Beranda
Computer
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau lainnya di Komputer
Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer

Cara Mengganti label Local Disk E ke D atau huruf apa saja (BEBAS) A-Z di komputer. Dengan cara ini kita dapat merubah nama / label local disk ke huruf apa saja seperti F G H I bahkan sampai Z untuk drive yang telah terlanjur di format atau terlanjur di partisi (dibagi - bagi).

Cara Mengganti label local disk di komputer ini kita praktikan di Windows 10 namun bukan berarti pengguna windows versi lainnya, seperti Windows 7 atau Windows 8, tidak dapat mengaplikasikannya. Tetap dapat mengaplikasikan cara ini namun  dengan sedikit penyesuaian.

Merubah / mengganti label local disk di komputer sangat penting untuk dipahami karena tidak dapat seenaknya diganti - ganti atau dirubah setiap saat. apalagi bila hardisk atau memori yang digunakan sudah lumayan banyak. salah mengganti bisa mengakibatkan kerusakan sistem.

Baca juga: Cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows & Mac OS

Untuk pengguna fresh OS (windows baru di install)

Bagi Anda yang baru saja menginstall windows namun terjadi kesalahan dalam pemberian label local disk contohnya: label local disk D yang biasa digunakan untuk menyimpan data tidak ada dan yang ada malahan local disk E ( huruf D di lompat). maka anda bebas mengganti label local disk dan tidak perlu ada kekhawatiran error, silahkan mengganti ke huruf apapun dari A-Z bebas.

Namun tetap tidak disarankan untuk merubah label Local Disk C: yang telah terinstall windows /operating system karena jika dirubah akan merubah keseluruhan sistem yang bekerja dan akan berpengaruh kepada aplikasi atau program yang telah dan akan di install.

Untuk pengguna old OS (windows telah lama di install)

Bagi pengguna komputer yang telah lama di install (hitungan bulan atau tahun) maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika anda mengganti label local disk anda maka ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan, terutama untuk aplikasi yang menyimpan data atau sumber data dari local disk yang anda ganti.

misalnya jika anda mempunyai aplikasi untuk edit video seperti Adobe Premiere Pro atau Vegas Pro atau aplikasi edit lainnya, maka jika anda punya sumber data yang sedang diedit seperti video atau musik yang sedang digunakan data - data tersebut perlu diperbaharui lokasinya secara manual.

karena program /aplikasi mencatat file tersebut masih berada di drive dengan label sebelumnya (sebelum dirubah) walaupun lokasinya tidak dipindah oleh anda.

untuk pengguna old OS juga SANGAT TIDAK DISARANKAN mengganti label dari Local Disk C: karena akan merusak sistem dan program - program yang telah terinstall.

itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti label local disk di komputer

Baca juga: Cara Cek Suhu Prosesor CPU dan VGA di Komputer

Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer (All Windows Versions)

Cara ini dapat dipraktekan pada windows 7, 8 hingga windows 10. namun khusus bagi anda pengguna windows 10 kami telah siapkan cara yang lebih singkat dibawah (setelah cara pertama ini).

  1. Buka Windows Explorer (Start /Win  + E)
  2. Cari This PC kemudian Klik kanan >ManageCara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer
  3. Cari dan pilih >Disk Management
  4. Cari dan pilih Partisi Disk yang ingin dirubah labelnya kemudian Klik kanan >Change Drive Letter and Paths akan muncul halaman baru.Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer
  5. Pilih tombol >change (akan muncul halaman baru lagi)
  6. Pada pilihan Assign the following drive letter: klik tanda panah kebawah (akan muncul pilihan label yang tersedia)
  7. Pilih label (huruf) yang diinginkan kemudian klik >OK. Selesai!Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer

Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer (Windows 10)

  1. Klik >Start kemudian ketik dan pilih "Create and format hard disk partitions"Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer
  2. Cari dan pilih Partisi Disk yang ingin dirubah labelnya kemudian Klik kanan >Change Drive Letter and Paths akan muncul halaman baru. (gambar - gambar seperti di cara pertama)
  3. Pilih tombol >change (akan muncul halaman baru lagi)
  4. Pada pilihan Assign the following drive letter: klik tanda panah kebawah (akan muncul pilihan label yang tersedia)
  5. Pilih label yang diinginkan kemudian klik >OKSelesai!

Baca juga: Cara Merekam Layar Komputer dengan Audio, Gamer Masuk!

Setelah kita klik OK label local disk drive pada komputer akan segera berubah, biasa nya perubahannya instant tidak perlu melakukan restart terlebih dahulu untuk melihat perubahannya.

untuk mengetahui keberhasilannya silahkan tutup semua jendela kemudian buka kembali windows eksplorer kemudian cari local disk yang telah kita rubah tadi. 

Catatan dalam mengganti label local disk di komputer.

  • label yang sudah dipakai seperti C (system) tidak dapat digunakan atau ditukar secara otomatis dengan yang baru. kita harus merubah terlebih dahulu label local drive yang diinginkan ke label yang belum terpakai seperti K L M N O P atau huruf lainnya.
  • Setiap perubahan label akan berpengaruh kepada sistem khususnya shortcut. jangan aneh jika ada beberapa shortcut yang missing location. segera update dan perbaharui lokasinya.
  • Lakukan perubahan label partisi atau local disk jika memang mendesak atau benar - benar dibutuhkan saja, sangat tidak disarankan untuk mengganti berkali - kali, karena dapat berpengaruh kepada sistem.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang dimengerti silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. semoga artikel mengenai cara mengganti label local disk E ke D atau huruf lainnya di komputer ini dapat membantu dan bermanfaat! Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!