Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop

Berikut ini adalah cara mudah untuk pasang aplikasi Telegram di PC atau komputer. Cara ini juga dapat diterapkan di laptop atau notebook. Cara install aplikasi telegram juga akan dibahas disini berikut cara login atau membuka akun telegram di PC. Bagaimana cara pasang dan pakai aplikasi telegram di komputer?

Telegram adalah salah satu platform komunikasi online yang berasal dari Negara Russia, yang sempat mendadak ramai diperbincangkan karena sempat di blok oleh pemerintah Indonesia walaupun hanya telegram versi website nya saja yang di blok, sedangkan versi mobile masih bisa digunakan.

Berdasarkan pantauan tim rinditech.com saat artikel ini disusun, layanan Telegram versi website sudah dapat digunakan seperti biasa di Indonesia, artinya pemblokiran tersebut bersifat sementara.

Aplikasi telegram menawarkan keamanan data pengguna (privacy) yang sangat ketat, dan mungkin itulah salah satu alasan kenapa aplikasi ini sempat di blokir. Terlepas dari itu, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lainnya seperti whatsApp ataupun BBM, yang dapat mengirim pesan, gambar, video, file dan juga membuat group.

Digunakan oleh pegiat komunitas dan juga artis. Diam – diam, aplikasi telegram ini dipakai oleh berbagai kalangan khususnya untuk membuat sebuah group chat. Bukan tanpa alasa, ternyata salah satu keunggulan dari telegram ini adalah kapasitas anggota group (member), yaitu sebesar 20.000 anggota untuk satu buah group! Sangat menjanjikan untuk bisnis ataupun kegiatan dengan orientasi kuantitas.

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop
Telegram mengklaim bahwa proses sinkronisasi dilakukan secara real time, dengan memberikan contoh apabila kita sedang mengetik di smartphone lalu berpindah ke komputer maka kita tetap bisa melanjutkan tulisan tersebut di komputer yang sebelumnya kita ketik di platform yang berbeda.

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop (via Browser)

Akan ada dua metode dalam membuka aplikasi telegram di komputer ini, pertama yaitu menggunakan browser dan yang kedua adalah menggunakan file instalasi telegram (official).

Berikut ini adalah metode pertama dalam membuka aplikasi atau akun telegram di PC atau komputer melalui browser. Pada metode pertama ini kita tidak perlu melakukan download software atau file instalasi. Berikut langkah – langkah atau tutorial nya.


  1. Buka Browser (Chrome, Firefox, Safari, Opera, Edge, dll)
  2. Buka website telegram khusus untuk pengguna, atau klik link berikut: https://web.telegram.org
  3. Login menggunakan nomor telepon yang telah didaftarkan. (pastikan lokasi yang dipilih adalah Indonesia)
  4. Verifikasi. Selesai!

Website akan mengirim kode verifikasi ke smartphone dengan akun Telegram yang sama, ketikan kode tersebut form isian yang telah disediakan. Waktu untuk memasukan kode verifikasi sangat sebentar yaitu hanya 2 menit. Pastikan handphone anda berada dalam jangkauan saat melakukan login.

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop


Perlu diingat bahwa anda menggunakan browser untuk mengoperasikan Telegram sehingga bila browser ditutup maka aplikasi Telegram juga akan ikut terhenti.

Telegram menggunakan sistem cloud computing yang berarti seluruh data yang dikirim dan diterima tidak disimpan di smartphone pengguna secara lokal, namun disimpan di server telegram, hal ini memungkinkan kita untuk berpindah – pindah gadget tanpa takut ketinggalan file ataupun tulisan (yang berada di gadget sebelumnya).

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop (via Install)

Berikut ini adalah cara atau metode kedua untuk membuka aplikasi Telegram di PC ataupun Laptop dengan cara melakukan install aplikasi terlebih dahulu di komputer. Pastikan komputer yang akan kita gunakan terhubung ke internet karena kita akan melakukan download file instalasi terlebih dahulu dari situs resmi Telegram. Berikut langkah – langkah nya.
Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop


  1. Buka Browser (Apa saja)
  2. Buka Website resmi Telegram yang khusus untuk mengunduh atau download file instalasi di komputer atau desktop, berikut ini alamatnya: https://desktop.telegram.org/
  3. ownload file instalasi dengan klik tombol biru “Get Telegram for Windows” (Jika computer anda menggunakan OS Windows, atau iOS jika anda menggunakan notebook keluaran Apple (Mac)
  4. Install File. Double-click (atau klik kanan-Run) pada file yang telah di download, kemudian ikuti petunjuk yang ada sampai proses install selesai.
  5. Buka aplikasi Telegram yang telah terinstall di Komputer
  6. Login menggunakan nomor telepon (pastikan lokasi diatur ke Indonesia
  7. Verifikasi. Selesai!


Seperti halnya membuka akun Telegram di website, pada metode ini juga kita diharuskan untuk melakukan verifikasi akun, sebelum benar – benar dapat mengoperasikan aplikasi.

Dengan metode ini aplikasi yang digunakan tidak bergantung pada aplikasi lainnya seperti browser, sehingga tidak akan menggagu kegiatan browsing ataupun tidak akan terjadi kasus ‘tidak sengaja browser ditutup, jadi telegram juga ikut tertutup”. Hihi..

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop

Kenapa menggunakan Telegram for Desktop (Komputer)?

Selain dari pada pertimbangan efisiensi untuk para pekerja kantoran, perlu diketahui bahwa aplikasi Telegram tidak memberikan batas maksimum ukuran file ataupun durasi video yang dikirim ataupun diterima sehingga akan sangat bermanfaat bila kita sedang berkirim file dengan ukuran yang besar langsung melalui computer.

Selebihnya kita dapat melakukan efisiensi kerja, karena kita tidak lagi disibukan dengan berganti – ganti gadget bila sedang melakukan chat dengan kontak yang ada di telegram. 

Semoga artikel ini membantu teman – teman yang sedang mencari cara untuk memasang ataupun membuka akun Telegram melalui computer ataupun laptop. Bila mengalami kendala ataupun ada yang ditanyakan, silahkan untuk menyimpan pertanyaan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Terkait Lainnya:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »