Beranda
Facebook
News
Social Media
Facebook Melarang Konten Nasionalis Separatis kulit putih?
Facebook Melarang Konten Nasionalis dan Separatis kulit putih?
Facebook melarang konten nasionalis?? kenapa?? kira - kira apa alasannya ya? 

Dalam perubahan kebijakan yang dramatis, Facebook hari ini mengumumkan bahwa mereka melarang konten nasionalisme dan separatisme kulit putih pada platformnya. 

Alasan Facebook Melarang

Keputusan, yang pertama kali dilaporkan oleh Motherboard, datang hanya di bawah dua minggu sejak seorang fanatik supremasi kulit putih menewaskan 50 orang di Christchurch, Selandia Baru.

Facebook mengatakan bahwa "pujian, dukungan, dan representasi nasionalisme kulit putih dan separatisme" atau apa pun yang berhubungan akan dilarang ketika kebijakan baru mulai berlaku minggu depan.
"Jelas bahwa konsep-konsep ini sangat terkait dengan kelompok kebencian terorganisir dan yang seperti itu tidak memiliki tempat di layanan kami,"

Facebook melarang konten supremasi kulit putih untuk sementara waktu sekarang, tetapi belum memasukkan konten nasionalisme putih (white nationalism) atau separatisme hingga saat ini. 

Konten atau Frasa tertentu akan di blok?

Konten rasis dan kebencian berdasarkan ras, etnis, dan agama telah dilarang berdasarkan kebijakan sebelumnya. Tetapi di bawah aturan baru Facebook, facebook melarang frasa yang mengarah dan berkaitan dengan supremasi kulit putih.
“Itu jelas, bahwa konsep - konsep ini dapat terkait dengan kelompok pembenci yang terorganisasi”
"Kami awalnya tidak menerapkan alasan yang sama untuk ekspresi nasionalisme putih dan separatisme karena kami berpikir tentang konsep nasionalisme dan separatisme yang lebih luas.

Contohnya adalah hal-hal nasionalisme seperti kebanggaan terhadap negara Amerika dan separatisme Basque, yang merupakan bagian penting dari identitas masyarakat," seperti yang ditulis di blog nya (Motherboard).

Menurut Motherboard, kebijakan baru itu disetujui oleh anggota Forum Standar Konten Facebook kemarin.

Di bawah kebijakan baru, siapa pun yang mencari konten atau frasa rasis atau berhubungan dengan itu akan diarahkan ke organisasi Life After Hate.

Life After Hate dikenal menyediakan layanan bagi mantan supremasi kulit putih dan ekstremis. Mereka memiliki berbagai macam fasilitas seperti sumber daya pendidikan, kelompok pendukung, dan intervensi krisis.
Facebook Melarang Konten Nasionalis dan Separatis kulit putih?
Facebook

Ekosistem yang harus terjaga dari pengaruh negatif

Para advokat berharap bahwa perubahan kebijakan Facebook dapat menyulut pembaruan di bawah platform lain untuk membuat perubahan yang serupa agar ekosistem media sosial tetap terjaga dan terhindar dari pengaruh buruk. 

"Dengan Facebook melarang itu diharapkan menggerakkan Twitter, YouTube, dan Amazon untuk membendung ideologi nasionalis kulit putih, yang menemukan ruang untuk menyebarkan ide-ide.

Yang mengilhami serangan tragis yang disaksikan di Charlottesville, Pittsburgh, dan sekarang Christchurch" kata Presiden Color of Change Rashad Robinson mengatakan dalam sebuah pernyataan, Rabu.

Kejadian di Selandia Baru menjadi pelajaran bagi facebook

Seperti yang kita ketahui, setelah kejadian teror di Christchurch, Selandia Baru, Facebook menghadapi berbagai macam masalah karena dianggap lalai dalam menghentikan tayangan video teror tersebut.

Setelah itu, komitmen facebook dalam menumpas konten negatif dipertanyakan. Belum lagi kasus - kasus lain yang menggerus kepercayaan pengguna akan keamanan data mereka yang dikabarkan kurang mendapat perhatian dari Facebook.

Semoga saja facebook benar - benar menjalankan peraturan ini agar kejadian - kejadian buruk seperti di Selandia Baru kemarin tidak terjadi kembali.

Bagaimana pendapat Anda mengenai kebijakan baru di Facebook? Tulis pendapat Anda pada kolom komentar di bawah..

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com :

Penulis blog

Melki Jakaria
Melki Jakaria
Computer technician | Blogger | Graphic designer. 'agrotechnology' students | 2 years computer technician career at MDIT Solution | Digital content creators.

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!