Cara Mudah Membuka Aplikasi Line di PC Komputer

Berikut ini adalah cara untuk membuka aplikasi Line di komputer (PC) ataupun laptop. Bagaimana cara download aplikasi atau file instalasi Line yang resmi (official)?. Bagaimana melakukan login atau melakukan sinkronisasi dengan akun yang ada di aplikasi Line yang terinstall di Smartphone?

Dalam artikel ini akan ada 2 cara dalam membuka aplikasi Line atau akun Line di komputer yaitu dengan melakukan install software Line dan cara yang satu lagi adalah dengan menggunakan browser yang berarti tanpa melakukan install software di komputer.

Line App atau aplikasi Line saat ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi secara online, terutama untuk pengguna smartphone di daerah Asia. Saingan terberatnya saat ini adalah WhatsApp, Facebook messenger dan Blackberry Messenger (BBM), selain aplikasi – aplikasi yang telah disebutkan sepertinya belum ada lagi aplikasi yang dapat dikatakan sebagai saingan berat.

Aplikasi yang berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan, ini terkenal dengan aplikasi yang kaya akan stiker untuk digunakan dalam berkomunikasi dalam sebuah chat ataupun group chat. Bahkan di beberapa Negara mereka menggunakan foto artis atau animasi yang diaplikasikan kedalam sebuah stiker yang bisa dikirim antar pengguna aplikasi Line ini.

Cara Mudah Membuka Aplikasi Line di PC Komputer
Membuka aplikasi chat yang ada di dalam Smartphone kita melalui komputer ataupun laptop tentunya akan sangat membantu pergerakan dan efektifitas, terutama bagi kamu yang bekerja atau kesehariannya sering berada didepan komputer. Bila kita sedang melakukan percakapan dengan 3 orang maka bila tidak membuka melalui PC maka kita harus terus berpindah – pindah gadget setiap kali ada notifikasi baru dari Line. Dan akan sangat memakan waktu, untuk melakukan perpindahan gadget berkali – kali.

Lain halnya bila kita membuka dan juga login akun Line melalui computer kerja yang sering kita gunakan. Akan terasa sekali manfaatnya apabila kita melakukan chatting atau percakapan di aplikasi Line namun tetap fokus hanya kepada 1 layar yang ada didepan kita (tidak berpindah – pindah).

#1 Cara Mudah Membuka Aplikasi Line di PC atau Komputer (via browser)

Pada cara yang pertama ini kita tidak perlu melakukan download dan install aplikasi secara manual, dengan cara ini kita dapat menghemat kuota internet karena tidak harus download aplikasi Line sebesar 67 MB, lumayan bisa dipake untuk chatting seharian. Hehe

Sebagai gantinya kita harus menggunakan browser Google Chrome sebagai tempat untuk menjalankan aplikasi Line, sehingga apabila browser di tutup (close) maka aplikasi Line pun akan berhenti berjalan.

Secara Pribadi, saya tidak merekomendasikan mengoperasikan aplikasi Line menggunakan browser Chrome, alasannya akan dijelaskan pada paragraph yang berbeda. Namun pada artikel ini saya akan tetap membagikan caranya sebagai bahan referensi karena mungkin saja ada teman – teman disini yang lebih nyaman menggunakan browser chrome untuk mengoperasikan aplikasi Line. Berikut tutorialnya:
  1. Buka Browser Google Chrome
  2. Buka website resmi Line untuk masuk ke halaman Chrome App. Atau klik link berikut ini: https://line.me/en-US/download (Bahasa Inggris) atau https://line.me/id/download (bahasa Indonesia).
  3. Klik logo Google Chrome (kanan-bawah layar) pada  di bagian PC / Mac. Anda akan dibawa ke jendela baru yaitu jendela Chrome App Line
  4. Klik tombol biru dengan tulisan “+Add to chrome” (kanan-atas) kemudian tunggu hingga proses install selesai.
  5. Anda akan dibawa ke tampilan daftar aplikasi yang terinstall di browser chrome. Pilih atau klik Logo Aplikasi Line.
  6. Pilih cara Login sesuai keinginan. Bisa menggunakan email, nomor telepon, ataupun dengan scan QR code langsung menggunakan Smartphone.
  7. Verifikasi. Biasanya aplikasi mengirimkan beberapa nomor kode untuk melakukan verifikasi dari PC ke Smartphone. Selesai!

Cara Mudah Membuka Aplikasi Line di PC Komputer

Pada pengalaman tim rinditech.com, kita akan diminta untuk melakukan verifikasi satu kali lagi pada pengiriman chat /pesan untuk pertama kalinya. Untuk kegiatan chat selanjutnya tidak akan diminta verifikasi lagi.

Setelah melakukan verifikasi maka anda sudah dapat mengoperasikan aplikasi Line di browser chrome secara utuh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi windows di pengaturan whatsapp di browser. Biasanya pada penggunaan awal akan muncul popup untuk mengaktifkannya. Selamat mencoba!

#2 Cara Mudah Membuka Aplikasi Line di PC atau Komputer (via Aplikasi)

Cara yang kedua ini adalah cara yang saya, secara pribadi, merekomendasikannya, walaupun pada awalnya kita harus melakukan download file dan juga melakukan instalasi aplikasi Line secara manual, namun cara ini (via aplikasi) lebih baik dari pada cara pertama (via browser). Khususnya bila kita ingin menggunakannya untuk jangka panjang atau rutin penggunaan sehari – hari.

Pastikan bahwa aplikasi Line terinstall dengan benar, dan juga menggunakan aplikasi yang resmi atau official didapat langsung dari website resmi aplikasi Line. Bila sebelumnya sudah mempunyai dan download file installasi disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu sumbernya, apabila sumbernya sama dengan yang nanti disebutkan dibawah maka anda tidak perlu melakukan download lagi,

Namun apabila anda kurang yakin akan sumber file isntalasi aplikasi Line yang telah anda dapatkan secara mandiri, kami sarankan untuk melakukan download ulang pada alamat yang nanti disebutkan dibawah. Berikut langkah – langkahnya:

Pastikan Komputer atau PC telah terhubung dengan koneksi internet sebelum memulai langkah – langkah untuk melakukan download aplikasi Line, file yang akan di download sekitar 67 MB.

  1. Buka Browser (Bebas)
  2. Buka website resmi Line untuk melakukan download file instalasi aplikasi Line for PC. Atau klik link berikut ini: https://line.me/en-US/download (Bahasa Inggris) atau https://line.me/id/download (bahasa Indonesia).
  3. Klik tombol “Get LINE for Windows” jika PC atau Komputer anda menggunakan OS Windows. Dan file instalasi akan otomatis di download.
  4. Setelah proses download selesai, buka kemudian install aplikasi tersebut, ikuti setiap langkah yang muncul sampai proses install selesai.
  5. Buka Aplikasi LINE yang telah terinstall di komputer tersebut.
  6. Login dengan cara yang sesuai keinginan seperti pada cara pertama. Anda bisa menggunakan email, nomor telepon, ataupun dengan scan QR code langsung menggunakan Smartphone.
  7. Verifikasi. Kode nomor akan dikirim untuk melakukan verifikasi dan sinkronisasi antara PC dan Smartphone.
  8. Verifikasi tahap 2. Seperti cara pertama yang telah dituliskan diatas, verifikasi tahap dua akan diminta saat kita melakukan chat untuk pertama kali. Selanjutnya tidak akan lagi diminta verifikasi tahap 2. Selesai!
  9. Selesai! Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk desktop (bila perlu).
Cara Mudah Membuka Aplikasi Line di PC Komputer
Line Lovers

Seperti halnya aplikasi WhatsApp for PC. Aplikasi LINE for Desktop juga mempunyai karakteristik yang sama yaitu aplikasi ini bersifat mirror atau hanya pengulangan dari aktifitas yang ada di aplikasi LINE Smartphone, sumber data mengacu pada tempat yang sama, hanya saja kita dapat mengoperasikannya dari 2 tempat yang berbeda.

Kenapa Cara pertama tidak direkomendasikan?


Bila teman – teman membacanya paragraph awal pada cara pertama, saya secara personal tidak merekomendasikan cara pertama karena beberapa pertimbangan berikut:
  • Aplikasi LINE yang ada di browser Chrome tidak memiliki fitur yang lengkap seperti fitur yang tersedia di LINE versi mobile bahkan versi download (cara ke-2).
  • Bila ingin melihat timeline ataupun notes tidak dapat langsung melalui aplikasi, namun akan membuka tab baru menggunakan browser default, cara ini cukup mengganggu.
  • Tidak mendapat prioritas bila ada update informasi. Berdasarkan pantauan, versi bawaan browser Chrome berbeda dengan versi instalasi.

Kenapa Cara kedua direkomendasikan?

  • Aplikasi bersifat mandiri, sehingga tidak menggangu proses browsing (bila menggunakan Chrome).
  • Fitur yang tersedia lebih lengkap, bahkan tidak ada yang kurang, bila dibandingkan dengan cara membuka lewat browser.
  • Bila ingin melihat timeline ataupun notes tidak akan dibuka di browser, melainkan menggunakan aplikasi LINE sendiri.
  • Versi yang digunakan lebih update dibandingkan versi aplikasi LINE yang ada di browser Chrome, membuat kita sebagai pengguna merasa lebih aman dari sisi keamanan.

Selebihnya teman – teman bisa mencobanya sendiri, mungkin saja ada dari teman – teman yang lebih nyaman via browser, atau ada juga yang lebih nyaman via aplikasi LINE mandiri.

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman yang sedang mencari cara untuk membuka akun Line di PC Komputer ataupun laptop. Semoga pembahasan ini dapat menjadi referensi. Bila ada pertanyaan atau mengalami kendala, bisa langsung berdiskusi pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »