Cara Long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi

Rindi Putra
15 Komentar
Beranda
Tutorial
Xiaomi
Cara Long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi
Cara Long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi

Berikut ini adalah cara untuk mengambil gambar screenshot yang panjang /full dari atas sampai bawah halaman di Smartphone Xiaomi, sering disebut juga dengan long screenshot. Fitur ini dapat digunakan di Smartphone Xiaomi type apa saja dengan syarat telah menggunakan sistem operasi MIUI 8 (8.0.1.0) atau lebih baru. Kali ini kami praktekan di Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Long screenshot /full page screenshot  ini adalah salah satu fitur unggulan yang ditawarkan Xiaomi di sistem operasi terbarunya yaitu MIUI 8. TIdak masalah versi android yang anda gunakan, KitKat /Lollipop /Marshmallow, asalkan telah menggunakan ROM MIUI 8.

Fitur – fitur yang ada di MIUI 8 tidak kalah dengan fitur – fitur yang ditawarkan oleh smartphone terbaru bahkan bisa dikatakan fitur – fitur yang ada di MIUI 8 dapat disetarakan dengan fitur – fitur yang dimiliki smartphone kalangan atas (high-end).

Sekali lagi kami ingatkan bahwa fitur ini dapat dilakukan pada sistem operasi /ROM versi: MIUI 8. Untuk mengetahui sistem operasi yang sedang digunakan oleh smartphone Xiaomi anda, bisa dilihat pada artikel ini: Cara Foto Selfie dengan Fingerprint di Xiaomi.

Cara Melakukan full /long screenshot di Smartphone Xiaomi

  1. Buka halaman yang ingin anda (full) screenshot (contoh: sistem, gallery, halaman website,dll)
  2. Tekan tombol volume bawah +power secara bersamaan hingga muncul gambar thumbnail (hasil screenshot) di pojok kanan atas.
  3. Segera Tap /Pilih gambar thumbnail yang muncul di pojok kanan-atas sebelum hilang dan menu baru akan munculCara Long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi
  4. Pilih Scroll (Kiri-Bawah) pada menu baru dan sistem akan otomatis melakukan full screenshotCara Long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi
  5. Selesai!. Hasil full /long screenshot akan otomatis tersimpan ke dalam Gallery (screenshot)Cara Long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi

Setelah semua langkah diatas selesai, maka hasil full /long screensot sudah dapat dilihat dan tersimpan di folder screenshot pada gallery seperti biasanya dengan type yang sama dengan screenshot biasa. Pada langkah ke 3 (Tap gambar thumbnail yang muncul di pojok kanan-atas) memang harus segera dilakukan karena thumbnail hasil screenshot tersebut akan otomatis menghilang dalam 3 detik.

Semoga artikel mengenai cara melakukan full /long screenshot ini dapat membantu dan memaksimalkan penggunaan smartphone anda untuk menunjang pekerjaan ataupun kebutuhanpribadi anda. Bila ada kendala atau masalah dalam menerapkan cara ini jangan sungkan – sungkan untuk bertanya dan berdiskusi pada kolom komentar, kami coba bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang  bijak!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

15 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 24, 2020
    Ko HP saya ga bisa ya, sebelumnya bisa, kalau dibuat gulir chat tidak bisa, kenapa ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 24, 2020
      Kalau sebelumnya bisa berarti ada masalah di aplikasinya, coba di uninstall dan install ulang aplikasinya
  2. elminius_modestus
    elminius_modestus
    Sabtu, April 21, 2018
    Kok di hpe xiaomi mi 5x q ga bisa ya? Bagian yg untuk scroll ga bisa di akses Itu knp Ya min?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 24, 2020
      coba di cek lagi software/firmware yang dipakai, pastikan sudah update ya
  3. rojo pati
    rojo pati
    Sabtu, Agustus 05, 2017
    Device ku redmi pro 64 gb rom masih asli dari distri tapi tombol gulir tdk pernah bekerja warna gelap terus
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Agustus 05, 2017
      memang ada beberapa aplikasi yang tidak menggunakan fitur long ss gan. atau bisa jadi karena ROM distributor nya yang bermasalah gan, disarankan untuk diupdate dulu ke rom terbaru. semoga membantu :)
  4. Unknown
    Unknown
    Senin, Juli 31, 2017
    Hp ku pernah bisa screenshot pake gulir tapi kok skrg gabisa ya gan, kenapa
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 01, 2017
      perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi bisa menerapkan long screenshot. masih ada beberapa aplikasi yang tidak support untuk diambil long screenshot. selebihnya mungkin bisa melakukan update software atau pembersihan sistem secara berkala.
  5. Anonim
    Anonim
    Kamis, Juni 15, 2017
    Minta solusinya gan punya ane hasilnya cuman bagian yg akhir??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 16, 2017
      itu pas screenshot dimana gan? memang ada aplikasi-aplikasi yang tidak bisa menggunakan full-screenshot
  6. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Mei 20, 2017
    Makasih tips nya gan...
    Sangat bermanfaat 😘
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 22, 2017
      Sama sama Mba Irma, senang dapat berbagi. :D
  7. Unknown
    Unknown
    Rabu, November 02, 2016
    hpku Xiaomi redmi 3 prime udah miui 8 tp setelah tap hasil ss, kok tombol gulirnya gak bisa, ada keterangan aplikasi tidak mendukung fitur ini... bagaimana solusinya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 03, 2016
      memang ada beberapa aplikasi yang belum mendunkung penggunaan long screenshot ini, tidak ada yang salah dengan hpnya. untuk memastikannya coba ambil gambar long screenshot pada halaman setting di smartphone xiaomi nya, kalau berhasil berarti hanya aplikasi yang ingin diambil gambarnya saja yang memang tidak (belum) mendukung fitur ini. semoga membantu,
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!