Cara Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel & Indosat Tanpa Harus Pergi ke Galeri

Rindi Putra
30 Komentar
Beranda
Cellular
Security
Tutorial
Cara Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel & Indosat Tanpa Harus Pergi ke Galeri
Cara Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel & Indosat Tanpa Harus Pergi ke Galeri

Berikut ini adalah cara untuk merubah atau memperbaiki data diri yang terdaftar dengan kartu sim (sim card) operator Telkomsel dan Indosat.  Untuk Operator Indosat anda hanya perlu mengirimkan satu kali SMS, dan untuk operator Telkomsel anda hanya perlu mengubahnya dari menu Telkomsel yang biasanya otomatis terinstall di handphone.

Melakukan sinkronisasi data diri dengan data yang tersimpan di kartu telepon termasuk penting karena bila kita kehilangan handphone dan ingin kartu yang ikut hilang dapat digunakan lagi kita tidak perlu repot – repot melakukan perubahan data lagi, kita hanya perlu menyerahkan KTP dan customer service tidak akan banyak bertanya karena data yang ada di KTP dengan data yang terdaftar di kartu sesuai.

Cara merubah data diri di kartu SIM Telkomsel

Untuk operator Telkomsel kita dapat melakukan perubahan langsung dari Menu Telkomsel atau biasa disingkat dengan T-Sel Menu. Menu ini biasanya akan otomatis muncul di handphone yang terpasang kartu Telkomsel. di Smartphone Xiaomi menu ini diberi nama SIM Toolkit, dan mungkin juga berbeda di smartphone merek lainnya, tetapi mudah kok untuk mencarinya.

  1. Buka Menu Telkomsel (T-Sel Menu / SIM Toolkit)
  2. Piih Registrasi Kartu
  3. Pilih Perubahan Data
  4. Masukan data sesuai KTP
  5. Kirim. Selesai.

Selesai!. Setelah anda memasukan data – data yang diminta seperti Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Alamat, dll maka anda akan diminta konfirmasi untuk mengirimkan data yang telah dimasukan tadi. Setelah melakukan konfirmasi maka data akan dikirim dan dicatat sebagai data terbaru pemilik nomor tersebut.

Untuk melakukan pengecekan apakah proses yang telah dilakukan untuk memperbarui data diri tersebut berhasil atau tidak, anda hanya perlu mengirimkan SMS dengan ini format DAFTAR dan kirim ke 4444.

Cara merubah data diri di kartu SIM Indosat

Untuk merubah data diri di kartu sim (sim card) Indosat anda hanya perlu mengirim sms seperti dibawah ini.

  1. Ketik SMS dengan format: No.KTP#NAMA#ALAMAT#TEMPAT LAHIR#TANGGAL LAHIR (contoh: 408292172833#PUTRA#CIPUTAT JAKARTA#JAKARTA#27111991
  2. Kirim ke 4444
  3. Tunggu balasan konfirmasi. Selesai.

Selesai!. Setelah mengirim SMS seperti diatas ke 4444 maka anda hanya perlu menunggu SMS balasan dari operator.

Berdasarkan pengalaman pada saat melakukan pengubahan data di galeri resmi (salah satu operator), kita sebagai pemilik kartu diharuskan untuk menyediakan materai senilai Rp. 6.000,- untuk ditempelkan dengan surat pernyataan tentang perubahan data.

Meskipun tidak dapat dipastikan apakah semua operator menerapkan kebijakan yang sama tentang materai 6000 tetapi kalau bisa dilakukan sendiri lumayan kan menghemat pengeluaran materai dan mungkin juga ongkos untuk pergi ke galeri terdekat.

Registrasi Ulang dari KOMINFO Apakah Aman?

Baru - baru ini pemerintah melalui Kementerian Komunikasi (KOMINFO) mengeluarkan himbauan untuk para pengguna telepon agar segera mendaftarkan nomornya ke 4444. Apabila tidak diindahkan maka sanksi pemblokiran siap diterapkan kepada yang tidak melakukan pendaftaran.

Namun apakah sistem yang tersedia sudah aman? Mengingat data pribadi kita yang dikirimkan. Cara dan Pembahasan lengkapnya dapat dibaca pada artikel berikut ini: Cara Registrasi Ulang Kartu SIM dari KOMINFO apakah aman?

Memang boleh ya merubah data diri sendiri dari HP?

Saat saya membuat tulisan ini masih boleh. Kenapa saya beranggapan boleh? karena menu merubah data diri sendiri tersebut masih bisa dipilih langsung dari menu operator. Yang berarti menu tersebut masih menjadi fasilitas untuk memudahkan pengguna yang ingin merubah atau melengkapi data diri.

Yang tidak boleh itu mengaku - ngaku nomor orang lain dan merubahnya menjadi milik anda, seperti di kasus - kasus penipuan yang viral.

Semoga informasi mengenai penggantian data diri di kartu telepon (sim card) ini dapat membantu, bila ada pertanyaan atau kesulitan dalam menerapkan tutorial ini teman – teman dapat menyimpan pertanyaan di kolom komentar dibawah, kami akan bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

30 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Selasa, September 14, 2021
    Kartu saya ke blokir Krn ga isi2 saldo, saat ke gerai Indosat ternyata data SIM saya beda, saya baru ingat dulu di daftar kan oleh pemilik konter. Jadi bukan pake data saya.
    Apa bisa nomer saya balik lagi? Caranya gimana ya,mohon bantuannya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, September 15, 2021
      Kalau tidak salah kita dikasih batas waktu kurang lebih 2 minggu setelah tanggal kadaluarsa untuk re-aktivasi kartu. Lebih dari itu tidak akan bisa walaupun datanya sama.
  2. Unknown
    Unknown
    Minggu, Agustus 01, 2021
    Bagai mana cara merubah data kartu kita jika kartunya sudah di aktifkan oleh pemilik pertama. Trus kita mau merubah datanya ke data asli kita,sedang kan si penjual sudah tidak tau keberadaan nya...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Agustus 01, 2021
      Kalau tidak bisa pakai cara ini berarti harus langsung ke galeri, biar sekalian dicocokan dengan KTP kita
  3. Mustika Aristy
    Mustika Aristy
    Kamis, Maret 18, 2021
    Saya beli Ooredo Pasca Bayar dari online shop, bagaimana cara balik nama menjadi nama saya, apakah bisa melalui website/aplikasi atau harus ke counter Ooredo, Terima kasih bantuannya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 19, 2021
      Kalau semua cara diatas sudah dicoba tapi tetap gak bisa berarti harus ke counter Ooredo terdekat untuk perubahan data dirinya
  4. Ziza DNS
    Ziza DNS
    Jumat, Februari 05, 2021
    Kak jika tidak ada menu registrasi pada t-sel menu dihape. ada kah cara lain untuk ubah data pada SIM card???
    Tselnya di hape hanya 3 menu bahasa, NSP dan transfer pulsa
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 05, 2021
      Saya hanya tau cara itu gan. Coba saja telepon CS telkomselnya, siapatau bisa dibantu kalau memang ga ada di menu kartu nya
  5. Unknown
    Unknown
    Minggu, Januari 17, 2021
    bang,aku mw ganti data diriku tp berulang2 kali jawabannya maaf format yang kamu masukkan salah..
    gituuu teruus...
    lalu gimana caranya biar berhasil ya bang...?soalnya ini nomer temen saya dlu pinjem hp saya,akhirnya tak pakek..krna nomer saya yg lawas udh hangus...ini mw tak daftarin pake NIK ku g bisa2....😭 ada solusi kah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 17, 2021
      sudah coba rubah dari menu Sim Toolkit / T-Sel Menu?
  6. Dika
    Dika
    Jumat, Januari 01, 2021
    Gan kalau di perbarui no ktp nama dsb apakah paket data dan pulsa yang ada di kartu tersebut hilang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Januari 02, 2021
      seingat saya sih nggak ngaruh ke paket dan pulsa ya, aman2 aja.
  7. Unknown
    Unknown
    Sabtu, November 28, 2020
    Gan kok di sim toolkilt saya tidak ada pilihan perubahan data ya, hanya ada pilih bahasa, NPS, dan tranfer pulsa saja ya ?
    Saya mau coba buat ubah data diri di SIM card saya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 28, 2020
      Pakai kartu apa gan?
  8. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 19, 2020
    Kalau misalkan data diri udah di ganti apa data diri nya masih bisa di pake lagi buat kartu baru ,,?
    Soalnya udah di pake buat 3 kartu
    Terimaksih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 20, 2020
      Bisa. Kalau gak salah sekarang tidak dibatasi penggunaan KTP nya bisa untuk banyak kartu
  9. Opek
    Opek
    Kamis, Oktober 17, 2019
    Gan,kalo ganti data diri pengguna, ada damapak lainnya gak, mksdnya apakah nomer sim mulai dari nol ato gimana, masalah nya, nomer nya sudah dipake buat banyak akun.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 20, 2019
      Sepengalaman saya ga ada efek lain - lain gan. Yang diganti cuman keterangan pemilik nomornya saja. Klo sistem atau akun yang terdaftar dengan nomor tersebut tidak akan berubah.
  10. Unknown
    Unknown
    Kamis, Januari 17, 2019
    Bisa ga merubah data kartu SIM yg hilang dr kartu SIM lain karena menggunakan data keluarga yang UD tiada
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 17, 2019
      Secara teknis tidak bisa gan, apalagi peraturan sekarang lebih ketat. Bila memang penting dan urgent kami sarankan langsung datang saja ke gallery /kantor resmi kartu sim agan. semoga membantu :)
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. C2Labs
    C2Labs
    Rabu, Februari 28, 2018
    Terima Kasih Sangat Membantu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Maret 01, 2018
      sama - sama gan C2LABS senang dapat membantu :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!