Beranda
Tips 'n Trick
Toko Online
Tutorial
Cara Mencairkan Saldo Uang dari Tokopedia ke Rekening Pribadi
Cara Mencairkan Saldo Uang dari Tokopedia ke Rekening Pribadi

Berikut ini adalah cara untuk mengambil atau mencairkan saldo ataupun uang yang ada di akun Tokopedia kita dengan cara di transfer ke rekening pribadi kita.

Sebelum melakukan transfer apa saja yang harus dipersiapkan? Berapa lama waktu penarikan uang dari tokopedia ke rekening kita? Bagaimana bila ada saldo yang tertahan? Berikut penjelasannya.

Tokopedia merupakan salah satu media atau tempat jualan online terbesar di Indonesia seperti Bukalapak, Lazada dan lainnya. Banyak orang yang tidak hanya mencari barang tetapi mereka juga ikut memasarkan produknya di toko online tersebut. Ada yang berhasil ada yang masih jalan ditempat, namun yang serius pastinya pernah mendapatkan orderan walaupun tidak banyak. Hehe

Selain dari hasil penjualan, saldo di akun tokopedia kita juga akan bertambah bila kita melakukan pembelian dan mendapatkan cashback atau juga bisa didapat dari kelebihan transfer seperti halnya untuk kode unik di transferan. Biasanya pihak Tokopedia meminta kita untuk menambahkan beberapa rupiah dari total pembelian kita agar proses verifikasi transfer lebih cepat.

Pada Contoh kali ini saya menggunakan akun tokopedia saya yang mendapatkan saldo dari hasil penjualan. Didokumentasikan sengaja memang untuk membuat artikel ini. Jadi semua data ataupun angka yang tertera nanti di gambar adalah real /asli (bukan editan). Hehe

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum mencairkan saldo yang ada di akun Tokopedia kita:

  • Sudah mendaftarkan nomor HP untuk verifikasi
  • Pastikan nomor HP yang didaftarkan aktif dan siap menerima SMS/Telp
  • Sudah mendaftarkan nomor rekening untuk pencairan
  • Pastikan uang yang akan dicairkan tidak dalam masa pemeriksaan (ditahan sementara)

Setelah semua syarat diatas terpenuhi, maka kita bisa lanjut ke langkah inti dalam pencairan dana yang ada didalam akun Tokopedia kita.

CARA TERBARU!

Saat ini tampilan menu di halaman tokopedia sudah banyak berubah semenjak tulisan ini dibuat. Bergitu juga dengan cara mencairkan saldo uang dari Tokopedia ke rekening pribadi kita. Untuk itu, kami telah membuat ulang tutorial ini dengan halaman terbaru dari Tokopedia.

Selain itu, ada beberapa syarat dan peraturan yang berubah. Jika anda ingin langsung melihat cara terbaru untuk mencairkan saldo penjualan dari Tokopedia ke rekening pribadi silahkan baca di tulisan berikut ini:

Baca: Cara Terbaru Tarik Saldo Penjualan Tokopedia ke Rekening Pribadi

Atau bisa langsung menyimak tutorial terbaru versi video dibawah ini.


Langkah – langkah Cara Mecairkan Saldo (Uang) dari Tokopedia ke Rekening Pribadi

  1. Login Akun Tokopedia
  2. Klik >Menu >Saldo. Pada tampilan desktop atau computer biasanya link Saldo berada di bagian kiri-atas layar, ditandai dengan simbol uang kertas bertuliskan “Rp” tanpa harus membuka bagian menu terlebih dahulu. Klik saldo tersebut untuk masuk ke bagian detil saldo.Cara Mencairkan Saldo Uang dari Tokopedia ke Rekening Pribadi
  3. Klik “Tarik Dana”. Setelah masuk ke bagian detil saldo maka kalian akan melihat tombol hijau dengan tulisan “Tarik Dana”. Klik tombol tersebut dan biasanya disampaikan juga jumlah dana atau uang yang bisa ditarik pada saat itu.Cara Mencairkan Saldo Uang dari Tokopedia ke Rekening Pribadi
  4. Isi Formulir Penarikan untuk Verifikasi. Setelah klik tombol ‘tarik dana’ maka halaman pop-up akan muncul dengan format formulir yang harus kita isi. Masukan nominal yang ingin diambil, pilih nomor rekening yang akan menerima uang tersebut, kemudial lakukan verifikasi dengan nomor telepon (SMS/Telp) dan kita akan mendapatkan kode OTP yang harus dimasukan. Terakhir kita diminta untuk memasukan password akun tokopedia kita untuk login. (Ingat ya.. password login Tokopedia,, Bukan password email anda..)Cara Mencairkan Saldo Uang dari Tokopedia ke Rekening Pribadi
  5. Klik Konfirmasi. Setelah mengisi lengkap formulir penarikan dana maka lanjutkan dengan klik tombol konfirmasi pada bagian akhir jendela formulir (Lihat Gambar Diatas).
  6. Periksa Rekening Anda. Beri waktu beberapa menit untuk proses transfer lalu periksa rekening tujuan untuk memastikan bahwa dana yang diambil sudah benar – benar masuk ke rekening kita.Cara Mencairkan Saldo Uang dari Tokopedia ke Rekening Pribadi
  7. Selesai! 

Setelah melakukan semua langkah diatas maka kita hanya perlu menunggu proses pencairan selesai dari pihak Tokopedia ke Bank dimana rekening kita didaftarkan. Periksalah rekening anda setidaknya 10 menit setelah kita melakukan pengajuan penarikan dana.

Pada pengalaman kami, Rindi Tech Store hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit untuk dana yang diminta tersebut sampai di rekening pribadi kami.

Namun hal diatas tidak bisa dijadikan patokan karena didalam peraturannya sendiri pihak Tokopedia meminta kita memberikan waktu 2x24 jam untuk memproses permintaan tersebut. Jadi jangan langsung emosi ya kalau dana yang kalian ambil tidak muncul sebelum batas waktu dilewati, yaitu 2x24 Jam atau 2 hari.

Bagaimana bila uang tersebut tidak muncul setelah 2x24 Jam?

Kami yakin bahwa hal ini jarang sekali terjadi apabila kita mengikuti prosedur dan persyaratan yang ada, namun bila uang kalian tidak muncul juga setelah 2 hari (2x24 Jam) maka kami sarankan untuk segera menghubungi pihak Tokopedia. Namun sebelum itu pastikan dahulu bahwa anda tidak melakukan kesalahan dalam pengisian formulir penarikan dana seperti salah menuliskan nomor rekening, jumlah, ataupun data lain yang dapat mempersulit proses pencairan.

Apa yang dimaksud dengan “Saldo yang ditahan”?

Apabila anda melihat ada sebagian uang anda yang masih berstatus ‘ditahan’ tidak usah panik karena hal itu sangat wajar, uang yang masih dalam status ditahan berarti uang tersebut masih dalam tahap verifikasi apakah uang tersebut memang untuk anda atau ada kesalahan pada sistem.

Saldo yang ditahan biasanya muncul karena waktu transfer dari pembeli terlalu dekat dengan waktu anda ingin menarik saldo.

Setelah mereka memastikan uang tersebut memang untuk anda, maka status ‘ditahan’ tersebut akan dicabut dan uang langsung dapat dicairkan seperti biasa.

Sepertinya sampai disini pembahasan mengenai cara mencairkan uang yang ada di akun Tokopedia ke rekening pribadi kita. Bila ada pertanyaan ataupun saran mari berdiskusi pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel Menarik Lainnya:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!