Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya

Rindi Putra
13 Komentar
Beranda
Tutorial
WhatsApp
Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya
Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya

Berikut ini adalah cara untuk memindahkan (transfer) chat akun whatsapp dari smartphone atau handphone androd ke iOS (iPhone). Cara ini juga dapat digunakan untuk memindahkan chat whatsapp dari iPhone ke Android (sebaliknya). Semoga cara ini menjadi solusi bagi teman – teman yang sudah ataupun ingin berganti smartphone dari android ke iOS (iPhone) ataupun sebaliknya.

Artikel ini merupakan bahasan lanjutan dari cara transfer chat whatsapp saat ganti hape. Namun ternyata cara yang dijelaskan pada artikel tersebut hanya berhasil bila smartphone mempunyai OS (Operating Sistem) yang sama seperti Android ke android (dengan merk dan type apapun asalkan android) atau iPhone ke iPhone.

Apakah merk (brand) atau type yang berbeda berpengaruh? Seperti Samsung ke iPhone atau Xiaomi ke iPhone, atau ASUS ke iPhone, atau SONY ke iPhone, dll. Pada umumnya tidak berpengaruh asalkan tetap menggunakan OS (operating system) Android. Begitu pun sebaliknya, iPhone ke Samsung, Xiaomi, ASUS SONY, dll. Yang berbeda mungkin hanya di pengaturan awal masing – masing type yang berhubungan dengan driver handphone, namun pada umumnya sama.

Kami menemukan bahwa cara yang kemungkinan berhasilnya lebih besar adalah dengan bantuan software, dan anda juga harus menggunakan komputer /laptop sebagai media transfer. Ada beberapa software yang dapat digunakan (termasuk iTunes untuk PC), ada beberapa yang gratis, dan ada juga yang memiliki lisensi dimana anda harus membelinya untuk mendapatkan fitur penuh.

Baca juga: Cara Aman Ganti Nomor HP di WhatsApp

Cara 1 Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone atau Sebaliknya

  1. Di HP Android silahkan download aplikasi bernama "Move to iOS"
  2. Buka aplikasi Move to iOS. Silahkan klik Continue pada halaman pembuka kemudian klik Agree pada halaman terms and conditions.
  3. Pada halaman Send App Usage, pilih Automatically send. Pada halaman Location permission silahkan klik Continue silahkan pilih "While using the app"
  4. Pada halaman Find your code, silahkan klik tombol Continue hingga halaman input code muncul dengan tulisan "Enter One-Time Code"
  5. Pada HP iPhone, jika masih baru silahkan nyalakan, jika sudah pernah dinyalakan silahkan lakukan Factory Reset
  6. Silahkan ikuti prosedur menyalakan HP iPhone baru seperti hubungkan ke WiFi, Atur Passcode, Face ID, hingga bagian Apps & Data.
  7. Pada bagian Apps & Data, silahkan pilih menu Move data from Android kemudian klik tombol Continue.
  8. Jika berhasil maka halaman Enter Single-Use Code muncul dan memperlihatkan kode berupa 6 digit angka.
  9. Masukan 6 digit angka yang muncul di HP iPhone ke halaman aplikasi Move to iOS di HP Adroid.
  10. Di HP Android akan muncul halaman Transfer data, silahkan pilih WhatsApp (dan data lainnya jika diperlukan)
  11. Pada halaman transfer data whatsapp silahkan pilih tombol Start. Kemudian klik tombol Continue, tunggu hingga proses transfer selesai.
  12. Klik tombol Done pada HP Android. Dan klik tombol Continue pada HP iPhone.
  13. Lanjutkan pengaturan iPhone sampai muncul di halaman utama.
  14. Pindahkan Kartu SIM dari HP Android ke HP iPhone.
  15. Download dan buka Aplikasi WhatsApp di HP iPhone
  16. Setelah melakukan konfirmasi nomor HP, akan muncul halaman Move Chats From Android, silahkan klik tombol Start. Akan muncul halaman Permission needed, klik tombol Start.
  17. Akan muncul menu popup, silahkan pilih menu "Allow Access to All Photos". Tunggu hingga proses pemindahan chats selesai ditandai dengan notifikasi Chat History Moved to iPhone.
  18. Silahkan klik tombol Next, kemudian lanjutkan pengisian profile untuk WhatsApp seperti biasa. Selesai

Baca juga: Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP baru dengan OS yang sama

Cara 2 Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone atau Sebaliknya

  1. Install iTunes di komputer /laptop. Pastikan anda telah memiliki iTunes di komputer dengan versi terbaru, bila belum anda bisa download langsung dari website resmi Apple.
  2. Aktifkan USB debugging pada handphone android. Cara mengaktifkan USB debugging bisa dengan membuka bagian Setting pada smartphone android anda, >Setting >About >Tap (ketuk) Build Number 7-11 kali untuk mengaktifkan Developer Mode. Kemudian Buka kembali bagian >Setting >More >Developer options >enable USB debugging. Bila anda kebingungan, dapat mengikuti cara pada artikel terpisah ini yang dilengkapi dengan gambar dan penjelasan yang lebih rinci. >>Cara Menghubungkan Smartphone ke PC.
  3. Backup Chat WhatsApp di Android. Lakukan Backup chat terlebih dahulu dengan membuka bagian >Setting >Chats >Backup >Klik tombol (tulisan) “Backup”.
  4. Hubungkan handphone ke komputer dengan kabel USB. Pastikan kabel yang digunakan adalah kabel standar (original) untuk menghindari kegagalan transfer dan kegagalan penghubungan. Tunggu beberapa saat sampai smartphone Android terinstal di komputer dengan sempurna.
  5. Hubungkan iPhone ke komputer dengan kabel USB. Pastikan juga kabel yang digunakan adalah kabel original standard iPhone. Tunggu beberapa saat sampai iPhone terinstal di komputer dengan sempurna.
  6. Install & Buka Software untuk transfer Chat WhatsApp (BackupTrans atau WhatsMate). Ada 2 buah software yang dapat digunakan yaitu BackupTrans atau WhatsMate, untuk kali ini kami akan gunakan software BackupTrans sebagai contoh. Download aplikasinya disini >>BackupTrans
  7. Pilih smartphone Android yang terbaca didalam Software. Setelah software terinstall dan dibuka, pada bagian Device (kiri) akan muncul smartphone yang terhubung dengan computer. Pilih (Klik /aktifkan) Smartphone Android anda (Biasanya akan muncul dengan type handphone seperti Galaxy S4, Redmi Note 3, dll)
  8. Pilih Transfer Messages from Android to iPhone. Pilih tulisan atau fitur yang bertuliskan Transfer Messages from Android to iPhone, bila tidak dapat menemukan anda bisa membuka >File >Transfer Messages from Android to iPhone.Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya
  9. Pilih iPhone yang ingin di transfer (chat). Karena anda menghubungkan satu buah iPhone pada computer maka sepertinya tidak akan sulit menemukan didalam list. Pilih iPhone tersebut.
  10. Klik Confirm. Selesai. Setelah iPhone dipilih kemudian klik Confirm. Selesai.

Tutup Aplikasi transfer yang digunakan, cabut (Eject) kabel yang menghubungkan smartphone dengan PC (Android & iPhone). Setelah melakukan semua langkah diatas maka anda telah selesai melakukan transfer chat whatsapp dari smartphone berbasis Android ke smartphone berbasis iOS atau iPhone.

Baca juga: Cara Mudah Mengirim foto Full Resolusi di WhatsApp

Bagaimana bila smartphone android tidak dapat terdeteksi di komputer?

Bila smartphone android anda tidak muncul didalam software transfer, install lah software suite yang disediakan oleh perusahaan brand handphone android tersebut, misalnya kalau smartphone Xiaomi, maka anda harus menginstall Mi PC Suite, Kalau Nokia berarti anda harus menginstall Nokia PC Suite, untuk Samsung berarti anda harus menginstall Samsung Kies PC Suite, begitu juga dengan merk – merk lainnya.

Bila ada kendala atau kesulitan dalam mengaplikasikan langkah transfer chat whatsapp diatas, silahkan tuliskan testimony atau pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah, disarankan menggunakan kolom komentar via blogger (email) bukan menggunakan komentar via Facebook untuk respond yang lebih cepat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

13 komentar

  1. dym
    dym
    Rabu, April 24, 2019
    Agan Rindi, mo nanya nih transfer Whatsapp dari Android ke Iphone. 1] Di tengah proses abis downgrade, ada instruksi untuk uninstall Whatsapp di Android. Artinya nanti grup-grup yg gue ikuti akan ada notifikasi kalau gue "left" gitu?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 25, 2019
      Uninstall whatsapp di HP ga ngaruh ke group. Kalau proses pindah HP sempurna (ga ada masalah) group yang kita ikuti akan muncul lagi seperti biasa. Tidak akan ada keterangan "left group" karena kita akan tetap berada didalam group selama proser pemindahan.
  2. Unknown
    Unknown
    Selasa, Januari 29, 2019
    berarti whatsapp yang ada di iphone harus diregistrasikan dulu dengan nomer yang sama seperti pada whatsapp yang ada di android?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 01, 2019
      iya gan. sebelum whatsapp di android dihapus, aktifkan dulu whatsapp di iPhone dengan nomor yang sama.
  3. maxelo
    maxelo
    Senin, April 02, 2018
    Mas, apakah ada informasi ada pihak yg menyediakan jasa pemindahan whatsapp chat dari android ke iphone?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, April 02, 2018
      Maaf maxelo, sampai saat ini kita belum menemukan yang khusus jasa pemindahan chat seperti itu
  4. Natasha
    Natasha
    Sabtu, November 04, 2017
    mau nanya, setelah dipindahkan ke backuptrans, sebelum ditransfer ke iphone apakah whatsapp di iphone harus diregistrasi terlebih dahulu?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 06, 2017
      Yup! harus dilakukan login atau registrasi dulu, selamat mencoba Natasha! :)
  5. Unknown
    Unknown
    Selasa, April 04, 2017
    Backuptrans nya ga jalan gan. Padahal udah di-downgrade Whatsapp di handphone
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 05, 2017
      ga jalan pas gmn gan? sepertinya ga perlu di downgrade whatsapp nya
  6. Unknown
    Unknown
    Sabtu, April 01, 2017
    Kalo pake backuptrans harus di root dulu gan andro nya.. walah cuma mau mindah chat history WA aja musti ngeroot android 😣

    cara lain gan? mohon dibalas, sangat sangat butuh dan mungkin bukan cuma saya yg butuh. Thanks.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, April 01, 2017
      Bisa gan tanpa harus di root, cuman harus pakai whatsapp yang sudah dimodifikasi terlebih dahulu. Cara lengkapnya masih disusun karena terlalu panjang kalau harus disimpan di komentar.

      kalau butuh buru - buru agan bisa cari dulu di toko2 sebelah, mungkin ada yang sudah posting. tapi kalau mau pantengin website rinditech.com juga boleh. Begitu tutorialny selesai, langsung akan kita posting.
    2. Unknown
      Unknown
      Minggu, April 02, 2017
      Gitu ya.. baik saya tunggu gan. terimakasih 👍
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!