Cara Nonaktifkan Notifikasi di WhatsApp Group

Kesal karena notifikasi dari group whatsApp yang tidak berhenti – berhenti? sedang menunggu balasan penting tapi yang selalu muncul adalah balasan dari anggota di group whatsApp? Berpikir untuk keluar dari group? Tahan dulu, sebelum anda memutuskan untuk keluar dari group lebih baik coba dahulu nonaktifkan notifikasi dari group whatsApp yang diikuti.

Dengan menonaktifkan (mematikan) notifikasi dari group whatsApp yang diikuti, kita tidak akan lagi mendapatkan pemberitahuan mengenai pesan baru yang ada di group tersebut, juga bila handphone kita dalam keadaan tidak di silent maka bila ada nada pemberitahuan (notifikasi) dari aplikasi whatsApp dapat dipastikan itu adalah bukan notifikasi dari group, artinya itu pesan dari kontak individu atau group yang tidak kita nonaktifkan (Mute).

Fitur ini sebenarnya sudah diterapkan di aplikasi – aplikasi chatting lainnya seperti di BBM yang mempunyai pilihan “turn off notification” atau di aplikasi Line juga ada fitur semacam ini. Meskipun bukan sebuah fitur yang ditonjolkan (karena aplikasi lain juga menyediakannya) namun kenyataannya fitur ini sangat penting dan banyak digunakan terutama oleh pengguna yang tergabung ke dalam berbagai macam group di aplikasi chatting seperti whatsApp.


Cara Nonaktifkan Notifikasi di WhatsApp Group

Cara Nonaktifkan Notifikasi di WhatsApp Group

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Buka chat group yang ingin di nonaktifkan notifikasinya
  3. Untuk Android, Klik tombol Menu ((simbol tiga titik di kanan-atas)
  4. Untuk iOS (iPhone), Klik Nama Group
  5. Pilih Mute
  6. Tentukan lama-nya group di Mute atau dinonaktifkan notifikasinya (8 Jam, 1 Minggu atau 1 Tahun).
  7. Hilangkan ceklis pada keterangan “show notification”
  8. Ok. Selesai!
Setelah menonaktifkan notifikasi group yang diinginkan, maka anda tidak akan lagi terganggu dengan notifikasi dari group tersebut dan dapat fokus kepada pesan – pesan yang lebih penting. Seringkali pesan – pesan yang ditunggu dan penting tenggelam oleh notifikasi group yang frekuensinya jauh lebih aktif daripada pesan antar personal.

Cara Nonaktifkan Notifikasi di WhatsApp Group

Apakah pengaturan bisa di aktifkan kembali sebelum waktu Mute habis?

Bisa! Bila menurut anda pemilihan waktu nonaktif terlalu lama atau anda sudah dapat kembali aktif di group dan ingin mendapatkan notifikasi dari group kembali anda dapat menghilangkan pengaturan Mute. Caranya, lakukan langkah yang sama dengan cara diatas namun pada langkah ke – 5 pilih >Unmute.

Catatan! Pada Nonaktifkan Notifikasi di WhatsApp Group

  • Walaupun group telah di Mute, anda tetap dapat membaca seluruh percakapan yang ada dan terbaru, juga dapat berinteraksi di group tersebut seperti biasa.
  • Anda dapat menonaktifkan (Mute) lebih dari satu group pada saat yang bersamaan dengan menerapkan tutorial diatas kepada setiap group yang diinginkan (satu per satu)
  • Jika ceklis “show notification” tidak dihilangkan maka anda tetap akan mendapat notifikasi namun tidak akan mengeluarkan suara (audio) walaupun HP tidak di silent.
  • Setelah waktu Mute selesai maka notifikasi dari group akan otomatis kembali ke pengaturan semula.

Jangan keluar Grup ya :)

Entah itu group hobi ataupun reuni teman SD, selama tidak berisi konten – konten yang negatif atau tidak memberikan pengaruh buruk kepada kehidupan anda, usahakan untuk tidak keluar dari group, kita tidak tahu teman mana yang kita butuhkan dimasa yang akan datang, atau mungkin dari broadcast yang sering dibagikan ada satu atau 2 bahasan yang dapat menginspirasi anda dan membuat anda menjadi lebih baik. Selebihnya anda mempunyai pertimbangan sendiri :)

Semoga artikel ini membantu terutama bagi teman – teman yang sedang mencari cara agar tidak terganggu oleh chat atau notifikasi dari group whatsApp yang diikuti. Bila ada pertanyaan atau saran silahkan simpan komentar seperti biasa. Jadilah pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »