Beranda
Facebook
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Mengganti Cover Profil Facebook dengan Video
Cara Mengganti Cover Profil Facebook dengan Video
Animoto

Berikut ini adalah cara untuk membuat dan mengganti cover profil facebook dengan video. Berapa ukuran terbaik video untuk dijadikan cover profile? Berapa detik atau menit durasi maksimal video yang dapat di upload untuk cover profile? Apakah bisa diterapkan untuk cover profil personal? Atau ada masalah ketika menerapkannya? Berikut ini cara mengatasi dan penjelasan lengkapnya.

Cover Profil atau Sampul merupakan salah satu elemen yang diberikan oleh facebook untuk setiap profil agar dapat menampilkan informasi berupa visual dengan ukuran atau space yang sangat luas, jauh lebih luas dari ukuran foto profil. Kita sering menggunakannya untuk memajang foto terbaik yang dapat mewakili isi profil keseluruhan, tidak hanya profil personal, profil berupa halaman fans page atau sebuah group pun pasti akan menggunakannya.

Seiring berkembangnya inovasi, facebook pun menambahkan fitur video yang dapat dijadikan cover profil atau sampul di profil. Beberapa tutorial sudah tersedia di google dengan berbagai versi dan cara. Belum banyak akun yang menggunakan video sebagai cover profil namun seiring berjalannya waktu mungkin fitur ini akan lebih banyak diminati dan digunakan oleh para pengguna facebook.

Syarat – syarat video agar dapat digunakan sebagai cover profile atau video sampul di facebook.

#1 Ukuran video

Ukuran terbaik untuk dijadikan cover video profile facebook adalah 820 x 462 pixel, sedangkan ukuran minimumnya adalah 820 x 312 pixel. Jadi video yang diupload harus mempunyai dimensi paling kecil yaitu 820 x 312 pixel. Ukuran tidak sama persis? Tenang saja, anda masih dapat menggunakan video apa saja dengan orientasi landscape karena nantinya penempatan video masih bisa kita atur.

#2 Durasi video

Durasi atau lamanya video yang diperbolehkan oleh facebook adalah antara 20 sampai 90 detik. Dengan kata lain bila kita upload  video durasi lebih dari 90 detik atau kurang dari 20 detik maka, sesuai pengalaman, proses upload akan bermasalah atau error.

#3 Kualitas video

Berdasarkan hasil penelusuran kami, kualitas video yang di upload harus mempunyai kualitas 1080p. Apakah bisa menggunakan video dengan kualitas dibawah atau diatas 1080p? belum begitu jelas keterangan tentang kualitas video yang diperbolehkan namun untuk berjaga – jaga lebih baik kita pergunakan video 1080p terlebih dahulu. Untuk kedepannya mungkin facebook akan mengizinkan kita untuk menggunakan video dengan kualitas yang beragam.

Tips:

Sedikit tip bagi anda yang ingin menambahkan tulisan – tulisan di dalam video, pastikan tulisan atau teks tersebut berada tepat ditengah video karena besar kemungkinan video tersebut terpotong bagian atas atau bawahnya untuk menyesuaikan frame atau ukuran cover di facebook.


Cara Mengganti Cover Profil Facebook dengan Video

Sebelum mengganti cover profil dengan video pastikan dahulu akun anda sudah mendapatkan fitur upload video untuk cover, dengan memeriksanya pada halaman anda dengan klik bagian “Change Cover” atau “Ganti Sampul”. 

Bila pilihan “Upload Foto/Video” atau “Unggah Foto/Video” tersedia maka anda sudah dapat menggunakan fitur video cover profile ini. Bila belum maka, anda harus bersabar terlebih dahulu menunggu pihak pengembang Facebook menerapkan fitur ini untuk akun anda.

Cara Mengganti Cover Profil Facebook dengan Video
Fitur ini belum dapat digunakan pada aplikasi Facebook di smartphone, harus melalui PC/Laptop.

Setelah video kita siap untuk di upload maka pastikan video tersebut sudah tersimpan didalam PC/Laptop yang akan kita gunakan untuk login ke Facebook. Lakukan Login ke website Fecebook seperti biasa kemudian buka profil atau halaman yang ingin diganti cover atau sampulnya dengan video. Klik pada gambar foto didalam cover yang bertuliskan “Ganti Sampul” atau “Change Cover” lalu pilih “Upload Foto/Video” atau “Unggah Foto/Video”.

Setelah video tersebut berhasil di upload maka kita dapat menyesuaikan posisi video tersebut sesuai keinginan kita, hanya perlu melakukan drag and drop pada video tersebut. Setelah selesai jangan lupa untuk klik tombol >Next atau >Selanjutnya.


Cara Mengganti Cover Profil Facebook dengan Video
Animoto

Sebelum mempublikasikannya kita dapat mengatur thumbnail dari video tersebut sesuai keinginan kita. Kita hanya perlu memilih dengan cara klik pada panah yang berada pada bagian kanan atau kiri gambar. Setelah selesai memilih thumbnail maka video sudah siap untuk di publikasikan sepenuhnya. Klik >Publish atau >Publikasikan. Selesai!

Setelah menekan tombol Publish maka video pun akan tampil sepenuhnya pada halaman profil yang kita ubah. Selebihnya kita dapat mengkreasikan sendiri konten – konten yang ada didalam video tersebut dengan syarat tidak keluar dari ketentuan yang telah dibuat oleh facebook.

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman yang sedang mencari tutorial atau cara untuk mengganti cover profile dengan video. Juga bagi teman – teman yang mencari syarat – syarat sebuah video dapat dijadikan cover di profil facebook.

Bila ada pertanyaan atau kendala jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar seperti biasa. Terima kash. Jadilah pengguna yang bijak!


Artikel Terkait:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

4 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 06, 2021
    Hanya bisa untuk halaman facebook boss. Kalau akun pribadi tak bisa.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 06, 2021
      Yes. Saat ini baru bisa untuk halaman/page, belum bisa untuk profil akun personal
  2. Lanang
    Lanang
    Sabtu, Maret 16, 2019
    Bila belum maka, anda harus bersabar terlebih dahulu menunggu pihak pengembang Facebook menerapkan fitur ini untuk akun anda...

    Pertanyaannya..kapan kita tahu kalau fitur kita sudah berubah untuk dapat meng upload video.. soanya di FB saya belum ada fitur tersebut.. hanya tersedia untuk meng upload foto saja..apakah kita meminta ke pada pihak facebook atau hanya menunggu saja.. mohon penjelasannya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 16, 2019
      Umumnya penerapan ini dilakukan secara bertahap. Untuk pemilihan pengguna yang mendapatkan fitur ini lebih awal biasanya ditentukan berdasarkan kriteria yang dirahasiakan. Bisa saja kita meminta langsung namun sepertinya pihak Facebook juga memiliki jadwal dan rencana sendiri mengenai kapan fitur ini diterapkan secara global, atau kapan waktu percobaan ini akan berakhir. Semoga terjawab :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!