Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Google
Tutorial
Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]
Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]

Saat download dapat tulisan ini: ‘Your drive is full, please delete some files or buy More Storage Here”? (tempat penyimpanan anda penuh, hapus beberapa file atau beli tempat penyimpanan tambahan Disini). Berarti itu menandakan bahwa anda sudah tidak memiliki lagi tempat penyimpanan kosong untuk file baru. Begini Cara Menghapusnya!

Masalah ini juga sering muncul saat kita akan melakukan meeting online menggunakan akun Google, atau saat menggunakan produk - produk google lainnya yang membutuhkan akses ke halaman Google Drive.

Biasanya hal ini terjadi karena tempat download file – file besar ternyata dapat mempengaruhi jatah memori penyimpanan kita di Google Drive. Contohnya adalah FileRocks meskipun kita langsung melakukan download dari situs tersebut namun ternyata jumlah file yang sama akan dicaatat sebagai file yang telah kita simpan di Google Drive milik kita, dan hasilnya jatah space gratis kita berkurang dengan cepat.

Dari "14 GB of 15 GB used" menjadi "0 bytes of 15 GB used"

Tidak tahu sedang beruntung atau lucky.. Tetapi saat kami mencoba sana – sini ternyata berhasil menghapus data yang memenuhi drive tersebut secara permanen! Wal hasil.. sekarang (saat artikel ini ditulis) kapasitas penyimpanan di google drive kami telah kembali ke posisi fresh, alias kosong melompong (0 bytes of 15 GB used), yang sebelumnya sekarat (14,8 GB of 15 GB used)

Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]
Before
Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]
After

Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh

Pastikan terlebih dahulu bahwa anda masih login menggunakan email yang google drive nya penuh tersebut, bila belum log-in lah dulu. Lakukan cara ini di browser yang sama dengan tempat membuka email tersebut.

Jika anda menggunakan smartphone silahkan langsung buka aplikasi Google Drive yang ada di HP kemudian ikuti langkah dibawah ini. Lokasi menu mungkin akan berbeda dengan di tampilan website, tetapi langkahnya sama saja.

1 Masuk ke halaman Google Drive

Masuk ke area Google Drive untuk melakukan pengecekan kapasitas ruang yang masih tersedia, atau klik link berikut di browser. https://drive.google.com/drive/my-drive

2 Buka My Drive

Buka halaman "My Drive". Akan terlihat file apa saja yang sebenarnya tersimpan disana. 

Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]

3 Hapus file yang tidak diperlukan

Hapus folder atau file yang tidak anda butuhkan atau bahkan tidak anda kenal karena kemungkinan file besar datang dari akun lain yang anda izinkan untuk mengelola ruang penyimpanan milik Anda. "Klik kanan" pada file yang ingin anda hapus, kemudian pilih Delete.

4 Buka halaman"Trash" (Tempat sampah)

Setelah menghapus file yang ada di area "My Drive" maka selanjutnya kita harus melakukan pembersihan secara permamen dari area Trash (tempat sampah). Silahkan buka halaman trash (tempat sampah). 

Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]

5 Hapus Semua File (Wajib!)

Hapuslah semua file atau folder yang ada di halaman "Trash" ini dengan cara klik kanan – Delete pada setiap file yang ada disana. Ini adalah langkah yang paling penting, karena jika halaman trash belum dibersihkan, ruangan penyimpanan akan tetap penuh.

6 Refresh halaman (Ctrl+R). Selesai!

Setelah menghapus file yang berada di area trash maka tidak ada lagi file – file besar yang memenuhi drive anda. Lakukan refresh page (ctrl +R) untuk melihat hasilnya. Bila belum terlihat hasilnya, tunggu beberapa saat kemudian lakukan refresh kembali.

Untuk mengetesnya coba buka kembali halaman yang menunjukan bahwa tempat pnyimpanan sudah penuh, bila sudah dapat melakukan download seperti biasa berarti proses penghapusan berhasil.

Selamat! Anda Sekarang mempunyai persediaan tempat penyimpanan (storage) yang besar lagi tanpa harus melakukan upgrade akun ataupun membuat alamat email yang baru.

Lakukan pembersihan secara berkala

Jika anda sering menggunakan ruang Google Drive namun terbatas, usahakan lakukan pembersihan ruang penyimpanan secara berkala. Hal ini perlu dilakukan untuk jaga - jaga jika nantinya anda ingin melakukan download file besar lewat google drive atau menggunakan produk google lainnya dengan skala yang besar.

Semoga tutorial cara menghapus data di google drive yang sudah penuh ini dapat membantu. Bila ada kendala atau permasalahan dalam menerapkan cara ini, tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah seperti biasa, akan kami bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!