Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Xiaomi
Apa itu Secon Space? Cara Menggunakannya di Smartphone Xiaomi
Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

Apa itu second space? Apa fungsi second space? Bagaimana fitur second space bekerja? Lalu bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Second space di smartphone Xiaomi khusus nya di ROM MIUI 8. Sebelum melangkah ke pengaturan dan penggunaan ada baiknya kita mengetahui dulu seputar atau seluk beluk tentang fitur Second space ini.

Apa itu Second space di Smartphone Xiaomi?

Second Space adalah salah satu fitur andalan yang dibawa oleh Xiaomi di MIUI 8. Fitur ini memungkinkan kita memiliki 2 sistem dan pengaturan yang terpisah dalam satu buah smartphone. Sehingga kita dapat memiliki 2 buah akun whatsApp aktif, 2 buah akun BBM aktif, 2 buah email utama yang aktif, 2 buah tema aktif, dll. Ibaratnya kita memiliki 2 buah smartphone secara virtual dalam satu buah smartphone secara fisik.

Kalau ada Second space berarti harus ada First space nya dong..

Kalau ada second space berarti harus ada first space nya dong.. naah First space sebenarnya adalah sistem default atau utama yang sistem, aplikasi, pengaturan dan seluruh isinya kita gunakan sekarang (sebelum mengaktifkan second space).  Setelah mengaktifkan Second space maka seluruh setting beserta isinya yang berada di sistem default itu menjadi First Space.

Bagaimana Fitur Second Space Bekerja di smartphone Xiaomi Kita?

Sebelum dapat menggunakan fitur second space ini kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu (caranya akan dijelaskan dibawah). Fitur ini akan membuat sistem baru yang terpisah dimana awal sistem ini akan tampak seperti mengatur handphone baru tanpa mengubah /mempengaruhi pengaturan di sistem sebelumnya (First Space).

Kita dapat berpindah dari space 1 ke space 2 kapanpun, tanpa harus melakukan restart handphone. Cukup dengan memasukan password / pattern-lock maka kita sudah dapat berpindah seperti mengoperasikan handphone yang berbeda.

Cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Second space

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan fitur second space di smartphone Xiaomi. Pastikan smartphone xiaomi anda telah menggunkan MIUI versi 8.0.1.0 , 8.0.2.0, 8.0.5.0 atau terbaru.

#1 Aktifkan Second space

Buka menu "Settings" kemudian cari dan buka menu "Second Space" terakhir silahkan aktifkan fitur dengan menekan tulisan "Turn on Second space" seperti gambar dibawah ini.


Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan Second space selesai. Setelah proses selesai maka anda berada di dalam wilayah Second space, terlihat seperti menyalakan smartphone untuk pertama kalinya.

#2 Masuk ke pengaturan Second space

Setelah anda mengaktifkan fitur second space maka anda harus melakukan beberapa pengaturan tentang penggunaan second space.

Buka bagian >Manage >Set dan anda akan diminta untuk membuat beberapa pengaturan tentang penggunaan Second space. Atau bisa diakses dari bagian settings.

Buka menu "Settings" kemudian buka pilihan "Second space" dan pilih "Set"


Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

#3 Buat Password

Piih >Set Second space password untuk menambahkan password bila ingin mengakses ke wilayah Second space. Anda akan diminta untuk memasukan PIN 4 angka untuk mengunci Second space. Atau bisa pilih >Not now untuk melewati langkah ini yang berarti tidak menggunakan password saat berpindah dari first pace ke second space.


Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

#4 Import photos

Pilih >Import bila anda ingin mengambil foto yang berada di First space ke Second space.


Atau

Pilih >Next bila anda tidak ingin melakukan import atau tidak ingin mengambil foto dari First space ke Second space.

#5 Import files

Sama hal nya dengan Import Foto, Piih >Import bila ingin mengambil data /file dari First space ke Second space. Atau pilih >Next bila tidak ingin melakukan import.

#6 Import Apps

Begitu juga dengan Aplikasi,  anda bisa memilih >Import bila ingin mengambil aplikasi dari First space ke Second space. Atau >Next bila ingin melakukan install secara mandiri.

#7 You’re all set! (Selesai)

Selesai!. Pilih >OK pada layar bila telah mengatur beberapa pengaturan diatas.


Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

Setelah klik OK maka layar pengaturan Second space akan terbuka, pada halaman ini anda dapat mengubah atau menambahkan pengaturan yang berhubungan dengan Second space seperti Password, Fingerprint, Notifikasi, Data, dan pengaturan lainnya juga dapat dilihat di halaman Second space ini.

Selamat! Anda telah mempunyai ‘handphone baru’ di dalam smartphone Xiaomi anda yang sekarang. Untuk selebihnya anda dapat melakukan eksplorasi sendiri mengenai hal – hal apa saja yang dapat dilakukan di fitur Second space. Untuk aplikasi anda bisa melakukan instalasi langsung dari Playstore atau install manual dari file apk yang telah di download.

Bila ada yang masih membingungkan atau ada yang ditanyakan langsung aja simpan pertanyaan atau apapun itu di kolom komentar dibawah, akan kita bantu semaksimal mungkin. Jangan lupa untuk menjadi pengguna yang bijak!


Artikel Terkait:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

10 komentar

  1. Ray vaderx
    Ray vaderx
    Selasa, Januari 04, 2022
    Bagaimana dgn memori internal atau externalnya untuk menyimpan file2 pribadi mas. Apakah akan terbagi untuk masing2 space..?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 04, 2022
      Ya, file yang ada di space 1 tidak dapat dibuka di space 2, dan begitu juga sebaliknya.
  2. Unknown
    Unknown
    Selasa, Agustus 31, 2021
    terimakasih info nya. tapi kalo yang belum ada fitur second space di hp nya, apa bisa juga? kalo bisa gmn caranya kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 31, 2021
      Sepertinya semua HP xiaomi sekarang sudah ada fitur second space, kecuali yang jadul banget. Tapi kalau belum ada fitur nya ya berarti belum bisa.
  3. Admin
    Admin
    Minggu, April 11, 2021
    Terimakasih atas informasinya, apa dual space ini tidak membebani memori hp?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 13, 2021
      Tergantung penggunaannya, kalau di kedua space install banyak aplikasi pastinya membebani memori
  4. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 18, 2020
    Terima kasih banyak ya nak Rindi Putra.Info yang diberi mudah difahami.Semoga nak Rindi terus maju dalam segala usaha..aameen...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 19, 2020
      Aamiin...! terimakasih banyak pak/bu atas doanya. Semoga bapak/ibu juga lebih maju lagi dalam segala usahanya Aamiin...
  5. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 15, 2020
    Tapi kekurangan second space itu.. Pas di restart atau reboot.. Tiba2 langsung ke first space.. Gk ada cara lain yak? Jadi kalo kita mau ke first space hanya bisa lewat aplikasi switch nya? Intinya saya mau first space itu bisa dipakai hanya dengan aplikasi "switch" Bukan karena reboot atau restart maupun shutdown.. Bisa gak ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 16, 2020
      Fungsi second space itu kan sebenarnya buat tambahan, jadi yang utama nya itu ya yang first space. Kalaum mau isi second space yang duluan kebuka ya berarti harus dipindah /ditukar dulu isi yang ada di 1 ke 2, dan sebaliknya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!