Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV

Rindi Putra
95 Komentar
Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV
Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV

Kabel HDMI sudah terpasang tersambung tapi suara tidak keluar? Suara Laptop tidak muncul di TV? HDMI ke TV tidak ada suaranya? Sound HDMI tidak terdeteksi? Saat ingin menontong film di TV rumah dari laptop menggunakan kabel HDMI tapi suara yang seharusnya keluar di speaker televisi malah tidak terdengar sama sekali, atau bahkan suaranya masih keluar dari speaker laptop? Gambarnya (visual) sudah muncul di layar, tetapi suaranya tidak ada? Tenang saja berikut solusinya.

Seperti yang kita ketahui kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah kabel yang dapat menghubungkan laptop atau komputer ke sebuah layar seperti TV atau monitor. Baik gambar maupun suara, dapat dihubungkan dengan satu kabel tersebut.

Tidak hanya gambar (visual) yang dapat dihubungkan, tetapi juga suara (audio) sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan port (lubang) headset atau speaker output yang ada di laptop, dalam satu kabel tersebut kita sudah dapat menyambungkan baik citra visual (gambar) dan juga suara (audio) yang ada di laptop ke televisi yang dihubungkan.

Bedakan kabel VGA dan HDMI

Saat ini masih ada laptop yang masih diberi port (colokan) VGA, perlu diketahui kabel VGA hanya bisa melakukan transfer video (tanpa audio). Jadi pastikan dulu kabel yang digunakan bukan kabel VGA, kalau belum tahu contohnya atau gambar kabel VGA, silahkan di google sendiri ya, "Gambar kabel VGA" atau "Gambar volokan kabel VGA".

Kalau pakai kabel HDMI tapi pakai konverter ke VGA (atau sebaliknya) bisa gak keluar suara?. Jawabannya, Tidak. Colokan di laptop dan kabel harus sama - sama HDMI, kalaupun menggunakan konverter tidak akan bisa mengeluarkan audio atau suara.

Baca juga: Cara Setting Smartphone Android Agar Menjadi Remote TV 

Cara Mengatasi Audio (Suara) yang Tidak Keluar Saat Menggunakan Kabel HDMI

Kita asumsikan bahwa anda telah measang kabel HDMI secara benar yang ditandai dengan gambar yang ada di layar laptop telah muncul di layar televisi. Cara ini berlaku untuk semua jenis televisi baik Samsung, Toshiba, Sharp Aquos ataupun type lainnya. 

#1. Klik kanan  pada icon speaker yang (biasanya) ada di taskbar (kanan-bawah)

Jika tidak ada icon speaker silahkan klik symbol panah yang ada di area tersebut untuk memunculkan semua icon sistem, termasuk icon speaker yang tidak ada.

#2. Pilih "Open Sound Settings" atau "Volume Control Option" di menu popup yang muncul

Jika anda menggunakan Windows 10, silahkan pilih "Open Sound Settings". Jika anda menggunakan Windows 7 silahkan pilih "Volume control Options". 

Cara Mengatasi Audio (Suara) yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TVWindows 7 (Pilih Volume control options)

Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TVWindows 10 (Pilih Open Sound settings)

#3. Ceklis  (Pilih) HDMI Output. Kemudian Klik OK.

Pada halaman Sounds Settings atau Volume control, silahkan pilih atau rubah Sound Device atau Output Device ke HDMI Output atau Merek (type) TV yang digunakan. Pada Windows 7 Anda harus klik tombol >Apply dan atau >OK. Tapi jika anda menggunakan Windows 10 pengaturan akan otomatis berubah.

Cara Mengatasi Audio (Suara) yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TVWindows 7 (Pilih device HDMI atau nama TV)

Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TVWindows 10 (Silahkan rubah output device ke TV yang disambungkan)

#4. Selesai!

Beres! Selamat sekarang suara yang ada di laptop akan keluar di speaker TV sebagai mana mestinya. Anda sudah dapat menonton film atau memutar musik dan suaranya keluar dari speaker televisi melalui kabel HDMI.

Masih kurang mengerti? Dibawah ini saya sudah sediakan tutorial mengatur audio output HDMI versi video. Silahkan bisa langsung diputar seperti video - video yang ada di YouTube. Jika masih ada yang kurang dimengerti silahkan simpan pertanyaan di kolom komentar dibawah seperti biasa.

Baca juga: Cara Agar Audio Tetap Keluar dari Port Headset Bukan HDMI

Suara keluar saat memutar musik, tapi tidak keluar saat bermain game atau aplikasi lain?

Banyak yang mengalami kendala pada saat menghubungkan PC/laptop ke TV dengan HDMI. Beberapa pengguna tidak bisa mengeluarkan suara yang berasal dari game yang sedang dimainkan, padahal saat memutar musik atau aplikasi lain di laptop suara bisa keluar di TV.

Untuk mengatasi masalah itu, butuh pengaturan lanjutan, pembahasannya sudah dibuat di artikel terpisah karena ada beberapa hal juga yang harus disampaikan di pengaturan lanjutan tersebut. Untuk tutorialnya silahkan buka di artikel dibawah ini. 

Baca juga:  Audio Suara PC tidak keluar di beberapa aplikasi? Ini solusinya

Belum Berhasil?

Jika cara diatas masih belum berhasil silahkan periksa pengaturan di TV Anda. Ada beberapa TV yang memang harus diatur terlebih dahulu sumber audionya

Seperti contohnya di TV SHARP, pengaturan audio di TV SHARP lumayan lengkap. Dari mulai dari mana sumber audio yang masuk, dan juga kemana audio disalurkan /dikeluarkan semua ada pengaturan sendiri.

Silahkan buka menu >Audio di TV (Bukan pengaturan di komputer ya) kemudian silahkan atur sumber audio /audio source ke sambungan HDMI.

Hal seperti ini memang bagus dari sisi kelengkapan fitur. Tetapi untuk kita - kita yang ingin simple dan serba otomatis sepertinya harus sedikit ekstra ribet di pengaturan. hehe 

Tetapi, setelah Anda berhasil menemukan dimana pengaturan audio tersebut, Anda akan lebih leluasa mengatur dari mana - ke mana audio diarahkan. Dan menutur kami, ada keuntungan yang besar jika kita dapat mengatur 'aliran' audio tersebut.

Masih Belum Berhasil?

  • Bila belum berhasil cobalah untuk memeriksa setiap sambungan, baik sambungan dari kabel HDMI ke laptop juga sambungan dari kabelm HDMI ke Televisi. Coba cabut kemudian pasangkan lagi.
  • Periksa pengaturan di laptop /computer yang digunakan, pastikan anda mengaktifkan sambungan melalui kabel HDMI tersebut. (Klik kanan di Desktop kemudian pilih >Screen Resolution)
  • Periksa Volume TV dan volume laptop. Bisa jadi lupa membesarkan volume suara atau lupa karena telah di Mute.
  • Coba ganti kabel HDMI. Bila ada teman atau tetangga yang punya kabel HDMI coba saja pinjam sebentar untuk membuktikan bahwa memang tidak bisa. Namun bila berhasil menggunakan HDMI ‘pinjaman’ tersebut maka ada masalah di kabel milik anda.
  • Eksperimen. Coba ganti laptop dulu, atau bila ada coba hubungkan di Televisi lain. Karena masalah bisa ada dari mana saja.

Semoga artikel mengenai cara mengatasi audio yang tidak keluar saat menggunakan kabel HDMI di TV ini dapat membantu teman – teman semua yang mengalami permasalahan yang serupa.

Bila ada pertanyaan atau masih mengalami kendala, silahkan simpan pertanyaan atau testimony di kolom komentar dibawah. Kami akan bantu semaksimal mungkin. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. #beWiseUser

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

95 komentar

  1. Firdaus
    Firdaus
    Kamis, Agustus 25, 2022
    Kak saya kan ingin menyambungkan laptop saya thinkpad x220 ke layar tv digital dengan menggunakan kabel hdmi yg ditambah converter Displayport to hdmi karena di laptop nya tidak ada port hdmi tapi yang muncul hanya gambar dan suaranya tidak muncul di keterangan sound di laptop digital audio "Not plugged in" Solusinya gimana kak? Apakah karena pakai converter jadi suara tidak bisa keluar di layar tv?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 26, 2022
      Bisa jadi karena konverternya, tapi coba pastikan dulu audio driver dari official lenovo sudah terinstall (dan update), kadang audio driver bawaan dari intel hanya bisa cover yang basic saja. Semoga berhasil.
  2. Nadilla Reyna
    Nadilla Reyna
    Minggu, Desember 19, 2021
    mau tanya, kalau ke tv pake kabel vga suaranya ga keluar di tv bisanya pake speaker aja gimana ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 19, 2021
      Kabel VGA memang hanya bisa mengirim visual (video), tidak bisa audio+visual seperti HDMI. Pakai saja kabel audio dari laptop langsung ke speaker jadi tetap bisa nonton di TV dengan audio di speaker.
  3. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 10, 2021
    Hai, aku mau tanya nihh YouTube di Tv aku suaranya kurang jernih agak mendem gitu knp yaa?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 10, 2021
      Sudah coba putar video lain? siapa tau memang video nya yang bermasalah. Coba cek juga volume nya, biasanya ada volume TV dan volume aplikasi pastikan kedua volumenya diperbesar ya.
  4. Bangkitwijaksana
    Bangkitwijaksana
    Senin, Agustus 09, 2021
    Mau tanya, saya menggunakan kebel HDMI utk tv samsung ke laptop. Tapi hanya gambar saja masuk, suara tidak muncul, dan kami chek tidak ada sound HDMI tersambung di laptop saya. Ketika saya ganti laptop lain, bisa tanpa masalah. Gimana ya gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 09, 2021
      Biasanya ada masalah di audio driver. Coba update atau re-install audio drivernya.
  5. Unknown
    Unknown
    Senin, Agustus 02, 2021
    Saya sdah nyambung HP ke TV , ada gambarnya tapi gak ada suaranya,TV saya akari HP saya realme 5i
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 02, 2021
      Sambungannya pakai kabel atau wireless? seperti pakai chromecast dan sejenisnya
  6. Syam
    Syam
    Kamis, Juli 08, 2021
    Bang mau tanya atas jwban yg kmrn, perihal hdmi dari tv ke stb ada gambar gak ada suara nya...volume kedua perangkat tsb sdh di full kan ttp aja gak ada suaranya bang, padahal kabel hdmi nya sdh saya ganti yg baru ttp aja gak keluar suara, kenapa ya mhn pencerahan nya trmksh sblm nya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 08, 2021
      Coba lihat pengaturan di TV nya, cari pengaturan "Audio input" atau "Audio source" dll. pokoknya bagian audio, kalau ada pilihan, pilih inputnya dari HDMI. Kalau masih gak bisa coba pakai laptop/komputer colok ke TV pakai HDMI nya, kalau nyala berarti STB nya yang belum diatur, atau ada masalah di STB nya
  7. Syam
    Syam
    Rabu, Juli 07, 2021
    Mau tanya bang, pake hdmi dari tv ke stb dvb t2 ada gambar jernih tp gak ada suaranya...sdh coba ganti kabel hdmi yg baru, hasil nya sama gak ada suara to gambar bagus...kenapa bisa gitu ya bang..mhn pencerahan trmksh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juli 07, 2021
      Coba cek volume TV sama volume STB nya. Itu dua - duanya harus dinaikin biar keluar suaranya
  8. Syech Abdullah Affandi
    Syech Abdullah Affandi
    Jumat, Mei 28, 2021
    Mohon bantuannya bro, bagaimana cara setting pemasangan speaker aktif kabelnya, apakah disambung ke TV Box atau ke TV LED ya ?

    Bagaimana pula cara setting nya jika speaker aktif nya tanpa kabel / bluetooth ?

    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 28, 2021
      speaker aktif ke Box/TV?
      Keduanya bisa, yang penting nanti dipengaturan outputnya disesuaikan.

      Kalau pakai speaker bluetooth berarti TV/laptopnya juga harus pakai bluetooth, gak bisa speakernya aja yang punya bluetooth.
  9. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 13, 2021
    Tolong bantu saya bang,saya sudah beli elgato seharga 3 juta,ketika sudah di sambung hdmi ke hanphone,suara nya malah nelum termiroring,yang ada suara nya malah masih keluar di hp bukan keluar di pc,cara mengatasi nya gimana bamg tolong bantu please nanti saya kasih imabalan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 13, 2021
      harus dilihat dulu pengaturan di HP sama di aplikasi elgatonya gan, baru nanti keliatan dimana salahnya. Mending hubungi aja tempat agan beli elgatonya, pasti dibantu klo ada masalah kyk gitu. harganya lumayan mahal, pelayanan purna-jual nya juga harusnya responsif
  10. Unknown
    Unknown
    Jumat, Februari 05, 2021
    mau tanya dong bang
    Saat saya udah sambungkan laptop ke tv saya merk TCL output HDMInya tidak ada di laptop bang
    Gimanaya cara ngatasinnya bang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 05, 2021
      di TV nya muncul? Coba lihat di pengaturan Display settings, pilih yang duplicate
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 22, 2021
    Kk sy mau sy punya home teather panasonic dia g ada suara dan kadang suara kadang tiba ilang suara nya,knp y kk?tolong info nya,trims
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 22, 2021
      kalau kadang hilang berarti kan itu sebenarnya sudah nyambung. Berarti kalau gitu kemungkinan besar ada masalah di koneksi kabel nya. Coba saja cek kabelnya siapatau longgar atau coba pakai kabel lain untuk memastikan masalahnya
  13. Unknown
    Unknown
    Rabu, Januari 20, 2021
    Gan saya mau tanya kmrn tv LED saya pasang tv kabel pake HDMI trus gambarnya bagus tp suaranya ga ada bisa bantu jalan keluarnya gmna
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 21, 2021
      umumnya sih itu masalah volume aja, coba cek volume TV box sama volume di TV sudah dibesarkan atau belum, harus dua2 nya dibesarkan. Kalau salah satu saja yang dibesarkan maka gak akan keluar suaranya. Kalau masih gak keluar suaranya coba ganti kabel HDMI nya atau coba dulu kabelnya dari laptop ke TV
  14. Santuso
    Santuso
    Rabu, November 25, 2020
    Saya punya TV LED Akari, saya tes VGA laptop ke VGA TV ada suara dan audio lancar. Namun, saat saya instal ulang laptop, saya coba koneksikan VGA laptop ke VGA ke TV kini hanya video yang muncul sedangkan audio tidak keluar. Sudah saya coba pakai HDMI, tapi tetap saja tidak muncul. Sudah cona ganti kabel VGA tetap saja audio tidak muncul, padahal device "audio tv" sudah terpasang di laptop saat dicolokkan vga ke tv, kenapa ya gan? Gara gara instal ulang, audio tidak bisa muncul ke tv
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 26, 2020
      setau saja VGA itu cuman bisa transfer video, gak sama audio. Kalau pake HDMI baru bisa video-audio. Kalau setelah install ulang jadi gabisa berarti ada yang kurang lengkap di proses install nya. coba di cek audio drivernya, pastikan software nya sesuai dengan versi yang digunakan.
  15. Clavin
    Clavin
    Rabu, November 11, 2020
    Bro kalo suaranya kecil bgd itu knp ya?
    Mungkin bs dibantu, sudah setting max dr monitor pake headphone jg ud paling tinggi soundnya, tapi suaranya ttp kecil bgd ;(
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 12, 2020
      Klo TV jaman sekarang biasanya ada 2 volume. Volume TV sama volume media. Coba cek siapatau volume media nya belum diatur. Kalau masih kecil berarti ada masalah di kabel atau colokan kabel HDMI nya. Paling gampang sih cek di TV lain, nanti ketauan yang error nya yang mana
  16. Fahmi Syuhada
    Fahmi Syuhada
    Rabu, November 04, 2020
    mau nanyak kalok cara aktipin sund yg dimute oleh monitor ya gimana
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 05, 2020
      klo itu sih tinggal di unmute aja di monitornya. Gabisa dari komputer/laptop soalnya itu beda pengaturan kan. Cari saja di remote atau menu di monitor nya di bagian sound atau audio
  17. Marshall IBM
    Marshall IBM
    Jumat, Oktober 16, 2020
    Mantab gan, sukses terus, Moga banyak rizkinya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 18, 2020
      Terimakasih gan doanya. Semoga agan juga dapat banyak rejeki dan sukses terus
  18. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 10, 2020
    Saya mau tanya gimana caranya biar. Suara tv Samsung saya bisa konek ke speaker aktif bantu solusi nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 11, 2020
      Lihat saja di speaker aktifnya tersedia colokan apa saja, biasanya ada jack audio, HDMI, digital optic, dll. Terus lihat di TV nya tersedia colokan apa saja disana, silahkan pilih kabel/koneksi yang keduanya bisa nyambung
  19. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 09, 2020
    Cara ilangin gambar colokan hdmi di volume ganti gambar spicker gimana?? (karna gambar colokan itu yang bikin tv ada gambar tapi ga ada suara) ... Tv sharp
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 11, 2020
      maskdunya gimana? setau saya itu icon bahwa sedang ada sambungan HDMI, kalau untuk suara ada di pengaturan audio seperti di tutorial
  20. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 02, 2020
    Suaranya nyandet" kenapa ya mas
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 03, 2020
      Kalau suaranya sudah keluar berarti pengaturannya sudah benar. klo nyandet2 berarti masalahnya ada di sambungan kabel atau kabel HDMI nya ada yang rusak. Coba ganti kabel, kalau masih gak lancar berarti colokannya yang masalah
  21. Agus Wiji Utami
    Agus Wiji Utami
    Sabtu, Juli 18, 2020
    Tanya mas, tv taya sharp lcd, saat kita input dengan mode tv suara tidak ada, tetapi saat kita ubah input menjadi usb untuk liat video, suara ada. Di bagian pengaturan suara malah menu tidak aktif jadi tidak bisa diklik, bagaimana ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 18, 2020
      Kalau menu tidak bisa di klik berarti audio TV tidak terdeteksi. Kalau ada sih coba ganti kabel HDMI nya, sepertinya ada masalah di kabel nya. Kabel nya HDMI ya, bukan VGA
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Aaaa
    Aaaa
    Sabtu, Juli 18, 2020
    Tv sy polytron dan pake anycas. Gambar ok suara nok ...pdhal di toko dicobas suara bisa gmbar bisa Kira2 ap yg salah y bro
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 18, 2020
      pas di toko TV nya sama2 polytron? type nya juga sama?
      Klo di toko bisa, kemungkinan besar masalahnya di pengaturan TV polytron nya. Coba saja dicari di menu TV tentang output sound/audio
  24. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juli 10, 2020
    Thank bro, artikel yang sangat bermanfaat betz......
    salam dari bromo mountain....
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 11, 2020
      Salam balik bro! Sama - sama...
      Terimakasih buat testimoni nya...
  25. Djiki Yuinggris Sesfa'o
    Djiki Yuinggris Sesfa'o
    Kamis, Juli 09, 2020
    Sangat membantu. Terima kasih 👍👏🙏😄
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 09, 2020
      sama - sama. Mudah kan ya caranya. hehe
  26. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juni 30, 2020
    Baru beli tv led polytron . Bgitu smpek rumah lgsg pencarian program otomatis bisa muncul gambar tpi suara tidak kluar ... Tv saya gaada spedakernya...gimana caranya biar tv kluar suara tanpa speaker ya... Mohon bantuanya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juli 01, 2020
      Kalau memang ga ada speakernya di TV biasanya dikasih speaker atau audio /soundsystem eksternal. Kalau ga dikasih audio eksternal berarti ya harus beli dulu speaker/sound system nya. coba saja beli/pinjam dulu speaker komputer yang murah dicolok deh ke port audio di TV, biasanya langsung ada suaranya
  27. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 29, 2020
    tv led samsung series5 saya tidak bersuara apa bisa di ganti dengan speaker aktif atau speaker yg menggunakan ampli apa bisa menjadi bersuara atau ttp tidak bersuara?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 29, 2020
      Kalau pengaturannya sudah benar sih harus nya bisa ya diganti sama speaker eksternal. Coba saja dihubungkan ke port output sound di TV. Kalau masih tidak bisa, alternatifnya bisa langsung dicolok saja ke laptop/PC. Jadi nanti pengaturan sound nya bukan dari HDMI, tapi dari kembalikan lagi ke sound laptop/komputer seperti semula.
  28. Unknown
    Unknown
    Minggu, Juni 07, 2020
    Ka saya ud pasang anycast HDMI Dongle dgn benar dan suda terhubung jga di hp saya tpi kenapa Ditampilan tv Sharp Aquos sya blank gtu ka ga kluar suara ataupun gambar solusinya gmna ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 08, 2020
      Banyak faktor yg bisa mempengaruhi, yang paling mudah adalah coba pake HP lain, coba ke TV lain (coba d TV tetangga/teman). Kalau hasilnya masih sama, berarti ada masalah di dongle nya.
  29. Sadam Husin
    Sadam Husin
    Selasa, Mei 05, 2020
    Alhamdulillah sudah keluar suaranya
    ternyata output nya saja yang belum disetting
    Terimakasih untuk infonya..
  30. Fate Chan
    Fate Chan
    Selasa, Januari 28, 2020
    kalau bukan kabel HDMI tapi pakai Kabel VGA bisa gk bang ada suaranya di tv?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 28, 2020
      Kalau pakai kabel VGA saja tidak bisa ya, soalnya kabel VGA hanya bisa transfer video saja. Kalau mau ada suaranya harus pake kabel audio lagi. Klo pakai HDMI bisa audio sama video. Semoga membantu!
  31. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 23, 2019
    Gan sy mau tanya sy baru pasang home teater merk sony disambung ke tv panasonic ketika mau nonton melalui mirroring hp knp yah tidak mengeluarkan suara dari home teater tp dr tv bisa mohon bantuannya..thank
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 24, 2019
      Ada kemungkinan home theater nya belum support input audio dari wireless, bisa juga karena setting di TV nya berubah. Coba play musik atau video lain dari YouTube, terus cek lagi pengaturan audio di TV atau di HT (jika ada) beberapa TV pengaturan sumber audionya ada yang harus dirubah manual. Semoga membantu!
  32. Bebebey25
    Bebebey25
    Sabtu, November 30, 2019
    Bro mau nanya nie gw baru beli tv polytron yg sound ya pisah dari tv trus gw sambung tv ke laptop via hdmi nah ada amd hdmi politron di pengaturan sound tp ada silang merah dan suara g keluar, dan g sengaja gw uninstal amd hdmi polytronnya, solusi ya gmna ya, makasih bro sebelumnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 06, 2019
      Klo ke uninstall berarti harus di install lagi gan, coba aja cari di google driver sound/HDMI sesuai type TV polytron nya. Atau langsung buka website resmi polytron dan buka bagian produk support /driver.
  33. Tampilkan selengkapnya
  34. aldy
    aldy
    Kamis, November 14, 2019
    Bang ini saya udah lakuin kok tetep gaada suaranya , tolong bantu bang saya pake tv polytron
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 15, 2019
      Sudah coba dicari di pengaturan TV nya? biasanya di pengaturan TV ada pengaturan untuk memilih sumber audio yang digunakan, pilih sumbernya dari HDMI (eksternal). Klo masih bermasalah berarti ada masalah di kabel atau perangkatnya. Coba pindah dulu ke TV lain atau ganti laptop lain. Semoga membantu!
  35. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 19, 2019
    pkai cable hdmi xkluar suara pn knapa.klau guna rca cable suara jd putus putus..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 20, 2019
      Kalau seperti itu berarti ada problem di kabel rca atau di port colokan kabel rca. Untuk test silahkan coba gunakan kabel rca di perangkat lain, atau gunakan kabel rca baru di perangkat yang tadi, nanti kelihatan bagian mana yang rusak.
  36. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 05, 2019
    mas mau nnya, di pc saya digambar tvnya tuh ada gambar merah (logo download gtu) cara aktifinnya gmn ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, September 09, 2019
      Sepertinya pengaturan di PC nya belum pas mas, coba cek di pengaturan Display kemudian pengaturan Multiple display, semoga membantu!
  37. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Agustus 31, 2019
    Kok di tv saya blm keluar suaranya nya ya, padahal sdh dicek semua, kabel HDMI nya. Mohon dibantu ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, September 01, 2019
      Klo sudah di cek semua (termasuk di pengaturan TV), coba diterapkan di TV lain dulu ya, bisa jadi ada masalah di pengaturan TV nya. semoga membantu!
  38. nisa
    nisa
    Kamis, Agustus 29, 2019
    Ka gini saya pake HDMI gambar uang ada di tv tapi suara masih di speker hp ka hp saya xiomi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 30, 2019
      saya asumsikan Nisa langsung menggunakan mini HDMI - HDMI di HP ya? Silahkan periksa pengaturan di HP nya yang berhubungan dengan sambungan mirroring, jika sudah yakin pengaturannya benar, berarti ada masalah di kabel HDMI nya. alternatif lainnya bisa juga dengan mencobanya di TV lain. semoga berhasil!
  39. Rivaldo Siburian
    Rivaldo Siburian
    Jumat, Agustus 02, 2019
    Gan, saya mau sambungkan laptop ke tv dan tambahn suara ke sound(speaker) melalui mixer...sebelumnya kalau laptop dan speaker hidup...ini kan mau buat karaoke, lalu saya mau sambungkan ke tv gambarnya..setelah saya sambung dengan HDMI kok malah gambar aja yg muncul ya, dan kenapa suara hanya keluar dari tv gan...mohon jawabannya saudara saudara..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 02, 2019
      Hi gan Rivaldo! Speakernya nyolok ke TV atau laptop? kalau ke laptop berarti output suaranya jangan ke HDMI tp ke speaker (laptop) aja. kalau speaker nya dicolok ke TV berarti output nya ke HDMI dan pengaturan output sound di TV nya juga jangan lupa diatur. semoga membantu!
  40. Warso Merdeka
    Warso Merdeka
    Rabu, Juli 24, 2019
    Untuk tampil ke monitor sudah tapi sound HDMI tidak tampil dipengaturan padahal volume LCD dan PC sudah maksimal.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juli 24, 2019
      Coba diperiksa pengaturan di LCD nya gan, ada beberapa merek yang audio input nya harus diatur secara manual. Umumnya sih otomatis mengambil sumber suara dari HDMI yang aktif, tapi untuk beberapa merek dan type harus diatur secara manual. semoga membantu!
  41. Unknown
    Unknown
    Senin, Juli 15, 2019
    Saya pake HDMI dongle untuk menyambungkan dri hp k tv hasil udh bisa dan ada suara.. trus saya pengen suaranya disambungkan k speaker aktif gmn caranya yaa...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 16, 2019
      agar suara keluar di speaker aktif (eksternal), bisa dengan menyambungkan TV dengan speaker menggunakan kabel audio jack 3.5 male to male atau kabel 2in1 untuk audio. Tidak perlu pengaturan khusus di HP atau di dongle nya. Selamat mencoba!
  42. ferdee
    ferdee
    Senin, Juni 10, 2019
    tq buat artikelnya gan....

    saya baru pasang VGA Card di PC saya gan, utk monitor saya pakai LG TV Monitor, sambungan via HDMI. sudah dicoba berulangkali tetep suaranya gak mau keluar gan. apakah memang ada beberapa VGA Card yg tidak support sound, hanya picture saja gan? setahu saya kalau ada sambungan HDMI, itu harusnya sudah support gambar dan suara ya gan. mohon info nya, terima kasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 10, 2019
      setau saya juga ga ada VGA card yang fungsi HDMI nya setengah2 gitu gan (gambar saja tanpa audio). Kalau yakin pengaturan di PC sudah benar, coba explore di pengaturan TV nya gan. soalnya di TV SHARP juga harus ada yang diatur mengenai audio yang dipakai dari mana dan keluar dimana. semoga membantu :)
  43. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 06, 2019
    Mas mau nanya. Says mau nontin film di tv toshiba pakai flashdisk gambarnya sudah ada tapi suaranya ga ada. Dan tidak ada tulisan "audio not supported" kira2 solusinya bagaimana. Says sudah coba pakai format audio aac dan mp4 tapi tetap suaranya ga keluar. Trima kasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 08, 2019
      Bisa dicoba dengan memutar video lain, jika sama2 tidak keluar suara di video lain berarti TV nya memang belum support memutar dengan audio. Biar tidak penasaran bisa dicoba juga alternatif lain dengan diputar di TV merk lain seperti SAMSUNG, SHARP, dll. semoga membantu :)
  44. Tampilkan selengkapnya
  45. Unknown
    Unknown
    Jumat, April 05, 2019
    Sy sdh pakai dongle hdmi ke tv sharp sy dr hp oppo a57,tp ga keluar suara nya. Lalu sy coba ke tv tetangga,di tv tetangga normal,ada suara dan gambar. Lalu apa yg salah dgn tv sy ya? Mhn jawaban nya kak. Terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, April 05, 2019
      Jika memang seperti itu keadaannya, bisa diperiksa bagian audio input di pengaturan TV SHARP nya, biasanya ada beberapa pilihan untuk audio input saat menggunakan port HDMI di TV jenis LED. Semoga membantu!
  46. Unknown
    Unknown
    Selasa, April 02, 2019
    mau tny knp klo dr resiver tv langganan ato dr DVD ke tv memakai kabel HDMI visual ada tp audionya ga ada masalahnya di mana mksh..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 03, 2019
      Hi pak Fomoun!
      Kalau TV nya normal berarti ada masalah di kabel HDMI nya atau di pengaturan DVD nya. coba saja dihubungkan dengan laptop dulu ke TV, kalau suaranya keluar berarti ada masalah di DVD nya.. semoga membantu :)
  47. Unknown
    Unknown
    Rabu, Januari 23, 2019
    Terima kasih telah berbagi.
    Saya ingin tanya, maaf sedikit menyimpang. Saya baru pasang HDMI Dongle tuk koneksi hp ke tv. Sudah berhasil tapi suaranya gak muncul. Ada yg bisa sharing? Mksh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 25, 2019
      Hi Maman!
      Coba gunakan HP lain atau coba di TV lain, kalau masih tidak bisa berarti ada masalah di dongle nya.
  48. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 27, 2018

    Saya coba menghubungkan HP k TV tabung menggunakan alat bantu yg d anjurkan sprt:anycast dongle HDMI, converter HDMI2AV, kabel RCA 3
    dgn menggunakan applikasi wifi display helper
    Hasilnya bagus memang terhubung tp... Tdk ada suaranya pdhal HP dan TV volume a sama" Ful tp tetep tdk keluar suara baik dr HP tawpun dr tv
    Solusinya kaa🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 28, 2018
      Bisa dicoba sambungkan kabel rca bagian sound di speaker terpisah. Kalau bisa, berarti TV nya belum support. Kalau tidak bisa berarti ada masalah disambungannya. Semoga membantu :)
  49. Unknown
    Unknown
    Minggu, Agustus 12, 2018
    Mau tanya , saya tidak menggunakan TV atau Leptop, saya ada infokus trus Indihom ,speaker, trus permasalahan nya saya di sini, Indihom , infokus ada suara layar Ade, trus saya mau itu suara keluar ke speaker, tp GK bisa, kira" ada solusi,
    Makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 13, 2018
      klo suara ada d infocus saya asumsikan sudah menggunakan kabel HDMI, coba hubungkan dengan kabel 3 warna, video ke infocus, audio ke speaker. semoga membantu :)
    2. Unknown
      Unknown
      Selasa, Januari 05, 2021
      pili pengaturan oudio di tv
      oudio tv
      dan oudio external
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!