Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS? Hati – hati Periksa Kebenarannya!

Rindi Putra
40 Komentar
Beranda
Crime
News
Security
Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS? Hati – hati Periksa Kebenarannya!
Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS? Hati – hati Periksa Kebenarannya!
Image: Kompasiana

Pernah dengar ada yang pernah mendapat surat menang undian yang dikirim lewat pos? Surat datang ke rumah dan tertulis jelas nama pemenangnya adalah salah satu orang yang ada di rumah? Mengatakan bahwa anda adalah pemenang dari undian atau program yang mereka laksanakan, dan anda hanya perlu mengurusi beberapa persyaratan saja lalu hadiah akan dikirim segera? 

Bila seperti itu, baiknya anda cek atau periksa dahulu kebenarannya dan ketahui ciri – ciri surat palsu yang datang ke rumah anda.

Beberapa hari sebelum artikel ini disusun, kami mendapatkan pertanyaan dari salah satu pembaca yang memberitahukan bahwa bliau mendapatkan amplop (surat) dari pak POS, yang berisi beberapa lembar kertas dengan keterangan bahwa bliau adalah pemenang sebuah program undian dari salah satu perusahaan ternama yang mengirim surat tersebut. 

Bagus sekali bahwa penerima surat tidak langsung mempercayai hal tersebut, lalu kemudian bertanya kepada kami. Nahhh.. apakah surat tersebut benar – benar resmi dan valid?

Baca juga: Dapat Surat Easy Shopping Hadiah 1 Miliar? Mari Cek Kebenarannya

Artikel ini disusun berdasarkan fakta – fakta lapangan yang pernah tim RindiTech saksikan ditambah dengan pemantauan di beberapa blog pribadi ataupun tulisan – tulisan  yang berkaitan dengan modus penipuan. 

Kami susun sebaik mungkin agar informasi yang disampaikan lengkap dan dapat membuat kita semua lebih waspada dan juga tidak mudah terbujuk oleh para penipu - penipu yang memang ahli di bidang mempengaruhi calon korbannya.

PT POS Indonesia sudah melakukan penyaringan surat – surat yang mencurigakan sebelum disalurkan seperti yang pernah diberitakan dalam sebuah tulisan pada tahun 2006 di laman Hukum Online (baca: Hati– hati Penipuan Lewat POS Masih Marak) , dan kami yakin sampai sekarang pun pihak PT POS Indonesia tetap melakukan penyaringan tersebut. 

Akan tetapi pasti ada saja beberapa surat penipuan yang lolos atau terlewatkan dalam tahap tersebut, Oleh karena itu kita sebagai masyarakat harus tetap teliti dan berhati – hati.

Lalu bagaimana kita dapat mengetahui apakah surat tersebut benar – benar asli dikirim oleh perusahaan yang tertera didalam surat? Apa saja ciri – ciri surat penipuan tersebut? Apa yang harus dilakukan bila kita menerima surat- surat sejenis itu? 

Berikut beberapa panduan untuk anda pertimbangkan dalam menentukan apakah surat tersebut asli atau penipuan yang disusun oleh tim RindiTech.

Dapat Telepon yang mengatakan anda memenangkan undian hadiah? lalu berjanji akan mengirim amplop melalui kantor pos? 

Hati - hati bisa jadi itu cikal bakal penipuan. sebelum melanjutkan membaca, kami sarankan (bagi yang belum) anda untuk  membaca artikel kami yang berhubungan dengan modus penipuan semacam itu pada aritkel berikut ini: Dapat Telepon Undian dan Akan Dikirimkan Surat ke Rumah? Periksa Kebenarannya!

Alur Umum Penipuan Berkedok Surat Resmi Lewat Kantor POS

Berikut ini adalah ilustrasi dari awal sampai calon korban berubah status menjadi korban. Mungkin akan ada beberapa perbedaan pada kenyataannya karena setiap penipu berbeda pola pikirnya dan juga ada yang diberi akal lebih dari lainnya sehingga dapat merancang sesuatu lebih rapid an sulit untuk diketahui bahwa hal tersebut penipuan.

#1. Calon Korban Menerima Surat dari kantor POS (atau jasa pengiriman lainnya).

Proses pertama seseorang berubah status dari warga biasa menjadi ‘calon korban’ adalah saat orang tersebut menerima surat yang dikirimkan. Entah itu surat asli atau palsu, tetap saja resiko tertipu dan menjadi korban sudah menempel bersama dengan surat tersebut.

#2. Calon Korban Terlena dengan Hadiah yang Disebutkan

Setelah membuka dan membaca isi amplop, bila tidak waspada, calon korban merasa terlena (gelap mata) karena nominal uang atau barang yang akan diterima, karena pada umumnya nama si calon korban juga telah tertulis didalam dokumen yang berada didalam amplop tersebut. 

Sehingga tidak dapat berpikir panjang langsung mempercayai apapun yang tertulis didalam isi amplop tersebut, termasuk instruksi – instruksi yang harus dilakukan setelah membaca amplop tersebut.

Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS? Hati – hati Periksa Kebenarannya!
Image: ptgemalokaoptimapenipu.blogspot.co.id

#3. Calon Korban Menghubungi Penipu

Bila telah terlena dan tidak meminta pendapat orang yang lebih paham tentang hal yang berhubungan dengan undian dan keamanan, seperti polisi, calon korban pasti akan menghubungi si penipu. 

Bila telah menghubungi penipu, calon korban sulit untuk terlepas dari bujuk rayu si penipu, karena sudah terbiasa melakukan penipuan dan berbicara dengan calon korban maka mereka akan berkata apa saja sampai calon korban mau melakukan apapun yang mereka inginkan, seperti menyuruh kita pergi ke ATM atau mengirim uang kepada rekening tertentu.

Baca juga: Kronologi Kasus Penipuan Logan Paul Hasil Investigasi Coffeezilla

#4. Penipu Mulai Meyakinkan Calon Korban

Penipu mulai mengeluarkan kata – kata yang telah dirancang sebelumnya sampai calon korban percaya dan mau mengerjakan apapun yang diinginkan. Apapun rela dikatakan agar calon korban percaya, bahkan kejadian nyata yang Tim RindiTech saksikan si penipu dengan enteng nya berkata ‘demi Allah’ padahal sudah ketahuan itu adalah penipuan. 

Maka jangan heran kalau penipu tersebut berkata – kata seperti orang yang religious dengan berkata Alhamdulillah, insyaallah, dll. Atau mungkin bila mereka mengetahui anda bukan beragama Islam mungkin mereka juga akan berkata – kata religius sesuai agama kepercayaan anda agar ada rasa ikatan batin dan percaya.

Berbicara dengan Pejabat Tinggi (Manager, Direktur, Kapolres, Menteri, Presiden, dll)

Bila perlu penipu akan meyakinkan calon korban dengan memberikan telepon tersebut kepada orang – orang penting seperti Kapolres, Polisi, Bea Cukai, Bahkan Presiden bila mereka mau. 

Yang sebenarnya semua itu adalah tipuan, sangat mudah sekali berbohong bila kita tidak dalam satu ruangan yang sama.

#5. Calon Korban Dimintai Data Pribadi Oleh Penipu

Selain mengiming – imingi dengan hadiah yang akan anda dapatkan, pelaku juga terkadang meminta data pribadi anda, baik alamat email, bahkan password atau PIN ATM anda yang sepertinya hanya untuk pendataan saja, padahal itu dapat mereka gunakan untuk menguras isi rekening anda. 

Atau lebih buruk lagi para penipu itu menggunakan data pribadi anda untuk menipu orang lain!

(Baca: Modus Penipuan Pengumpulan Data Pribadi
Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS Hati – hati Periksa Kebenarannya!
Testimoni Palsu ditampilkan agar Meyakinkan (Image: ptgemalokaoptimapenipu.blogspot.co.id)

#5. Calon Korban diminta pergi ke ATM atau Transfer Uang, Pulsa, dll

Hal yang sering terjadi adalah para korban diminta untuk datang ke ATM dengan alasan ‘untuk pencairan dana’ padahal yang terjadi adalah korban dituntun untuk melakukan transfer ke rekening milik penipu tanpa disadari. 

Atau juga meminta ditrasferkan uang untuk biaya transport, bea cukai, pajak, pulsa, dll, dengan iming – iming nanti diganti sekalian pengiriman barang, namun pada kenyataannya mereka akan menghilang setelah mendapat sesuatu dari calon korban.

#6. Calon Korban Menuruti Seluruh Permintaan Penipu

Bila Penipu sudah mulai meminta hal yang aneh – aneh seperti meminta pergi ke ATM atau mentransfer sejumlah uang, maka calon korban seharusnya mulai curiga karena banyak hal yang janggal terjadi. Namun bila sudah gelap mata maka akan sangat sulit bagi calon korban untuk berpikir jernih karena sudah membayang – bayangkan uang yang akan didapatkan.

Dengan berbagai alasan calon korban akan diminta untuk mengirimkan pulsa untuk penipu, ataupun mentransfer uang secara sedikit demi sedikit, sampai kepada pergi ke ATM dan menuruti setiap langkah yang disebutkan yang berujung pada terkurasnya saldo yang ada didalam rekening korban.

#7. Penipu Sulit dihubungi, Hilang Tanpa Jejak

Sebelum benar – benar menghilang pelaku akan tetap berkomunikasi dengan calon korban sampai mereka memastikan bahwa uang yang ditransfer dari rekening calon korban benar – benar telah mereka terima. 

Setelah mereka memastikan uang tersebut telah sampai, maka penipu mulai menjalankan tahap terakhir dari modus penipuan mereka, yaitu menghilang tanpa jejak.

Mulai dari alasan sinyal sampai kepada sedang sibuk mengurus perizinan, dan meminta calon korban untuk tidak sering – sering menghubungi. Sampai pada akhirnya mereka benar – benar menghilang bersama dengan uang yang telah mereka dapatkan. 

Sampai disini status calon korban berubah menjadi korban.


Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS Hati – hati Periksa Kebenarannya!
Penipuan Mengatasnamakan PT. TELKOM (Gambar: Bawean.net)

Penjelasan diatas adalah skema umum yang tim RindiTech dapatkan ketika mendengar langsung dari para korban yang tertipu, baik rugi pulsa 10 ribu ataupun rugi uang jutaan rupiah tetap sama saja anda sudah menjadi korban.

Cara Mengetahui Surat /Amplop Pengumuman Undian Asli atau Palsu

#1. Ingat - ingat

Seperti yang sering dibahas bahwa bila anda menerima pengumuman undian yang menyatakan bahwa anda memenangkan sesuatu, selalu di ingat – ingat lagi, apakah anda memang pernah mendaftar untuk mengikuti kuis tersebut? 

Bila tidak pernah, kami sarankan agar anda mengabaikan surat tersebut karena kemungkinannya sangat kecil bahwa pengumuman tersebut itu benar – benar asli.

#.2. Desain

Untuk Orang – orang yang berada di dunia desain grafis atau dunia perkantoran, pastinya sangat mudah untuk menandai bahwa surat atau desain yang digunakan merupakan hasil professional atau asal – asalan. 

Ketika ada dari desain - desain yang kurang enak dipandang atau warna – warna yang mencolok patut anda curigai, karena perusahaan besar pastinya tidak akan asal – asalan bila membuat sebuah desain pengumuman ataupun desain surat pengumuman resmi.

#3. Brand atau Nama Perusahaan

Kebanyakan pengumuman pemenang undian palsu memakai atau mengatasnamakan sebuah merk atau perusahaan terkenal seperti nama operator seluler (Indosat, Telkomsel, dll) atau Perusahaan Makanan (Popmie, Bengbeng, dll) atau Perusahaan Teknologi (BBM, Android, dll). 

Nama apapun bisa digunakan untuk mengelabui calon korban.

#4. Waktu Konfirmasi Pengambilan

Seringkali kita lihat bahwa di setiap pengumuman pemenang undian akan dicantumkan batas konfirmasi atau pengambilan hadiah, pada umumnya pengumuman palsu memberikan kita waktu yang sangat sebentar untuk menyelesaikan proses administrasi seperti 20 hari (untuk penipuan dari surat) atau 2 hari (untuk penipuan lewat SMS /WhatsApp). 

Hal ini bertujuan agar calon korban tidak memiliki waktu terlalu lama untuk berfikir.

#5. Dokumen Perizinan

Agar lebih meyakinkan pihak penipu biasanya melampirkan dokumen – dokumen yang seakan – akan asli dan undian tersebut illegal. Hanya ada satu cara untuk memastikan dokumen tersebut benar – benar asli atau palsu, yaitu dengan mendatangi kantor pemerintahan yang mengeluarkan surat yang serupa.

Bila anda diberitahu oleh pihak yang berwenang bahwa itu surat palsu, maka jangan berpikir kemungkinan – kemungkinan lain, itu sudah pasti palsu. 

Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS Hati – hati Periksa Kebenarannya!
Image: Tumblr

Misalnya, disana tertera surat perizinan dari kepolisian maka satu – satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mendatangi langsung kantor polisi terdekat dan bertanya kepada petugas yang memang mengurusi hal perizinan. Atau lebih mudahnya bila anda mempunyai saudara atau tetangga polisi, langsung tanyakan saja biasanya dengan melihat sekilas saja polisi akan mengetahui kebenaran surat – surat tersebut.

Dari daftar diatas sepertinya kami rasa cukup bagi orang awam atau yang jarang berhubungan dengan komputer ataupun sosial media, karena bila anda menemukan satu saja kejanggalan seperti yang dituliskan diatas maka pengumuman tersebut sudah cukup untuk dilabeli sebagai penipuan atau perlu diwaspadai.

Pada akhirnya kita sendiri yang akan menentukan apakah kita mudah tergiur atau tidak, juga jangan lupa untuk saling mengingatkan sesama teman atau tetangga agar kita semua terhindar dari modus – modus penipuan seperti ini.

Punya pengalaman seputar penipuan? Yuk berbagi di kolom komentar seperti biasa, mudah – mudahan bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Aamiin. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

40 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Minggu, September 19, 2021
    Saya mendapatkan surat dari eashopping,, tapi saya tidak tau apakah itu asli/palsu,, tapi saya tidak mau berlanjut mau asli/palsu peduli amat,, ambil lah untuk mereka..
  2. Unknown
    Unknown
    Sabtu, September 04, 2021
    Assalaamu'alaikum Wr Wb.
    Berawal iklan undian berhadiah hp Samsung dari *Toko Ramai Pengunjung* di FB.
    Dari 9 kotak hadiah, maks. 3x milih, dapat. Muncul tulisan lanjutkan tuk hadiah utama 1 M.
    Dari 3 kotak hadiah, kesempatan 1x milih, dapat.
    Muncul tulisan anda memenangkan hadiah undian 1 M dg kode xxxxx hub (021)30005000.
    Setelah SY hub. Diminta alamat persuratan.
    Beberapa hari kemudian dihub (tanpa no hanya EASYSHOPPING) mengatakan surat sudah dikirim lewat POS, temukan kode xxxx.92 maka andalah pemenangnya.
    Kamis,19-8-'21 EASYSHOPPING SMS surat telah kami kirim lewat jasa kurir, jika menemukan nomor kemenangan xxxx.92 SELAMAT! kirim konfirmasi untuk menerima 1M
    KAMIS, 2-9-'21 EASYSHOPPING SMS
    Temukan nomor kemenangan xxxx.92 disurat yang kami kirim, jika ya SELAMAT! bos skrg sebelum no. tsb kadaluarsa
    1 MILIAR akan segera dianugerahkan.
    *TAPI SAMPAI TULISAN INI SY BUAT, BELUM ADA SURAT DARI EADYSHOPPING YG SY TERIMA....

    BGM INI ????
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, September 04, 2021
      Saya sarankan sih lebih baik diabaikan saja, karena dilihat dari kronologinya sepertinya kurang bisa dipercaya dan hanya ingin mendapatkan data2 pribadi saja. Yang dapat surat saja belum tentu menang, karena banyak syaratnya. Apalagi belum dapat suratnya.
    2. Unknown
      Unknown
      Selasa, September 28, 2021
      Sy jg mengalami hal yg sama persis spt diatas. Tp sayangnya sy sdh terlanjur menyebutkan alamat lengkap dan alamat email. Lalu sy hrs bgmn?
  3. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 23, 2021
    Baru aja buka FB ada teman yg posting dapat hadiah dari easy shopping sebesar 1 M. Akhirnya nyari di google nemu artikel ini, alhamdulillah bisa bantu teman bahwa itu modus.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 24, 2021
      Yup! itu cuman trik marketing biar produk mereka banyak yang beli. Lebih baik diabaikan saja
  4. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 23, 2021
    Hari ini saya di kirim surat dari easy shoping,, ,, bahwa saya pemenang hadiah 1 M,, di dlm surat nya tertera nama n alamat, no tlp saya,,, ada sertifikat juga,,, Padahal saya gk pernah ikut undian apa2,, belanja di easy shoping aza gk pernah... Ko bisa ya easy shoping tau nama n alamat saya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 24, 2021
      Masih jadi misteri dari mana mereka dapat data - data orang yang dikirimi surat. dan kalaupun mereka ditanya pasti jawabannya normatif. Lebih baik diabaikan saja suratnya daripada buang - buang waktu
  5. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juni 08, 2021
    Assalamualaikum ka. Saya juga baru banget dapet surat dari kantor pos mengatas namakan easy shopping.kalo saya iyu benar2 dapat 1 miliar. Bahkan sampai ada sertifikat jaminan nyaa sama amplop untuk mengurim formulir nya. Dan design nya jugaa benar benar rapih dan bagus.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 08, 2021
      Koruptor juga pakaiannya rapi dan bagus. hehe
      Saya disini cuman mengingatkan, kalau prosesnya mau diikuti ya silahkan. Tapi setau saya banyak yang seperti itu ujung2nya dimintai uang/transfer dengan berbagai alasan. Setelah mereka dapat uang langsung menghilang gak bisa dihubungi
  6. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 04, 2021
    Assalamualaikum,saya dapat SMS DARI EASYSHOPPIN katanya surat resmi pemenang 1m sudah di kirim melalui kurir, apakah itu benar atau modus? Mohon bantuannya tks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 05, 2021
      Waalaikumsalam. Setau saya itu cuman strategi marketing biar kita beli produknya. Lebih baik diabaikan saja
  7. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 31, 2021
    Sy baru saja dpt SMS yg EASYSHOPPIN ktnya dpt 1M dan surat lengkapnya sdg dikirim lewat pos....sy sih ketawa aja
  8. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 03, 2021
    Saya pernah daftar kan dan saat ini saya dapat formulir mendapatkan pemberitahuan hadiah kk dan beli barang salah satunya saryat di suruh di tranfer ke pt karisma wahana kk pakah ini asli kk mohon sarannya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Mei 04, 2021
      Prinsipnya sama saja, kalau kita menang hadiah tapi ada syarat ngirim uang/membeli dulu sesuatu itu bukan hadiah menurut saya, lebih ke promosi. Itupun kalau benar - benar promosi, tapi kebanyakan yang begitu itu penipuan karena gak jelas. Menurut saya lebih baik diabaikan saja, resikonya terlalu besar
  9. Unknown
    Unknown
    Kamis, April 15, 2021
    Maaf barusan saya buka hp terus di hp di croom ada informasi saya memenangkan hadiah 2 unit mobil dan semalam saya mwngikuti undiannya? Apa yg harus saya lakukan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 15, 2021
      kalau menurut saya sih mending diabaikan saja, buang - buang waktu jadinya
  10. Unknown
    Unknown
    Senin, April 12, 2021
    Hari ini sy dapat surat dari easy shopee via pos.katanya sy dapat undian 1 milyar tp harus belanja dulu.sy g langsung percaya karena seingat sy,sy belum pernah belanja online.sy cari d sosmed dan ketemu blog ini ternyata bukan sy aja yng ngalamin.terima kasih telah berbagi informasi.semoga kedepannya kita lebih waspada.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 13, 2021
      Yes. Sebenarnya ini adalah modus lama tapi kyknya masih sering digunakan, tetap harus waspada
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Selasa, Maret 23, 2021
    Sy pernah dapat SMS dr Eminfo masalah surat undian dr easy shoping..benar kah itu..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 24, 2021
      Sulit dipastikan. tapi coba ingat-ingat lagi apakah kamu pernah daftar undian atau kuis dari easy shoping? Kalau belum pernah ya lebih baik diabaikan saja. Terlalu besar resikonya kalau untuk coba - coba
  13. Unknown
    Unknown
    Minggu, Maret 07, 2021
    Saya barusan dapet dokumen via pos dri easy shoping,selamat anda menjadi pemenang tp suruh beli barang dlu hbis itu hadiah nya di kirim,bts w
    aktu 48 jam 😀 di dalam nya di sdiain amplop jga
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 07, 2021
      itu kyknya lebih ke promosi ya, bukan bagi - bagi hadiah soalnya harus beli dulu
  14. Anonim
    Anonim
    Jumat, Maret 05, 2021
    Aku barusan dapet pos dari easy shopping .. suruh beli barang.. nanti hadiahnya dikirim setelah memberi surat balasan😅
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 06, 2021
      berarti itu mah nyuruh kita ngeluarin duit ya bukannya ngasih duit.. hehe
    2. Unknown
      Unknown
      Jumat, September 10, 2021
      Ya sama barusan saya juga gitu,disuruh beli barang trus nanti hadiah nya di kirim setelah memberi surat balasan nya
  15. Boxes
    Boxes
    Senin, Februari 08, 2021
    Jgn mudah tergiur dgn adanya penipuan.klo dpt SMS telepon dari
    easy shopping blokir saya biar kapok
    ujung-ujungnya kita sendiri yg rugi
    hello,,hari gini mana ada
    kasih duit gratis
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 08, 2021
      Yup bener banget gan, daripada ngikutin instruksi yang belum jelas kebenarannya, lebih baik diabaikan saja karena sudah jelas buang waktu dan tenaga
  16. cloudy kawaii store
    cloudy kawaii store
    Rabu, September 02, 2020
    saya tadi ditlpn yang ngakunya dari shoppee dan akan dikirim dokumen via pos.. karena yg menelpon dari nomor kantor dan dia tau alamat sy dgn tepat saya agak percaya. dia menanyakan nama lengkap, tgl lahir dan email dan sy jwb dgn benar. lalu sy chat dgn shoppee menanyakan apakan nomor yg menghubungi sy itu dr shoppee atau bukan dan ternyt bukan. jadi lumayan panik sy. sy blokir atm dan m banking, dan ganti password email dan medsos. tp sy msh khawatir karena takut data pribadi sy disalahgunakan.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 03, 2020
      Langkah yang kamu ambil sudah benar. Untuk data pribadi kita juga tidak bisa apa - apa selain berdoa semoga tidak disalah gunakann. Yang penting kita sekarang sudah mendapat pelajaran dan harus berhati - hati lagi kedepannya
    2. Unknown
      Unknown
      Rabu, April 14, 2021
      Iyaaa sama akupun begitu, no kantor juga, katanya mau dikirim dokumen via pos dalam waktu seminggu, kira² dia bakal kirim apa enggak ya? Apa perlu aku juga blokir atm dan mbanking, trus ganti pass email dan medsos ?
  17. Unknown
    Unknown
    Jumat, Mei 08, 2020
    saya barusann dapt suratt dari pos indonesiaa kata nya surat kemenangan dari easy shooping ...itu penipuan atauu bnerr gak yaaa
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 08, 2020
      Apakah bapak/ibu pernah mengikuti kuis/undiannya? Kalau tidak pernah ya berarti itu palsu. Kalaupun pernah bukan berarti itu asli juga. Jangan pernah mengirim uang sedikitpun apapun alasannya. Saran saya sih kalau masih ragu langsung tanyakan ke pihak polisi, daripada menyesal nantinya.
    2. Unknown
      Unknown
      Sabtu, April 10, 2021
      Kkak saya juga dapat kan. Sudah 1 bulanan ini kkak saya menerima surat dari easy shopping berkali kali. Cara menghentikan nya gmna ya?
  18. Unknown
    Unknown
    Kamis, Maret 19, 2020
    saya barusan di telpon , katanya dari shopee dia mau anter paket dokumen lewat kantor pos , gatau bener atau nggak liat aja nnti ,,makanya saya cari2 tau dlu apa bener atau penipuan , nemu blog ini saya akan jauh lebih berhati2 terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Maret 19, 2020
      Untuk 'diagnosa' awal coba bapak ingat2 apakah pernah mendaftar atau mengikuti salah satu program undian di shopee? Jika tidak ingat atau belum pernah, besar kemungkinan itu penipuan. Jangan sekali2 memberikan data - data pribadi apalagi password. Kalau sudah mulai meminta transfer uang atau pulsa, sudah dipastikan itu penipuan.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!