Cara Mengetahui Device ID (16 Digit) pada smartphone / Tablet Android

Rindi Putra
3 Komentar
Beranda
Android
Tips 'n Trick
Cara Mengetahui Device ID (16 Digit) pada smartphone / Tablet Android
Cara Mengetahui Device ID (16 Digit) pada smartphone / Tablet Android
Samsung Galaxy Edge varian | mparticle

Bila kita ingat beberapa waktu yang lalu saat smartphone Blackberry memegang sebagian besar pangsa pasar di Indonesia. Kita (sebagian besar) sudah tahu cara untuk melakukan pengecekan nomor IMEI pada setiap ponsel Blackberry. 

Nah pada Smartphone Adroid juga ada kode semacam itu namun tetap disembunyikan di halaman default setiap smartphone dan hanya dapat dilihat dengan memasukan kode khusus di hp.

Kegunaan Device ID pada smartphone Android

Selain sebagai nomor seri atau pengenal, Device ID pada sebuah smartphone Android juga digunakan sebagai nomor pengenal agar kita dapat melakukan download file APK ke PC dengan mudah melalui chrome extension.

Sebelum kita dapat mendownload aplikasi dari Playstore melalui PC, kita akan diminta memasukan Device ID sebelum benar – benar dibebaskan untuk melakukan download aplikasi (APK) yang ada di Playstore.

Cara Mengetahui Device ID pada smartphone /tablet android

Disini kami akan memberikan 2 cara untuk mengetahui Device ID pada smartphone /tablet android kita yang berlaku untuk hampir di semua jenis Android yang sekarang ada di pasaran sebagai berikut.

Cara pertama: Menggunakan kode USSD

Ini adalah cara yang paling mudah dan sangat simple untuk dilakukan, tidak perlu install aplikasi atau apapun, kita hanya perlu memasukan kode dibawah ini pada fitur panggilan (seperti melakukan cek pulsa).

  • Buka menu panggilan telepon
  • masukan nomor berikut ini: *#*#8255#*#* 
  • kemudian Call /Telepon nomor tersebut. Tunggu beberapa saat hingga halaman Service Monitor Muncil

*#*#8255#*#*
Cara Mengetahui Device ID (16 Digit) pada smartphone / Tablet Android

Seperti gambar diatas akan muncul ketika kita telah menekan seluruh kode tersebut (*#*#8255#*#*) dan GTalk Service Monitor akan muncul seketika dan memperlihatkan berbagai informasi mengenai perangkat android anda termasuk Device ID yang sedang kita bicarakan. 

Cara ini berhasil pada hampir seluruh merk dan type Android yang ada saat ini, namun bila menurut anda cara ini tidak berhasil kita masih dapat menggunakan cara yang kedua.


Cara Kedua: Menggunakan Aplikasi "Device ID"

Bila cara yang pertama tidak berhasil anda masih dapat melakukan pengecekan mengenai Device ID dengan menggunakan sebuah aplikasi yang memang dikhususkan untuk memunculkan seluruh informasi yang tersimpan pada perangkan Android anda, termasuk Device ID. ”: Tenang saja, Aplikasi ini tidak memakan memori penyimpanan anda karena aplikasi ini sangat ringan sekitar 40KB.


Cara Mengetahui Device ID (16 Digit) pada smartphone / Tablet Android

Gambar diatas adalah halaman download Device ID yang tersedia di playstore, anda dapat mendownload aplikasi Device ID ini disini. Cara menggunakannya juga sangat mudah anda hanya perlu menginstall aplikasi ini dan membukanya seperti biasa, dan seluruh data (termasuk Device ID) pada smartphone anda akan muncul.

Kelebihan menggunakan aplikasi Device ID

kita akan mengetahui juga detail yang lebih banyak seperti Google Services Framework Key ID, IMEI, IMSI, SIM Card Serial, WiFi MAC Address, dan juga Ethernet MAC Address.

Semoga informasi ini berguna bagi anda yang sedang mencari cara untuk mengetahui Device ID pada smartphone /tablet anda untuk berbagai hal. Bila anda ingin membagikan artikel ini kepada teman anda, silahkan share melalui aplikasi social media share yang ada di bawah ini. Terimakasih!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

3 komentar

  1. Kumpulan tukang cirebon
    Kumpulan tukang cirebon
    Senin, September 21, 2020
    pencerahan buat pemulak
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, September 21, 2020
      Yup! makasih ya sudah berkunjung :)
  2. Hanung Bloggersakti
    Hanung Bloggersakti
    Jumat, Desember 11, 2015
    Sangat bermanfaat gan, jangan lupa kunjungannya ke blog saya :) kumpulan app android juga
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!