Cara Ganti ROM Distributor ke Global Xiaomi Redmi 3 Pro

Rindi Putra
163 Komentar
Beranda
Tutorial
Xiaomi
Cara Ganti ROM Distributor ke Global Xiaomi Redmi 3 Pro
Cara Ganti ROM Distributor ke Global Xiaomi Redmi 3 Pro

Berikut ini adalah cara lengkap dan mudah diikuti untuk melakukan flashing atau mengganti ROM distributor ke ROM Global untuk smartphone Xiaomi Redmi 3 Pro. Cara ini sudah terbukti ampuh dan 100% Berhasil dari beberapa kali percobaan pada yang kami lakukan kepada smartphone Xiaomi Redmi 3 Pro. Semoga teman - teman juga dapat mempraktekannya dengan mudah dan berhasil.

Smartphone Redmi 3 Pro kamu isinya aneh – aneh? Bahkan ada iklan muncul pada halaman utama smartphone? FIX! Berarti smartphone baru kamu masih menggunakan ROM Distributor atau illegal alias tidak resmi!. Segeralah ganti ROM dengan cara melakukan flash /flashing smartphone Xiaomi kamu dengan ROM Global (resmi).

Cara Flash atau ganti ROM distributor ke global ini telah kami coba di Smartphone Xiaomi Redmi 3 Pro (Qualcomm Snapdragon) dan 100% berhasil pada percobaan pertama. Jadi sepertinya teman – teman semua tidak akan menghadapi kendala yang berarti selama mengikuti langkah – langkah dan petunjuk yang ada pada artikel ini. 

Setelah melakukan flashing atau penggantian ROM ini semua file yang ada di smartphone xiaomi anda akan terhapus, begitu juga aplikasi, maka simpanlah (backup) file – file penting ke memori external atau flashdisk OTG sebelum melakukan flashing.

Sebelum ke langkah – langkah, pastikal dahulu bahwa kita telah download file – file dibawah ini:

Setelah semua file diatas siap, maka kita bisa langsung eksekusi. Posisi komputer saat kami melakukan flashing menggunakan Windows 7 (64-bit) dan telah terinstall Xiaomi PC Suite (Mi PC Suite), bila belum install-lah Mi PC Suite terlebih dahulu sebelum memulai flashing.

Perhatian:

  • Kami Flashing dengan ROM Versi 7.5.2.0 dan berhasil, bila ingin langsung ganti ke ROM yang lebih baru silahkan, resiko ditanggung penumpang. hehe
  • Disarankan untuk membaca dulu semua langkah dibawah sampai selesai kemudian baru dipraktekan agar tidak mengalami kebingungan ditengah jalan.

Step by step Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global di Xiaomi Redmi 3 Pro

#1 Aktifkan Developer mode

Aktifkan Developer mode dengan cara masuk ke bagian >Settings >About  phone kemudian  ketuk /tap 7 -12 kali pada bagian MIUI version sampai muncul pop up bertuliskan “you are now a developer”.

#2 Aktifkan USB Debugging

Setelah mengaktifkan mode developer barulah kita dapat mengaktifkan USB debugging dengan cara buka kembali bagian >Settings >Additional Settings >Developer Options kemudian Centang (Aktifkan) >USB debugging.

Bagi yang masih bingung cara mengaktifkan Developer mode dan USB debugging bisa dilihat penjelasan detailnya pada artikel berikut ini (dilengkapi dengan GAMBAR): Cara Menghubungkan Smartphone Xiaomi ke PC/Komputer

#3 Hubungkan Smartphone Xiaomi ke Komputer /PC

Setelah mengaktifkan USB debugging hubungkan smartphone Xiaomi ke Komputer dengan menggunakan kabel USB. Disarankan menggunakan kabel Original Xiaomi (optional). Tunggu sampai terhubung langsung dengan Mi PC Suite

#4 Cabut Kabel & Matikan Smartphone

Setelah terdeteksi oleh Mi PC Suite dengan sempurna, matikan smartphone dan cabut kabel USB

#5 Masuk ke Menu Fastboot & Pasang Kabel

Masuk ke menu fastboot dengan menekan tombol volume bawah +power pada smartphone secara bersamaan hingga muncul gambar MiBunny (Fastboot). Setelah Masuk ke menu Fastboot, hubungkan (lagi) smartphone ke PC via kabel USB (tunggu beberapa saat sampai tidak ada background activity).

#6 Install & Buka Minimal ADB Fastboot

Install file ADB yang sudah di download diatas ke PC kemudian buka

#7 Setting smartphone ke mode download

masih di jendela (cmd) Minimal ADB Fastboot di PC, ketik: "FASTBOOT  REBOOT" (jangan dulu tekan enter). tekan & tahan Volume atas + volume bawah di smartphone kemudian tekan Enter pada Jendela cmd Minimal ADB Fastboot di PC (terus tekan volume atas + bawah sampai layar smartphone mati /gelap) .

Bila layar smartphone anda mati berarti anda berhasil masuk ke download mode.

Pada tahap ini smartphone Xiaomi anda beradap pada download mode dimana sangat disarankan untuk tidak melakukan apapun pada smartphone dan kabel USB yang sedang digunakan.

#8 Extract File ROM Global (7.5.2.0)

Extract file ROM Global yang tadi telah di download di PC

#9 Install & Buka MiFlash

Setelah melakukan Extract file ROM Global, Install Aplikasi MiFlash dan kemudian buka aplikasi tersebut di PC /laptop.

#10 Arahkan MiFlash ke folder ROM Global

Klik >Browse pada MiFlash kemudian arahkan pada folder ROM Global yang tadi telah di extract. Pilih Folder ROM (ido_xhdpi_global_images_V7.5.2.0.LAIMIDE_20160629.0000.25_5.1_global), bukan folder images. Klik >OK.

Cara Ganti ROM Distributor ke Global Xiaomi Redmi 3 Pro

#11 Setting Flashing mode di MiFlash

Pilih >Refresh pada jendela MiFlash akan muncul file COMXX, pilih (centang) file tersebut.  Kemudian pilih >Flash all pada pengaturan flash.

Cara Ganti ROM Distributor ke Global Xiaomi Redmi 3 Pro

#12 Flash

Setelah pengaturan flashing selesai maka smartphone anda siap untuk di lakukan penggantian ROM. Klik tombol >Flash pada jendela MiFlash kemudian tunggu sampai program selesai melakukan flashing yang ditandai dengan tulisan completed successfully”.

Cara Ganti ROM Distributor ke Global Xiaomi Redmi 3 Pro
Cara Ganti ROM Distributor ke Global Xiaomi Redmi 3 Pro

Pada langkah ini jangan otak-atik /pindah – pindah smartphone anda, karena proses ini sangat krusial, bila terganggu ancaman bootloop menanti smartphone anda.

#13 Cabut Kabel & Hidupkan smartphone

Setelah proses flashing selesai, cabut kabel USB kemudian hidupkan smartphone dengan menekan tombol power. Untuk menghidupkan smartphone setelah di flash harus menekan tombol power lebih lama dari biasanya, jangan panik.

#14 Selesai! & Selamat!

Setelah melalui langkah ke 13 tersebut maka anda berhasil melakukan flashing atau mengganti ROM distributor ke ROM Global pada smartphone Xiaomi Redmi 3 Pro. Rasakan tampilan yang lebih nyaman dan ringan pada ROM baru dan resmi dari Xiaomi.

Jangan lupa untuk melakukan update software ke versi terbaru langsung via updater untuk mendapatkan pengalaman maksimal dari smartphone Xiaomi Redmi 3 Pro anda.

Bila teman – teman mengalami kendala, mari berdiskusi di kolom komentar dibawah, kami akan bantu semaksimal mungkin. Semoga tutorial ini membantu teman – teman yang sedang mencari cara step by step untuk mengganti ROM Distributor ke ROM Global pada smarpthone Xiaomi Redmi 3 Pro. Tetap bijak sebagai pengguna!


Artikel Terkait:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

163 komentar

  1. Husni
    Husni
    Sabtu, April 24, 2021
    Halo bang, saya punya xiaomi redmi 3 pro versi MIUI Global 9.6 stabil, kendalanya wifi dan Bluetooth kadang mau hidup kadang tidak. Saya minta solusi untuk permasalahan ini, trimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 25, 2021
      Kyknya itu harus dicek ke tukang service, yang gitu biasanya ada masalah di hardware, harus dibuka. Tapi kalau penasaran sih bisa dicoba di reset factory atau ganti rom dulu
  2. NFoRcE
    NFoRcE
    Minggu, November 15, 2020
    halo gan.. saya mo tanya nih.. kalo awalnya salah flash ke versi global china miui 9
    trus langkah nya sama juga ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 16, 2020
      yes gan. langkahnya sama, yang beda itu file firmware nya saja
  3. teguh budiyanto
    teguh budiyanto
    Senin, Juni 29, 2020
    aada kendala dibagian edl mode fastboot itu gimana ya sudah teka volume up & down bersama tapi ngga ngefek sama sekali
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 29, 2020
      ditahan terus keduanya sampai klik tombol enter, bahkan setelah klik tombol Enter pun kedua tombol volume tetap harus ditekan sampai layar gelap. Kalau masih belum ada respond berarti ada yang salah ngikutin langkah - langkahnya
  4. A1+4
    A1+4
    Kamis, Juli 25, 2019
    Sore gan,knp sy nyangkut di step 3 ya? Begitu mau connection hp ke pc, muncul info "USB device not recognize". Cb di pc yg lain {windows 10 64bit) juga tidak connect. Mohon pencerahannya, trims..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juli 26, 2019
      Halo gan! Coba diganti dulu ya kabel nya sama kabel yang lebih bagus atau original. Klo semua langkah sebelumnya sudah dilaksanakan dengan benar maka salah satu masalahnya ada di sambungan kabel nya. selamat mencoba, semoga berhasil!
  5. Ahmad R F
    Ahmad R F
    Selasa, Juli 23, 2019
    bisa ubl di rom 7.5.2.0 ini ga?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 23, 2019
      Hi gan Ahmad! Bisa banget gan, klo sudah di ROM Global langsung saja dicoba request UBL nya, yang penting HP nya sudah terdaftar dan terhubung dengan email , telpon, dll, agar mudah di verifikasi oleh sistem. Jika masih belum bisa, coba di update dulu ke MIUI versi terbaru langsung via OTA (ga perlu di flash manual lagi). semoga membantu!
  6. Tentang Layang
    Tentang Layang
    Jumat, Februari 22, 2019
    setelah di extrack cuma 1 file nya apakah benar terus ngk ada extension nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 22, 2019
      File yang mana nih gan? Kalau tidak ada extension itu tergantung pengaturan pc/komputer agan. Coba di google "cara memunculkan extensi di pc". Semoga membantu :)
  7. Unknown
    Unknown
    Rabu, Februari 06, 2019
    Gimana kalau mau pake MIUI 9
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Februari 07, 2019
      kalau mau ganti MIUI ke versi yang terbaru seperti MIUI 9 MIUI 10 ataupun lainnya, silahkan download saja versi ROM sesuai yang diinginkan. Ingat, resiko ditanggung "penumpang" :)
  8. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 24, 2018
    BOSS TOLONG PENGATURAN COMENTNYA BIAR TG TERBARU ADA DI ATAS JADI YG BARU CARI CARA FLASH TAU KLO CARA SI BOSSS EMANG AMPUH
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 24, 2018
      belum sempat nih gan, semoga nanti bisa terlaksana. diterima masukannya :)
  9. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 24, 2018
    sukses gan.... caranya biarpun harus 2x download miflash dan rom di web tetangga, tapi cara ini ampuh untuk redmi 3 pro... skali lagi MAKASIHHHHHHHHHHHHHHHH
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 24, 2018
      Joss! Mantap gan, selamat menikmati HP 'baru' nya. hehe
  10. Unknown
    Unknown
    Kamis, Mei 10, 2018
    gan kok sayaa pas colok usb di fastboot di mi suitenya ada tulisan "rom device signature not verified"
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 11, 2018
      sekarang pake ROM apa gan? kynya hp agan sulit terdeteksi di Mi PCSuite.. pastikan sudah mengaktifkan USB Debugging.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Minggu, April 01, 2018
    thx bgt bang , tutorialnya sangat membantu sekali , walaupun saya ganti ke rom china hehe
    godblessyou and fam bang....
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, April 02, 2018
      Hehe.. tidak apa2 gan rom china juga, yang penting sekarang sudah tahu bagaimana cara ganti ROM yang aman. next bisa coba lagi ganti ke ROM versi lain :)
  13. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juni 20, 2017
    gan mau tanya, kalau akun mi sudah di logout sebelum flash apakah nanti setelah flash kembali meminta password akun mi? problemnya ane lupa password
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 24, 2017
      kalau mau menggunakan akun mi yang sebelumnya berarti harus ingat password nya gan. tapi kalau lupa, bisa membuat akun baru saja.
  14. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juni 08, 2017
    Om,yg di mksd 32bit 64bit apa sih?
    Laptop aku masih windows xp. Apa bisa? Lalu apa harus ada konksi internet laptopnya pas flash ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 11, 2017
      32-bit dan 64-bit itu jenis sistem operasi yang digunakan. kalau windows xp sepertinya masih 32-bit. bisa saja menggunakan windows xp namun disarankan menggunakan (minimal) Windows 7 64-bit. cara diatas tidak memerlukan koneksi internet saat flash.
  15. Anonim
    Anonim
    Sabtu, Mei 20, 2017
    Maaf mau tanya ini udh ada bahasa indonesia belum gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 22, 2017
      sudah ada gan, sudah ada bahasa indonesia nya tinggal dipilih saja nanti pas pengaturan
  16. gocret
    gocret
    Senin, April 24, 2017
    Gan, saya udah selesai flash dan berhasil, tapi baterai status muncul -2%, udah saya colok charger juga gak berubah, tetap -2%, dan fingerprint jadi gak berfungsi. Ada solusi gan. Thanks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 27, 2017
      sepertinya proses flashing nya kurang sempurna gan, kalau bisa diulangi lagi proses flashing nya. Semoga membantu,
  17. Unknown
    Unknown
    Selasa, April 11, 2017
    sekedar sharing, saya ikuti tutor sprti diatas, tpi di fastboot mentok di logo, akhirnya saya skip point no 5,6,7 saya ganti dengan tekan tombol power volume up scra brsamaan lngsung pilih menu download colok usb lanjut ke point slanjutnya.
    sebelumnya saya pake rom 7.9.2 skrg ke rom 7.5 dpt upgread via ota ke 8.1 device redmi 3 pro finger print ram 3gb
    jadila sebagai pengguna internet yg baik, selalu sharing setiap mendapat ilmu dari apa yang kita dapatkan!!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 12, 2017
      TOP! Terima kasih gan atas sharing nya, pastinya sangat bermanfaat terutama bagi temen - temen yang mengalami kendala yang sama. Salam gan!
  18. Unknown
    Unknown
    Senin, Maret 27, 2017
    Kalo dari MIUI 7 distributor langsung diupgrade ke MIUI 8 pake cara ini, bisa gak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Maret 27, 2017
      Bisa mas. cara nya sama saja, yang beda di file ROM nya. Tapi disarankan sih ganti ROM ke MIUI 7 Global dulu, baru nanti update ke MIUI 8 via updater. Semoga membantu,
    2. Unknown
      Unknown
      Selasa, Maret 28, 2017
      Ok lah saya coba MIUI 8 langsung, tapi kalo gagal bisa flash ulang lagi kah? Misalnya kalo gagal update ke MIUI 8, pake MIUI 7 dulu aja?
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 28, 2017
      kalau tidak sampai boot loop sepertinya masih bisa diulangi flash nya. pengalaman flash ke MIUI 7 selalu berhasil, itulah kenapa ane saranin lebih baik ke MIUI 7 dulu baru nanti update via updater ke MIUI terbaru,
  19. iswant D'show
    iswant D'show
    Sabtu, Maret 25, 2017
    Yessss.... berhasil gan . terimakasih banyak ilmunya . akhirnya terlepas dari iklan yg menyebalkan . selamat tinggal rom abal-abal jahanam
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 25, 2017
      hhaha.. Yesss. Selamat gan, say good bye to ROM abal - abal. Selamat menikmati Joss nya ROM Global +Resmi +Official.
      Thanks atas testimoninya. Senang dapat berbagi
  20. AlfiahLintamaya
    AlfiahLintamaya
    Minggu, Februari 26, 2017
    kak muncul tulisan merah saat klik flash di miflash -the filename,directory name or volume label syntax in incorrect
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 27, 2017
      sepertinya ada yg salah di folder rom nya, atau di HH (smartphone) nya gan. coba simpan file ROM nya di satu tempat, lanjut restart dan hubungkan lagi smartphone nya ke komputer sampai terhubung sempurna (tidak ada background proses yg berjalan). selamat mencoba kembali
  21. Miftahul Hidayat
    Miftahul Hidayat
    Senin, Februari 20, 2017
    wah udh masuk dialog box cmd.exe..ane ketik FASTBOOT REBOOT lalu tekan vol up and down..layar hp ga bisa gelap mas..msh di mode fastboot.waduh piye mas
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 21, 2017
      klo sudah mentok, direstart aja hp nya terus ulangi langkah2 nya diatas. selamat mencoba lg gan,
    2. Unknown
      Unknown
      Rabu, Februari 22, 2017
      saya juga seperti itu gan, udah coba dua kali tetap gak bisa mati HH nya,
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 24, 2017
      klo msh belum berhasil coba diulangi lagi langkahnya dari awal gan.
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. ImaiJP
    ImaiJP
    Senin, Februari 20, 2017
    Update Rom Distributor Ke Rom Stable bisa lewat updater gk gan? Dan Bootloop gk?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 21, 2017
      klo dr rom distributor ga bisa gan. harus diganti dulu via flasher kyk di tutorial ini, baru bisa update pake updater. semoga membantu,
  24. Unknown
    Unknown
    Minggu, Februari 12, 2017
    Mas rindi setelah saya download dalam bentuk winrar ido_xhdpi_global_images_V7, 5,2,0, laimide_20160629,0000,25_5,1_global. Kemudian saya extrak dan hasil ektrak saya klik file folder ini, di dalamnya terdapat file folder image. Apakah downloadnya udah benar?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 12, 2017
      sudah benar mas, lanjutkan.. :D
  25. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 30, 2017
    Gan kok saya saat mau pakai mi pc suitnya gagal terus ya ? Ada gambar kabel dan tulisan reboot ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 12, 2017
      coba di install ulang gan Mi PC Suite nya. semoga berhasil klo sudah di uninstall,
  26. Gutz
    Gutz
    Kamis, Januari 12, 2017
    Klo udah do flashing itu aplikasi bawaanya ilang smua gan?, ini ane udah ADA playstorenya klo misalnya ilang gmn gan :(
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Januari 14, 2017
      klo play store dan aplikasi bawaan lainnya ga akan hilang gan, sudah jd aplikasi default dari rom yg diatas jd bakal ada lg
  27. conan
    conan
    Senin, Januari 09, 2017
    gan..harus pake windows 7 64 bit ya?bisa pakai alternatif lain?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 09, 2017
      ga wajib sih, tapi disarankan.. khususnya klo pake alat2 yang ada di tutorial ini.
      alternatif nya bisa bisa pake windows 8 atau 10 gan
  28. agy
    agy
    Senin, Januari 09, 2017
    kalau flashnya pakai windows 7 32bit sukses ga ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 09, 2017
      tergantung gan, yang pasti harus pake miflash yg khusus 32bit
  29. Anonim
    Anonim
    Selasa, Januari 03, 2017
    kok setelah di adb fastboot kan layarnya jadi gelep, tapi kok kenapa gak bisa detect di mi flash?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Januari 04, 2017
      pastikan driver hp nya terinstall dengan sempurna saat pertama kali dihubungkn dengan PC
    2. agy
      agy
      Senin, Januari 09, 2017
      kalau flashnya pakai windows 7 32bit sukses ga ya? semisal harus pake flasher khusus, nyarinya dimana?
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 15, 2017
      tergantung eksekusinya gmn gan klo itu, tp byk kok yg udh sukses pake yg 32bit. cari miflash di google aja sudah byk kok yg bahas, semoga membantu
  30. jondexler
    jondexler
    Selasa, Januari 03, 2017
    Gan,,,Dari ROM disti bisa langsung ke ROM Global versi 8 tidak dengan cara diatas?
    Thanks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 03, 2017
      bisa gan, tapi ane saranin sih pake yg versi 7 dulu, baru update ke MIUI 8 via updater
    2. jondexler
      jondexler
      Rabu, Januari 04, 2017
      ok gan...trims sarannya,,,ta coba ke versi 7 dulu y...^_^
  31. jondexler
    jondexler
    Selasa, Januari 03, 2017
    Gan...ROM GLOBAL Xiaomi Redmi 3 Pro (7.5.2.0) size: 1.1GB setelah di extract apakah benar filnya jadi 2,2gb...karena pada saat mau flash dibilang tidak ada filenya...soalnya MIUI hp kita tipe MIUI Global 7.3.2.0.0(LHPCNDD) tidak bisa naik ke versi 8
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 03, 2017
      benar gan jadinya 2,2 gb.. mungkin ada yang terlewatkan gan coba di cek lagi urutannya
  32. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 02, 2017
    gan ini ada tulisan the file name, directory and syntax is incorrect gimana ini??? ane perlu kmana lagi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 03, 2017
      itu di langkah yang mana gan?
  33. Tampilkan selengkapnya
  34. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 02, 2017
    ini yang di dowload gan tp isinya cuma 1 aja ga ada folder lainnya, gimana ???
    ido_xhdpi_global_images_V7.5.2.0.LAIMIDE_20160629.0000.25_5.1_global_d0ad1c194a.tgz
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 03, 2017
      iya gan, kan nanti itu di extract. baru nakal keliatan isinya
  35. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    Gan, mi note bamboo mau ganti rom distri ke gobal bisa pakai tutorial ini ga??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 21, 2016
      wah belum pernah coba tuh gan, lebih baik googling lagi aja gan khusus untuk type mi note bamboo, daripada daripada kan..
  36. Elham Chahyono
    Elham Chahyono
    Minggu, Desember 18, 2016
    Kalo sekarang aku pake rom global versi 8, terus mau ganti ke versi yang ini bisa ngga gan? mohon bantuannya. makasih :)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 20, 2016
      bisa banget gan. selamat mencoba, :)
  37. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 16, 2016
    Gan kalo gagal menghubungkan pc suite dengan smartphone gmn ? Selalu gagal di 30persen , padahal , transfer data biasa bisa gan . Help me gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 16, 2016
      pastikan developer option nya sudah diaktifkan gan, bila perlu install ulang pc suite nya. sangat disarankan juga pakai kabel original xiaomi.
  38. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 16, 2016
    gan pas no 7 kok handphone nya ngak mati-mati kenapa yah. ?
    bingung uda di enter"kagak mati"
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 16, 2016
      pastikan developer optionnya di aktifkan gan, dan jangan terburu2 saat dihubungkan dengan komputer, biarkan dulu HH nya melakukan instalasi otomatis.
  39. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 16, 2016
    min mau tanya nih , kan ane pake redmi 3 pro , mau ganti romnya , tapi bisa gak min kira kira kalau lewat windows 7 32 bit ???
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 16, 2016
      bisa gan pake windows 7 yang 32 bit tapi harus pake flasher khusus 32 bit juga, tapi disarankan sih mending pake yang 64 bit kemungkinan berhasilnya lebih besar.
  40. Optima Ponsel
    Optima Ponsel
    Kamis, Desember 15, 2016
    Nemu info, miui 8.1 global bakalan di luncurkan untuk lock signal 4g di redmi 3 / note. Gk bisa pakai trik lepas sim try lagi :(
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 16, 2016
      hihi.. mudah - mudahan infonya tidak benar gan, kalaupun benar mudah - mudahan tetap bisa dibikin 4G walaupun tidak menggunakan cara lepas kartu. thanks gan sudah mau berbagi disini,
  41. Blogger
    Blogger
    Kamis, Desember 15, 2016
    tolong saya gan, saya baru sampai step#7 , setelah ditekan tombol power atas bawah berhasil mati dan layar gelap. tapi setelah melangkah ke step selanjutnya>> buka MiFlash, malah tidak terdeteksi HPku. di pencet tombol refresh juga gak muncul2,, udah gitu HPnya dinyalain juga gak bisa, dichas juga gak bisa. bener2 mati sampai sini. tolong gan, saya panik :'(
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 16, 2016
      wah.. wah.. coba ditekan tombol powernya agak amaan gan Firman untuk menyalakannya lagi, sebelum masuk ke mode download pastikan dulu HP nya terhubung sempurna via MiPC Suite.
  42. Ramdhani
    Ramdhani
    Rabu, Desember 14, 2016
    Terimakasih banyak sharenya gan, good job, keep it up :)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 14, 2016
      sama - sama gan, senang dapat membantu,
      terima kasih atas testimoni nya..
  43. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 13, 2016
    maaf admin.....rom versi ini sudah ada bahasa indonesia + play store sudah ada belum,,,maaf sebelum saya lanjutkan flashingnya,tipe jaringan prioritas 4G nya sudah tampil langsung atau belum,kartu sim saya sudah upgrade 4g dan daerah saya sudah suport jaringan 4g nya...mohon pencerahaannya pak admin..trimss
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 13, 2016
      karena ini ROM global jadi pastinya sudah ada bahasa indonesia dan play store yang resmi. untuk jaringan prioritas tidak tampil langsung karena ini ROM resmi.untuk memunculkannnya nanti lanjut ikutin tutorial yang ada di artikel ini:

      http://www.rinditech.com/2016/09/cara-agar-sinyal-4g-kembali-miui-8-xiaomi-redmi-note-3.html

      semoga membantu,
  44. Tampilkan selengkapnya
  45. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 06, 2016
    tetep ikutin prosedur diatas gan,
    walaupun ane ga masuk downloadmode (cuma nongol fastboot aja), tetep work kok..
    makasih buat tutornya.. :-D
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 08, 2016
      wah baru tau nih bisa dari mode fastboot. selamat gan kalau begitu, tetapi itu sangat beresiko. hehe
      sama - sama gan, terima kasih juga atas testimoni nya..
  46. Alfiyan Hidayat
    Alfiyan Hidayat
    Jumat, Desember 02, 2016
    gan ko 4g nya gada ya?? mohon bantuan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 02, 2016
      tenang gan memang akan hilang klo susah diganti ke rom ini. cara munculin nya tinggal pake tutorial yg ada di artikel berikut ini: http://www.rinditech.com/2016/09/cara-agar-sinyal-4g-kembali-miui-8-xiaomi-redmi-note-3.html
  47. RoberttS
    RoberttS
    Jumat, Desember 02, 2016
    setelah romnya diekstrak, ada 1file tnp folder yg ukurannya 2.28 Gb
    udah bener kah??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 02, 2016
      Yup! benar sekali gan Robertts.. ukurannya memang segitu klo sudah di ekstrak. selamat melanjutkan,
  48. Agung Sucipto
    Agung Sucipto
    Selasa, November 29, 2016
    "The filename,directory name, or volume label syntax is incorrect" itu pesan saat diklik flash
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 30, 2016
      pastikan smartphone nya telah terdetek di Mi PC Suite gan.. dan pastikan juga file yg di download sempurna dan agar lebih pasti lagi gunakan windows 64-bit.
      semoga membantu,
  49. Abang
    Abang
    Senin, November 28, 2016
    gan tlong jelasin cara masuk download modenya dong hehe maklum takut salah.. ane baru pertama soalnya flash xiaomi. makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 28, 2016
      di tutorial sepertinya sudah jelas gan, saran saya sih ikutin pelan2 aja langkah - langkahnya. video tutorialnya masih on proses gan, tunggu tanggal tayangnya aja
  50. Aduuh
    Aduuh
    Minggu, November 27, 2016
    gan maaf mau nanya, bedanya redmi 3 ama redmi 3 pro? hape ane redmi 3, bisa ngga pake tutorial yang diatas? makasih sebelumnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 28, 2016
      salah satu yang terlihat jelas adalah dari kapasitas RAM dan Memori penyimanannya. selebihnya hampir identik.
      belum pernah coba gan kalau di Redmi 3, kalau masih ragu coba aja googling dulu gan siapa tau ada yang sudah bahas khuus Redmi 3.
      semoga membantu,
  51. anang
    anang
    Jumat, November 25, 2016
    gan, kalau buat redmi 3x caranya sama seperti di atas nggak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 25, 2016
      belum pernah coba gan, tp mending googling aja dulu cara ganti rom redmi 3x. sepertinya sudah ada yang bahas, semoga membantu
  52. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 24, 2016
    Pakai bahan rom di en.miui.com ( miui8 stable ) bisakah ? Posisi sekarang di rom distri..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 24, 2016
      seharusnya sih bisa gan, sumbernya sama kok dari sana juga.
      Selamat mencoba
  53. Asep
    Asep
    Selasa, November 22, 2016
    Gan kalo perbedan rom global sama rom distributor gmna soal nya ane ga begitu ngerti.makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 22, 2016
      satu lagi bila ingin mengetahui rom yang digunakan distributor atau global. Coba buka aplikasi updater yang telah ada di smartphone. bila sekarang masih menggunakan MIUI 7 maka akan ada pilihan update ke MIUI 8. bila tidak ada pilihan update ke MIUI 8 maka sudah dipastikan itu rom distributor.
  54. Asep
    Asep
    Selasa, November 22, 2016
    Gan mau tnya dong kalo rom global ciri2 gmna soal nya ane blm begitu ngerti
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 22, 2016
      perbedaan yang paling mencolok terlihat dari munculnya iklan saat membuka kunci handphone. walaupun tidak setiap saat. bila ada iklan muncul sudah dipastikan itu adalah rom distributor.
  55. Tampilkan selengkapnya
  56. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 22, 2016
    Rom nya betulan itu? Di extrak 1 file 2gb an. Takut nya salah aja
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 22, 2016
      Yup! betul gan, tepatnya sekitar 2.28 GB
      Selamat melanjutkan prosesnya gan..
  57. vergos
    vergos
    Jumat, November 18, 2016
    Couldn't flash device.. Help gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 18, 2016
      coba periksa lagi pengaturan pada developer option nya gan, semoga membantu
  58. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 17, 2016
    gan,
    klo windowsnya 32 bit bisa gak ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 17, 2016
      harusnya sih bisa gan dengan menggunakan miflash khusus 32 bit. tapi ane saranin sih pake yg 64 bit untuk mengurangi resiko gagal.
  59. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 15, 2016
    muncul send cinfigure command mulu gan udah 2x coba bagi solusinya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 16, 2016
      munculnya pas mau ngapain gan? coba diulangi lagi, jangan terburu2..semoga membantu
  60. Unknown
    Unknown
    Minggu, November 13, 2016
    Gan..., Btw untuk Rom Global Redmi 3 Pro terbaru masih di 7.5.2.0 ya....
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, November 13, 2016
      bukan gan, yg terbaru sudah ada MIUI 8. setelah melakukan penggantian ROM nanti kita bisa langsung update ke MIUI 8 terbaru via updater
  61. Unknown
    Unknown
    Sabtu, November 12, 2016
    APakah bisa di terapkan dari ROM China Stable ke Global Stable ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, November 13, 2016
      bisa banget gan, cara ini seperti menginstall ulang saja prinsipnya
  62. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 08, 2016
    Mohon pencerahan gan... 3 pro ane ngelock d 4G setelah ane pindah via *#*#4636#*#*
    Apa hrus d flash jg gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 09, 2016
      ga usah gan, tinggal di cabut pasang kartu aja. settingan sinyal bakal ke default lagi, semoga membantu,
  63. Unknown
    Unknown
    Senin, November 07, 2016
    Terima kasih gan tutorialnya ......BERHASIL
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 09, 2016
      siip gan mantap.. selamat gan, senang dpt membantu, terimakasih testimoninya
  64. Doyan Mlaku
    Doyan Mlaku
    Minggu, November 06, 2016
    gan ini nanti setelah gnti rom bisa dapat update di updater ngga? oia dan klu pake laptop 32bit gmn gan?? kan ada mi flash buat 32bit versi betanya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, November 06, 2016
      bisa gan lsg update via Updater, sudah coba tiap ganti ROM lsg update ke MIUI 8 dan work.
      Harusnya sih bisa gan klo pake miflash yg 32-bit, tapi ane belum pernah nyoba
    2. Doyan Mlaku
      Doyan Mlaku
      Senin, November 07, 2016
      gan klu ada notif send configure command failed itu knp ya
    3. Doyan Mlaku
      Doyan Mlaku
      Senin, November 07, 2016
      send configure error
  65. Unknown
    Unknown
    Sabtu, November 05, 2016
    Kalo device isn't supported itu gmna maksudnya gan ?

    saya udah di step 6 tapi ya itu ga bisa gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 05, 2016
      coba lebih rinci lagi gan munculnya pada saat mau ngapain sampe muncul tulisan device isn't supported itu.
      disarankan juga pc / laptop yang digunakan itu berjalan dengan OS x64 (64-bit).
      semoga membantu gan,
  66. Tampilkan selengkapnya
  67. suyatna
    suyatna
    Kamis, November 03, 2016
    mas,,kenapa xiaumi redmi 3 saya tidak ada pembaruan di updater...?? soalnya mau update ke miui 8.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 03, 2016
      apakah sudah diganti ROM nya? pastikan ROM yg dipakai adalah ROM global, bukan distributor.
  68. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 01, 2016
    4g nya hilang!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 02, 2016
      tenang gan, cara munculinnya tinggal ikutin langkah2 yg ada di artikel ini: http://www.rinditech.com/2016/09/cara-agar-sinyal-4g-kembali-miui-8-xiaomi-redmi-note-3.html
  69. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 01, 2016
    Ini untuk redmi 3 pro atau redmi note 3 pro ?? Trus ini nanti dapat update ota ga ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 01, 2016
      sesuai judul gan, untuk Redmi 3 Pro. tetep bisa update ota.
  70. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 28, 2016
    gan, apa punya tutorial atau linknya untuk note 3, supaya bisa jadi miui global?
    dan apa sama note 3 dengan note 3 pro?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 28, 2016
      ada gan, ini link nya untuk Redmi Note 3 Pro:
      http://www.rinditech.com/2016/09/cara-ganti-rom-distributor-global-xiaomi-redmi-note-3.html

      beda gan, klo note 3 itu Mediatek, Note 3 Pro itu Snapdragon.
  71. Optima Ponsel
    Optima Ponsel
    Senin, Oktober 24, 2016
    gan ane skrg pakai miui 8 android M china beta. HH ane redmi note 3
    ane flash ke global rom miui 7/8 kok sim card nya tidak detek ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 24, 2016
      Sudah coba dengan operator yg Berbeda? Atau bisa jadi karena ada kesalahan /kekurangan pada saat proses penggantian ROM.
  72. Unknown
    Unknown
    Minggu, Oktober 23, 2016
    gan jaringan 4g di pengaturan nya ada atau hilang ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 24, 2016
      kalau sudah di ganti ke MIUI 7 atau MIUI 8 global pengaturan 4g pasti hilang gan. tetapi ada solusinya kok, di artikel yang ini:
      http://www.rinditech.com/2016/09/cara-agar-sinyal-4g-kembali-miui-8-xiaomi-redmi-note-3.html
  73. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 22, 2016
    gan klw hape xiaomi redmi note 3 pro bisa yah??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 22, 2016
      Bisa gan, tp tutorialnya bukan yg ini. Tp di artikel Yt ini gan: http://www.rinditech.com/2016/09/cara-ganti-rom-distributor-global-xiaomi-redmi-note-3.html
  74. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 22, 2016
    tolong pencerahannya gan, setelah “adb reboot edl” lampu indikator hape saya tidak berkedip2, padahal “abd devices” sudah berjalan lancar
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 22, 2016
      Klo adb reboot edl itu buat type Xiaomi Redmi Note gan, klo ini pake fastboot reboot seperti tutorial di atas.
  75. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 20, 2016
    gan kalo Redmi 3s pro, proses nya sama gak ( bukan type note )
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 20, 2016
      sama gan, kan ini juga untuk Redmi 3 Pro, bukan untuk type Note. kalau untuk type note ada lagi tutorial nya
  76. Agung galih
    Agung galih
    Minggu, Oktober 16, 2016
    ok gan thanksss
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 16, 2016
      Siip gan, sama - sama..
      Senang dapat membantu,

      Terimakasih atas testimoni nya,
  77. Tampilkan selengkapnya
  78. Unknown
    Unknown
    Minggu, Oktober 16, 2016
    ido_xhdpi_global_images_V7.5.2.0.LAIMIDE_20160629.0000.25_5.1_global_d0ad1c194a
    udah download tp data didalam nya nggak lengkap
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 16, 2016
      Mungkin download nya kurang sempurna, disarankan untuk melakukan download ulang. Pastikan ukuran file nya 1.1 GB dan usahakan download saat koneksi internet stabil.

      Selamat mencoba (lagi),
    2. Unknown
      Unknown
      Selasa, Desember 27, 2016
      Filenya sudah 1.1 gb tapi filnya cuma ada 1 gak kayak di ss
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 28, 2016
      isinya apa aja gan? memang sedikit kok, klo yg di ss itu ada folder2 lain yg tidak berhubungan demgan tutorial, fokus saja sama yg dikasih tanda merah
  79. Agung galih
    Agung galih
    Jumat, Oktober 14, 2016
    gan tutorial no4 cabut kabel usb dan matikan. trus pas menu fastboot apa colokin lagi kabel usb ke pc gan? tolong tutorialnya belum jelas
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 14, 2016
      yup! betul gan setelah masuk ke menu fastboot smartphone harus dihubungkan lagi ke PC. tutorial sudah di update dengan gambar yang lebih jelas. semoga membantu,

      terimakasih atas komentarnya,
  80. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 13, 2016
    Sy pake redmi 3 pro v7.9.2.0 bs dflash ke versi diatas ngga..?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 14, 2016
      bisa gan, dengan cara diatas bisa flash ROM dari semua versi

      selamat mencoba,
  81. Unknown
    Unknown
    Selasa, Oktober 11, 2016
    ada tutor buat ganti ROM jadi MIUI 8 ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 11, 2016
      ada gan, tapi kalau dari ROM distributor disarankan ganti ROM ke MIUI 7 dulu, baru nanti update ke MIUI 8 via Updater.
      semoga membantu,
  82. MAZDA
    MAZDA
    Senin, Oktober 10, 2016
    cara diatas bisa dipake buat yang belum di Unlockbootloader ga gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 10, 2016
      bisa gan, diatas juga eksekusinya pake Xiaomi Redmi 3 Pro yang masih bawaan distributor, belum diapa2in. selamat mencoba gan,
  83. JAKA NURHADIANSYAH
    JAKA NURHADIANSYAH
    Jumat, Oktober 07, 2016
    gan ane stak di fastboot nih gimana ga bisa ngapa2in muncul gambar kelinci doang kurang jelas tutornya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 07, 2016
      stack pas mau proses yang mana gan? klo sudah di fastboot memang gak bakalan bisa diapa2in, tinggal ke langkah ke 6 gan (install & buka Minimal ADB fastboot di PC).

      semoga membantu,
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!