Cara Lengkap Daftar (Membuat Akun) di Tokopedia

Berikut adalah cara lengkap untuk mendaftar atau membuat akun (account) di Tokopedia. Cara ini sebenarnya dapat digunakan untuk membuat akun sebagai penjual sekaligus pembeli, namun pada artikel kali ini kita akan fokuskan pada membuat akun di tokopedia sebagai pembeli atau digunakan untuk membeli barang.

Cara membuat akun ini memang tidak terlalu rumit dan sebenarnya, bila anda teliti, tidak perlu membaca tutorial karena dengan mengikuti perintah dan langkah – langkah yang telah disediakan didalam website tokopedia juga sudah cukup. Namun dikarenakan ini adalah langkah awal atau ibaratnya gerbang untuk melakukan transaksi menjual ataupun membeli maka kami rasa keberadaan tutorial atau petunjuk ini tetap harus dibuat. 

Selain itu juga menunjukan bahwa rinditech.com menyediakan informasi yang tidak setengah – setengah, dan mudah – mudahan setelah ini akan ada tutorial – tutorial lain yang berhubungan dengan transaksi online khususnya di Tokopedia agar teman – teman para pembeli atau penjual di seluruh indonesia tidak mengalami kebingungan ataupun kendala saat melakukan transaksi ataupun melakukan setting (pengaturan) yang sesuai kebutuhan.
Cara Lengkap Daftar (Membuat Akun) di Tokopedia

Bagaimana dengan toko online lainnya?

Lalu, bagaimana dengan panduan untuk bertransaksi di toko online lain seperti Bukalapak, Lazada, Elevenia, Blibli, OLX, dll? Untuk panduan bertransaksi pada toko online lainnya akan dibahas pada artikel yang terpisah dan selalu diusahakan bahwa bahasannya lengkap. Pantengin aja terus website rinditech.com

Apakah bisa membeli tanpa memiliki Akun Tokopedia?  Langsung dibayar saja

Apakah bisa membeli barang atau jasa tanpa membuat akun di tokopedia? Seperti sistem drive thru yang dimiliki oleh beberapa restoran cepat saji, tanpa masuk ke restoran, tanpa harus memiliki tempat duduk sekali lewat hanya pesan – bayar – pergi

Lalu bagaimana dengan pilihan pembelian di Tokopedia, apakah bisa membeli tanpa memiliki akun? Memesan barang – membayar barang (termasuk biaya pengiriman) – terima pesanan. Jawabannya TIDAK.

Di Tokopedia sampai saat ini kami belum menemukan fasilitas beli tanpa daftar (membuat akun). Jadi bila kita ingin membeli barang, walaupun hanya satu item, walaupun harganya hanya sepuluh ribu, tetap kita harus memiliki akun di tokopedia.

Cara Lengkap Daftar (Membuat Akun) di Tokopedia


  1. Buka website tokopedia.com
  2. Klik link (tulisan) Daftar atau ikuti tautan ini (https://accounts.tokopedia.com/register)
  3. Pilih cara mendaftar, via email atau akun social media (facebook, google+, yahoo)
  4. Isi kolom yang ada dengan data diri anda atau login via social media.
  5. Konfirmasi pendaftaran

Cara Lengkap Daftar di Tokopedia +Penjelasan

#1 Buka website tokopedia.com

Bila menggunakan PC anda bisa langsung mengetikan alamat website langsung, atau bisa juga via mesin pencarian seperti google.com , bing.com , atau mesin pencari lainnya.

#2 Klik tulisan Daftar atau ikuti tautan ini (https://accounts.tokopedia.com/register)

Cara Lengkap Daftar (Membuat Akun) di Tokopedia

Seperti gambar diatas, pastikan alamat yang anda buka adala website resmi tokopedia yang ditunjukan pada bagian alamat website (address bar). Kemudian klik link bertuliskan “Daftar (Register)” yang (untuk saat ini) terletak pada bagian kanan – atas website yang dikelompokan bersama  Bantuan (Help) dan Masuk (login). 

Bila anda tidak menemukan tulisan atau link pendaftaran tersebut, anda bisa langsung mengunjungi halaman ini >> https://accounts.tokopedia.com/register << (copy - paste pada address bar) dan anda akan masuk ke halaman registrasi yang sama.

#3 Pilih cara mendaftar, via email atau akun social media (facebook, google+, yahoo)

Cara Lengkap Daftar (Membuat Akun) di Tokopedia

Pilih satu cara untuk mendaftar yang anda inginkan, bisa menggunakan akun social media (kiri) seperti facebook, google plus, atau yahoo. Bisa juga menggunakan formulir langsung dari tokopedia (kanan) yang memiliki basis ke email anda. Pilih yang mana? Tim rinditech.com menyarankan anda tidak mendaftar via akun social media (kiri), jadi pilihlah daftar via email (kanan). Untuk alasannya mungkin akan dijelaskan pada artikel yang berbeda.

#4 Isi kolom yang ada dengan data diri anda atau login via social media.

Cara Lengkap Daftar (Membuat Akun) di Tokopedia

Isi Nama Lengkap anda dan nantinya nama ini akan menjadi nama utama yang digunakan sebagai tujuan pengiriman (dapat dirubah sewaktu – waktu). Nomor Handphone juga akan digunakan untuk mengirim informasi terkait akun anda ataupun update proses pemesanan. Alamat email akan digunakan untuk mengirim segala informasi, termasuk konfirmasi sensitif (rahasia) akun, yang berhubunga dengan anda, juga update setiap transaksi yang dijalankan.

Password yang diinginkan adalah password yang akan digunakan untuk melakukan login di tokopedia, disarankan untuk membedakannya dengan password email anda.

#5 Konfirmasi pendaftaran

Cara Lengkap Daftar (Membuat Akun) di Tokopedia

Setelah mengisi data diri di form isian sederhana, maka selanjutnya anda harus melakukan konfirmasi. Setelah anda klik daftar maka sebuah pesan akan dikirim ke email yang telah anda daftarkan tadi untuk selanjutnya dilakukan konfirmasi. 

Biasanya anda akan diminta untuk klik sebuah link yang terdapat pada email resmi yang dikirim oleh pihak Tokopedia. Selain dikirimkan sebuah link untuk konfirmasi anda juga bisa dikirimkan kode aktivasi (activation code) oleh pihak tokopedia ke email yang telah didaftarkan untuk selanjutnya kode aktivasi itu digunakan untuk melakukan verifikasi pembuatan akun baru pada halaman activation code.

Setelah klik link yang telah dikirim atau memasukan kode aktivasi (kemudian Klik Activate Account), maka anda secara resmi sudah memiliki sebuah akun di website tokopedia dan sudah terverifikasi oleh pihak tokopedia.

Sampai disini maka anda telah resmi memiliki akun di website tokopedia dan akun ini juga dapat digunakan di semua platform tokopedia seperti aplikasi di smartphone (Android, iOS) ataupun di PC atau laptop dengan data login (username & password) yang sama.

Sesuai judul artikel ini, kita akan melakukan pendaftaran akun secara Lengkap. Setelah kita memiliki akun maka langkah selanjutnya adalah melengkapi data diri kita di akun tersebut, seperti alamat pengiriman, alamat penagihan, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan data lainnya yang kegunaan utamanya adalah untuk memudahkan dan mempercepat kita dalam bertransaksi.

Agar lebih lengkap kami telah menyaipakan bahasan mengenai pengisian data diri lengkap di akun tokopedia pada artikel yang terpisah. Bila anda sudah siap ke langkah selanjutnya untuk melengkapi data seperti alamat pengiriman dan lain – lain, bisa langsung klik link yang ada pada akhir tulisan ini mengenai pengisian data diri di akun toko online tokopedia.

Semoga artikel mengenai pembuatan akun pembeli di website toko online tokopedia ini dapat membantu dan mempermudah anda dalam bertransaksi. Bila anda mempunyai pertanyaan atau kendala dalam menerapkan tutorial ini silahkan langsung bertanya melalui kolom komentar dibawah seperti biasa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
June 25, 2017 at 8:25 AM delete

Terimakasih gan..info yg sangat bermanfaat. Saya sdh punya akun di Tokopedia dan juga sdh pernah melakukan pembelian beberapa kali terutama produk2 elektronik. Itupun saya membantu membelikan orang lain. Pertanyaan saya gan :

1. bagaimana cara untuk menjadi drophsiper di tokopedia, dalam arti untuk daftar ke supplier yg terdaptar di tokopedia gan.
2. Apakah sesuai dg artikel Agan sebelumnya untuk buka toko online di tokopedia itu bisa untuk jadi drophsip gan, karena kalau saya buka (lihat) toko di tokopedia, setiap saya klik produk yg saya pilih, pada paling bawah ada perintah : buka toko gratis.

Mohon ilmunya gan..maaf masih baru hehehe..

Reply
avatar
June 27, 2017 at 10:13 PM delete

1. Setiap supplier atau toko mempunyai peraturan dan cara yang berbeda-beda, saran saya lebih baik hubungi terlebih dahulu supplier yang benar2 diinginkan kemudian bicarakan dengan jelas mengenai ketertarikan kita untuk menjadi dropshipper. bila cocok maka akan dilanjutkan dengan tata cara dan panduan bertransaksi.
2. Bisa. setelah membuat akun kita bisa menggunakan akun tersebut untuk membeli dan juga menjual (dengan melanjutkan langkah tambahan pada bagian "buka toko gratis")

semoga membantu, :D

Reply
avatar