Hati – hati Dengan Penelepon yang Bertanya Data – data Ini

Rindi Putra
111 Komentar
Beranda
Crime
News
Security
Hati – hati Dengan Penelepon yang Bertanya Data – data Ini
Hati – hati Dengan Penelepon yang Bertanya Data – data IniHati – hati Dengan Penelepon yang Bertanya Data – data Ini

Hati – hati bila ada yang menelepon anda dan bertanya hal – hal atau data yang mungkin anda anggap biasa saja tetapi sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab, mulai dari hilang pulsa sampai hilang tabungan di Bank.

Teknologi semakin berkembang begitu juga dengan modus – modus kejahatan yang juga mengikuti perkembangan jaman, dari mulai penipuan yang menguras pulsa sampai kepada penipuan yang menguras uang yang ada didalam rekening korban. Terlepas dari kesigapan pihak berwajib dalam menumpas kejahatan seperti ini, ada baiknya kita sebagai masyarakat lebih dahulu melindungi diri dan mulai berhati – hati.

Artikel ini dibuat berawal dari maraknya penipuan yang memanfaatkan kelengahan calon korbannya, berikut ini adalah salah satu cerita asli (kisah nyata) yang kami dapatkan dari salah satu postingan teman kami di Facebook yaitu saudari Dilla Sholfikar Putri yang copy dari postingan temannya. Setelah itu kita akan bahas data apa saja yang harus kita proteksi sebagai masyarakat umum agar terhindar dari modus – modus penipuan yang sejenis.

Baca juga: Ditelepon Alodokter yang meminta Nomor Rekening? Ini temuan kami Hati – hati Dengan Penelepon yang Bertanya Data – data Ini

Dari cerita tersebut korban mendapat telepon dari nomor +62282 yang memberitahu seakan – akan penelepon berasal dari salah satu operator dan meminta korban untuk mengikuti instruksinya, yaitu mengirim permohonan penggantian nomor dengan menyuhur mengirim SMS ke 4949, selanjutnya nomor PIN atau ‘angka rahasi’ yang seharusnya tidak diberitahukan kepada pihak manapun, termasuk customer service resmi, diminta untuk disebutkan oleh penipu.

Setelah disebutkan nomor PIN diberitahukan kepada penipu (penelepon), maka tujuan sang penipu sudah tercapai dan setelah itu dapat kita tebak kelanjutannya, nomor hape akan diambil alih dan penipu leluasa untuk melakukan transaksi melalui nomor telepon yang didaftarkan oleh korban untuk terhubung pada salah satu rekening (Mobile Banking).

Hati – hati Dengan Penelepon yang Bertanya Data – data Ini
Dari pengalaman yang dibagikan diatas dapat kita pelajari bahwa ternyata tindakan – tindakan kecil seperti menyebutkan beberapa nomor, atau menekan beberapa tombol  saja dapat membuat uang kita yang berada di bank ludes atau terkuras habis. Untuk itu kita perlu tahu bahwa ada beberapa data yang kita anggap biasa saja ternyata dapat dipergunakan untuk kegiatan yang tidak benar oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini data – data yang perlu mendapat perhatian ekstra, bila ada yang bertanya

Data – data ini tidak mutlak harus dirahasiakan, namun kita perlu lebih selektif lagi dan terus bertanya pada diri sendiri “Apakah orang atau pihak ini memang berhak mengetahui data tersebut?”. Pertanyaan juga tidak sebatas dari telepon, email atau percakapan biasapun juga perlu diwaspadai.

Bila memang pada tempatnya, seperti di customer service Bank, Gallery operator, atau tempat RESMI lainnya tidak jadi masalah, namun ketika tiba – tiba ada yang bertanya dan di tempat yang tidak biasa, kita harus mulai waspada, apalagi pada penelepon yang lokasi aslinya kita tidak tahu dimana.


Baca juga: Apakah Website Carikontes Penipuan?

#1. Password /PIN /Kode OTP (apapun)

Data ini sudah mutlak dan semua orang yang mempunyai password apapun baik itu password /PIN ATM Bank, Password email, ataupun password handphone sekalipun pasti sudah pernah diperingatkan untuk tidak memberikan password atau PIN tersebut kepada siapapun, termasuk teman ataupun saudara bila memang tidak dalam keadaan mendesak. 

Bahkan bila kita memperhatikan, pasti semua customer service yang bekerja membantu kita membuatkan akun apapun (BANK, Kartu SIM, dll) tidak berani untuk bertanya langsung password yang kita gunakan. 

Di Bank, kita disediakan alat khusus untuk memasukan PIN ATM dan customer service ataupun teller akan memalingkan muka mereka ketika kita sedang memasukan nomor PIN tersebut, hal ini menandakan mereka menghargai privasi dari setiap nasabahnya. CS (Customer Service) di perusahaan manapun akan melakukan hal yang sama.

Namun perlu diketahui ternyata masih ada juga masyarakat umum yang tertipu dan akhirnya memberitahukan password atau PIN kepada para penipu tersebut. Maka dari itu tetap ingatkan siapapun yang menurut anda masih perlu mendapatkan penjelasan tentang penipuan seperti ini.

Sekarang ada lagi kode yang bersifat rahasia seperti password dan PIN, yaitu kode OTP. Kode OTP saat ini banyak digunakan oleh banyak website seperti toko online (shopee, tokopedia, dll) dan juga website bank sebagai tindakan pencegahan.

Namun karena banyak yang belum, akhirnya dimanfaatkan oleh para oknum penipu untuk mengakses akun korban. Biasanya calon korban diiming - imingi akan mendapatkan hadiah lalu diminta menyebutkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP. 

Nyatanya kode OTP tersebut dikirim karena si penipu sedang berusaha mengakses akun calon korban, dan tinggal satu langkah lagi agar bisa masuk ke akun calon korban, yaitu kode OTP. Maka dari itu, selalu rahasiakan kode OTP dari siapapun.

Baca juga: Telepon dari Greater Jakarta apakah penipuan? Berikut penelusuran kami

#2 Nomor Rekening

Selanjutnya data yang harus anda rahasiakan adalah nomor rekening. Dengan banyaknya penawaran - penawaran via telepon, anda harus benar - benar selektif kepada siapa anda memberikan nomor rekening.

Dilihat dari telemarketing salah satu perusahaan, mereka bisa mengaktifkan sistem pembayaran instan atau pembayaran langganan otomatsi dari rekening nasabah ke rekening perusahaan mereka tanpa harus pergi ke bank.

Banyak sekali yang mengeluh saldo di rekeningnya berkurang karena sebelumnya sempat ditawari sebuah layanan dan ditanya nomor rekening oleh salah satu perusahaan. Beberapa hari kemudian uang di rekening mereka terdebit otomatis ke perusahaan layanan tersebut.

#3. Nama Orang Tua /Pasangan

Terdengar  sedikit “tidak mungkin” dari memberikan nama orangtua dapat membuat akun atau rekening bank kita terancam di manfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab. Namun perlu diingat juga bahwa ini adalah salah satu data yang digunakan oleh pihak bank untuk mengkonfirmasi setiap proses atau perubahan yang sensitif untuk akun rekening anda.

Bila anda pernah melakukan permohonan blokir kartu ATM melalui telepon, maka anda pasti pernah ditanya nama orang tua sebagai salah satu syarat untuk memproses permintaan pemblokiran kartu ATM anda.

Tidak hanya di bank, data orantua juga digunakan oleh instansi lain sebagai data yang penting seperti pihak asuransi, provider seluler, kampus, dll.

#4. Alamat Rumah /Tempat Kerja

Yup! Alamat rumah juga dapat digunakan oleh orang – orang yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan pribadi mereka, tidak sedikit orang – orang yang tertipu dengan surat yang ‘seakan – akan’ pengumuman hadiah yang dikirim ke rumah dan tercantum nama pemilik rumah. Bila tidak jeli, kita akan masuk kedalam jebakan yang telah disiapkan oleh si pelaku.


Hati – hati Dengan Penelepon yang Bertanya Data – data Ini

Untuk mengetahui lebih detail mengenai modus surat yang dikirim langsung ke rumah, bisa dibaca  artikel berikut ini:


(Baca: Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS? Hati – hati Periksa Kebenarannya!)

#5. Tanggal Lahir

Bila anda masih ingat saat pertama kali mengaktifkan kartu perdana, anda diminta untuk mendaftarkan nomor baru tersebut ke nomor 4444, 4242, atau 4949 didalam data tersebut salah satunya anda diminta untuk mengirimkan tanggal lahir anda lengkap dengan bulan dan tahun. Data ini juga dipakai oleh customer service dari setiap provider bila kita mengajukan permintaan penggantian kartu, baik itu karena hilang, upgrade, ataupun rusak. 

Saat kita meminta penggantian kartu ke galeri resmi, kita diharuskan untuk mengisi data diri dan salah satunya yaitu tanggal lahir, bila ada ketidak sesuaian data maka kita akan diminta untuk mengisi surat pernyataan diatas materai yang menyatakan bahwa data tersebut benar milik anda.

Diatas hanya salah satu contoh, data tanggal lahir juga dipergunakan untuk konfirmasi oleh instansi – instansi penting lainnya, seperti Bank, Asuransi, Sekolah, Kampus, dll. 

#6. Alamat Email

Alamat email saat ini sudah seperti alamat rumah atau KTP di dunia maya, ketika pihak penipu mengetahui alamat email anda, maka hanya tinggal password anda yang menjadi benteng terakhir dari data – data pribadi anda dan juga akses ke berbagai website atau aplikasi yang anda daftarkan melalui email tersebut.

Hal yang sangat sering terjadi ketika kita memberitahu email kita secara ‘sembarangan’ adalah aka nada banyak email masuk yang bersifat spamming yang berisi hal – hal yang tidak penting, mengganggu, bahkan sampai kepada ‘malware’ atau pesan yang sudah disusupi virus oleh pengirimnya. Bukan hanya mengganggu, tetapi kegiatan tersebut juga membuat email kita rentan terkena serangan virus.

Bagi anda yang belum mengetahui bahwa alamat email anda sangat berharga, di beberapa website yang berurusan dengan pengolahan data, mereka mempunyai penawaran khusus bagi orang – orang yang dapat menyetorkan sejumlah alamat email aktif (alamat email saja, tanpa password!) akan mendapatkan bayaran. Walaupun bayaran tersebut dikeluarkan /per seratus atau /per seribu email yang disetorkan, tetap saja hal ini menandakan bahwa alamat email anda mempunyai harga diluar sana.

Untuk mengetahui besarnya resiko bila kita tidak bijak dalam melindungi alamat email pribadi, bisa lihat contoh nya pada kasus yang dilakukan oleh pihak indo-hadiah.com yang memakai modus undian belanja untuk mengumpulkan data pelanggannya, termasuk alamat email.


Baca juga: Indo-hadiah.com Apakah penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami

#6. Nomor Telepon

Nomor telepon, khususnya telepon seluler saat ini sama pentingnya seperti email, bahkan beberapa aplikasi di smartphone seperti WhatsApp, Line, Facebook, dll sudah mulai beralih dari verifikasi via email menjadi verifikasi via nomor telepon. Meskipun dianggap lebih aman, tetapi nyatanya ada penipu yang berhasil mengambil alih nomor telepon seperti kasus cerita diawal artikel ini.

Nomor telepon juga akan menjadi gerbang bagi para penipu untuk membujuk calon korbannya, mulai dari berpura – pura mengumumkan undian berhadiah sampai pada pura – pura menjadi bagian administrasi di Rumah Sakit. Maka dari itu, selalu ingat – ingat kepada siapa anda pernah memberikan nomor telepon baik di dunia nyata maupun di internet.

#7. Klub Favorit, Hobi, Organisasi, Nama Peliharaan, dll

Terdengar aneh banget, tetapi faktanya data – data seperti klub favorit, makanan favorit, hobi, organisasi yang pernah diikuti, nama peliharaan sampai pada nama saudara dari ibu juga akan dapat dimanfaatkan oleh orang – orang yang memang ahli dibidangnya, dibidang penipuan.

Bila anda ingat saat pembuatan email atau akun lainnya, ada sebagian service yang meminta anda membuat pertanyaan rahasia, seperti “siapa nama guru anda waktu di Sekolah Dasar?” atau pertanyaan acak lainnya. Pertanyaan tersebut suatu saat akan ditanyakan kembali kepada anda bila ada data yang akan dirubah pada akun anda, khususnya data yang sensitif seperti password, nama, dll.

Maka dari itu, data apapun yang diminta anda sebutkan selalu ingatkan diri anda tentang resiko – resiko diatas, selalu bertanya ‘apakah data ini layak mereka dapatkan? Untuk kepentingan apa mereka bertanya? Dll.

Semoga tulisan ini dapat membantu dan membuat kita semua, termasuk tim rinditech.com, lebih waspada dan berhati – hati terhadap bahaya keamanan dari data – data pribadi yang kita miliki. Bila ada pertanyaan atau sharing pengalaman tentang keamanan data pribadi silahkan simpan pada kolom komentar dibawah seperti biasa. #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

111 komentar

  1. Irene
    Irene
    Sabtu, September 30, 2023
    Kak tadi siang aku di telp nomor dari greater jakarta ngakunya dari bni menawarkan semacam asuransi. Trus nanyain alamat, nama ibu, tanggal lahir. Apakah ber masalah? Trus kalo di tanya jawab setuju atau tidak tp jawab setuju gmn?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, September 30, 2023
      Klo beneran dari BNI sih gak masalah seharusnya, dan bilang "setuju" juga sebenernya aman2 aja kalau kamu memang beneran minat asuransinya. Biasanya klo dari asuransi beneran sudah tau minimal data standard kita dari akun bank BNI. Tapi kalau yang nelpon gak tau apa2 soal kita, perlu di curigai karena bisa jadi itu penipuan.
  2. Riska
    Riska
    Jumat, Maret 03, 2023
    Sy baru di tlp td katanya cuman masalah survey tp dia minta tgl lahir sama alamat email sy dan saya kasih apakah akan bermasalah
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 03, 2023
      Tidak bisa dipastikan, semoga saja tidak ada masalah. Untuk kedepannya lebih hati - hati lagi kalau ada yang minta data2 pribadi seperti itu.
  3. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 21, 2021
    Di telpon greater jakarta, nanya alamat dan tanggal lahir, apakah aman??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 22, 2021
      Tidak bisa dipastikan aman atau tidak. Tapi untuk kedepannya jika ada lagi yang bertanya tentang data - data pribadi lebih baik ditolak saja kalau memang gak tau siapa peneleponnya.
  4. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 17, 2021
    Td saya di telpon no greater Jakarta jg Min. Soal asuransi Sinarmas BTN. Dia nanya nama pasangan dan TTL kami.. trs minta persetujuan ikut bergabung Di asuransi Sinarmas itu. Dan katanya pihak bank yg potong perbulannya. Jd saya bilang bulan depan saja bergabung. Iya katanya....

    Kira2 bermasalah gak dgn tabungan gak min itu? Tp saya gak kasih no.rekening
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 17, 2021
      kalau belum ngasih nomor rekeing sih harusnya aman ya. di cek saja bulan depan apakah ada transaksi keluar yang mencurigakan atau tidak.
  5. Unknown
    Unknown
    Senin, Agustus 02, 2021
    Tadi saya mendapatkan telpon greater Jakarta ngakunya dari bank CIMB niaga yang memberikan fasilitas kartu kredit secara gratis nanti kartunya dikirim masih segel bisa diaktifkan kapanpun.. dan saya diminta data diri saya sudah menyebutkan email tempat tanggal lahir dan alamat rumah sepenelpon menanyakan nama ibu kandung kemudian saya ingat tentang penipuan lewat telepon saya langsung matikan telponnya dan ada telpon lagi dari greater Jakarta tapi beda nomor tapi tidak saya angkat kira2 data saya aman nggak ya kak saya khawatir tolong penjelasannya ya kak terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 02, 2021
      Greater Jakarta itu menunjukan lokasi penelepon, bukan perusahaan. Dan bisa jadi itu memang dari CIMB asli yang nawaring kartu kredit. Harusnya sih aman ya kalau memang benar2 dari Bank, karena mereka maksud utamanya mau promosi CC, bukan mau ngumpulin data.
  6. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juli 13, 2021
    Maaf mau tnyaa,,tdi pagi barusan sy di telfon dri greater jakarta,,katax sy dapat voucher blnja senilai 800 dan haru klaim hadiahnya,trus ada ada lbih dri harga brngx jadi hrus di byar stlah brang sampai,system COD gtu ..
    Katax sih dari kantor marketplace krn point sy sdh blnja dari berbagai macam marketplace.

    Tapi gk mnta apa2 sih,,cmn dsruh klaim hadiah dan konfirmasi alamat sj ..

    Itu berbahaya gak sih bang ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 13, 2021
      Greater jakarta itu bukan nama perusahaan, itu cuman nunjukin daerah asal penelepon (Jakarta/Jabodetabek). Jadi banyak kemungkinan, bisa asli dan juga penipuan. Kalau menurut saya sih kalau meragukan lebih baik diabaikan saja daripada buang waktu
  7. Unknown
    Unknown
    Senin, Juli 05, 2021
    Hallo ka, aku nemu ini krna td searching stelah kena tlp katanya dri pt nelsen buat minta survei nya mengenai provider yg saya gunakan, tpi dia gak minta data, cuma dia mengajukan pertanyaan bnyak bgt dengan kasih sekala 1-5 gtu, jdi ketika dia nanya kita jawab pake skala itu. Aku juga td pake nama dan umur yg ngarang, tpi aku khawatir sma skala2 itu dan jawaban iya dri aku. Dia juga tau klo aku pke pascabayar. Mnurut kk itu gmna ya? Amankah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 05, 2021
      Lihat saja pertanyaannya, kalau memang masih berkaitan dengan maksud yang disampaikan di awal sih harusnya aman - aman saja. Dan sepertinya memang itu survey langsung khusus ke pengguna pascabayar. Dan sbenarnya kalaupun itu survey resmi dari operator misalnya, kita masih berhak untuk menolak dengan alasan apapun karena kalau survey kan sifatnya sukarela, makanya diawal pasti mereka menanyakan kesediaan kita untuk mengikuti survey atau tidak.
  8. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juni 08, 2021
    Hari ini juga saya dpt tlp yg katanya dari Alodokter,mereka sudah tau alamat email,nmr tlp saya dan memastikan kembali kebenaran tersebut dan saya jwb iya.dan merka tanya bank yg saya gunakan dan saya jawab sesuai yg saya gunakan.mereka bilang saya mndapat jaminan 2 juta selama 1 thun apabila terkena dbd dan mengklaimnya dan juga bisa akses alodok dan konsultasi hanya dgn 39 ribu untuk semua keluarga. Pihak alodokter langsung matikan tlp setelah mengetahui bank yg saya gunakan.apakah saya sudah terdaftar di asuransinya? Apakah rekening bank saya aman,?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 08, 2021
      Seharusnya sih sebelum ditutup ada konfirmasi dulu ya seperti "apakah bapak/ibu setuju?" atau kata2 lainnya yang bisa mereka pakai untuk bukti bahwa kita menyetujui penawaran mereka. Saran saya sih langsung aja hubungi CS Alodokter nya dan tanya status keanggotaan atas nama bapak/ibu. Kalau statusnya masih terdaftar jadi tinggal minta langsung di cancel saat itu juga
  9. Unknown
    Unknown
    Kamis, April 22, 2021
    Saya kemarin ada di tlp kak..terlanjur kasih tau data.nama.tanggal lahir..tp pas tyak no rek...saya bilangin ada nya yg daeah minta nya yg bri.bca..dll..trus tyak emang gak pernah nabung saya bilangn ada tp gak tau masi aktif gak soal udah 1thn..(pdhal ada 2 aktif) soal nya ngerasa agak worry klo udah tyak2 rek...tiba2 di matiin..kira kira itu diproses gak kak..hadehh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 22, 2021
      kalau tiba2 ditutup gitu berarti mereka sudah menyerah dan pasti gak akan di proses
  10. Unknown
    Unknown
    Kamis, April 15, 2021
    Hari ini juga saya dpt tlp yg katanya dari Alodokter,mereka sudah tau alamat email,tmpt tinggal,nmr tlp saya dan memastikan kembali kebenaran tersebut dan saya jwb iya.dan merka tanya bank yg saya gunakan dan saya jawab sesuai yg saya gunakan.mereka bilang saya mndapat jaminan 2 juta selama 1 thun apabila terkena dbd dan mengklaimnya dan juga bisa akses alodok dan konsultasi hanya dgn 39 ribu untuk semua keluarga.tapi setelah mereka minta no rek saya langsung matikan tlp .apakah saya sudah terdaftar di asuransinya?.tpi tdk ada email dari pihaknya.apakah ini aman untuk saya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 15, 2021
      sepertinya aman karena mereka butuh nomor rekening dan persetujuan secara lisan dari calon nasabah
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Anonim
    Anonim
    Selasa, Maret 30, 2021
    guys, ini bnr kok dr alodokter. gw dah tlp trus info nomor tlp nya n tnya programnya. jd mending dr pd julid mending pd tnya deh ke CS nya. nomor nya ada di web mrka.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 30, 2021
      Tuh guys, daripada julid mending langsung tanya k CS nya Alodokter aja katanya. Saya juga sudah buat pembahasan khusus tentang Alodokter ini, silahkan dibaca ya: https://www.rinditech.com/2020/07/ditelepon-alodokter-dan-diminta-nomor-rekening.html
  13. Unknown
    Unknown
    Senin, Maret 29, 2021
    Bagaimana cara mengetahui no. Cs dari alodokter
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 30, 2021
      Ada di website nya, atau bisa juga hubungi Alodokter lewat sosial media (Twitter: @alodokter)
  14. fatim
    fatim
    Jumat, Maret 19, 2021
    aq brusan ditelpon greater jakarta ngakunya dr alodkoter juga min..tanya email ,tempat tgl lahir dan domisili aq jawab iya semua trus mau tanya tgl lahir lgsung aku matiin tlponnya..gimana min apakah data ku masih aman..dia juga bilang dpt sntunan dpd 2jt klo sakit
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 20, 2021
      aman - aman aja. mereka kan cuman nawarin asuransi sebenarnya bukan mau curi data. tapi caranya yang langsung bertanya data2 pribadi jadi terlihat mencurigakan.
  15. Hasim
    Hasim
    Rabu, Maret 03, 2021
    Biasanya Scam yang meminta ttl dan emaol itu untuk apaa ya gan? Mohon pencerahanya, terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Maret 04, 2021
      Kalau yang beneran penipu biasanya data2 nya dikumpulkan sampai banyak terus dijual. atau data2nya dipakai untuk melakukan kejahatan lain
  16. Unknown
    Unknown
    Rabu, Maret 03, 2021
    Mf bang barusan saya dtlpn dan semua data baik nama . No rek sdh masuk semua. Itu bagaimana y .mhn pencerahan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 03, 2021
      ya itu berarti sudah terlanjur, gak bisa diapa2in lagi. Kedepannya harus lebih berhati2 lagi kalau ada yang nanya2 data pribadi seperti itu
  17. Unknown
    Unknown
    Selasa, Maret 02, 2021
    Tadi saya baru saja di telfon +622150988530 katanya dari alodocter, dia minta no KTP, rekening, katanya akan di kirim email, saya tunggu belom ada, katanya jika keluarga saya ada yang sakit akan gratis pembiayaan, dia menjelaskan tentang demam berdarah, suaranya kayak orang yang udah ahlinya gitu itu bener atau penipuan? Takut kena omel kalo orang tua tau:(
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 02, 2021
      Saya juga gak bisa mastikan itu resmi atau tidak ya, tapi memang alodokter juga menggunakan banyak nomor, jadi ada kemungkinan itu dari mereka. Ditunggu saja email nya, kalau gak ada berarti gak lanjut prosesnya. kalau emailnya ada, biasanya disana akan ada pilihan/konfirmasi menerima atau tidak, dibalas saja tidak menerima atau tidak mau melanjutkan pendaftaran. Kalau kena omel ortu kasih baca aja artikel ini, mereka pasti paham bahwa ini bukan kesalahanmu. Semangat!
  18. Evhy
    Evhy
    Sabtu, Februari 27, 2021
    ini juga kemarin ada yg telpn katax dr pihak bank BNI,dia menawarkan katax program dr proteksi prima tentang asuransi klo misalx masuk RS itu sudah dikasi fasilitas apalah lupa juga apa dia bilang dia cmn minta data nama tempat tgl lahir dan alamt rumah sjkatax klo ada uang didlm sebanayk 200 lebih itu akan terpotong langsung dr pihak bank,bagaimana ini sudah z kasi nama lengkap tgl lahir dan alamat rumah,apa Memamng betul itu dr pihak bank ya?krn pake nomor yg awalx 0221
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 28, 2021
      yang tau itu asli apa nggak ya harus tanya ke bank BNI nya langsung. Tapi memang sekarang ini banyak bank yang sedang gencar nawarin asuransi, saya juga kemarin ditelpon dari bank saya menabung, penarawannnya hampir sama kyk gitu. Ditolak saja kalau memang gak minat.
  19. Unknown
    Unknown
    Selasa, Februari 09, 2021
    Kasus saya sama tentang alodoc,hriini 9-02-2021 saya ditlpon oleh pihk alodoc, ditanya data diri, dsb, saya kasih samai no rek saya kasih, ngomong nya cpet banget sampai2,saya bilang stuju tanpa mikirin apa2.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 09, 2021
      Kalau memang gak mau dilanjutkan langsung saja hubungi CS Alodoc nya dan bilang mau membatalkan pendaftaran biar gak dilanjutkan prosesnya
  20. UD SALSYA
    UD SALSYA
    Jumat, Februari 05, 2021
    kemarin saya ditelpon yang mengaku dari perusahaan asuransi entah apa nama perusahaannya saya sudah lupa dan menanyakan tentang data peibadi saya secara tidak sadar saya berikan semua data termasuk tanggal lahir dan nama ibu kandung setelah telp ditutup ternyata saya baru sadar saya telah memberikan semua data pribadi saya .... bagaimana langkah saya selanjutnya agar data saya tidak disalahgunakan ... kalau harus lapor lapor kemana ... bagaimana mensikapinya ..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 05, 2021
      Kalau informasinya sudah dikasih sih susah untuk ditarik/dikembalikan. Lapor juga paling dijadikan catatan saja. Dijadikan pelajaran saja, kedepannya harus lebih hati - hati lagi dalam membagikan data pribadi seperti itu
  21. Ryn HCID
    Ryn HCID
    Jumat, Januari 29, 2021
    Sy baru aja di tlp yg di pihak yg mengaku alodokter, trs dijanjikan mau kasih dana 2jt utk yg terkena DBD, trs dia sempat minta no rek sy, dan sy kasih. Dan dia bilang akan ada kurir yg akan dtg ke rmh utk menandatangani surat perjanjian utk mengikuti program chat gratis dr alodokter. Tp untungnya tdk sy kasih alamat rmh nya. Kalau cuma tau alamat email kita dan no rek kita tuh bahaya gk sih? Trs apa itu modus penipuan dr alodokter? Tlg dong info nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 29, 2021
      Yang penting kamu gak pernah menyetujui proses pendaftarannya aman2 aja. Untuk jaga - jaga, pantau saja saldo di rekening bulan depan
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 08, 2021
    Dan dia ktnya tau dari alamat email saya dan nlpn ke no hp saya, dan akan mendpatkan uang 2juta,, dia minta norek ya saya ksih, dia juga meminta saya agar saya cek darah trus kirim beserta foto ktp,, ini gimana ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 08, 2021
      Setau saya 2 juta itu akan dikasih kalau kita sakit, bukan langsung dikasih gitu aja. Kalau mau diteruskan ya silahkan, tapi kalau mau prosesnya distop ya jangan diteruskan prosesnya. Kalau perlu telpon lagi CS nya dan minta proses pendaftaran atas nama kamu diberhentikan.
  24. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 04, 2021
    Wow..ternyata udah byk yg ketlpn sebelum saya ya.. Heranx kok mrk pd th alamat email sama nama n no tlp... Mkx saat dimintai ttl sm norek kita ksh aja... Sempat aku tanya in bkn penipuan kan... Katax gak... Trs hbs tlpnan br sadar n nyesal knp gak bs blg tdk atau putusin tlpx... Kupikir bsk hrs ke bank aj buat ganti norek sm ganti nomor telpn n lainx, gmn min..haruskah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 04, 2021
      Kalau memang benar dari Alodokter sih sepertinya gak perlu sampai ganti norek/telpon. Karena mereka juga gak bisa proses kalau kitanya gak menyetujui. Kalaupun sudah terlanjur bilang setuju, tinggal telpon saja Alodokternya dan bilang minta kepesertaanmun dibatalkan.
  25. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 29, 2020
    Kasus saya sama tentang alodoc, buln agustus lalu say ditlpon oleh pihk alodoc, ditanya data diri, dsb, saya kasih samai no rek saya kasih, ngomong nya cpet banget sampai* saya bilang stuju tanpa mikirin apa* lagi, bulan des dari tgl 15-29 hari ini tiap hari dpt tlpon tpi ga aku angkat soalnya takut penipuan, dan khawatir saldo rek trkuras tiap buln
    Apakah data* diri saya bisa di hapus di alodoc? Karna sbnarnya saya terpaksa dan ga pikir panjang waktu di tlpon
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 29, 2020
      Harusnya sih bisa ya dihapus, apalagi permintaan dari pemilik data. Langsung saja hubungi CS Alodokternya bisa lewat telepon atau sosmednya dan minta jangan telpon2 lagi, terus minta data kamu dihapus dari database mereka.
  26. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 15, 2020
    Maaf tdi pagi ada yg dateng ke saya dan minta nik sma norek dia kataya dri alodokter min itu bner apa bohong ya soalnya saya dah ngasi data dri saya kta dia sebulan kena potongngan 39 ribu gimana ya cara berhenti langananya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 16, 2020
      Kalau mau berhenti sih mending langsung hubungi CS Alodokternya, bisa lewat telepon atau di sosmed (twitter). Bilang saja kamu mau stop layanan, nanti biasanya langsung dibantu sama mereka untuk proses cancelation nya
  27. Linda Natalia
    Linda Natalia
    Kamis, Desember 10, 2020
    Barusan juga di tlp dr alodoc, mereka tau email, nama lengkap. Trs tanya tempat tanggal lahir, aku kasih tau.
    Pas nanya NIK, aku ga kasih tau. Mbaknya agak memaksa, iya ibu bisa liat dl. Aku blg lagi ga di rumah, iya dicek sebentar ktpnya -- ga bawa apa2 mbak, kan ada di foto galery coba-- ga ada mbak.
    Trs nyerah ya udah mgkin lain kali😁😁
    Dan abis itu parno krn ngasih ttl. Pas buka ini ternyata banyak yg ditlp jg, dpt pencerahan dr jawaban2 admin yg bikin ga kepikiran lg. 🙏🏻🙏🏻
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 10, 2020
      Yup! Sebenarnya ini kan seperti penawaran kartu kredit atau asuransi pada umumnya, tinggal ditolak saja pasti langsung tutup telepon. Cuman yang bikin curiga nya itu mereka langsung meminta data2 pribadi yang terlalu sensitif seperti norek, ttl, NIK, dll.
  28. bunaderuna
    bunaderuna
    Jumat, November 27, 2020
    tadi saya juga ditelpon nomor +622131192721 yang mengaku sebagai pihak dr alodokter, suara wanita, dia sempat membahas masalah asuransi dbd sebesar 2 jt.

    dia sudah tau email saya dan sempat menanyakan layanan bank apa yg saya gunakan dan minta foto rekening saya.
    saya sempat kasih tau nama layanannya dan atas kasih tau kalau itu atas nama pribadi saya tapi sepertinya dia tidak dengar karena mengulang pertanyaan yg sama terus menerus sehingga saya banyak mengucapkan kata 'iya'.

    meskipun saya tidak memberitahukan nomor rekening dan password saya, apakah email dan rekening saya akan aman2 saja?
    saya khawatir dengan kata 'iya, halo' yang saya ucapkan dan nama layanan yg saya beritahukan.
    Saya sudah konfirmasikan ke pihak alodokter lewat twitter dan mereka mengiyakan kalau nomor tsb memang dari pihak mereka yg lg kerja sama dgn pihak Qoala.
    Kira-kira apa yg harus saya lakukan selanjutnya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 28, 2020
      Sebenarnya kan Alodokter ini perusahaan yang resmi ya, mereka wajib melindungi data2 perserta/pengguna layanan. Jadi kalau ditanya apakah aman? harusnya sih aman kalau mereka mengikuti seluruh peraturan yang ada.

      Lalu apa yang harus dilakukan? Kalau memang gak mau lanjut kepesertaannya ya tinggal bilang saja bahwa kita ingin membatalkan pendaftaran/kepesertaan di program yang ditawarkan. Kita juga bisa meminta pihak Alodokter untuk menghapus seluruh data2 yang kita berikan, dan harusnya pihak Alodokter pun menyanggupinya.
  29. Unknown
    Unknown
    Senin, November 16, 2020
    Barusan saya dapat tlp dari alodokter dia menjelaskan cepat tntng program dbd dan dpt santunan 2jt gitu, terus ditanyanya email saya, nama lengkp, sama ttl saya, juga rekening bank saya. Jadi saya udah terlanjur kasih tau itu gimana ya? Katanya juga akan dipotong stiap bulannyavdari rekening saya. Saya takut itu penipuan. Gimana ya cara antisipasinya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 16, 2020
      Kalau gitu mending langsung kontak saja CS Alodokter nya di sosmed twitter atau lewat telepon. Dan tanyakan status keanggotaan kamu disana
    2. Sitta Audita
      Sitta Audita
      Kamis, Maret 04, 2021
      Kak hari ini saya juga mengalami hal serupa kayak kak, mau tanya dong kak, apa kakak langsung chat tim alodokter nya dan dibatalkan atau itu beneran penipu??
  30. Rianda
    Rianda
    Kamis, Oktober 22, 2020
    Bang kemarin tuh dpet tlpn juga dari alodokter dan begonya aku iyain aja dan menyatakan setuju, trus hari ini didatengin tim alodokter ke kantor aku buat tanda tangan di atas materai dan begonya lagi aku gk baca isinya. Itu gimana ya bang? T.T please help
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 23, 2020
      Ya ga gimana - gimana, itu berarti kamu telah menyetujui penawaran dari mereka secara resmi. Tapi bukan berarti tidak bisa dibatalkan, kalau mau batalin/cancel saya sarankan secepatnya telepon atau hubungi CS Alodokter dan minta keanggotaan kamu dihapus atau diberhentikan, lebih cepat lebih baik.
  31. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 09, 2020
    Boleh minta akun Twitter nya alodokter yg resmi min?? Saya mau mengajukan pembatalan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 11, 2020
      Akun twitter Alodokter: @alodokter terakhir saya cek akunnya masih aktif membalas ya
  32. Unknown
    Unknown
    Senin, Oktober 05, 2020
    Barusan saya dapet telpon bilangnya mau ngasih hadiah dari dampak korona dari asuransi putralife dia minta alamat email sama tgl lahir, itu gimana ya apakah penipuan jenis baru?

    Mohon pencerahannya, makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 06, 2020
      Kalau itu saya kurang tau, tapi lebih baik berhati - hati dan kehilangan hadiah daripada nyoba-nyoba ngasih data pribadi ke orang yang kita hanya tau dari telepon. dari Alodokter yang resmi saja masih banyak yang kecewa, apalagi ini dari asuransi yang jarang orang tau (saya saja baru dengar nama asuransi putralife itu)
  33. Tampilkan selengkapnya
  34. B
    B
    Jumat, September 18, 2020
    Iya aku juga ni di telvon dari alodocter , terus dia ngomongnya cepat kali ,aku di tanyak nama sama alamat dan TTL,Juga no rek, kemudian di akhir pmbicaraan dia bilang setujuuu ? jadi aku jawab setujuuu aja 😐
    Terus dia tau alamat email ya memang si email ku pake pasword min kalau login
    Cuma katanya dia mau kirim email lagi aku cek email ku g ada tu masuk dr alodoc gmn ni min?
    Aih mau nanyak itu biaya mksudnya gmn krburu ngucap slam lagi
    Tp aku uda kirim email ke alodoc
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 18, 2020
      Salah satu teknik telemarketing ya seperti itu, ngomong cepat hingga calon nasabah gak bisa ngikutin apa yang dijelaskan, tau2 disuruh jawab singkat2 aja. Kalau mau fast respond di telepon aja CS nya, atau hubungi via sosmed nya alodokter (twitter). Tanya status dari akun atas nama kamu, kalau mau membatalkan bisa langsung minta saja batalkan
  35. wina
    wina
    Senin, September 14, 2020
    Min, aku tadi ditelfon dari alodoc katanya, aku kasih nama lengkap, tanggal lahir, sama email, tapi dia minta no rek, aku gak kasih, apakah bakal ada masalah kedepannya?
    Takutnya nanti ada masalah pada data pribadi aku.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, September 15, 2020
      Seharusnya sih ga ada masalah ya selama pihak alodokter mengikuti aturan tentang kerahasiaan data pribadi. Dijadikan pelajaran saja, untuk kedepannya harus lebih selektif lagi dalam memberikan data - data pribadi
  36. Unknown
    Unknown
    Rabu, September 09, 2020
    Sya juga min habis dihubungi alodokter.. sya sudh kasihkan nomer rek sya tgal lhir sya dan almt lngkap sya ...ada dampaknya gak min atau gimna cra antisipasinya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 10, 2020
      dampak langsung sebenarnya ga ada ya, tapi yang jelas sekarang data kamu sudah ada di alodokter. Semoga saja mereka tetap mematuhi peraturan tentang privasi pengguna dan gak mempergunakannya atau menyebarluaskannya untuk kepentingan pribadi. Kalau memang mau data kamu dihapus dari database nya alodokter satu - satunya cara ya langsung hubungi mereka dan minta untuk segala data pribadi kamu untuk dihapus dari database mereka
    2. Alibakri_ig
      Alibakri_ig
      Selasa, Mei 18, 2021
      Gimana aman ga uang kamu ?
  37. Tari
    Tari
    Sabtu, Agustus 15, 2020
    Hi kak sy br saja kena penipuan permintaan data diri. D tlp org ngaku nya dr bni nawarin kartu kredit. Awal nya sy tolak tp krn cukup pintar bicara, sy lengah memberi info data diri nama ibu kandung dan alamat kantor. Untuk nik spt nya yg bersangkutan sdh pegang data saya krn sempat memberitahukan nik sy. Bgmn y kak antisipasinya supaya tidak disalahgunakan lebih jauh? Terima kasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Agustus 15, 2020
      Cek password atau PIN yang digunakan di akun email, bank, toko online, dll. Kalau ada password yang kiranya mudah ditebak atau berhubungan dengan data2 yang sudah dikasih, segera ganti. Semoga semuanya aman dan untuk kedepannya harus berhati - hati lagi
  38. Herzeldex
    Herzeldex
    Selasa, Juli 21, 2020
    Hari ini saya mendapatkan telpon dari pihak yang mengaku alodokter. Mereka menawarkan asuransi dan bodohnya saya memberikan data pribadi seperti tgl lahir, nomor telpon, nomor rekening, dan bahkan alamat email. Apakah itu benar dari alodokter min? Dan bagaimanakah agar saya dapat mengajukan pembatalan asuransi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 21, 2020
      Tidak bisa dipastikan, tapi di Twitter nya Alodokter menyatakan bahwa memang ada beberapa tim marketing mereka yang sedang gencar menawarkan asuransi. Kalau mau mengajukan pembatalan ya tinggal dihubungi saja CS nya, atau langsung aja hubungi CS Alodokter di twitter. Nanti dipandu dari sana, sudah banyak kok yang melakukan pembatalan lewat twitternya Alodokter
  39. Blogkreatif
    Blogkreatif
    Jumat, Juli 17, 2020
    Kalau sudah terlanjur memberikan nomer NIK itu berbahaya atau tidak Min? Saya habis di telpon sama yang ngaku" dari alodokter, nawarin asuransi gitu. Dia minta nomer nik dan nomer rekening, saya kasih nomer NIK nya saja, nomer rek nya enggak.Saya khawatir nomer NIK saya Min :'(
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juli 17, 2020
      Tergantung siapa yang memintanya, kalau memang dari alodokter ya paling digunakan buat verifikasi pendaftaran asuransi. hehe kalau sama oknum ya bisa dijual datanya. Untuk kedepannya lebih berhati - hati aja kalau ada yang nanya data - data pribadi. Kalau memang tidak penting - penting amat ya lebih baik tidak diberikan
  40. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juli 07, 2020
    Saya dapat telfon yang mengaku customer service allodokter 02186659790 menawarkan beberapa programnya dan juga bilangnya ada program asuransi untuk DBD senilai 2 juta dan berlaku hanya satu tahun. Lalu diminta data diri sampai nomor rekening. Tapi untuk nomor rekening saya belim kasih karena masih sangat takut itu hanya salah satu penipuan. Sebab 3 nomor pertama yang menelfon di panggilan hp saya itu nomor spam. Jadi saya meragukannya. Mohon dibantu min itu asli dari pihak allodokter atau bukan.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 07, 2020
      Di akun twitter nya alo dokter sudah rame sih sebenernya, dan pihak AloDokter pun mengakui bahwa telepon2 itu dari tim marketing mereka. Banyak masyarakat yang merasa terganggu dengan telepon dari tim marketing mereka, karena ditelpon berkali - kali dan juga diminta data - data pribadi yang membuat tidak nyaman.

      Kalau nanti ditelpon lagi, munta saja untuk nomor anda dihapus dari daftar disana dan minta jangan telpon lagi.
    2. Unknown
      Unknown
      Selasa, April 20, 2021
      Sama aku jga, malah no rek jga aku kasi:(
  41. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juli 07, 2020
    Saya tadi ditelpon dari pihak alodokter trs minta identitas itu maksudnya gimna?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 07, 2020
      enaknya sih ditanyakan langsung ke pihak alodokter ya, hehe... Tapi kalau dilihat sekilas dsih menurut saya itu adalah salah satu kegiatan marketing mereka untuk mendapatkan nasabah baru
  42. rewangga
    rewangga
    Senin, Juni 22, 2020
    Iya nih alodokter nelpon terus dgn janji bisa dapat 2jt
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 07, 2020
      Setau saya itu bukan mau ngasih uang, tapi mau nawarin jasa asuransi SENILAI 2jt. Jadi kalau misalnya gak sakit atau gak ngeklaim sampai akhir ya hangus. Kecuali kalau ada perjanjian khusus dan jelas disebutkan bahwa uang tersebut BISA DICAIRKAN walaupun gak sakit, ya beda urusan
  43. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juni 04, 2020
    Maff saya mau bertanya saya tadi di telpon katanya dari pihak alodokter, saya diminta melengkapi data diri trus di suruh memberikan no rek, iti gimana ya saya takut data diri saya jadi tercuri
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 04, 2020
      Sebelumnya apakah bapak/ibu pernah menghubungi alodokter? jika belum pernah kemungkinan besar itu penipuan. Di cek saja saldo rekeningnya secara berkala dan jika ada password yang mudah ditebak, segera diganti.
  44. Tampilkan selengkapnya
  45. Unknown
    Unknown
    Rabu, September 18, 2019
    Saya juga dapat telpon memenagkan hadiah 1 miloiar dan udah terlanjur ngasih data alamat saya email saya dan aneh nya si penelpon bisa tau nama saya dan no telepon saya. Mdah mdhan tidak digunakan untuk hal hal yang merugikan amin
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 19, 2019
      Aamiin. mudah - mudahan tidak digunakan untuk hal - hal yang merugikan ya gan. Harus lebih hati - hati lagi sekarang dalam melindungi data - data pribadi kita.
  46. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Februari 16, 2019
    tadi pagi saya dapat undian dri bri pas itu sya kasih no rekening it gemana
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 17, 2019
      kalau nomor rekening saja sepertinya masih aman, namun ada lebih baiknya di cek secara berkala. untuk kedepannya lebih selektif lagi jika ada yang bertanya data - data pribadi.
  47. Khairunnisa Ast
    Khairunnisa Ast
    Selasa, November 07, 2017
    Saat ini sepertinya pengamanan dua langkah memang harus diterapkan. Misalnya konfirmasi email dan hp. Memang kesannya lebih ribet, tapi jadinya lebih aman. Terutama yang berhubungan dengan akun keuangan.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!