Cara Sederhana Agar Suara Audio ke Port Headset Bukan ke HDMI di Komputer


Berikut adalah cara setting agar audio atau suara dari komputer atau laptop tidak keluar di ke kabel atau jalur HDMI TV tapi keluar melalui port headset atau headphone speaker. Ingin visual tetap keluar di televisi tetapi suara keluar di speaker headset via port headset. Ikuti langkah sederhana ini untuk mengatur audio komputer atau laptop yang sedang digunakan.

Seperti yang kita ketahui bahwa kabel HDMI memungkinkan kita untuk menyambungkan audio dan visual dalam satu kabel sambungan, tidak perlu repot lagi mengatur 2 buah kabel. Tetapi terkadang kit Ingin melihat tampilan yang lebih luas melalui layar led tv namun kadang ingin suara tetap dapat didengakan via headset saja agar lingkungan tidak terganggu.

Cara ini sangat sederhana dan telah dicoba berkali – kali tanpa mengalami kendala. Semoga teman – teman juga tidak mengalami kendala dalam mempraktekannya.

Sebelum lanjut ke langkah – langkah, pastikan dahulu bahwa tidak ada masalah dengan kabel atau apapun yang berkaitan dengan kondisi fisik (hardware) alat – alat seperti laptop /tv ataupun kabel HDMI nya.

Cara Sederhana Agar Suara Audio ke Port Headset Bukan ke HDMI di Komputer

Cara Sederhana Agar Suara Audio di computer tetap keluar melalui port headset bukan ke TV via HDMI.

#1 Pastikan kabel HDMI telah tersambung

Pastikan computer atau laptop yang akan digunakan telah tersambung dengan TV atau media lainnya yang menggunakan kabel HDMI. Dan pastikan juga telah berfungsi secara normal.

#2 Masuk ke Playback Devices.

Klik kanan pada icon speaker lalu pilih ‘Playback Devices’. Pada umumnya terletak di kanan-bawah layar komputer /laptop.

Cara Sederhana Agar Suara Audio ke Port Headset Bukan ke HDMI di Komputer

#3 Pilih Speakers Sebagai Default. Selesai!

Piih Speakers sebagai playback default untuk audio yang keluar. Pilih Speakers >Set Defaut > Apply /OK.
Cara Sederhana Agar Suara Audio ke Port Headset Bukan ke HDMI di Komputer


Selesai. Selamat sekarang anda dapat mendengarkan suara yang keluar dari laptop melalui headset atau earphone meskipun sedang terhubung ke TV melalui HDMI. 

Selain headset anda juga dapat menghubungkan speaker eksternal untuk keluaran suara, karena pengaturan default dari computer atau laptop telah di setting untuk tidak mengeluarkan suara dari TV yang sedang terhubung, melainkan dari speaker laptop seperti biasa.

Bagaimana bila ingin mengembalikan ke pengaturan semula?

Bila ingin mengembalikan ke pengaturan semula, anda hanya perlu mengganti langkah ke tiga (#3) diatas dengan dengan memilih HDMI Output sebagai playback default. Maka setelah anda memilih HDMI sebagai default, suara akan keluar kembali dari TV atau media apapun yang terhubung dengan kabel HDMI.

Semoga tutorial singkat ini dapat membantu bagi teman  - teman yang sedang mencari cara untuk memunculkan suara di seaker laptop (headset) saat sedang terhubung menggunakan kabel HDMI.

Bila ada kedala atau kesulitan dalam mempraktekan tutorial atau cara diatas, silahkan simpan pertanyaan di kolom komentar seperti biasa, insyaallah kami akan bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak. #beWiseUser


Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »