Google Year in Search (Dari Blackpink sampai Nissa Sabyan)

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Google
Internet
News
Google Year in Search (Dari Blackpink sampai Nissa Sabyan)
Siapa yang tidak tahu Youtube Rewind? Yup! bagi Anda yang sering menonton video - video di Youtube pasti tahu apa itu Youtube Rewind dan kapan waktu release nya juga pasti tahu. Tapi ada yang menurut kami lebih menarik dari itu.

Google Year in Search. Pernah dengan? atau baru pertama kali baca disini?

Setiap hari bahkan setiap saat orang - orang sering membuka situs google untuk mencari tahu tentang sesuatu, mulai dari tips menghilangkan jerawat dengan cepat, berita terbaru, hasil pertandingan sepak bola, mencaritahu arti lirik dari sebuah lagu, sampai mencari resep masakan.

Semua dicarikan oleh google, nah data tersebut Google kumpulkan setiap tahunnya dan diubah menjadi sebuah rangkuman tahunan yang menarik untuk kita lihat.

Google Year in Search (Dari Mulai Blackpink sampai Nissa Sabyan)
Google

Apa itu Google Year in Search?

Google Year in Search adalah sebuah rangkuman yang dibuat oleh Google berdasarkan kata kunci yang sering dicari (trending) melalui website google.com (atau google.co.id untuk di Indonesia) dalam satu periode tahun.

Hampir mirip dengan Youtube Rewind, dimana hal - hal yang menjadi trending dan memiliki tingkat popularitas pada tahun tersebut akan diangkat dan ditampilkan kembali dalam bentuk video kolaborasi dengan para Youtuber. 

Bedanya, Google Year in Search lebih fokus menampilkan data, lengkap dengan peringkat dan kategorinya. Misalnya di kategori Film, dari data Google Year in Search kita akan mengetahui Film mana saya yang paling sering dicari melalui google pada tahun tersebut.

Contoh lagi dari kategori personal atau public figure, pada tahun tersebut siap sih public figure yang paling dicari melalui alat pencarian (search engine) Google. Lengkap dengan peringkat - peringkatnya.

Google Year in Search (Dari Mulai Blackpink sampai Nissa Sabyan)
Youtube

Apakah semua yang Trending masuk Google Year in Search?

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya, Year in Search ini diambil dari data satu tahun penuh, jadi tidak selalu yang trending masuk dalam Google Year in Search. 

topik atau pembahasan yang trending bermacam - macam jenis nya. Salah satu yang paling mudah adalah dilihat dari jumlah pencarian dan lama-nya topik tersebut menjadi sebuah trending. 

Contohnya pada tahun 2018 ada 2 artis atau group yang  menjadi trending di Indonesia yaitu Blackpink dan Nissa Sabyan

Walaupun mungkin Anda tidak tahu judul lagu BlackPink ataupun belum tahu dimana kota kelahiran Nissa Sabyan, tapi saya yakin sebagian besar dari kita pasti sudah pernah mendengar lagu - lagu dari mereka, walaupun hanya sekilas ataupun tidak sengaja terdengar.

Contoh diatas menunjukan bahwa keduanya pernah menjadi trending di tahun 2018. Namun Apakah popularitas keduanya memiliki posisi yang sama di mesin pencari? Siapakah yang dinilai lebih populer di Indonesia oleh Google?

Meskipun Blackpink saat ini sangat mendominasi di dunia maya, apalagi mereka memang dikenal secara internasional, ternyata posisi mereka di mesin pencarian Google berdasarkan penggunaan orang Indonesia masih dibawah Nissa Sabyan.

Nissa Sabyan yang notabene masih sedikit orang luar Indonesia yang tahu, menduduki peringkat pertama pencarian untuk kategori Selebriti /Public Figure. Sedangkan Blackpink berada di posisi 4 untuk kategori artis yang sering di cari di Internet oleh orang Indonesia.

Google Year in Search (Dari Mulai Blackpink sampai Nissa Sabyan)

Daftar Peringkat Google Year in Search 2018 (Indonesia)

Berikut adalah daftar keyword atau pencarian terpopuler di Indonesia selama tahun 2018. Daftar ini oleh Google dikelompokan dalam beberapa kategori yang juga (mungkin) terpopuler pada tahun 2018.

Film Tearpopuler

  1. Dilan 1990
  2. Avengers Infinity War
  3. Fantastic Beast
  4. The Nun
  5. Black Panther
  6. Venom
  7. Deadpool 2
  8. Crazy Rich Asian
  9. A Quiet Place
  10. The Meg

Lagu Terpopuler

  1. Karna Su Sayang
  2. Deen Assalam
  3. Meraih Bintang - Via Vallen
  4. Lagi Syantik - Siti Badriah
  5. Bukti - Virgoun
  6. Menunggu Kamu - Anji
  7. Perfect - Ed Sheeran
  8. Havana - Camila Cabello
  9. Jaran Goyang
  10. Korban Janji

Penelusuran Terpopuler

  1. Piala Dunia Russia 2018
  2. Asian Games 2018
  3. Piala AFF 2018
  4. Karna Su Sayang
  5. Nissa Sabyan
  6. Deen Assalam
  7. Meraih Bintang - Via Vallen
  8. Lagi Syantik - Siti Badriah
  9. Bukti - Virgoun
  10. Liga 1 Indonesia 2018

Peristiwa Hiburan

  1. Indonesian Idol
  2. Indonesian Idol Junior
  3. Meteor Garden 2018
  4. Chandra Nandini (Series)
  5. Best Nine 2017
  6. Goyang Dua Jari
  7. Museum Macan
  8. Kata-kata Dilan
  9. Baju Lebaran
  10. Mobile Legends

Peristiwa Nasional

  1. Bom Surabaya
  2. Pesawat Lion Air
  3. Gempa dan Tsunami Palu
  4. Kapal Tenggelam di Danau Toba
  5. Gunung Merapi Meletus
  6. Gempa Lombok
  7. Gerhana Bulan
  8. Pilkada 2018
  9. Gempa Situbondo
  10. Gunung Agung Meletus

Selebriti Terpopuler

  1. Nissa Sabyan
  2. Marion Jola
  3. Lucinta Luna
  4. Blackpink
  5. Jennifer Dunn
  6. Roro Fitria
  7. Putri Marino
  8. Maia Estianty
  9. Bowo
  10. Meghan Markle
Daftar diatas diolah dari mesin pencarian Google yang dipakai oleh para pengguna di Indonesia, atau spesifiknya dari domain google.co.id. 

Namun ada beberapa hasil yang tidak beda jauh dengan pencarian secara global. Terlihat dari pencarian film Black Phanter juga berada di posisi 5 besar pencarian di Indonesia yang secara global menempati posisi pertama.

Google Year in Search versi Video di Youtube

Selain menampilkan hasil berupa data, Google juga membuat sebuah video singkat untuk menunjukan beberapa pencarian populer dalam periode satu tahun. Video ini diambil dari hasil pencarian global.


Bagi Anda yang penasaran seperti apa videonya silahkan klik link dibawah ini:

[Google Year in Search 2018 ##youtube##]

[Google Year in Search 2017 ##youtube##]


Semoga artikel mengenai Google Year in Search ini bermanfaat buat Anda. Apabila ada pertanyaan atau pendapat mengenai pembahasan kali ini, silahkan simpan pada kolom komentar seperti baisa. Terimakasih. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra