Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia

Berikut ini adalah Cara melengkapi dan menambah data diri di akun tokopedia setelah melakukan pendaftaran. Melengkapi alamat pengiriman / penerimaan juga melengkapi identitas diri untuk transaksi pembelian tiket kereta, hotel, maupun pesawat (bila ada) dan pembelian lainnya yang memerlukan identitas sebagai keabsahan.

Artikel ini sebagai bahasan lanjutan bila anda telah melakukan pendaftaran di website toko online tokopedia untuk mengisi data diri lengkap yang akan sangat dibutuhkan untuk kedepannya. Bila anda belum melakukan pendaftaran akun tokopedia, bisa mengikuti tutorial pada artikel berikut ini: Cara Lengkap Mendaftar di Tokopedia

Manfaat melengkapi data di akun jual beli online Tokopedia

Tidak perlu mengetik ulang alamat tujuan pengiriman. Bila anda jarang sekali berpindah – pindah maka untuk pembelian atau transaksi kedua dan seterusnya anda tidak perlu lagi mengetik ulang alamat tujuan pengiriman karena bila anda sudah melengkapinya anda hanya perlu memilih (bila menyimpan lebih dari satu alamat) alamat yang mana yang ingin anda jadikan tempat barang dikirim.

Menghemat waktu. Bila data pribadi anda sudah lengkap maka untuk transaksi kedua dan selanjutnya anda hanya perlu memilih data mana saja yang ingin anda gunakan dan anda tidak perlu lagi membuka dokumen seperti kartu KTP dan lainnya karena sudah tersimpan di akun anda

Meminimalisir kesalahan ketik. Bila setiap kali memesan barang anda harus mengetik ulang data yang dibutuhkan maka kemungkinan terjadi kesalahan dalam pengetikan akan besar, bila sudah tersimpan, maka hal ini akan bisa dikurangi.

Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia

Cara melengkapi data di akun Tokopedia


  1. Login di website Tokopedia
  2. buka bagian pengaturan
  3. Edit data diri (Data diri, Alamat, Rekening Bank, Notifikasi, Login Seal)
  4. Simpan

Cara +Penjelasan Melengkapi Data di Akun Tokopedia

1.Login di website tokopedia

Pastikan anda telah melakukan login atau masuk dengan menggunakan akun yang anda telah daftarkan sebelumnya, Pilih >Masuk Kemudian tuliskan alamat email & password akun tokopedia. Seperti gambar dibawah ini.
Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Masuk Login

2.buka bagian pengaturan.

Setelah masuk atau login maka selanjutnya kita harus membuka halaman pengaturan akun. Klik icon avatar akun anda kemudian pilih bagian >Pengaturan. Ikuti seperti gambar dibawah ini.
Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Pengaturan

3. Edit data diri (Data diri, Alamat, Rekening Bank, Notifikasi, Login Seal)

Pada halaman ini anda akan menemukan beberapa pilihan data yang dapat dirubah atau ditambahkan, mulai dari menambahkan foto profil, ganti password, tambah alamat rumah untuk pengiriman atau penerimaan barang yang dipesan, menambahkan rekening bank yang ingin anda gunakan untuk bertransaksi, pemilihan notifikasi apa saja yang ingin anda terima, sampai penambahan keamanan pada saat login. Ikuti langkah – langkah dibawah ini untuk merubah setiap bagiannya.

Biodata Diri
Pada halaman ini anda tidak diperbolehkan merubah nama utama untuk faktor keamanan. Namun selain itu anda dapat merubah data diri lainnya seperti tanggal lahir, jenis kelamin,  alamat email, nomor HP, menambahkan /merubah icon avatar dengan foto profil, dan juga merubah kata sandi atau password. Setelah merubah data yang diperlukan jangan lupan untuk menekan tombol >Simpan. Lebih jelasnya bisa melihat gambar dibawah ini.
Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia


Daftar Alamat
Pada halaman ini Anda dapat merubah, hapus, dan juga menambahkan alamat rumah, kosan, kantor sebagai alamat penerimaan barang (untuk pembeli) dan sebagai tempat pengiriman barang (untuk penjual). Setelah anda memasukan alamat rumah, kantor maupun kosan, selanjutnya bila anda membeli barang anda hanya perlu memilih satu dari alamat – alamat yang telah anda daftarkan sebagai tempat untuk menerima barang, tidak perlu lagi mengetik ulang alamat setiap bertransaksi.
Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia

Rekening Bank
Anda dapat merubah maupun menambahkan rekening bank anda pada bagian ini. Bila telah menambahkan bank yang biasa anda gunakan untuk bertransaksi, nantinya anda hanya tinggal pilih dari bank mana anda telah melakukan pembayaran sehingga tidak perlu lagi menulis ulang data bank setiap kali anda bertransaksi. INGAT! Pihak toko online manapun tidak akan meminta anda untuk menuliskan password atapun data yang sangat sensitif lainnya dari data rekening bank anda, Tetap waspada!
Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Bank

Notifikasi
Pada halaman ini anda dapat memililh berita atau informasi apa saja yang ingin anda dapatkan notifikasinya pada email atau menu di dashboard tokopedia (setelah login). Tim rinditech.com  sarankan anda memilih informasi – informasi yang memang anda perlukan untuk masuk ke email anda, Bila anda mengaktifkan semua maka siap – siap saja anda akan mendapat email dari tokopedia minimal satu kali seminggu untuk buletin. Jangan lupa klik >Simpan setelah melakukan pilihan.
Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Notifikasi

Login Seal
Ini adalah pengaturan tambahan untuk melakukan login dengan menambahkan foto personal anda yang tidak mungkin orang lain punya karena bersifat personal, seperti foto tangan anda, hewan peliharaan, ataupun foto lain yang tidak mungkin ada duanya. Nantinya foto tersebut akan muncul ketika anda akan masuk (login) ke website tokopedia.
Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Login Seal

Pengaturan ini memang kurang umum di Indonesia, namun kami pikir sangat bermanfaat untuk melindungi akun kita yang biasa digunakan, apalagi kita sudah memasukan data pribadi didalam akun tersebut.  

Tidak mengerti atau terlihat ribet? Bila anda tidak terlalu mengerti tentang fitur ini, tidak akan masalah bila anda tidak menggunakannya karena pada prinsipnya ini adalah pilihan tambahan untuk login, dan pada dasarnya system login standar masih cukup aman sampai saat ini. Abaikan saja pengaturan ini.

4.Simpan (Selesai)

Setiap anda melakukan perubahan pada semua bagian, jangan lupa untuk menekan tombol >Simpan atau >Submit bila perlu lakukan refresh halaman (ctrl + R) setelah menekan >Simpan untuk memastikan.

Apakah data yang dimasukan dapat dirubah sewaktu – waktu?

Bila telah memasukan data pada kolom – kolom tersebut, apakah masih bisa dirubah? Jawabannya, BISA!. Kapanpun anda mau ataupun ada perubahan sewaktu – waktu, data tersebut bisa dirubah, ditambahkan maupun dihapuskan.

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman semua yang sedang mencari cara untuk melengkapi data atau menambahkan data di akun toko online tokopedia. Bila ada pertanyaan silahkan simpan pada bagian komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. #beWiseUser

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »