya dan saya coba untuk menguruskannya, apa bisa?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 19, 2019
      Kemungkinan besar tidak bisa ya, sama kasusnya seperti saya yang menghilangkan ATM orang tua namun tidak bisa membuat surat kehilangan, tetap harus pemilik kartu yang membuat laporan. Begitu juga dengan passport, harus pemilik yang melakukan pelaporan.
  25. Unknown
    Unknown
    Jumat, September 06, 2019
    Kalo bikin surat kehilangan stnk itu bayar ga sih? Tapi ada yang bilang nanti di iklanin trus kita bayar iklan tersebut 45rb
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, September 09, 2019
      Untuk membuat surat helilangan secara umum, sepengalaman saya itu gratis. Kalau tentang di iklanin atau tidak, saya kurang tahu karena baru mendengar juga dari mas sekarang.
  26. Unknown
    Unknown
    Jumat, Agustus 30, 2019
    Kalau buat kehilang sim card bisa gak ya? Soalnya udah dateng ke grapari malah disuruh buat surat kehilangan dari kepolisian
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 30, 2019
      Bisa banget mas, apalagi memang diminta langsung sama pihak grapari nya, pasti mas nya bukan yang pertama. langsung saja datang ke kantor polisi terdekat dan bilang saja ingin membuat surat kehilangan seperti yang telah dijelaskan diatas. semoga cepat selesai ya.
  27. Jaber
    Jaber
    Rabu, Juli 24, 2019
    Sangat membantu bro thanks...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juli 24, 2019
      Sama - sama bro Jaber! Senang dapat membantu :)
  28. Sukhar afriyansah
    Sukhar afriyansah
    Senin, Juli 15, 2019
    Kalau kehilangan handphone?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 16, 2019
      Kehilangan handphone juga sama saja prosedurnya. Silahkan datang saja ke kantor polisi dan beritahu bahwa Anda ingin membuat surat kehilangan. semoga membantu!
  29. Unknown
    Unknown
    Senin, April 22, 2019
    Saya punya motor vixion 2012,di pinjam tmn saya lalu sm dia di gadaikan tanpa pengetahuan saya,lalu sudah kurang lebih 6bln ga di tebus2, sampai akhirnya dia meninggal di bunuh orang, saya panik lalu saya menghubungi deler, katanya di suruh laporan ke porles, minta bikin surat kehilangan, pertanyaannya...Apa bisa bikin surat kehilangan yg bukan kawasan hilangnya motor kita?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 23, 2019
      Jika kronologi nya seperti itu, kemungkinan besar bisa. Karena jika sudah seperti itu termasuk kejadian luar biasa, apalagi ada menyangkut nyawa seseorang. semoga dilancarkan urusannya.
  30. Unknown
    Unknown
    Senin, April 01, 2019
    Kl hilamg sim gmn? Ga tau no nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, April 01, 2019
      Idealnya sih kita melampirkan fotocopy SIM nya juga, tapi kalau tidak ada copy nya ya tetep harus lapor. Minimal bawa KTP + fotocopy, selanjutnya nanti dibantu sama petugas di kantor polisi.
  31. Willywondka
    Willywondka
    Kamis, Maret 21, 2019
    Gimana kalo yg hilang ijazah ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 23, 2019
      Sama saja seperti barang /dokumen yang lain. Pastikan saja kita mempunyai salinan /fotocopy agar mempermudah petugasnya untuk mencatat detail dari ijasah kita. Semoga membantu :)
  32. Unknown
    Unknown
    Selasa, Maret 19, 2019
    Kalo kehilangan npwp yg ngurus bukan yg punya npwpnya bisa gak sama syarat"an apa aja ya terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 19, 2019
      berdasarkan pengalaman kehilangan kartu ATM, sepertinya tidak bisa diurus oleh orang lain, harus pemilik langsung yang melaporkan. Syaratnya kyk nomor npwp yang hilang atau fotokopi NPWP nya. semoga membantu :)
  33. Tampilkan selengkapnya
  34. Unknown
    Unknown
    Rabu, Maret 13, 2019
    STNK tidak ada foto copy dan tidak ada BPKB .itu gmna ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 13, 2019
      Untuk kondisi khusus seperti itu kami sarankan langsung saja datang ke kantor posili. Dan minta solusi langsung dari pihak polres atau polsek.
  35. Unknown
    Unknown
    Rabu, Maret 13, 2019
    Klo yg hilang STNK ,bukan atas nama yg ngilangin ,itu bisa ga dibuat ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 13, 2019
      bisa pak, yang penting yang melapor adalah pemilik STNK nya. semoga membantu :)
  36. Unknown
    Unknown
    Selasa, Maret 12, 2019
    Apakah nanti polisi akan membantu mencarikan barang yg hilang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 12, 2019
      Untuk barang - barang kecil seperti KTP dan kartu ATM sepertinya tidak secara khusus dicarikan. Namun semua laporan akan tetap masuk kedalam daftar barang hilang di kepolisian.
  37. Unknown
    Unknown
    Minggu, Februari 24, 2019
    jika mengurus surat kehilangan harus dipolres atau di bisa polsek juga ? dan apakah harus ada surat pengantar dari kelurahan ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 24, 2019
      Hi Nindia! Umumnya surat kehilangan juga bisa diurus di polsek terdekat. yang penting polsek tersebut memiliki fasilitasnya seperti komputer,printer,blanko surat kehilangan, dll.
      Berdasarkan pengalaman kami, untuk kehilangan barang biasa seperti kartu ATM, KTP, token bank, dll tidak memerlukan surat pengantar. Semoga membantu :)
  38. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 07, 2018
    kalau aslinya kediri terus kerja dibandung dan hilangnya di bandung perlu surat domisili ndak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 07, 2018
      klo ada sebaiknya dibawa untuk jaga - jaga. yang penting segera setelah kejadian langsung buat laporan, untuk dokumen dll nanti dipandu sama pak polisinya. semakin cepat lapor, semakin baik.
  39. Unknown
    Unknown
    Rabu, November 14, 2018
    gan apa perlu surat pengantar dari RT?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 14, 2018
      Kemarin sih ga diminta gan, yg penting bawa dokumen yg berkaitan dgn barang yg hilang aja. Klo kemarin kan sy hilang kartu ATM jd nya bawa buku tabungannya aja. Semoga bantu gan :)
  40. Unknown
    Unknown
    Jumat, November 02, 2018
    Mantap
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 02, 2018
      Yup! Semoga membantu :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!