Windows 10 Anda Terasa Berat /Kurang Respon? Ini Solusinya!: Mouse & Touchpad Control Delay

Rindi Putra
4 Komentar
Beranda
Microsoft
Productivity
Tutorial
Windows
Windows 10 Anda Terasa Berat /Kurang Respon? Ini Solusinya!: Mouse & Touchpad Control Delay

Windows 10 Anda terasa kurang responsif? Seperti ada jeda antara waktu anda klik dengan respond dari komputer /laptop anda? Yup! Itulah yang kebanyakan pengguna baru Windows 10 rasakan saat awal – awal mereka menjajal OS baru dari Microsoft ini. Begitu pula dengan yang dirasakan oleh RindiTech Team.

Seiring berjalannya waktu satu persatu masalah pun dapat teratasi, begitu juga dengan ‘misteri’ kurang respond-nya navigasi pada Windows 10 sehingga terlihat seperti berat /lemot pada saat kita gunakan. 

Yup! Dan solusinya ada pada pengaturan delay kontrol pada Touchpad yang memang pada pengaturan awalnya (default) disetting ‘agak’ delay (ada jeda waktu beberapa detik) oleh pihak Microsoft. Kenapa begitu???

Kenapa Mouse & Touchpad Control Default-nya disetting Delay?

Kenapa begitu? Karena seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya tentang seluk – beluk Windows 10, Microsoft mendesain OS ini agar dapat digunakan tidak hanya pada Laptop /Komputer saja tetapi juga dapat digunakan pada gadge lainnya seperti Tablet, Smartphone sampai pada Smart TV

Untuk itu pengaturannya agak sedikit di-universal-kan, sehingga kita perlu melakukan beberapa penyesuaian tergantung pada jenis gadget kita.

Windows 10 anda terasa berat /kurang respond? Mungkin ini solusinya!: Mouse & Touchpad Control Delay
Gambar: AppleApple

Untuk Komputer dan Laptop, Microsoft mengatur delay pada Kontrol Mouse /Klik sebenarnya ditujukan pada pengguna Windows 10 yang menggunakan layar sentuh (touch screen) seperti smartphone, tablet dan SmartTV, gunanya delay pada gadget layar sentuh tentu saja sangat penting dikarenakan apabila pengguna melakukan salah tap /klik maka akan ada jeda waktu untuk melakukan koreksi

Dengan melakukan tap lagi pada pilihan yang benar, sehingga pilihan yang salah tidak akan sempat terbuka karena sudah dikoreksi sebelum sistem melakukan perintah untuk membuka pilihan yang pertama.

Sedangkan pada pengguna komputer /laptop tanpa layar sentuh kita menggunakan mouse /touchpad yang tingkat kesalahan klik nya pasti sangat akurat dan jarang sekali melakukan salah klik /salah pilih, sehingga pengaturan delay tidak begitu dibutuhkan, bahkan lebih kepada ‘mengganggu’ apalagi disaat kita sedang dalam mode ‘buru-buru’ dalam mengerjakan sesuatu, benar kan?. 

Untuk itu ada baiknya kita mengatur Mouse &Touchpad Control Delay pada posisi nol atau dengan kata lain tidak menerapkan fitur delay. Bagaimana caranya?

Berikut cara untuk Mengatur Mouse & Touchpad Control Delay pada Windows 10 Agar Komputer Tetap Responsif.

Masuk ke bagian Mouse & Touchpad Settings ada 2 cara:

Cara Pertama untuk Masuk ke Bagian Mouse & Touchpad settings

Klik tombol >Start kemudian langsung ketik “mouse” komputer akan memunculkan beberapa pilihan yang berhubungan dengan Mouse. Pilih >Mouse & Touchpad Settings seperti gambar dibawah ini.

Windows 10 anda terasa berat /kurang respond? Mungkin ini solusinya!: Mouse & Touchpad Control Delay

#Cara Kedua untuk masuk ke bagian Mouse & Touchpad settings

Klik icon >Notifikasi yang ada pada pojok kanan bawah dilambangkan dengan gambar catatan kecil, kemudian pilih >All Settings seperti pada gambar dibawah.

Windows 10 anda terasa berat /kurang respond? Mungkin ini solusinya!: Mouse & Touchpad Control Delay

Kemudian pilih >Devices untuk masuk ke bagian pengaturan alat seperti gambar dibawah.

Windows 10 anda terasa berat /kurang respond? Mungkin ini solusinya!: Mouse & Touchpad Control Delay

Ubah Pengaturan Touchpad Menjadi "No delay"

Setelah jendela Devices terbuka pilih bagian >Mouse & Touchpad yang ada pada menu bagian kiri lalu aturlah bagian Touchpad menjadi >No delay (always on) seperti pada gambar dibawah.

Windows 10 anda terasa berat /kurang respond? Mungkin ini solusinya!: Mouse & Touchpad Control Delay

Seperti yang terlihat di bagian Touchpad pada gambar diatas terdapat tulisan “To help prevent the cursor from accidentally moving while you type, change the delay before clicks work”. 

Tujuannya memang bagus namun menjadi gangguan apabila fitur ini tetap berjalan disaat kita tidak sedang mengetik karena delay yang diterapkan terasa lebih menghambat daripada mencegah kita melakukan ‘salah klik’ meskipun kita bisa memilih tingkat delay seperti pada gambar diatas (Short delay, Medium delay, Long delay). 

Lagipula kita dapat mengaktifkan dan mematikan fitur Mouse & Touchpad Control Delay ini kapan saja sesuai kebutuhan, kan?.

Walau bagaimanapun fitur ini akan sangat dibutuhkan pada saat tertentu, namun saat ini menurut RindiTech Team fitur ini belum begitu membantu terutama dalam peningkatan produktifitas secara umum dalam penggunaan komputer /Laptop terutama bagi para pengguna yang mengutamakan kecepatan dan kelancaran navigasi pada Komputer yang menggunakan OS Windows 10

Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan pemahaman yang baru bagi Anda, Jadilah pengguna yang bijak.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

4 komentar

  1. Rizhar
    Rizhar
    Jumat, Maret 05, 2021
    it's works
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 06, 2021
      thanks ya testimoni nya!
  2. balluap
    balluap
    Jumat, Maret 22, 2019
    Tapi ini hanya berlaku di Laptop sepertinya ya gan? Kalau di All in one PC sepertinya ga ada
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 23, 2019
      Khusus untuk pengaturan touchpad memang tidak akan ada di PC gan. Tapi untuk pengaturan lainnya dipastikan sama. Sudah coba nonaktifkan AUTO UPDATE? kalau belum bisa dicoba di link ini gan. Semoga membantu :) >> https://www.rinditech.com/2017/07/cara-nonaktifkan-auto-update-windows-10-versionwindows.html
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!