Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]

Saat Download Dapat tulisan ini: ‘Your drive is full, please delete some files or buy More Storage Here”? (tempat penyimpanan anda penuh, hapus beberapa file atau beli tempat penyimpanan tambahan Disini). Berarti itu menandakan bahwa anda sudah tidak memiliki lagi tempat penyimpanan kosong untuk file baru. Begini Cara Menghapusnya!

Yang suka download film atau file besar pasti pernah atau bahkan sering ngalamin ini. Bulak –balik nyari solusi tapi ujung – ujung nya bikin akun baru karena kebelet pengen nonton itu film atau pengen cepet – cepet install. Hehe 

Biasanya hal ini terjadi karena tempat download file – file besar tersebut ternyata dapat mempengaruhi jatah memori penyimpanan kita di Google Drive. Contohnya adalah FileRocks meskipun kita langsung melakukan download dari situs tersebut namun ternyata jumlah file yang sama akan dicaatat sebagai file yang telah kita simpan di Google Drive, dan hasilnya jatah space gratis kita berkurang dengan cepat.

Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]
 

Dari [14,8 GB of 15 GB used] menjadi [0 bytes of 15 GB used]

Tidak tahu sedang beruntung atau lucky.. Tetapi saat kami mencoba sana – sini ternyata berhasil menghapus data yang memenuhi drive tersebut secara permanen! Wal hasil.. sekarang (saat artikel ini ditulis) kapasitas penyimpanan di google drive kami telah kembali ke posisi fresh, alias kosong melompong (0 bytes of 15 GB used), yang sebelumnya sekarat (14,8 GB of 15 GB used)

Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]
Before
Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]
After

Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh

Pastikan terlebih dahulu bahwa anda masih login menggunakan email yang google drive nya penuh tersebut, bila belum log-in lah dulu. Lakukan cara ini di browser yang sama dengan tempat membuka email tersebut.s

1 Masuk ke area Google Drive

Masuk ke area Google Drive untuk melakukan pengecekan kapasitas ruang yang masih tersedia, klik link berikut https://drive.google.com/drive/my-drive

2 Buka My Drive

Buka bagian My Drive pada halaman diatas, akan terlihat file apa saja yang sebenarnya tersimpan disana. 

Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]

3 Hapus file yang tidak diperlukan

Hapus folder file yang bertuliskan FileRocks karena kemungkinan besar itulah yang membuat tempat penyimpanan data anda penuh. Bila perlu hapus file – file lain juga yang dirasa tidak lagi dibutuhkan, agar semakin lega. Klik kanan – Delete pada setiap file.

4 Buka area Trash

Setelah menghapus file yng ada di area My Drive maka selanjutnya kita harus melakukan pembersihan permamen dari area Trash (tempat sampah).

Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]

5 Hapus Semua File

Hapuslah semua file atau folder yang ada di bagian Trash atau sampah tersebut dengan cara klik kanan – Delete untuk setiap file yang ada disana. File tersebut akan terhapus secara permanen.

6 Refresh. Selesai!

Setelah menghapus file yang berada di area trash maka tidak ada lagi file – file besar yang memenuhi drive anda. Lakukan refresh page (ctrl +R) untuk melihat hasilnya. Bila belum terlihat hasilnya, tunggu beberapa saat kemudian lakukan refresh kembali.

Untuk mengetesnya coba buka kembali halaman yang menunjukan bahwa tempat pnyimpanan sudah penuh, bila sudah dapat melakukan download seperti biasa berarti proses penghapusan berhasil sempurna.

Selamat! Anda Sekarang mempunyai persediaan tempat penyimpanan (storage) yang besar lagi tanpa harus melakukan upgrade akun ataupun membuat alamat email yang baru.

Semoga tutorial cara menghapus data di google drive yang sudah penuh ini dapat membantu. Bila ada kendala atau permasalahan dalam menerapkan cara ini, tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah seperti biasa, akan kami bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak! #beWiseUser

Artikel Terkait:

0 Response to "Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh Secara Permanen [SOLVED]"

Post a Comment