Cara Agar Hanya Admin yang Bisa Posting di Group WhatsApp

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Tutorial
WhatsApp
Cara Agar Hanya Admin yang Bisa Posting di Group WhatsApp
Cara Agar Hanya Admin yang Bisa Posting di Group WhatsApp

Berikut ini adalah cara agar hanya admin yang bisa posting atau chat di group whatsApp. Dengan cara ini, selain admin tidak dapat posting atau mengirim chat di group whatsapp. Otomatis anggota group biasa (bukan admin) tidak dapat mengirim chat di group whatsapp. Admin Only!

Pada update terbaru whatsapp juga menambahkan fitur direct message. Kita dapat langsung mengirim pesan secara personal kepada anggota group wa langsung dari chat yang diposting di group. Sekarang kita tidak perlu lagi membuka daftar anggota group terlebih dahulu untuk untuk mengirim chat secara personal.

Semoga Artikel ini membantu teman - teman yang sedang mencari cara agar anggota group tetap silent atau tidak menyela percakapan atau pengumuman dan tidak gaduh saat admin sedang mengirim pesan penting.

Sebelum berlanjut ke langkah - langkah atau tutorial, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi whatsapp yang kita gunakan adalah whatsapp dengan update terbaru, minimal versi 2.18.203 atau setidaknya telah diupdate pada tanggal 2 Juli 2018 (atau lebih baru). 

Cara Agar Hanya Admin yang Bisa Posting di Group WhatsApp

Diingatkan lagi, pastikan kita telah menggunakan aplikasi whatsapp yang terbaru (update) atau minimal versi 2.18.203 (bisa dilihat di bagian Settings >Help >App info). atau setidaknya telah di update pada tanggal 2 Juli 2018, atau lebih baru. Jika belum silahkan di update dahulu melalu PlayStore seperti biasanya. Jika sudah, ikuti langkah dibawah ini:


Cara Agar Hanya Admin yang Bisa Posting di Group WhatsApp
Pastikan Anda menggunakan aplikasi whatsapp (minimal) versi 2.18.203

  1. Buka aplikasi whatsApp
  2. Buka chat group yang diinginkan
  3. Tekan tombol Menu (tiga titik berjajar di pojok kanan-atas)
  4. Pilih >Group info
  5. Cari dan buka >Group settings
  6. Klik bagian >Send messages
  7. Aktifkan pilihan >Only admins (hanya admin)
  8. Klik >OK. Selesai!

Setelah menyelesaikan semua langkah diatas maka mulai saat itu anggota group selain admin tidak dapat mengirim pesan di group chat. Jika berhasil akan muncul tulisan "Only admins can send messages" (bisa juga dalam bahasa indonesia, tergantung bahasa yang digunakan).

Hal - hal yang perlu diperhatikan

  • Langkah atau tutorial diatas menggunakan aplikasi whatsapp dengan bahasa inggris, bila Anda menggunakan bahasa Indonesia caranya sama saja, hanya beda di bahasa.
  • Sebelum lanjut ke langkah - langkah, pastikan dahulu bahwa Anda adalah admin group tersebut.
  • Jika anda tidak menemukan bagian "Group settings" dapat dipastikan bahwa anda bukan admin dalam group tersebut.
  • Anggota group dapat langsung mengirim pesan secara personal kepada Admin dengan menekan notifikasi yang muncul atau tulisan "Only admins can send messages"

Cara Agar Hanya Admin yang Bisa Posting di Group WhatsApp
Bila notifikasi "Only admins can send messages" muncul maka pengaturan telah berhasil

Cara ini juga dapat diterapkan jika ada anggota group yang bertengkar didalam group atau jika ada anggota group yang selalu posting tidak sesuai peraturan group yang telah disepakati.

Mengirim pesan pribadi langsung dari chat di group whatsapp

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf awal, dengan update terbaru ini kita dapat langsung mengirim private message atau pesan personal kepada anggota group langsung dari chat yang telah mereka kirim di group. Ikuti langkah - langkah berikut ini:

  1. Tekan dan tahan chat (orang yang ingin kita kirim pesan secara personal) hingga muncul menu baru 
  2. kemudian pilih >menu (kanan-atas) 
  3. pilih >Message 'nama kontak'.
  4. Ketik dan kirim pesan. Selesai!

Perbaikan dan pengembangan akan terus ada seiring berjalannya waktu, sesuai kebutuhan pengguna dan juga kebijakan pengembang. Pada update kali ini sepertinya whatsapp benar - benar tahu apa yang perlu ditambahkan dan dirubah.

Semoga artikel ini dapat membantu, jika ada pertanyaan, kritik atau saran dapat langsung ditulis pada bagian komentar dibawah seperti biasa. Akan kami bantu semaksimal mungkin. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!