Cara Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G Setelah di Unlock

Rindi Putra
59 Komentar
Beranda
Modem
Cara Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G Setelah di Unlock

Cara Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G Setelah di Unlock

Yup! Nampaknya para bolters sekarang – sekarang ini sedang galau karena modem yang dimiliki ternyata tidak dapat menggunakan koneksi 4G, terutama bagi para pemilik modem yang telah di unlock, benar?? Yup! Itu juga yang menjadi kegalauan tim rinditech.com yang juga menggunakan modem bolt buat operasional, salah satunya buat tetep update blog ini.

Sebenarnya untuk operasional rinditech.com kecepatan 3G saja sudah cukup asalkan stabil karena kami lebih banyak menggunakan koneksi internet untuk update artikel dan browsing – browsing mencari referensi, selebihnya kami lebih banyak mengetik artikel yang tidak memerlukan koneksi internet, download atau streaming sekali – kali untuk mendapatkan data yang lengkap sebagai pendukung isi artikel. #eh kok jadi curhat. hehe

Bila dilihat dari promosi dan penawaran paket – paket yang ada dari para operator penyedia jaringan 4G nampaknya pengguna jaringan 3G (saja) akan merasakan kerugian dikemudian hari, bila menggunakan jaringan 4G kita bisa menghemat pengeluaran biaya untuk internet lebih dari 40 persen, apalagi sedang masa promosi, jauh sekali bedanya, terlebih bila kita pengguna volume based (paket berbasis kuota), mendapatkan jaringan 4G nampaknya sebuah keharusan.

Kembali lagi ke pembahasan koneksi 4G di modem bolt, pada artikel mengenai Kenapa Modem Bolt OrionTidak Bisa 4G kami telah menuliskan bahwa satu – satunya jalan agar modem bolt dapat jaringan 4G adalah dengan menggunakan operator asal, yaitu BOLT. Namun kita tahu sendiri bahwa coverage (jangkauan) sinyal 4G belum tersebar rata ke berbagai daerah di Indonesia, hanya kota – kota tertentu saja.

Cara Baru Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G

Baru – baru ini kami menemukan bahwa ada satu cara lagi agar modem bolt kita dapat menikmati jaringan 4G tanpa harus menggunakan kartu BOLT. Mau tau caranya??? Langsung aja nih kita kasih tahu, yaitu dengan menggunakan jaringan operator SMARTFREN. Yup! Walaupun tetap tidak bisa menggunakan kartu GSM, beralih menggunakan kartu Smartfren menjadi solusi yang sangat, patut, dan layak dicoba!

Kok Bisa???

Ya bisa lah.. RindiTech gitu lho..! hhehe.. kenapa bisa? Karena frekuensi jaringan yang digunakan oleh smartfren salah satunya mendukung jaringan di frekuensi yang sama dengan kartu BOLT, yaitu di frekuensi 2300 MHz. Smartfren sendiri bekerja di jaringan 850 MHz dan 2300 MHz.

Naah, sekarang sudah ada alternatifnya kan kalau kalian ingin tetap merasakan kecepatan 4G tanpa harus menggunakan kartu BOLT. Memang harga paketan internet 4G smartfren sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan operator GSM lainnya yang memberikan bonus 4G melimpah. Tetapi bila dibandingkan dengan harga internet biasa (bukan 4G) tentunya smartfren lebih masuk akal dan pastinya 4G pula.

PERHATIAN!

Setelah membaca cara ini mungkin beberapa dari kalian ada yang langsung bersemangat untuk membeli kartu perdana smartfren, yup! Semangat sih boleh aja ya, tapi ada yang perlu diingat nih, cakupan (coverage) jaringan di frekuensi 2300 MHz dari smartfren belum tersebar rata di seluruh daerah yang dilayaninya, jadinya akan ada barisan patah hati dan barisan suka cita.. hehe, tergantung hasil dari penggunaan frekuensi di tiap daerah.

SARAN

Saran dari tim rinditech sebelum membeli kartu perdana smartfren, ada baiknya ditanyakan terlebih dahulu kepada customer servicenya mengenai dukungan jaringan di frekuensi 2300 MHz di daerah kamu, jadinya uang kalian akan tetap aman, kalau misalnya asal beli dan taunya daerah kalian smartfrennya pake frekuensi yang 850 MHz kan rugi.

Saran lagi nih, beli perdananya usahakan langsung ke galeri resmi smartfrennya ya, jangan ke konter yang dipinggir jalan dulu, di galeri resmi kan enak bisa tanya – tanya juga, siapa tau ada yang sudah mencoba, kalau perlu bawa tuh modem boltnya biar langsung dicoba, di galeri resmi juga kan adem, AC gan.. hehe apalagi customer service nya juga kan kece – kece. Hehe

UPDATE

Saking penasarannya kami coba datang ke galery smartfren terdekat untuk mengetahui kebenarannya, hasilnya ada di artikel baru yang telah kami publikasikan di blog ini. link artikel ada di bagian akhir tulisan ini dengan judul, Pengalaman ke Galeri Smartfren untuk Modem Bolt tetap bisa 4G.

Kita sudahi dulu ya gan pembahasan tentang cara dapet sinyal 4G di modem bolt ini, nampaknya pembahasan juga agak semakin melebar ke CS yang kece – kece. Hehe selamat mencoba ya, jangan lupa share hasilnya disini juga ya, mudah – mudahan informasi ini bermanfaat dan menjadi pelipur lara bagi para Bolters yang sedang galau masalah 4G.

Artikel Terkait:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

59 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Minggu, Februari 07, 2021
    Mau tanya bang
    Slain Smartfren ap bisa?
    Soalnya cpet hbis klo Smartfren apalagi buat cek no/kuota gk bs
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 07, 2021
      Tergantung jenis modemnya, kalau generasi pertama sepertinya gak bisa, terkunci di jaringan CDMA. Kalau modem yang yang generasi terbaru harusnya bisa 4G semua operator. Dicoba aja pinjem kartu teman atau tetangga yang pakai kartu GSM 4G, biar gak penasaran
  2. Unknown
    Unknown
    Senin, November 09, 2020
    Punya saya bolt first media sudah di upgrade tpi tidak ada sinyal nya.. Mohon bantuan nya master....
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 09, 2020
      Kalau itu sih sepertinya harus langsung ke first medianya ya. klo disini kan khusus untuk bolt yang pake kartu GSM, bukan dari operator seperti first media
  3. rohim
    rohim
    Senin, Juni 24, 2019
    gan mau nanya dong..kenapa ya kalo di hp keluar sinyal 4g tapi kalo pake modem gak..saya pake modem bolt unlock,,dulunya bisa tp setelah twer deket rumah upgrade ke 4g mulai gak bisanya.??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 25, 2019
      Tapi masih bisa konek gan modem nya? Kalau tidak bisa konek berarti modemnya memang belum bisa menangkap sinyal 4G dari provider yang digunakan.
  4. Unknown
    Unknown
    Kamis, Januari 03, 2019
    Gan punya saya bolt mv1
    Gmna caranya supaya bisa suport ke 4g
    Karna sekarang suportnya 3G
    Gmna cara upgade nya
    Mkasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 03, 2019
      Bisa dicoba tutorial di artikel yang ini gan:
      https://www.rinditech.com/2016/06/cara-unlock-modem-bolt-orion-update-software.html
  5. Conima
    Conima
    Minggu, September 02, 2018
    Berarti tidak bisa dong gan untuk telkomsel distel 4g
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, September 04, 2018
      sepengalaman kami tidak bisa gan.
  6. Unknown
    Unknown
    Rabu, Mei 23, 2018
    Sangat membantu bukan membantu biasa tapi... Membantu banget bang makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 25, 2018
      Yup! sama - sama Haykal! Senang dapat berbagi pengalaman :) Terimakasih atas testimoninya :)
  7. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 21, 2018
    Bang,gua punya bolt bacaannya "slim".tapi, gak tau "slim"berapa pokoknya gua beli pas pertama kali dipromosikan ketika ditv yg bentuknya"mendatar"( mirip andromax mifi nya). trus katanya si penjual ditoko bilang"ini bisa di unlock de(setelah 2 tahun gua beli boltnya).selama pas gua beli bolt bagus klo gua ajak jalan tapi pas dirumah gua ga ada sinyal.setelah di unlock sih bisa pake op laen, tapi 3G.trus gimana bang biar bisa kepakai lagi jadi 4g. Katanya smartfren bisa ya tapi gua mau coba klosmartfren didaerah gua bisa kaga.kenapa harus 2300 mhz bang? Emang ga bisa yg lain.baca dari awal ya bang jawab semua pertanyaanku. Makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 21, 2018
      klo bisa di unlock pake cara yang ada di tutorial disini (rinditech.com) berarti itu bolt slim gen pertama. kenapa ga bisa 4G? karena frekuensi 4G bolt beda dengan sim lain. kenapa beda? itu kebijakan masing2 provider, mungkin ujung2nya mentok di biaya sewa penggunaan frekuensi, mungkin. gitu Haykal.. moga bantu :)
  8. AGUS08
    AGUS08
    Rabu, Juli 12, 2017
    min klo pake telkomsel 4G bsa nggk ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 13, 2017
      ttep nggak bisa gan Rizky, GSM masih menggunakan frekuensi yang berbeda dengan bolt
  9. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juli 06, 2017
    Gan cara diatas apakah bolt nya harus diunlock dulu apa gk??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 06, 2017
      Seingat saya tidak perlu gan, untuk memastikannya coba saja dengan kartu smartfren yang masih aktif untuk memastikan bisa atau tidak
  10. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 30, 2017
    Gan ane beli wifi bolt aquila max kemarin ehh saya baca di mybolt ternyata namanya mifi orion ko beda ya gan padahal kan bolt aquila max ? Dan apakah bolt aquila max bisa menggunakan 4g semua kartu pas sesudah di unlock ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 01, 2017
      Setau saya beda gan aquila dan orion. lebih lagi, Bolt Orion keluar barengan generasi pertama sedangkan aquila keluar setelahnya. dari fisiknya juga beda dan terlihat jelas.

      setau saya tidak bisa menggunakan semua kartu untuk dapat sinyal 4G. semoga membantu,
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 19, 2017
    Saya pake bolt orion udah unlock kalau di riset unlock kanya tetep apa kembali ke semula lg?..(bawaan pabrik)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 24, 2017
      kalau sudah di unlock sebaiknya jangan di reset gan kalau tidak mau terkunci atau locked.
  13. Unknown
    Unknown
    Minggu, Juni 18, 2017
    Permisi gan ane mau nanya. Ane baru beli modem bolt tipe max 2. Rencananya mau di unlock tp masih bisa pakai fasilitas 4G dari operator lain ga? Makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 24, 2017
      kalau untuk max 2 seperti yang pernah dibahas di forum - forum online itu tetap bisa dapat sinyal 4G setelah di unlock. tapi bukan pake tutorial yang ini gan, kalau tutorial ini untuk max generasi pertama
  14. Unknown
    Unknown
    Minggu, Juni 11, 2017
    ass....
    saya punya modem orion om!,
    belum pernah di upgrade gitu om,
    alias masih perawan,
    tapi kok nggak bisa kepake yh om?
    padahal jaringan ma notif jaringannya fix,
    atau perlu setting apn gitu yah om?


    gimana yah om?
    mohon bantuannya om!
    makasih ass...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 11, 2017
      tergantung kondisinya, apakah memang sudah di unlock? kalau belum pernah di upgrade tapi belum pernah di unlock juga sama saja, hanya bisa menggunakan kartu Bolt
  15. Ageng Kurniawan Sugianto
    Ageng Kurniawan Sugianto
    Rabu, April 12, 2017
    apakah bolt generasi pertama saat ini bisa di unlock dan menggunakan 4g OP lain spt (tsel,XL,Indosat dll)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 12, 2017
      setau saya belum gan, tapi coba aja googling atau cek di toko sebelah gan siapa tau ada yang sudah bahas
  16. Unknown
    Unknown
    Kamis, Maret 16, 2017
    Gan saya pake mf 90 udah di unlock bisa pake jaringan 4G engga ya buat operator lain ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 17, 2017
      klo type mf90 sepertinya belum bisa gan, masih termasuk generasi pertama.
  17. Unknown
    Unknown
    Minggu, Januari 15, 2017
    jika modemnya sudah terlanjur di unlock apakah tetap bisa memakai kartu smartfren?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 15, 2017
      kurangtau juga nih gan, tapi klo kartu bolt masih bisa, gitu juga sama smartfren. karena sama2 CDMA
  18. Unknown
    Unknown
    Minggu, Desember 11, 2016
    bolt nya perlu di unlock dulu atau tidak ya untuk penggunaan kartu smartfren nya? thanks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 13, 2016
      sepengetahuan saya tidak perlu, pastikan saja pengaturannya sesuai. selamat mencoba,
  19. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 06, 2016
    Gan nie saya bingung, pake modem bolt unlock all gsm, tpi pas di pake ko gk bisa ya, pdhal nama oprator, sinyal dan data juga terbaca, wifi masuk tpi menyambungkan terus, pdahal pake di hape normal tuh,, gimana ya.. Mhin bantu donk gann
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 08, 2016
      coba dipasangkan dahulu operator yang berbeda, selanjutnya pasang lagi kartu operator yang ingin digunakan.
      coba lakukan restart modem dengan cabut baterai,
      semoga membantu,
  20. Unknown
    Unknown
    Senin, November 07, 2016
    Gan, kan saya punya bolt mf90 nah kalau saya pake antena yagi apakah frekuensinya bisa berubah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 08, 2016
      sepertinya tidak gan, soalnya antena seperti itu fungsinya untuk menguatkan sinyal, bukan pindah frekuensi.
    2. duyqgwed
      duyqgwed
      Kamis, Februari 16, 2017
      kyknya harus pasang xtal untuk mengurangi dari 2300 mhz jadi 1800mhz ...
  21. Unknown
    Unknown
    Minggu, Oktober 09, 2016
    Gan setelah di Unlock terus Jaringan 3G nya mampu berapa MB kecepatan Downloadsnya??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 09, 2016
      klo untuk kecepatan, tergantung provider yang digunakan dan kekuatan sinyal di lokasi masing2 gan,
    2. Unknown
      Unknown
      Kamis, Oktober 13, 2016
      Bantu jawab nih...Kalo pakai Bolt Slim generasi I, di Semarang sini bisa Dual-Carrier HSPA+ pakai oprt Indosat. Sebab jalan dua freq. yaitu 900 dan 2100MHz jar 3G. Speed bisa sampai 42 MB/s. Kalo Orion hanya bisa HSPA+ (maks 21 MB/s) sebab hanya di freq. 2100MHz. Jika BoltMF90 ane masih gakada info...
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Unknown
    Unknown
    Minggu, Oktober 09, 2016
    Kalo modemnya Bolt Slim generasi 1 yg unlock diisi Smartfren dan dilokasinya memang ada sinyal 4G frequensi 2300MHz, apakah begitu modem On akan bisa langsung conect? Apa perlu pengaturan APN (Access Point Name)terlebih dulu? Forum di situs lain kok ada yg ngeluh gakbisa langsung conect? Pengalaman Mimin gimana? Kalo ada user lain yg udah coba pakai Slim 1 diisi Smartfren, pengalamannya gimana?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 10, 2016
      jawaban seputar pertanyaan ini dan pengalaman lagi dibikin artikelnya gan biar joss, hehe. tunggu update nya aja ya.
    2. Pengelola
      Pengelola
      Selasa, November 15, 2016
      Ane dah coba pake bolt slim, Gan. Modemnya memang butuh setting apn sesuai petunjuk di kartu perdana smartfren baru bisa digunakan. Setelah ane bandingin agak kencengan smartfren daripada bolt di tempat ane, padahal sinyal smartfren cuma 1 strip sedangkan bolt 2 strip.
    3. Unknown
      Unknown
      Sabtu, Februari 04, 2017
      Untuk Farikhsaba, ane tahu penyebabnya. Karena lebar pita (spektrum) Semar di freq. 2300MHz dua kali lipat dibandingkan Bolt. Semar lebarnya 30MHz, sedangkan Bolt cuma 15MHz. Dapat 1 bar sinyal Semar jelas cukup utk mengalahkan speednya Bolt yg sinyalnya full. Makin lebar pita itu, ibarat jalan makin lancar /cepat utk lalu lintas data. Kecuali dapat tempat yg pengguna Semar 3 kalinya pelanggan Bolt, baru dah Bolt yg lebih cepat. Harapan kita, operator Semar terus nambah BTS yg memancarkan freq. 2300MHz.
      Ada yg kurang fair di youtube membandingkan 4G Semar dg Bolt, masing-masing pakai HP yg beda. Ya jelas aja Semar kalah cepat jika seperti itu caranya. Bisa dipastikan HP yg diisi Semar adl HP yg jalan di freq 850MHz (lebar pita cuma 10MHz). Sedangkan Bolt selalu di 2300MHz.
      Jika semua modem yang dipakai adalah Slim generasi 1, ini baru fair...Baik Bolt dan Semar semuanya jalan di freq. 2300Mhz. Hampir semua pengujian akan menunjukkan Semarlah yang menang.
  24. Delta Game Center
    Delta Game Center
    Minggu, Agustus 07, 2016
    solusinya kalau mau pake GSM, pakai hp yg sudah support 4G, pakai kartu 4G XL, nah hp nya dijadiin modem hotspot kan mantap tuh paling gede XL dapet kuotanya hheehehehe...
    1. Unknown
      Unknown
      Rabu, Agustus 17, 2016
      ane tinggal di daerah terpencil gan. dan operator 4G yang ada cuma semartfen. 100 ribu ane dapat kuota 18 GB. speed cukup memuaskan, jarang dibawah 2 mbps klo download. itu juga koneksinya pake modem andromax m2y. modem boltku yang sudah diunlock dah lama nganggur krn sering bermasalah koneksinya. tp baca2 artikel ini jadi pengen coba lock kembali. sapa tau beneran bisa konek pake smrtfrn, lumayan klo 2 modem kecepatan tinggi di load balancing di mikrotik.
  25. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juli 28, 2016
    Untung ane ga jadi beli,tadinya berniat mau pake bolt yg unlock bisa all gsm..
  26. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juli 19, 2016
    Masih ada harapan nih gan... Untuk indosat dan telkomsel akan memperluas jaringan LTEnya yg di frekuensi 2300 mhz. Utk indosat sendiri lte 2300 mhz hanya akan ada di jawa barat gan.. Mungkin nunggu lte 1800 mhz mereka rata di indonesia kali
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 19, 2016
      cius nih gan? wahh angin segar banget nih infonya.. mudah2an saja segera terealisasi ya, jadinya bolters generasi pertama ga galau lagi nanti.. hehe
    2. Unknown
      Unknown
      Kamis, September 22, 2016
      gan..ane udh coba pake smartfren tapi no service..apa karna smartfren cdma ya? gmn gan ?
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 22, 2016
      pastikan dulu gan apakah kartu smartfren yang agan gunain bekerja di frekuensi 2300 MHz, bukan di 850 MHz
    4. Apghan Tawaluyan
      Apghan Tawaluyan
      Senin, Januari 16, 2017
      untuk insodat sampai saat ini belum ada yang pakai freq 2300mhz. 3G pakai freq 2100 & 900. sedangkang LTEnya pakai freq 1800mhz. ulala...
    5. Unknown
      Unknown
      Selasa, Mei 02, 2017
      keburu udah masuk surga semua kite 4g 2300 merata di indo...
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!