Beranda
Shopee
Toko Online
Tutorial
Cara Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking
Cara Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking

Berikut adalah cara lengkap Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking atau biasa disingkat menjadi JOB. Sesuai pengalaman langsung mulai dari menerima pesanan sampai konfirmasi pesanan telah dikirim.

Langkah - langkah dibawah ini disusun berdasarkan pengalaman langsung mengirim pesanan Shopee atau menerima pesanan via website atau aplikasi Shopee. Dari mulai menerima pesanan persiapan dokumen, packing, sampai pengiriman ke kurir (JNE).

Kebetulan pada transaksi kali ini pembeli tidak melakukan komunikasi /bertanya terlebih dahulu kepada kami sebagai penjual. contohnya seperti bertanya barang ready, warna, dll. 

Pembeli langsung melakukan pemesanan dan konfirmasi pembayaran melalui aplikasi shopee. Salah satunya mungkin karena keterangan di deskripsi sudah cukup jelas dan type barang sesuai yang diinginkan oleh pembeli. 

Kenapa menggunakan JNE Online Booking (JOB)?

Kelebihan utama dari JOB (JNE Online Booking) ini adalah lebih cepat dan simple. Karena nomor resi dan konfirmasi pengiriman akan otomatis di-update oleh sistem JNE langsung ke transaksi yang ada di Shopee.

Jadi kita sebagai penjual tidak perlu lagi melakukan input resi dan konfirmasi pengiriman di halaman shopee. Semua telah diotomasi oleh sistem JNE dan Shopee.

Bisakah menggunakan metode JNE yang biasa (tanpa JOB)?

Jika masih ragu kita tetap bisa menggunakan metode transaksi JNE tanpa JOB, karena sebenarnya menggunakan fitur JOB adalah pilihan (optional). Tidak semua pemesanan yang menggunakan JNE harus menggunakan fitur JOB atau sebaliknya. 

Jika menggunakan cara yang biasa, kita diwajibkan untuk mengisi nomor resi secara manual kedalam sistem shopee. Nomor resi akan kita dapatkan setelah kita mengirim paket ke JNE (seperti pengiriman biasa saja).

Cara Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking

  1. Login ke akun shoppe
  2. buka halaman Shopee Seller Centre di aplikasi atau di website: seller.shopee.co.id
  3. buka pilihan >Penjualan Saya
    Cara Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking
  4. buka tab >Perlu Dikirim >Perlu diproses
  5. Buka bagian >cetak resi. kemudian print
  6. buka bagian >Buat no. pelacakan
    Cara Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking
  7. pilih bagian >Saya menggunakan JOB (JNE Online Booking). 
  8. Klik tombol >Buat Kode JOB
  9. Setelah klik tombol "buat kode JOB" maka sistem akan memberikan kode booking. Klik "Cetak Tiket" yang muncul dibawah kode JOB, Kemudian Print
    Cara Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking
  10. Packing barang sesuai pesanan 
  11. tempelkan resi shopee dan tiket JOB yang telah dicetak diatas paket yang telah selesai dipacking (dikemas).
  12. kirim paket ke JNE terdekat
  13. tunjukan kode JOB yang telah ditempel di paket kepada CS JNE
  14. bayar biaya pengiriman sesuai tanda terima (tagihan) yang kita dapat dari CS JNE
  15. Cek status pengiriman di halaman shopee. Jika status telah berubah menjadi "Dikirim" maka proses pengiriman telah selesai.

Pantau terus status pengiriman anda melalui halaman shopee ataupun tracking langsung melalui halaman JNE tracking. Pastikan paket yang anda kirim sampai sesuai dengan jadwal estimasi.

Perlu diperhatikan saat mengirim pesanan shopee via JNE Online Booking

Jika merasa ada yang salah atau tidak sesuai jadwal, jangan ragu untuk bertanya langsung ke CS JNE bisa via email, telepon, ataupun kirim pesan & mention via sosial media resmi JNE seperti di twitter, facebook, dlsb.

Jika ada kartu garansi, kwitansi atau struk penjualan toko jangan lupan dimasukan kedalam kardus bersama barang pesanan sebelum di packing.

semoga artikel mengenai cara mengirim pesana shopee via JNE Online Booking (JOB) ini dapat membantu teman - teman yang masih bingung ataupun ragu menggunakan fitur JOB ini.

Jika ada pertanyaan atau mau sharing pengalaman silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra