Beranda
Tutorial
WhatsApp
Cara Aman Ganti Nomor HP WhatsApp
Cara Aman Ganti Nomor HP WhatsApp

Berikut ini adalah cara aman bila anda ingin mengganti nomor handphone lama anda dengan nomor yang baru atau sebaliknya. Tidak perlu memerlukan waktu yang lama, cara ini hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 2 menit

Akun whatsapp anda akan berganti nomor tanpa menghapus history chat, group, dan foto profil anda selama tidak berganti handphone.

Banyak sekali alasan kita sebagai pengguna untuk mengganti nomor handphone kita yang terdaftar di WhatsApp. Dari mulai nomor yang lama telah hilang, terlalu sering mendapatkan pesan spam ke nomor yang sekarang sedang digunakan sampai kepada menghindari debt collector . hehe

Namun alasan apapun itu, pastikan anda melakukan penggantian nomor dengan cara yang aman, bila tidak berbagai macam resiko telah menunggu, dari mulai hilang kontak dan hilang history chat. 

Berikut Langkah – langkah untuk Mengganti Nomor Handphone Anda di WhatsApp

  1. Pasang dan aktifkan nomor (Kartu SIM) baru anda.
  2. Buka aplikasi WhatsApp.
  3. Masuk ke fitur Ganti nomor: Tekan tombol Menu >Setelan >Akun >Ganti nomor. (Bahasa Indonesia)

    Cara Aman Ganti Nomor HP WhatsApp
  4. Masukan nomor telepon yang lama di kolom atas, dan nomor baru di kolom bawah
  5. Tekan SELESAI /DONE pada pojok kanan-atas layar.
  6. Verifikasi. Selesai!

Pada bagian verifikasi, pada umumnya bersifat otomatis, kita tinggal menunggu proses beberapa detik dan nomor kita pun telah resmi berganti secara otomatis. Namun bila anda masih diminta untuk melakukan verifikasi manual gunakan saja kode yang dikirim oleh pihak WhatsApp melalui SMS atau telepon.

Sebelum melakukan proses penggantian nomor, ada baiknya anda memahami 3 hal yang akan terjadi berikut ini setelah melakukan penggantian nomor.

3 Hal yang akan terjadi bila kita mengganti nomor WhatsApp:

  1. Memindahkan group, profil, dan juga akun ke nomor yang baru.
  2. Semua Riwayat chat tidak akan hilang dan dapat dilanjutkan kembali seperti biasa dengan catatan kita tidak berganti telepon.
  3. Kontak yang ada di nomor telepon yang lama akan dihapus, kecuali kontak tersebut disimpan via email, bukan via nomor telepon.

Sebelum memulai pastikan dahulu nomor anda yang baru dapat menerima SMS, Telepon dan mempunyai koneksi internet. 

Catatan Penting Tentang Penggantian Nomor Handphone di Aplikasi WhatsApp:

Penggatian nomor ini tidak akan diberitahukan kepada semua kontak yang ada. Notifikasi /pemberitahuan bahwa anda telah mengganti nomor hanya akan muncul pada group – group yang anda ikuti.

Bila perlu beritahu terlebih dahulu kontak – kontak yang ada bahwa anda akan mengganti nomor WhatsApp secara personal, atau bisa saja anda memberitahu mereka melalui status update.

Semoga Artikel ini dapat membantu dan mempermudah anda dalam proses penggantian nomor handphone di Aplikasi WhatsApp. Apabila masih memiliki kendala bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar dibawah ya.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

61 komentar

  1. Anonim
    Anonim
    Rabu, Maret 09, 2022
    met pagi mas Rindi Putra..aku mo tanya..setelah kita ganti no baru..apakah kontak wa yg di blokir< no terdahulu> jika saua buika blokiran..akan mengenal no baru kita? dan bagaimana cara hapus daftar undangan di wa?.. tlg di bls ya 2 pertanyan ku...makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 09, 2022
      Notifikasi perubahan nomor hanya akan dikirim ke group whatsapp, jadi hanya orang2 yang satu group sama kita yang akan tahu bahwa kita ganti nomor. Kalau tidak mau diundang ke group bisa ganti pengaturan di settings/Privacy/Groups, disana kita bisa atur siapa saja yang bisa undang kita ke group wa.
  2. M. Husen
    M. Husen
    Senin, Oktober 11, 2021
    Sore Mas mau tanya, jika saya mau ganti nomer apakah pemberitahuan/notifikasi juga disampaikan kepada orang yg pernah chat saya tapi tidak saya simpan nomer nyaa.....Terima kasih atas informasinya....
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 11, 2021
      Tidak akan ada notifikasi mas. Termasuk juga ga akan ada notifikasi ke kontak yang kita simpan nomornya. Yang ada notifikasi hanya di group yang kita ikuti. Jadi kalau mau ngasih info disarankan sebelum ganti nomor, bisa di broadcast atau lewat update status.
  3. Unknown
    Unknown
    Jumat, Agustus 20, 2021
    Selamat malam gan..
    Mau tanya
    Saya kan sudah ganti nomor wa lama dengan yang baru , pakai fitur ganti nomor yang ada di wa nya
    Dan saya sudah cek di profil saya nomor sudah ganti baru
    Tapi kok Di kontak teman2 saya tidak ada pemberitahuan kalau saya sudah ganti nomor yah gan?
    Pdhal kan seharusnya ada
    Dan saya jd harus manual chat mereka untuk memberitahu kalau saya sudah ganti nomor dan kebanyakan saya chat wa malah centang 1 doang
    Gimana solusinya yah gan?
    Terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Agustus 21, 2021
      Kalau di kontak personal tidak akan ada notifikasi, notifikasi ganti nomor hanya muncul di group yang kita ikuti. Harusnya sih kasih tahu nya sebelum ganti nomor, tapi berhubung sudah terlanjur ya terpaksa harus broadcast lagi ke teman2 yang belum tahu. Kalau cuman centang 1 sih itu gak ada hubungannya sama nomor baru, kemungkinan masalah jaringan saja atau memang nomor temannya lagi tidak aktif internet.
  4. irfany jedida
    irfany jedida
    Selasa, Juli 27, 2021
    hi mau nanya
    jadi kalau kita ganti no wa bisa gak yah di chat kita yg tdk ter save no nya tdk diberitahukan bahwa kita mengganti nomor wa ? jd hanya khusus kontak tlp yg di save
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 27, 2021
      Memang seperti itu. Yang diberitahu hanya nomor WA yang kita simpan. Tapi di group juga akan ada notifikasi bahwa kita ganti nomor, jadi semua org yang ada di group akan tau (termasuk yang tidak save nomor kita). Kalau mau hanya yg kita save tau, berarti harus keluar group dulu, baru ganti nomor.
  5. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 07, 2021
    Selamat pagi.
    Saya mau tanya kalau saya mau ganti nomor wa lama saya pakai hp yang baru apakah akan terbaca oleh orang yg tidak saya save kontaknya? Misalnya seperti dept collector atau aplikasi pinjaman online apakah mereka akan tau kalau saya ganti nomor wa? Mohon informasinya. Terima kasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 08, 2021
      Pagi. Harusnya sih mereka tidak tahu ya, tapi kalau teman dalam satu group pasti tahu karena akan ada notifikasi di group tentang penggantian nomor.
  6. Unknown
    Unknown
    Minggu, Mei 30, 2021
    Gan ini ganti nomornya harus di nmr yg lama atau yg baru ya? Trus misal udah ganti nmr baru, apakah akun WA yg lama msh bisa dipake?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 31, 2021
      gantinya di HP yang ada nomor lama. akun WA yang lama akan ngikut ke nomor baru.
  7. Anonymous
    Anonymous
    Senin, Mei 03, 2021
    Kak kalo semisal mau ganti nomor ke nomor yang sebelumnya ada akun wa namun udh diganti nomor/dihapus apa bisa ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Mei 04, 2021
      kalau sudah dihapus sih harusnya bisa dipakai lagi ya, dicoba saja.
  8. Unknown
    Unknown
    Rabu, April 14, 2021
    Gan saya ada dua hp dan dua akun wa jika dihp yg ke2 saya ganti wa dari hp yg ke 1(dipindahkan krtuny) apakah bisa ?pertanyaany apakah grup yg diakun wa di hp ke satu akan ada di hp yg ke2 setelah saya hanti nmrny trims
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 15, 2021
      saya belum pernah coba tapi kyknya group yg ada di hp 1 gak akan ikut ke hp 2 karena nanti sistemnya ganti nomor, bukan pindah HP. Itu juga baru perkiraan ya, karena saya sendiri belum pernah coba
  9. Unknown
    Unknown
    Senin, Maret 01, 2021
    mas klw misalkan kontak org gada sm kita,ttpi kontak kita ada sm org,pemberitahuan kita ganti nomor msuk gak sm org yg ga kita save wa nya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Maret 01, 2021
      gak akan ada notif ke orang yang gak kita save nomornya. Kecuali di group.
  10. Unknown
    Unknown
    Minggu, Februari 14, 2021
    Gan..saya baru saja ganti no wa karena no yg lama sdh tdk aktif..tp sya tdk memakai fitur ganti no melainkan hapus dan install ulang aplikasi wa nya..klo nanti no sya diaktifkan lagi olh pihak provider dan si pengguna baru mendaftarkan no wa yg sm dg no wa yg pernah sya pke sebelumnya, bagaimana nasib chatt sya yg ada di no wa lama gan??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 15, 2021
      kalau chat lama sih harusnya aman ya, soalnya backup data terhubungnya ke email google drive, bukan ke nomor telepon.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Ody
    Ody
    Rabu, Oktober 02, 2019
    Kalo ganti no WA apakah nomor yg terblokir akan tau? Atau hanya kontak yg di group saja
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 03, 2019
      Hi Ody! Kontak yang tidak terblokir juga tidak akan tahu jika kita ganti nomor, jadi kontak yang terblokir pastinya juga tidak akan tahu. Yang tahu hanya kontak di group saja. semoga membantu!
  13. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 19, 2019
    Kak.
    Mau tanya.
    Untuk keamanan klo mau ganti no. Hp. Apakah perlu "delete account"??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 19, 2019
      Kalau masih di HP yang sama, tidak perlu melakukan delete account. Kalau melakukan delete account nantinya harus backup dan restore data, langkahnya jadi lebih panjang dan lebih lama.
  14. RR
    RR
    Kamis, Agustus 15, 2019
    Kak,wa sy sudah hangus karna sinyal internet sulit sampai lupa memperpanjang masa aktif. maka sy ganti operator, tapi wa sy masih no lama, dan ternyata operator menerbitkan no lama sy dan dipakai oleh orang baru, sedangkan sy masih memakai no nya untuk wa. Pertanyaan saya kalau misal saya ganti no wa lama ke yang baru apakah si pemilik skarang bisa langsung memakai no wa lama saya? Saya takut kalau disalahgunakan karena sudah banyak yg menghubungi saya ke no lama karena itu no bisnis saya. Trimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Agustus 15, 2019
      Hi RR! Bisa. Pemilik baru nomor tersebut akan bisa langsung menggunakan nomor barunya. Seperti halnya kita membeli kartu perdana, begitu diaktifkan akan langsung bisa digunakan, termasuk untuk verifikasi pendaftaran di whatsapp. Sebaiknya cepat diganti juga nomor whatsapp RR dengan nomor yg baru, bisa jadi kalian berdua berbagi percakapan (chat) juga, selain berbagi nomor tentunya. Semoga proses perpindahannya dimudahkan!
  15. Unknown
    Unknown
    Selasa, April 09, 2019
    Gan, waktu itu saya konfirmasi tukar no wa, tapi yg kirim kode verifikasi 6 digit nya itu dari nomor hp yg tidak dikenal. Itu aman g ya gan?
    pas kodenya dimasukin bisa sih.. nomornya wanya berhasil ditukar. Tapi saya masih ragu karna yg kirim kode verifikasi 6 digitnya itu no hp. Itu gimana ya gan? Terima kasih sblmnya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 10, 2019
      Kalau alur nya seperti itu sih kemungkinan besar aman - aman saja gan. Yang perlu diwaspadai itu jika ada orang lain yang meminta nomor verifikasi dari agan, itu patut dicurigai. Overall aman gan. Insyaallah..
  16. Unknown
    Unknown
    Senin, Juli 09, 2018
    Gan,klo saya ganti nomor+ganti hp gimana caranya biar tetap bisa masuk ke group?td dah coba pake ganti nomor di settingan wa, tertulis akun gak cocok. Trus gimana yah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 09, 2018
      coba ikuti langkah ini:
      pertama ganti nomor di hp lama. lalu backup via email atau backup lokal. kemudian di hape baru uninstall whatsapp, masukan sim card, kemudian install kembali whatsapp. jangan lupa pilih restore backup. kalau kurang jelas bisa di google aja satu2 langkah diatas. semoga membantu :)
  17. Unknown
    Unknown
    Minggu, April 29, 2018
    Gan saya mau tanya, nomer wa yg saya pakai ini nomernya mati nah rencanaya saya mau ganti nomer baru berikut nomer wa nya juga. Pertanyaan saya apakah jika kita ganti nomer kita harus memberitahu satu persatu teman kecuali group dan chatingan masih tetap ada di wa yg batu tetapi jika kita ingin menggechat lagi apakah itu tdk tersimpan otomatis ya dikontak mereka pdhl profil sama cuma nomer yg beda.. terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, April 30, 2018
      Hi Panngastuti!
      Yup! bener banget, klo ganti nomer semua teman yg punya kontak kita tidak akan tau karena whatsapp menggunakan nomor telepon sebagai ID utama (seperti username). maka chat yg tersimpanpun terhubung ke nomor saat digunakan.
      klo ngasihtau satu2 dirasa ribet, kita juga bisa menggantinya dengan membuat status di whatsapp bahwa kita akan berganti nomor ke xxxx beberapa kali sebelum ganti nomor atau bisa dengan mengirim pesan secara broadcast. semoga membantu :D
  18. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 31, 2018
    Gan mau tanya, saya sudah ganti nomor dgn no yg baru di setelan akun.apakah chat yg lama masihtersimpan di no yg lama?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 31, 2018
      tidak gan, kalau sudah ganti nomor di hape yang sama. chat otomatis akan ikut ke nomor yang baru. semoga membantu :)
  19. pIss
    pIss
    Rabu, Maret 07, 2018
    Gan kalo mau ganti no wa yg lama dengan no yg baru, dan memakai hp yang sama.. apakah no yg kita blokir di no wa yang lama akan mengetahui no baru kita? Atau secara otomatis no yg kita blokir akan terhapus di no baru dan tidak dapat menghubungi kita lagi? Tolong pebcerahannya gan, terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 07, 2018
      Semua kontak yang mempunyai nomor lama kita tidak akan tahu nomor baru kita. kecuali anggota group yang kita ikuti, karena akan ada notifikasi di chat group. juga anggota group masih bisa mencari nomor baru Anda pada bagian "group info (participant)". semoga membantu :)
  20. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 26, 2018
    Gan kalo ganti nomer tp masih di WA yang sama dan akun google drive nya juga ganti. Karna mengikuti verifikasi nomer WA yg baru itu masih bisa di recovery gak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Januari 27, 2018
      Untuk ganti nomor di HP yang sama tidak memerlukan recovery, langsung saja ganti. setelah ganti kartu dan ganti akun G-Drive disarankan untuk lakukan backup ke akun gDrive yang baru. semoga membantu Rina :)
  21. Anonim
    Anonim
    Sabtu, Oktober 28, 2017
    Hi Rindi, thank you buat artikelnya. Boleh minta saranmu?

    Sekarang saya pakai Iphone 6s dengan nomor WA Telkomsel. Karena paket data Telkomsel mahal, rencananya saya:
    (1) mau beli nomor baru (XL) karena paket data lebih murah
    (2) Simcard Telkomsel akan saya ganti dengan simcard XL tersebut
    (3) Simcard Telkomsel-nya akan saya pasang di iphone 5.

    pertanyaan:
    (1) begitu saya masukkan simcard XL ke iphone 6s saya, apakah data (group, photo, video) akan hilang?

    (2) di iphone 5, saya akan install whatsapp juga dan kemudian saya isi dengan simcard Telkomsel saya. Apakah data2 WA yang di iphone 6 bisa saya migrasikan ke WA di iphone 5?

    Mohon sarannya ya Rindi. Terima kasih banyak.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 29, 2017
      Halo mas Unknown! (karena tidak memasukan nama. hehe)

      Jawaban:
      (1) Tidak.

      (2) Bisa.

      Sebelum cabut kartu telkomselnya dari iPhone 6s pastikan lakukan backup all file dahulu ke iCloud (cari di bagian settings /pengaturan) kemudian restore di iPhone 5 saat pertama kali melakukan pemasangan whatsApp. Semoga membantu :)
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. ip_cyber
    ip_cyber
    Minggu, Juli 02, 2017
    gan kl mau ganti nomer baru apakah orang" yg tau nomer saya harus save ulang nomer wa saya yg baru
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 03, 2017
      Yup! mereka harus masukan manual nomor baru agan, karena nomor yang lama tidak akan otomatis berubah di kontak teman2 agan.
  24. Unknown
    Unknown
    Selasa, April 18, 2017
    Kalo di wa misal ada org yg tau no hp lama kita tanpa kita save no hp dia kan dia bisa chat kita, apabila sy ada rencana untuk ganti no no wa lama dg yg no wa baru. Kondisi dg ponsel yg sama, apakah org tsb masih bs chat kita ? Saya cari cara utk menghindar agar org tsb tdk bs chat wa saya. Mohon bqntuannya, trims
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 18, 2017
      bila kita mengganti nomor hp di whatsapp orang tersebut tidak akan bisa mengirim chat (kecuali mengetahui nomor baru kita).

      Tetapi semua anggota group yang diikuti akan tahu bahwa kita telah mengganti nomor karena nomor baru kita akan otomatis mengirim notifikasi ke SEMUA group yang kita ikuti(Contoh: Herlina Fitri change her phone number from 08.... to 08....)

      Jadi bila kita ada di salah satu group yang sama dengan orang tersebut, dia akan mengetahui bahwa kita telah mengganti nomor (berikut dengan nomor baru).

      semoga membantu,
  25. Aika
    Aika
    Selasa, Maret 28, 2017
    Klo punya 2 hp trus no. Wa nya itu jadi wa di hp ke 1 itu pake no dihp ke 2,wa di hp ke 2 pake no dihp ke 1,trus wa hp ke 1 mo dipindahin ke hp ke 2,trus yang di hp ke 2 mo ganti no yang ada di hp ke 1 (ganti no.yach Bukan pindahin wa lagi) itu nanti history sama group nya ilang semua ga gan??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 28, 2017
      coba di backup dulu semua data nya yang ada di hp via email atau via memoricard yang berbeda >>uninstall whatsapp (dua2 nya)>> pindah kartu >>install whatsapp >>restore data sesuai nomor. cara lengkap nya bisa ikuti langkah2 yang ada di tutorial ini:

      http://www.rinditech.com/2016/01/cara-mengembalikan-chat-whatsapp-saat.html

      Semoga membantu,
  26. Pramo
    Pramo
    Sabtu, Januari 14, 2017
    Mo tanya, adakah proses konfirmasi ke no yg lama? Kebetulan no telp yg lama bermasalah (lupa isi pulsa sampai batas waktu aktif). Rencananya sblm ke costumer care provider untuk proses pengaktifan kartu lama, ganti nomor supaya tetap aktif di wa nya dgn nomor yg lain.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 15, 2017
      klo handphone nya masih sama, tidak perlu melakukan konfirmasi di aplikasi whatsapp, langsung saja ganti nomornya. akun whatsapp tidak akan berubah, dan akan berjalan normal karena pada dasarnya aplikasi whatsapp bekerja berdasarkan koneksi internet. semoga membantu,
    2. Unknown
      Unknown
      Selasa, Maret 14, 2017
      Punya ana kya gtu tetep kgk bisa ah
  27. Jacko Reviano
    Jacko Reviano
    Kamis, Januari 05, 2017
    om mau tanya, saya pnya 2 hp masing2 dgn 2 nomor WA yg berbeda, dua2 nya aktip dg kontak dan grup2 yang berbeda,
    nhah, ketika WA di hp ke-1 saya ganti dgn nomor WA yg di Hp ke-2, kontak dan grup yg manakah yang akan muncul di WA hp ke-1?

    klo kontak dan grup ikut brubah, apakah bs kembali spt semula??

    trmksh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 06, 2017
      kalau data group dan kontak itu mengikuti dimana data tersebut disimpan, jadi data group dan kontak bila tidak dilakukan backup akan tetap berada di handphone yang semula. jadi data group dan kontak tetap akan tetap menggunakan data di hp ke - 1
  28. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 26, 2016
    Gan mau tanya,

    Kalo ganti nomor lama ke nomor baru di hp yang sama, apakah kontak, grup, chat hilang semua?

    Dan ketika ganti nomor telepon, bagaimana tampilan kontak di hp yang lain? Misal teman saya cuman punya nomor saya yang lama, ketika nomor saya diganti yang baru, apakah nomor saya yg baru hilang di kontak teman saya?

    Terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 28, 2016
      kontak group chat tidak hilang gan..

      di kontak lain akan tetap nomor yang lama, tetapi tetap bisa berkomunikasi seperti biasa,
      semoga membantu
  29. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 22, 2016
    mas, misalkan wa ganti nmor baru pada hp lama...trus nomor lama tetap digunakan untuk akun wa di hp yg baru...apa yg trjadi?? terima ksih mas
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 22, 2016
      kalau cara penggantian kartunya benar dan sesuai, tidak akan ada masalah. hp akan melakukan perubahan nomor sesuai dengan yang diinginkan.
      semoga membantu,
  30. CaseyFlo
    CaseyFlo
    Selasa, Desember 20, 2016
    Mas, misal kita ganti no wa yg baru. Terus ganti lagi ke no wa yg lama.Chattingan kita yg no wa yg baru tetep no itu kan di chattingannya org? Atau ganti jg ke no yg lama. Karna kita ga delete account no wa yg baru?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 21, 2016
      sepertinya tetap nomor yang sama untuk chattingan yang dulu. kecuali kalau kita chatting lagi setelah menggunakan nomor yg sedang dipakai. semoga membantu,
  31. welut
    welut
    Senin, Juli 18, 2016
    kenapa no.WA group masih nyangkut di nomer yang lama Gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 19, 2016
      Kalau masih nyangkut berarti harus di hapus /ganti manual gan..
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!