Hati – hati dengan Website yang Mempunyai Akhiran Ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

Rindi Putra
34 Komentar
Beranda
Blogging
Internet
Security
Hati – hati dengan Website yang Mempunyai Akhiran Ini (.tk .ga .ml .cf .gq)
Hati – hati dengan Website yang mempunyai akhiran ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

Pernah mendapat pesan atau pemberitahuan anda memenangkan hadiah kemudian diminta untuk mengunjungi sebuah website yang mempunyai alamat (domain) berakhiran “.tk .ga .ml .cf .gq”? atau mendapat informasi tentang isu yang sedang hangat di televise di alamat website berakhiran .tk atau lainnya (yang ada di list)? 

Atau bahkan anda sedang berencana untuk membuat sebuah website dengan akhiran – akhiran tersebut (.tk .ga .ml .cf .gq)? Waspadalah karena bisa saja anda yang dirugikan oleh reputasi domain – domain tersebut.

Alamat website atau dalam bahasa teknologinya yaitu domain adalah hal yang sangat penting dalam dunia maya (internet) karena itu semacam pintu gerbang atau alamat rumah, tempat tinggal pemilik website /blog tersebut di jagat internet yang begitu luas. Itulah kenapa banyak dari perusahaan atau orang – orang rela untuk mengeluarkan uang sampai ribuan dolar hanya untuk sebuah nama domain yang mereka inginkan.

Bahkan ada beberapa kasus yang mengharuskan beberapa pihak menyelesaikan hal yang berkaitan dengan kepemilikan domain di pengadilan. Contohnya upaya perusahaan teknologi Yahoo! yang berusaha untuk mendapatkan nama domain flicker.com sampai ke pengadilan. 

Baca: Inilah Alasannya Mengapa Yahoo Bersikeras Ingin Membeli Domain Flicker.com

Alasan kenapa kita harus berhati – hati dengan alamat website yang mempunyai akhiran .tk .ga .ml .cf .gq

Domain – domain tersebut GRATIS!

Hati – hati dengan Website yang mempunyai akhiran ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

Orang – orang pada umumnya pasti ingin mendapat keuntungan yang sebesar – besarnya dengan modal yang sekecil – kecilnya. Alasan itu juga pasti melatarbelakangi pengguna domain gratisan tersebut, dari pada mengeluarkan uang untuk membeli sebuah domain, lebih baik menggunakan domain gratisan dahulu, toh kalaupun tidak berhasil mereka tidak rugi sewa domain.

Apalagi untuk sebuah website undian penipuan, para penipu mestinya menggunakan cara yang paling mudah dan cepat untuk mendapatkan uang dari para calon korbannya, dan bisa dibayangkan bila si-penipu tersebut mempunyai modal Rp. 1.000.000,- maka bila dipakai untuk membeli domain, tidak akan sampai 10 domain bisa dibeli. Namun bila harga domain tersebut gratis, maka mereka akan leluasa bergonta – ganti alamat website tanpa ada batas penggunaan.

Bagi para blogger, domain TLD (Top Level Domain) seperti ini pastinya sangat dicari apalagi untuk tujuan jangka pendek (spamming, backlink, dll), namun bila tujuannya untuk jangka panjang kami pikir menggunakan domain semacam ini sangat beresiko.

Baca juga: Cara Mengetahui Harga Alamat Website (DOMAIN)

100% Positif Penipuan!

Hati – hati dengan Website yang mempunyai akhiran ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

Pada artikel mengenai list/daftar website undian palsu yang ada di rinditech.com, 100% atau semua laporan yang masuk mengenai alamat website yang berakhiran .tk .ga .ml .cf .gq selalu positif penipuan, artinya bila ada sepuluh pertanyaan dari para pembaca mengenai keaslian sebuah website yang berakhiran dengan domain – domain tersebut, maka ke-sepuluh website tersebut adalah website penipuan.

Baca: List/Daftar Website Undian Palsu + Cara Melaporkannya

Dipakai Untuk Ajang Coba – coba atau Eksperimen

Di beberapa Negara berkembang seperti India dan Indonesia, mahasiswa yang baru belajar dan mengenal dunia Internet pada umumnya masih memiliki dana yang minim untuk membuat website sendiri, apalagi menggunakan domain berbayar, solusi mudahnya mereka pasti menggunakan jasa – jasa penyedia domain yang gratis.

Dan akhirnya mereka menggunakan domain – domain tersebut sebagai website pertama atau ujicoba mereka, sebelum nantinya mereka serius dan beralih ke website berbayar. Maka tidak heran bahwa sebagian besar website – website tersebut hanya memiliki sedikit konten atau tidak sedikit juga yang ditinggal begitu saja.

Reputasi Buruk di Mesin Pencari (Google, Bing, Yahoo, dll)

Harga menentukan kualitas. Perlu diketahui bahwa setiap ekstensi domain mempunyai harga yang berbeda – beda, seperti ekstensi .net selalu lebih murah harganya bila dibandingkan dengan domain berekstensi  .com

Sejalan dengan harga tersebut, domain yang memiliki ekstensi .com mempunyai kemungkinan lebih besar muncul di halaman pertama (page one) mesin pencarian seperti Google ataupun Bing (Microsoft) dibandingkan dengan website yang memiliki akhiran .net dan domain gratisan (.tk .ga .ml .cf .gq) tentunya mempunyai prioritas paling buncit untuk masalah popularitas (positif).

Bukan tidak mungkin domain gratisan memiliki posisi yang bagus di mesin pencari, namun dibutuhkan usaha ekstra untuk membuat itu terwujud, kalau tidak memiliki ilmu SEO (Search Engine Optimization) maka lebih baik pertimbangkan untuk menggunakan ekstensi lain yang lebih umum.

Berkaitan dengan reputasi yang buruk, sebagian besar website undian penipuan tidak memiliki posisi yang bagus di mesin pencari kecuali bagi orang – orang yang memang mengerti dalam hal optimisasi di mesin pencari.

Bagaimana di Negara – Negara lain?

Hati – hati dengan Website yang mempunyai akhiran ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

Walaupun kami tidak dapat menyebutkan angka, namun website – website yang mempunyai akhiran .tk .ga .ml .cf .gq dan berbahasa Indonesia sebagian besar tidak mempunyai reputasi yang cukup baik, apalagi bila berbicara tentang website – website penipuan. Lalu bagaimana di Negara lain?

Setelah melakukan pencarian di dunia maya mengenai domain – domain tersebut (.tk .ga .ml .cf .gq) ternyata ada beberapa website yang mempunyai konten – konten yang positif dan bermanfaat dan menggunakan ekstensi – ekstensi tersebut (.tk .ga .ml .cf .gq).

Namun di beberapa forum Tanya jawab seperti di quora.com dan opini – opini dari beberapa pakar blogging dan internet tetap menyarankan agar kita ‘menjauhi’ ekstensi – ekstensi seperti itu (.tk .ga .ml .cf .gq) dengan alasan yang hampir sama seperti yang ada pada artikel ini. 

Baca: Ciri Website Palsu + Cara Melaporkannya

Terlepas dari pentingnya alamat website (domain) ternyata ada beberapa penyedia jasa domain yang mengambil cara yang berbeda, alih – alih menyewakan domain, beberapa penyedia domain malah menggratiskan domain bagi penggunanya. Meskipun tidak ada yang salah dari menggratiskan penggunaan domain tersebut namun kebijakan tersebut menimbulkan beberapa efek yang sekarang dirasakan oleh hampir semua bagian yang berhubungan dengan penggunaan domain.

TIDAK SEMUA!

Blog atau website yang mempunyai akhiran – akhiran tersebut berbahaya atau berisi konten yang negatif, ada juga website atau blog yang menggunakan akhiran – akhiran tersebut diisi dengan konten yang positif atau bermanfaat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan penjelasan yang lebih bagi anda yang sedang mencari tahu tentang domain atau ekstensi – ekstensi yang disebutkan diatas (.tk .ga .ml .cf .gq). Bila ada pertanyaan atau pengalaman mengenai pembahasan domain ini, anda dapat meninggalkan pesan pada kolom komentar dibawah. Jadilah pengguna yang bijak!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

34 komentar

  1. Rido Berutu
    Rido Berutu
    Minggu, Juni 12, 2022
    kalo yang gratisan blogspot.com gimana gan?
    huf huhuhu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 12, 2022
      Pendekatannya sama saja dengan semua domain, dilihat dulu isi nya, kalau kurang meyakinkan ya lebih baik ditinggalkan dari pada nanti terlanjur kena tipu. Blog rinditech ini juga awal nya pakai domain dari blogspot kok, baru setelah itu upgrade ke .com
  2. Anonim
    Anonim
    Selasa, Desember 28, 2021
    Kak apa yang terjadi jika sudah memencet link tersebut terutama yang belakang nya ml
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 28, 2021
      sebenarnya kalau hanya membuka link ke halaman web itu sih aman - aman aja, hanya sedikit yang benar - benar bahaya. Yang difokuskan disini adalah isi yang ada di website tersebut, umumnya yang pakai alamat - alamat itu digunakan untuk penipuan atau pencurian data pribadi. Jadi lebih baik dihindari sajal.
  3. Intan Noerfa
    Intan Noerfa
    Jumat, Oktober 16, 2020
    kak, boleh tolong carikan website yang bisa dibuktikan bahwa itu termasuk phishing tidak? Saya ada tugas untuk mencari website tersebut dan bisa dicek melalui phishtank.com
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 18, 2020
      di atas sudah saya cantumkan link artikel dengan judul "Daftar Website Undian Palsu". Cari saja disana ada list website penipuan, termasuk phishing.
  4. Unknown
    Unknown
    Sabtu, September 14, 2019
    Kak tolong dicek situs ini WWW.kejutan2019.ga
    Terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, September 14, 2019
      Sudah dicek ya, situs tersebut terindikasi penipuan. dari ciri - ciri sumbernya hampir serupa dengan situs penipuan lainnya. lebih baik diabaikan saja.
  5. Unknown
    Unknown
    Minggu, September 08, 2019
    Kak tolong konfirmasinya situs ini penipuan bukan
    www.hadiahultake7.tk
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, September 09, 2019
      situs tersebut penipuan ya, lebih baik dihindari dan diabaikan saja. Jangan sampai terbujuk rayuan2 nya.
  6. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juli 24, 2019
    https://hadiah-shopee589.blogspot.com/?m=1
    Kak tolong di cek situs ini... Sering skali saya dpt sms kyk gt tlong di bantu ya kak...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 25, 2019
      Itu situs penipuan ya, terlihat sekali dari ciri - cirinya. Abaikan saja atau laporkan. Jangan sampai terbujuk dengan tawaran - tawaran yang tidak jelas. dari pada menyesal lebih baik dihindari.
  7. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juli 03, 2019
    Bang tolong di cari situs ini palsu atau tidak soalnya saya baru saja mendapatkan sms dan saya buka situsnya agak meragukan. Www.mediainternet.cf kalo itu situs untuk penipuan harap laporka bang saya hampir saja mengikuti syaratnya tadi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 04, 2019
      Yup! Itu website undian palsu. terlihat dari tampilannya dan juga menggunakan alamat website yang gratisan. lebih baik diabaikan saja. sudah dimasukan kedalam daftar website penipuan
  8. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 24, 2019
    Www.pestashopee2019.gq

    Kalo itu penipuan juga ya kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 25, 2019
      Yup! Benar, dari alamatnya saja sudah terlihat tidak profesional karena menggunakan alamat website yang gratisan. terimakasih atas konfirmasinya.
  9. Nonaablog
    Nonaablog
    Rabu, Mei 22, 2019
    Kalau ini kak

    www.pestahadiahshopee.ga
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 23, 2019
      Yup! Itu juga terindikasi penipuan. banyak ciri - ciri penipuan didalam website itu. lebih baik diabaikan saja.
  10. alejandro ichard
    alejandro ichard
    Sabtu, Oktober 06, 2018
    Kak,kalau web http://boltexpressltd.ml apakah resmi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 06, 2018
      untuk resmi atau tidaknya belum dapat dipastikan namun dari data awal yang kita dapatkan dan konten atau isi dari website nya tidak ada yang mencurigakan.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. buayajalan.com
    buayajalan.com
    Kamis, September 27, 2018
    Punyaku .ml om, gmn dong? Udh lama lagi blog nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 28, 2018
      Tidak masalah sih bos sebenarnya, apalagi klo emang diisi konten - konten yang positif . tapi kalau ada rejeki uang lebih alangkah lebih baik kalau misalnya kita juga pakai domain yang netral seperti .com .net .id dan sejenisnya. semoga membantu :)
  13. zamsul
    zamsul
    Kamis, Mei 10, 2018
    kalau ini penipuan gak ya gan (www.reflika.ga)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 11, 2018
      Data yang ada di server disembunyikan, domain gratisan, kami sarankan hindari aja gan. klopun bisa dihubungi lebih baik lakukan transaksi dengan mode COD. semoga membantu :)
  14. Fahlevy
    Fahlevy
    Sabtu, Februari 03, 2018
    Sekarang mah website penipuan atau Phising domain nya .Com Dan .net


    #saran
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 06, 2018
      Yup! Setuju banget Fahlevy, yang .com saja sudah banyak yang berisi penipuan, apalagi yang lainnya yang harganya lebih terjangkau. terimakasih sarannya :)
  15. Ikrom Zain
    Ikrom Zain
    Minggu, September 24, 2017
    klo xyz gimana ya>
    domainku udah kadung pake ini
    murah sih soalnya, hehe
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, September 24, 2017
      kalau sudah terlanjur ya teruskan aja gan. lagian domain kan cuman alamat, kalau agan punya konten bagus ya reputasi xyz agan juga bagus.
      tapi kalau ada rejeki lebih sih lebih baik nanti pas habis masa sewa domain dipindahkan ke domain yang umum seperti .com .id dll. semoga membantu gan :)
  16. Sam Arief
    Sam Arief
    Kamis, Agustus 03, 2017
    Ya lebih hati-hati aja intinya dalam menanggapi setiap hal. Tetapi tidak semua domain gratis dari freenom itu reputasinya buruk. Kemungkinan memang belum mampu membeli TLD com,net. be positive ^_^
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 04, 2017
      Yup! Setuju banget gan Sam, seperti yang telah ditulis diatas, walaupun domain - domain tersebut gratisan ternyata tidak semuanya berisi hal - hal negatif, ada juga beberapa admin yang mengisinya dengan konten - konten yang positif.

      Selebihnya berada pada kontrol masing - masing netter (netizen) harus selalu waspada dan tidak mudah terbujuk iming - iming yang menggiurkan. Terima kasih gan Sam sudah memberikan pendapatnya disini :)
  17. Anonim
    Anonim
    Rabu, Juni 28, 2017
    Apakah resmi atau tdk website www.android5th.tk. ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 29, 2017
      link nya sudah tidak dapat diakses, kemungkinan besar itu tidak resmi atau penipuan. jangan mudah percaya
  18. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juni 08, 2017
    terimakasih buat infonya..sekarang sedang marak pesan berantai masuk grup wa/bbm buat klik itu link domain gratisan yg abal-abal
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 11, 2017
      Sama - sama Mba Lada, Yup! benar sekali, pasti akan banyak website penipuan yang menggunakan domain - domain gratis tersebut. Tetap waspada dan selalu ingatkan orang disekitar,
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!